Home MOVIE MOVIE FEATURES 4 Adegan Perang Termahal Di Sejarah Hollywood!

4 Adegan Perang Termahal Di Sejarah Hollywood!

Beberapa adegan perang masuk dalam kategori termahal di sejarah Hollywood dengan dana yang mereka gelontorkan dalam jumlah yang besar. Untuk menghadirkan sebuah adegan perang dalam sebuah film memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal tersebut wajah karena pada dasarnya menghadirkan sebuah momen epik seperti adegan peran membutuhkan persiapan dan peralatan yang memadai. Inilah alasannya mengapa beberapa adegan perang dianggap sebagai yang termahal dalam sejarah Hollywood. Apa saja?

4 Penyerangan Jepang Ke Pearl Harbor – Pearl Harbor

Pearl Harbor mungkin bukan salah satu film perang terbaik dalam sejarah Hollywood, namun film garapan Michael Bay ini menghadirkan banyak adegan aksi yang menarik. Selain itu, seperti sudah menjadi ciri khas dari Michael Bay, ada banyak ledakan yang juga muncul dalam film ini. Pearl Harbor sendiri mengadaptasi peristiwa bersejarah ketika pasukan Jepang menyerang pangkalan Amerika di Pearl Harbor.

Dalam filmnya, kita melihat dramatisasi dari peristiwa bersejarah tersebut di mana Ben Affleck, Jennifer Garner, dan sederet aktor Hollywood lainnya menjadi bintang dalam filmnya. Di film ini juga kita melihat momen pasukan angkatan laut Jepang melakukan penyerangan ke pangkalan udara Amerika yang mana adegan ini menelan biaya yang sangat luar biasa yaitu 7,5 juta Dollar Amerika.

Angka tersebut sebagian besar dihadirkan untuk membayar efek visual dan CGI, menghadirkan replika dari berbagai properti, dan tentunya untuk membayar bahan peledak agar menghadirkan efek ledakan yang masif dan epik. Sayangnya, meskipun sudah menggelontorkan dana yang besar film ini kurang begitu laku di pasaran. Bahkan, film ini juga sempat memunculkan kontroversi.

3 Adegan Penyerangan ke Normandy – Saving Private Ryan

Saving Private Ryan merupakan salah satu film perang yang sangat populer garapan dari sutradara Steven Spielberg. Film ini memenangkan lima Academy Awards di mana beberapa diantaranya film ini menang kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Saving Private Ryan menghadirkann cerita tentang Kapten John H. Miller dan pasukannya dalam misi mereka untuk menemukan dan menyelamatkan prajurit James Ryan.

Prajurit James Ryan sendiri diberi perintah untuk kembali ke rumah setelah tiga saudaranya tewas dalam pertempuran di Perancis. Di sepanjang perjalan pasukan Kapten Miller terlibat dalam serangkaian pertempuran yang mematikan. Bahkan, beberapa pasukannya tewas dalam misi tersebut. Film ini menghadirkan salah satu adegan film perang termahal dalam sejarah Hollywood.

Adegan tersebut adalah ketika pasukan Amerikan menyerang ke pantai Normandy di awal film. Menurut laporan yang ada, adegan tersebut menghabiskan dana sebesar 12 juta Dollar Amerika. Ongkos produksi tersebut dikeluarkan untuk membuat properti replika, bahan bakar, membayar aktor dan pemeran tambahan, efek visual, ledakan, dan sebagainya yang kemudian menjadikan adegan berdurasi 20 menit tersebut sangat luar biasa.

2 Do Lung Bridge Scene – Apocalypse Now

Film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola, yang juga dikenal atas karyanya dalam The Godfather trilogy. Film ini menampilkan sejumlah aktor terkenal, termasuk Martin Sheen, Marlon Brando, Robert Duvall, dan Dennis Hopper. Apocalypse Now diadaptasi dari cerita pendek Joseph Conrad yang berjudul Heart of Darkness, namun dengan beberapa perubahan seperti setting ceritanya.

Dalam versi cerita pendeknya setting ceritanya sendiri adalah Afrika. Sedangkan, di film Apocalypse Now setting ceritanya adalah Vietnam dan menghadirkan cerita tentang perang Vietnam. Proses produksi film ini banyak mengalami kendala dan juga tantangan, seperti masalah kesehatan yang dialami oleh para kru dan juga pemeran utama. Terlepas dari hal tersebut filmnya sukses besar.

Apocalypse Now menghadirkan salah satu adegan perang termahal dalam sejarah Hollywood yaitu ketika Kapten Willard berada di jembatan Do Lung. Ini merupakan pos pasukan Amerika yang paling terpencil yang ada di wilayah Kamboja. Dan dalam momennya pos ini terus mendapatkan serangan sporadis dari pihak musuh. Sebenarnya, tidak diketahui berapa ongkos produksi untuk menghadirkan adegan ini namun kemungkinan jumlahnya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta Dollar Amerika.

1 Battle of Borodino – War And Peace

Adegan perang termahal dalam sejarah Hollywood yang terakhir adalah Battle of Borodino dalam film War and Peace. Uni Soviet pernah memiliki sebuah film yang termahal yang pernah mereka produksi yaitu War and Peace. Disutradarai oleh Sergei Bondarchuk, ini merupakan film adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Leo Tolstoy yang rilis pada 1869.

Film ini terbagi dalam empat bagian yang dirilis mulai dari 1966 hingga 1967. Ongkos produksi untuk film tersebut mencapai 100 juta Dollar Amerika atau 700 Dollar Amerika jika dikonversikan pada hari ini. Tantangan terbesar dalam film ini adalah menghadirkan adegan Battle of Borodino. Pertempuran ini terjadi ketika Napoleon Bonaparte menginvasi Rusia pada 1812.

Jumlah pasukan Napoleon saat itu adalah 130.000 orang dan pasukan perlawanan Rusia adalah 120.000 orang. Untuk menghadirkan adegan ini, Bondarchuk menggunakan metode praktikal yang artinya dia menghadirkan cast asli dan bukan CGI. Adegannya sendiri berlangsung selama satu jam dan melibarkan banyak ahli properti, ahli api, kostum, dan kurang lebih 100.000 orang tentara Rusia dilibatkan dalam film ini sebagai eksta atau pemeran pembantu.

Adegan perang dalam sebuah film tentunya membutuhkan persiapan yang sangat matang, karena mereka harus menghadirkan properti, bahan peledak, bahkan menyewa tentara asli untuk menghadirkan sebuah adegan yang terasa nyata. Inilah alasannya menghadirkan adegan perang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.
Exit mobile version