Home MOVIE MOVIE FEATURES Ini Kehebatan Villain Deadpool & Wolverine, Cassandra Nova!

Ini Kehebatan Villain Deadpool & Wolverine, Cassandra Nova!

Cassandra Nova diketahui memiliki berbagai kehebatan yang membuatnya jadi villain paling mengerikan di film Deadpool & Wolverine. Film Deadpool & Wolverine jadi salah satu film yang dinantikan kemunculannya di tahun 2024 ini. Pasalnya, ini menjadi satu-satunya film superhero yang rilis pada tahun ini. Deadpool & Wolverine sendiri akan menghadirkan Cassandra Nova sebagai villainnya. Dan inilah berbagai kehebatan dari Cassandra Nova, villain di film Deadpool & Wolverine.

3 Siapa Cassandra Nova

Cassandra Nova sendiri sebenarnya merupakan salah satu karakter yang sudah cukup lama muncul di Marvel Comics. Namun, memang karakternya sendiri jarang muncul di alur cerita komik dalam satu dekade terakhir. Diketahui, karakternya baru kembali lagi muncul di tahun 2018 setelah cukup lama menghilang sejak kemunculannya di tahun 2001 dan sempat juga muncul di beberapa judul komik.

Banyak dari Geeks yang mungkin belum terlalu mengenal siapa sebenarnya Cassandra Nova. Dalam cerita Marvel Comics sendiri Cassandra Nova Xavier memiliki kisah yang terbilang rumit dan sedikit membingungkan. Berbeda dari Charles Xavier yang sudah melakukan debutnya sekitar enam dekade lalu, keberadaan calon villain Deadpool 3 ini justru baru muncul di komik New X-Men #114.

Yang menarik adalah sebenarnya sosok Cassandra Nova tidak memiliki wujud fisik. Dia merupakan parasit bernama ‘mummudrai’ yang kata tersebut berasal dari bahasa kerajaan Shi’ar. Pada awalnya, dia tidak memiliki fisik dan berasal dari dimensi lain. Suatu hari, parasit tersebut tertarik pada kekuatan psychic luar biasa milik Charles Xavier yang masih berada dalam kandungan ibunya, Sharon Xavier.

Pada momen inilah dia mulai menempel di samping janin Charles Xavier. Saat berada di dalam rahim Sharon, sosok astral Cassandra perlahan-lahan mulai berubah dan membentuk DNA yang sama seperti Xavier. Dengan kesadaran dan kekuatan yang dimilikinya, Cassandra lantas mencoba mencekik Charles dengan tali pusarnya. Namun, yang luar biasanya adalah janin Charles Xavier tidak kalah hebat.

Meskipun masih bayi, Charles Xavies mampu menggunakan kekuatan dahsyat untuk menghadapi Cassandra Nova. Dan pada akhirnya, Charles Xavier mampu memenangkan pertarungan dengan sebuah sebuah ledakan psychic. Efek dari apa yang Charles versi janin tersebut lakukan menyebabkan Sharon mengalami keguguran. Charles sendiri bisa lahir dengan selamat sedangkan Cassandra akhirnya tewas.

Bertahun-tahun setelah peristiwa tersebut, kesadaran Cassandra ternyata masih belum hilang. Dia ternyata berhasil bertahan dan akhirnya berhasil kembali muncul dengan tubuh barunya. Sejak saat itulah Cassandra Nova kemudian memiliki misi untuk membalas dendam atas apa yang sebelumnya Charles Xavier lakukan. Salah satu hal mengerikan yang dia lakukan adalah berusaha untuk menghabisi para anggota X-Men dan menghabisi para mutan lainnya.

Karena kesadarannya mampu bertahan walaupun tubuhnya mati, Cassandra terus-menerus kembali dengan tubuh baru yang biasanya digambarkan sebagai wanita tua dengan rambut plontos. Tidak jarang dalam komiknya Cassandra Nova juga muncul di mana dia berkerja sama dengan Shi’ar Empire dan Hellfire Club untuk menghancurkan kehidupan dari sang  kembaran. Ambisi Cassandra ini menjadi lebih berbahaya karena pada dasarnya dia mempunyai kekuatan psychic yang sama luar biasanya dengan Charles.

Setelah berhasil menyalin DNA Charles ketika masih janin, Cassandra terbukti mampu melakukan telepati, telekinesis, dan melepaskan kesadaran dari tubuhnya. Cara terbaik untuk mengalahkannya adalah dengan menjebaknya di sebuah dimensi yang menghalanginya untuk keluar lagi. Hal ini pernah dilakukan oleh Kitty Pryde dalam cerita terakhir Cassandra Nova di Marvel Comics.

Berbagai Kekuatan Cassandra Nova – Ke Halaman 2

2 Berbagai Kekuatan Cassandra Nova

  • Mampu Hidup Abadi

Bukti kedahsyatan dari Cassandra Nova yang pertama adalah mampu untuk hidup abadi. Seperti yang disebutkan di atas, dalam cerita “E For Extinction” yang muncul dalam komik New X-Men #114 diperlihatkan bagaimana Cassandra Nova pada awalnya merupakan sebuah parasit yang tidak memiliki wujud. Namun, kemudian dia kemudian bisa membentuk tubuhnya sendiri setelah bertemu dengan Charlex Xavier.

Ketika kemudian tewas, Cassandra Nova tidak benar-benar mati. Dia akan kembali hidup dengan tubuh baru. Hal ini karena dia mampu untuk menciptakan tubuh baru. Namun, tubuh baru tersebut memang memiliki efek samping di mana dia akan terlihat seperti nenek-nenek. Kemampuan untuk hidup abadi melalui cara menciptakan tubuh baru dan juga mampu hidup dari “nol” atau “kehampaan” membuat dia jadi salah satu ancaman besar.

Dan salah satu contohnya adalah dia mampu menyuntikan dirinya dengan jutaan Sentinel berukuran nano yang kemudian menjadi awal dari kematian para mutan yang ada di pulau Genosha. Hal ini terjadi dalam cerita komik Marauder #1 dan #2 di mana ini menjadi salah satu dari dua rencana besar yang memang sudah dipersiapkan oleh Cassandra Nova untuk menghancurkan para mutan dan X-Men.

  • Memiliki Kekuatan Dahsyat

Level kemampuan dari kekuatan Psychic Cassandra Nova bisa dibilang hampir setara dengan Charles Xavier. Namun, memang Professor X unggul dari kembarannya tersebut. Contoh dari hal ini muncul pertama kali dalam cerita “E For Extinction” ketika mereka berdua bertarung di dalam rahim sang ibu. Pada saat itu, Cassandra Nova memang harus kalah dari Professor X.

Dalam sejarah X-Men sendiri Cassandra Nova merupakan salah satu ancaman besar yang harus mereka hadapi. Di komik Marauder, juga kita melihat bagaimana Cassandra Nova berhasil menghabisi semua mutant yang ada di pulau Genosha dengan menyuntikan wabah kepada mereka melalui jutaan Sentinel berukuran nano. Selain itu, dia juga pernah mengancam nyawa dari para murid dari Charles Xavier.

Dalam New X-Men #122, Cassandra Nova pernah bertukar kesadaran dengan Charles Xavier tanpa orang lain ketahui. Hal tersebut kemudian dia manfaatkan untuk melakukan berbagai hal buruk seperti mengancam keberadaan para X-Men. Dan yang paling mengerikan sendiri adalah bagaimana dia kemudian menggunakan momen tersebut untuk membuat kerajaan Shi’ar menghancurkan bumi.

Pada saat itu, Cassandra Nova melakukan manipulasi dengan menculik Lilandra, yang merupakan putri dari kerajaan Shi’ar. Dengan menggunakan tubuh Charles Xavier, dia kemudian membuat kerajaan Shi’ar berpikir jika itu merupakan perbutatan Charles. Namun, pada akhirnya, Imperial Guard sendiri mengetahui jika sosok Nova yang ada di tubuh tersebut.

Cassandra Nova sendiri kemudian dengan mudah menghancurkan pasukan Imperial Guard yang jadi salah satu bukti kedahsyatan dari kembaran Charles Xavier tersebut. Dan satu bukti lainnya yang berkaitan dengan kekuatan dari Cassandra Nova adalah bagaimana dia pernah menjadi salah satu wadah bagi Phoenix Force. Dalam cerita komik X-Men: The End, Cassandra Nova yang berasal dari alternate universe menjadi wadah dari kekuatan dahsyat kosmik tersebut.

Setelah menyatu dengan Phoenix Force, Cassandra Nova pun kemudian menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Dia bahkan mampu menghabisi seluruh kehidupan yang ada di universe tersebut tanpa ada orang atau pihak yang mampu menghentikannya. Meskipun gabungan tim X-Men dan pasukan kerajaan Shi’ar menang jumlah, faktanya mereka sangat kesulitan untuk mengalahkan Cassandra Nova.

Butuh sosok Jean Grey dan Psylocke untuk benar-benar bisa menghentikannya, sebelum kemudian ada bantuan dari para karakter lainnya seperti Storm dan Dazzler. Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan sebenarnya sosok Cassandra Nova hampir tidak bisa tertandingi dari segi kekuatan. Hanya Jean Grey – dan Xavier – yang kemudian mampu menandingi level kekuatan dari Cassandra Nova.

Yang menarik juga adalah dalam trailer barunya kemarin kita sedikit melihat kedahsyatn dari kekuatan psychic Cassandra Nova. Dalam trailernya, kita melihat bagaimana Wolverine dibuat tidak berdaya dengan kekuatan Nova. Semua gerakan Wolverine dikendalikan oleh Cassandra Nova yang membuatnya jadi lawan yang mengerikan dan akan sulit untuk dihadapi oleh Deadpool dan Wolverine.

1 Ahli Manipulasi

Berbagai hal jahat yang Cassandra Nova lakukan biasanya merupakan hasil manipulasi. Dia akan menggunakan sosok penting atau sosok tertentu untuk mewujudkan tujuannya. Contohnya adalah dalam komik New X-Men #114-120 Cassandra Nova berhasil memanipulasi sepupu dari Bolivar Trask, yaitu Donald Trask III, untuk pergi ke wilayah Amerika Selatan di mana Nova memanfaatkan DNA miliknya.

Cassandra Nova kemudian menghabisi nyawanya ketika sudah tiba di Amerika Selatan dan menyatu dengan tubuhnya. Pasca menyatu dengan tubuh Donald Trask III, Cassandra Nova kemudian mengaktifkan Sentinels raksasa untuk pergi ke pulau Genosha. Dan hal tersebut berakibat pada tewasnya lebih dari 16 juta mutant yang ada di pulau tersebut, termasuk Magneto dan banyak mutant populer lainnya.

Emma Frost yang kemudian menghentikan Cassandra Nova setelah mematahkan lehernya, yang kemudian ditambah dengan enam kali tembakan dari Charles Xavier. Dalam komik Exiles Vol. 10 : Age of Apocalypse, Cassandra Nova bertukar tubuh dengan Charles Xavier dan kemudian melakukan manipulasi terhadap salah satu murid di Charles Institute yaitu Beak. Dia kemudian menghajar para mentornya.

Contoh lainnya adalah dalam komik X-Men: Red #5, diperlihatkan bagaimana Cassandra Nova coba untuk memanfaatkan kebencian para pemimpin dunia. Dia pergi menemui mereka sambil memiliki niatan jahat yaitu mengendalikan mereka dengan menyuntikan para sentinites atau sentinel berukuran nano. Hal tersebut semata-mata demi menghancurkan impian dari Jean Grey.

Jean Grey berencana untuk membangun sebuah negara mutant di Krakoa dan Nova pun berusaha menghentikannya. Dan cara dia melakukan hal tersebut adalah dengan memanipulasi para pemimpin dunia. Emma Frost dan kitty Pryde menjadi korban dari pengaruh Cassandra Nova yang membuat keduanya kemudian menjadi kaki tangan Nova untuk menjalankan rencananya tersebut.

Dengan berbagai hal jahat yang sudah dia lakukan serta kekuatan dahsyat yang dia miliki, rasanya wajar jika kemudian Cassandra Nova jadi salah satu villain berbahaya di film Deadpool & Wolverine. Sang villain memiliki potensi besar untuk bisa menjadi ancaman serius bukan hanya di film tersebut, namun juga untuk keseluruhan MCU. Kita nantikan saja ya Geeks penampilan Cassandra Nova pada Juli mendatang.

Exit mobile version