Selama 25 tahun series One Piece berjalan, tentunya ada alur cerita yang kontroversial yang muncul di kalangan fans. Series One Piece menjadi salah satu series yang memiliki alur cerita menarik di sepanjang kemunculannya. Ada puluhan arc atau alur cerita yang sudah Oda hadirkan di mana sebagian diantaranya mendapatkan pujian dari para fans. Sedangkan, sebagian lainnya justru menjadi kontroversi. Berikut adalah alur cerita One Piece paling kontroversial.

1Arc Punk Hazard

Punk Hazard jadi alur cerita kontroversial di series One Piece terakhir dalam daftar ini. Sebelum ceritanya tiba di Dressrosa, para kru Topi Jerami sempat singgah di Punk Hazard. Ini merupakan sebuah lab atau tempat penelitian dari Vegapunk sebelum kemudian pindah ke pulau Egghead. Pasca kepergian dari Vegapunk, Caesar Clown yang kemudian mengambil alih pulau tersebut.

Sering kali dikaitkan dengan arc Dressrosa dan Whole Cake Island, Punk Hazard memang tidak menghadirkan aksi yang besar-besaran atau epik. Tapi, seperti halnya Reverie, ada hal menarik yang banyak terjadi di arc ini. Kru Topi Jerami harus terjebak di sebuah pulau yang sebagian wilayahnya dingin dan sebagian wilayah lainnya sangat panas. Itu merupakan akibat dari pertarungan Aokiji dan Akainu selama 10 hari berturut-turut.

Yang kemudian menjadi kontroversi dalam alur cerita ini adalah berbagai hal yang menjadi penelitian Caesar Clown. Misalnya, dia menggunakan kekuatan buah iblisnya, Gasu Gasu, dalam penelitian untuk menciptakan sebuah senjata pemusnah yang bisa menghabisi semua orang. Dan yang lebih mengerikan adalah bagaimana Caesar menggunakan anak-anak sebagai subyek penelitiannya untuk program World Government yaitu Gigantification dan juga untuk proyek senjata tersebut. Wajar jika ini jadi salah satu arc paling kontroversial di series One Piece.

Selama lebih dari dua dekade dan lebih dari 20 arc atau alur cerita yang muncul di sepanjang seriesnya tidak sedikit yang justru menimbulkan kontroversi di kalangan fans. Mulai dari alasan pace cerita yang terlalu lama, hingga hal-hal yang memang memunculkan kontroversi membuat arc tersebut jadi bahan perbincangan hangat di kalangan fans.

Berikutnya
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.