Dalam cerita Dragon Ball ada beberapa bangsa kuat yang sudah punah akibat pertempuran atau karena diinvasi atau diserang oleh bangsa lainnya. Dengan cerita yang sudah berjalan selama puluhan tahun, rasanya wajar jika ada banyak karakter yang muncul dalam cerita Dragon ball. Yang menarik adalah berbagai karakter tersebut berasal dari berbagai bangsa yang ada di universe tersebut. Sayangnya, sebagian bangsa kuat di series Dragon ball tersebut sudah mulai punah. Siapa saja mereka?

5Android

Android dianggap sebagai salah satu bangsa di franchise ini. Ada beberapa cara untuk bisa membuat Android. Pertama, mereka bisa dibuat dengan sepenuhnya dari mesin, seperti Android 16 dan 19. Kedua, Android bisa juga dibuat di mana sebelumnya tubuhnya adalah manusia. Contohnya adalah Android 17 dan 18. Terakhir, ada juga yang merupakan gabungan antara manusia dan mesin. Contoh nyata dari hal ini adalah Cell.

Meskipun kekuatan dari para Android ini berbeda-beda, sebagian besar dari mereka memiliki level kekuatan yang setara dengan Super Saiyan dan Super Saiyan 2. Cell sendiri sudah sejak lama dianggap sebagai puncak kekuatan dari ras Android. Sampai series terbaru Dragon Ball Super, Android sudah mulai jarang muncul dalam cerita. Di sisi lain, dalam ceritanya juga terungkap bahwa Dr. Gero yang menciptakan para Android tersebut.

Dan semenjak Dr. Gero sudah tidak lagi muncul, para Android pun bisa dibilang sudah punah. Yang menarik adalah di cerita Dragon Ball Super yang baru, di Universe 3 mayoritas penghuninya adalah Android. Bahkan, Dewa Penghancur mereka, Mole, merupakan Angel kecil yang bertarung menggunakan cyborg. Universe 3 sempat hancur sebelum kemudian dibangkitkan kembali.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.