Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Adegan Aksi Paling Intens di Film Hollywood!

10 Adegan Aksi Paling Intens di Film Hollywood!

Berbagai film aksi produksi Hollywood menghadirkan beberapa adegan yang paling intens yang membuat jantung para penontonnya berdegup kencang. Berbagai film aksi produksi Hollywood memang terkenal akan adegan yang epik dan juga intens. Biasanya, adegan aksi tersebut akan mampu memacu adrenalin para penonton yang membuat mereka betah untuk menonton filmnya. Berikut adalah adegan aksi paling intens di film Hollywood.

10 Pasukan Avengers vs Thanos – Avengers: Endgame

Adegan aksi paling intens di dunia film yang pertama adalah momen pertarungan antara pasukan Avengers menghadapi Thanos dalam film Avengers: Endgame. Avengers: Endgame dan Avengers: Infinity War merupakan film yang jadi kulminasi atau puncak cerita dari Infinity Saga yang berlangsung sejak 2008. Selama satu dekade, Marvel memberikan petunjuk tentang siapa yang akan para Avengers hadapi di puncak ceritanya.

Sosok villain yang kemudian para Avengers hadapi tersebut tidak lain adalah Thanos. Pertarungan antara para Avengers menghadapi sang Titan Gila tersebut benar-benar sangat luar biasa dan juga sangat masif. Buktinya, hampir seluruh bintang Marvel berkumpul di film tersebut. Dalam momen ini, seluruh Avengers – dan bahkan karakter non Avengers – ikut bertarung menghadapi Thanos.

Setelah Bruce Banner mengembalikan semua orang yang menghilang akibat Decimation, Doctor Strange dan berbagai pihak lainnya kemudian mengumpulkan semua orang untuk ikut bertarung menghadapi Thanos dan pasukannya. Dalam momen ini, Thanos akhirnya berhasil dikalahkan dengan cara Tony Stark yang mengorbankan dirinya untuk melakukan Decimation kedua.

9 Memanjat Gedung Burj Khalifa – Mission: Impossible – Ghost Protocol

Sudah bukan hal aneh jika Tom Cruise melakukan berbagai adegan aksi intens tanpa bantuan pemeran pengganti. Hal ini terbukti di hampir semua film yang pernah dia bintangi. Salah satunya adalah franchise Mission: Impossible. Dalam franchise ini, rasanya memang hampir semua filmnya menghadirkan adegan aksi yang intens. Meskipun begitu, beberapa adegan aksinya bisa dibilang cukup fenomenal.

Salah satunya adalah ketika dia memanjat gedung Burj Khalifa di Dubai dalam salah satu adegan di film Ghost Protocol. Film kelima dari franchise Mission: Impossible ini memperlihatkan karakter Ethan Hunt, yang diperankan Tom Cruise, memanjat salah satu gedung tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa demi menghindari musuh yang coba mencari keberadaan dari Ethan.

yang menariknya adalah adegan tersebut benar-benar diambil ketika Tom Cruise memanjat gedung tersebut dan tanpa menggunakan pemeran pengganti. Tetapi, demi alasan keamanan tetap Cruise menggunakan bantuan pengaman agar hal buruk tidak terjadi. Adegan itu kabarnya dilakukan di ketinggian 2.000 kaki. Karena dilakukan secara langsung, banyak yang memuji adegannya karena minim sekali penggunaan CGI.

8 Bergelantungan Di Pesawat – Mission: Impossible – Rogue Nation

Seperti yang disebutkan di atas, Tom Cruise sering melakukan aksi intens di berbagai film yang dia bintang seperti di franchise Mission: Impossible. Jika di film Ghost Protocol dia melakukan aksi intens dengan memanjat gedung Burj Khalifa, maka di film Rogue Nation dia melakukan aksi yang tidak kalah intens bahkan bisa dibilang gila. Dalam hal ini, Tom Cruise bergelantungan di atas pesawat.

Dalam film tersebut Tom Cruise diperlihatkan bergelantungan di sebuah pesawat yang sedang mengudara. Adegan epik ini dilakukan di bandara Uni Emirat Arab, di mana dalam adegannya yang mengharuskan Cruise untuk berpegangan pada sisi pesawat angkut militer yaitu Airbus A400M. Menurut beberapa sumber, Tom Cruise berlatih secara ekstensif untuk bisa melakukan aksi tersebut. Timnya juga bekerja dengan pihak profesional untuk memastikan aksi tersebut aman.

Banyak pihak yang menganggap jika apa yang Cruise lakukan tersebut benar-benar gila, karena satu kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal bagi sang aktor. Belum lagi, dia benar-benar melakukan adegannya sendiri tanpa bantuan pemeran pengganti yang mana rasanya pantas jika kemudian adegan ini masuk daftar adegan aksi paling intens di dunia film.

7 Batman vs Penjahat – Batman v Superman: Dawn Of Justice

Film Batman v Superman: Dawn of Justice memang menjadi film superhero yang kurang begitu laku di pasaran, meskipun secara pemasukan film ini berhasil mengantongi jumlah yang besar. Alur cerita yang dianggap membingungkan menjadi salah satu alasan mengapa filmnya banyak mendapatkan reaksi negatif. Namun, film ini menghadirkan fight scene terbaik yang pernah muncul dalam film adaptasi buku komik.

Fight scene ini sendiri terjadi menjelang akhir filmnya di mana Batman mencoba untuk menyelamatkan Martha Kent, ibu dari Clark Kent di sebuah gudang. Setelah melumpuhkan puluhan penjahat sebelumnya, Batman pun harus berhadapan dengan empat orang penjahat lainnya sekaligus. Alasan fight scene ini dianggap yang terbaik yang pernah ada dalam film adaptasi buku komik karena Zack Snyder menghadirkan momen yang “realistis” di mana para penjahat justru menyerang secara bersamaan.

Hal ini berbeda dengan mayoritas film aksi atau film superhero lainnya, yang mana dalam fight scene yang mereka hadirkan sering kali memperlihatkan para penjahat menunggu momen untuk menyerang. Pertarungan Batman yang brutal di momen ini juga banyak dipuji karena sangat menggambarkan sosok Batman yang brutal dan ahli dalam bertarung dalam jumlah yang banyak sekalipun.

6 Yuda vs Penjahat – The Raid

Masih berkaitan dengan fight scene atau adegan pertarungan, adegan aksi paling intens di dunia film selanjutnya adalah momen pertarungan antara Yuda menghadapai para penjahat di sebuah gedung dalam film The Raid. Film garapan Gareth Evans ini berhasil melambungkan nama Indonesia di mata dunia dan industri Hollywood berkat adegan bertarung yang sangat luar biasa.

Salah satu momen yang paling epik dalam film ini adalah fight scene yang terjadi di sebuah lorong di mana diperlihatkan Yuda harus berhadapan dengan para penjahat anak buah dari Tama Riyadi seorang gembong narkoba. Dalam fight scene ini kita diperlihatkan kemampuan bertarung Yuda yang luar biasa yang menggunakan ilmu bela diri pencak silat. Dia mampu menghadapi berbagai serangan senjata tajam dan juga serangan lainnya.

Fight scene yang intens ini banyak dipuji oleh industri Hollywood, yang mana bahkan film The Raid dianggap sebagai salah satu film aksi dan martial arts terbaik dengan adegan aksi intens tersebut. Momen pertarungan yang terjadi pun sangat cepat dengan koregrafi yang indah dan alami. Namun, banyak adegan berdarah dan mengerikan yang juga dihadirkan dalam fight scene ini.

5 Sean Boswell Balapan Di Bukit – Fast And Furious: Tokyo Drift

Fast and Furious: Tokyo Drift adalah salah satu spinoff yang sangat populer di franchise Fast and Furious. Bahkan, popularitas dari film ini mampu mengalahkan beberapa film utamanya. Ini juga merupakan satu-satunya film di franchise tersebut yang tidak menghadirkan Dom dan krunya sebagai karakter utama. Filmnya sendiri memperkenalkan sosok Sean Boswell dan juga Han Lue sebagai karakter utama.

Tokyo Drift juga menghadirkan jenis balapan yang berbeda dari film sebelumnya yaitu drift, yang mana drift sendiri memang menjadi balapan yang sangat populer di Jepang. Adegan intens dalam film ini terjadi di akhir cerita ketika Sean memutuskan untuk membalas dendam kematian Han. Sean sendiri sebenarnya sempat menduga jika D.K. yang melakukannya, meskipun di film selanjutnya terungkap jika Deckard Shaw yang menabrak Han.

Sean menantang D.K. bertarung di bukit yang bersejarah bagi D.K. di mana dialah satu-satunya yang pernah selamat menuruni bukit tersebut sambil melakukan drift. Dalam momen balapan tersebut, para fans melihat momen kejar-kejaran sekaligus adu skill drifting dari kedua karakter. Namun, menjelang akhir balapan, D.K. kehilangan ketengannya yang membuat dia celaka dan akhirnya Sean yang juara dan jadi raja drift baru di Jepang.

4 Adegan Kerusuhan Di Penjara – Extraction 2

Extraction merupakan film aksi yang dibintangi oleh Chris Hemsworth di mana dia berperan sebagai Tyler Rake yang diberi tugas untuk mengamankan seorang anak kecil dari berbagai ancaman. Kesuksesan filmnya membuat Extraction mendapatkan sekuel yaitu Extraction 2 yang rilis pada 2023 kemarin. Salah satu adegan aksi paling intens di film tersebut adalah ketika Tyler Rake terjebak di kerusuhan penjara.

Dalam adegan yang bersetting di penjara Georgia tersebut memperlihatkan Tyler Rake harus menerobos kerusuhan besar yang sangat kacau dan tidak terkendali. Dan bukan hanya itu saja, ada juga adegan pertarungan yang sangat intens serta momen kejar-kejaran, dan bahkan adegan di mana keretanya diserang oleh helikopter. Satu hal yang membuat adegan aksi intens ini luar biasa adalah semuanya dilakukan dalm satu take atau satu kali adegan.

Durasi dari adegan ini sendiri adalah 21 menit, di mana Chris Hemsworth dan juga Sam Hagrave beserta timnya harus berusaha untuk melakukan semua adegannya tanpa kesalahan. Ini jadi salah satu adegan one-shot atau one-take yang terlama dalam sejarah film dan menjadi adegan one-take terlama dalam genre film aksi. Durasi ini juga lebih lama dari film pertamanya yang kurang lebih berdurasi 15 menit.

3 The Tangier Chase – Bourne Ultimatum

Franchise Bourne jadi salah satu franchise film aksi lainnya yang sangat populer meskipun banyak pihak yang menganggap franchise ini sudah merusak “kebiasaan” film aksi di mana mereka menghadirkan momen aksi intens dengan kamera yang tidak stabil. Hal ini cenderung membuat para penonton tidak nyaman. Terlepas dari hal itu franchise film Bourne memiliki satu adegan intens yang populer.

Lebih dikenal dengan sebutan The Tangier Chase, adegan ini muncul dalam film The Bourne Ultimatum. Ketika salah satu agen, Bouksani Desh, berusaha untuk mengikuti dan menangkap Nicky Parson di kompleks perumahan di Tangier, Maroko, kita kemudian melihat momen Jason Bourne berusaha untuk menyelamatkan Nicky dari kejaran Desh. Adegannya sendiri menggabungkan berbagai elemen, seperti parkour yang diperlihatkan dalam momen Bourne melompat dari satu gedung ke gedung lain melalui jendela.

Dan di akhir adegannya kita melihat pertarungan antara Bourne dan Desh. Pertarungan ini benar-benar sangat apik dan menarik dengan koreografi yang luar biasa. Keduanya terlibat pertarungan tangan kosong yang luar biasa di sebuah ruangan yang sempit. Mereka bahkan memanfaatkan berbagai objek untuk digunakan sebagai senjata. Namun, akhirnya, Bourne berhasil menghabisi nyawa Desh.

2 Adegan Penyerbuan Pantai Normandy – Saving Private Ryan

Saving Private Ryan menjadi salah satu film populer dan berpengaruh di industri film. Film garapan sutradara Steven Spielberg ini dianggap sebagai salah satu film perang yang paling realistis, bahkan menurut para sejarawan dan veteran peran. Dan adegan aksi paling intens di dunia film sekaligus sebagai adegan peran paling realistis adalah ketika pasukan Amerika mendarat di Pantai Normandy.

Kita melihat bagaimana intensnya pertempuran untuk mengambil alih wilayah tersebut, di mana tidak sedikit nyawa pasukan Amerika melayang dalam peristiwa itu. Setelah pasukan Amerika berhasil mengambil alih wilayah pantai tersebut, ceritanya kemudian bergeser dan fokus pada sosok Kapten John Miller. Dia memimpin sebuah kelompok tentara yang bertugas untuk mencari dan membawa pulang James Francis Ryan.

Selain momen pertempuran pasukan Amerika menghadapi pasukan Nazi, yang membuat adegan ini sangat intens adalah bagaimana kita bisa melihat reaksi dari para pasukan Amerika yang harus terlibat dalam pertempuran tersebut. Efek suara yang Spielberg hadirkan dalam adegannya benar-benar dianggap sangat nyata, bahkan ketika adegannya menggambarkan situasi di dalam air.

1 Tunnel Scene – Sicario

Adegan aksi paling intens di dunia film yang terakhir adalah adegan penyerbuan dari pasukan gabungan ke terowongan yang digunakan untuk para penyelundup narkoba antara Meksiko dan Amerika dalam film Sicario. Dennis Villeneuve menghadirkan salah satu film aksi paling epik yaitu Sicario di mana filmnya menghadirkan cerita agen pemerintah Amerika yang mencoba menangkap gembong narkoba Meksiko.

Kelompok gabungan tersebut dipimpin oleh Matt Graver yang dibintangi oleh Josh Brolin. Mereka bekerja sama dengan banyak pihak, bahkan hingga pembunuh sekalipun yaitu Alejandro. Matt dan Alejandro bekerja sama karena mereka memiliki target yang sama. Setelah berhasil menangkap salah satu bawahan dari gembong narkoba tersebut, mereka pun kemudian melakukan penyerbuan ke sebuah terowongan.

Terowongan tersebut menghubungkan wilayah Texas dan Meksiko. Tempat ini juga jadi jalan bagi para penyelundup narkoba. Adegan ini kemudian memperlihatkan ketika Kate harus menerima fakta bahwa dia sebenarnya hanya “dimanfaatkan” oleh Matt dan Alejandro. Di akhir adegannya, kita kemudian melihat momen epik Alejandro menghabisi seluruh keluarga dari Fausto Alarcon.

Hollywood menjadi tempat lahirnya banyak film aksi populer. Bahkan, melalui film aksi tersebut juga industri perfilman Hollywiood banyak dikenal oleh orang-orang di seluruh dunia. Dan dari banyak film aksi yang mereka hadirkan ada beberapa film yang memiliki adegan aksi paling intens.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.
Exit mobile version