Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Luffy ke Masa Lalu Aktifkan Robot Kuno!

One Piece: Luffy ke Masa Lalu Aktifkan Robot Kuno!

Luffy kemungkinan adalah sosok yang aktifkan Robot Kuno pada 200 lalu dan memerintahkannya untuk Mary Geoise pada 200 tahun lalu. Arc Pulau Egghead memang menjadi salah satu alur cerita yang penting dalam series One Piece. Banyak fakta menarik yang Oda Sensei ungkapkan dalam alur cerita ini. Di sisi lain, banyak juga hal menarik baru yang muncul dalam ceritanya. Salah satunya adalah keberadaan dari Robot Kuno.

3 Robot Kuno One Piece

Kemunculan Robot Kuno atau Iron Giant di series One Piece pertama kali terjadi pada chapter 1065 kemarin. Saat itu Luffy, Bonney, Jinbe, dan Chopper berada di tempat pembuangan penemuan Vegapunk. Robot tersebut nampak sudah usang dan berkarat. Terlihat juga sebuah besi besar tertancap di bagian tengah tubuhnya. Menurut penjelasan dari Vegapunk di chapter 1067, robot kuno tersebut pertama kali dibuat pada 900 tahun yang lalu.

Namun, sayangnya, Vegapunk tidak mengetahui dari mana asalnya. Dia juga tidak tahu apakah ini juga merupakan salah satu teknologi ciptaan Kerajaan Kuno. Meskipun begitu, dengan kedahsyatan teknologi pada masa lalu Vegapunk sendiri meyakini hal tersebut. Selain tidak tahu asal-usulnya, Vegapunk pun tidak tahu apa tujuan pembuatannya dan misi dari robot raksasa tersebut.

Satu hal yang menarik kemudian adalah bagaimana Vegapunk sempat menjelasakan tentang alasan mengapa Robot Kuno tersebut bisa berada di sana. Dalam penjelasan Vegapunk sekitar 200 tahun yang lalu robot tersebut pergi ke Red Line dan menyerang wilayah Mary Geoise. Serangan robot kuno itu membuat semua orang panik dan ketakutan. Pasalnya, pada saat itu, tidak ada teknologi canggih yang mampu untuk menciptakan robot luar biasa seperti itu.

Sayangnya, sebelum misinya selesai robot tersebut kemudian kehabisan sumber daya. Pihak World Government memerintahkan untuk menghancurkan robot tersebut. Tetapi, karena rasa penasaran yang besar para peneliti dan ilmuwan zaman dahulu memutuskan untuk menyembunyikannya. Vegapunk sendiri berusaha untuk mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi sumber kekuatan robot tersebut.

Satu hal yang menarik lainnya adalah pada 200 tahun lalu diketahui bahwa Robot Kuno tersebut mendapatkan perintah untuk menyerang Mary Geoise dari pulau Manusia Ikan. Tetapi, kembali, kita masih belum tahu siapa yang kemudian memberikan izin dan siapa memberikan perintah untuk memberikan perintah ke Mary Geoise. Berkaitan dengan hal ini ada sebuah teori menarik yang muncul di kalangan fans.

Luffy Yang Aktifkan Robot Kuno – Ke Halaman 2

2 Luffy Yang Aktifkan Robot Kuno

Terdapat sebuah teori menarik yang berkaitan dengan penyerangan Robot Kuno ke Mary Geoise. Dalam teorinya dijelaskan bahwa Robot Kuno tersebut mendapatkan perintah dari Monkey D Luffy. Dalam hal ini, Luffy dianggap sebagai sosok yang aktifkan Robot Kuno pada 200 tahun yang lalu dan memberikan perintah untuk menyerang wilayah Mary Geoise. Namun, misi tersebut gagal.

Salah satu petunjuk besar dari teori ini adalah sumber daya dari Robot Kuno tersebut. Di poin sebelumnya terungkap bahwa sumber daya Robot Kuno tersebut masih jadi misteri. Namun, pasca kemunculan Luffy di pulau Egghead dan aktifnya Gear 5, kita kemudian melihat Robot Kuno tersebut juga kembali bangkit. Ini artinya ada dua kemungkinan tentang sumber daya Robot Kuno; Gear 5 atau Drum Kebebasan serta Joy Boy.

Fakta tersebut kemudian memunculkan pertanyaan besar. Jika hanya Joy Boy yang bisa perintahkan atau memberikan perintah terhadap Robot Kuno atau yang menggerakannya, lalu siapa yang memberikan perintah pada 200 tahun lalu untuk menyerang Mary Geoise? Apakah Robot Kuno tersebut memiliki semacam sistem mandiri, yang bisa bangkit setelah disetel waktunya sedemikian rupa? Rasanya kecil kemungkinan hal itu terjadi.

Inilah yang kemudian menjadi dasar dari teori bahwa kemungkinan sosok Luffy yang aktifkan Robot Kuno tersebut 200 tahun lalu. Hal ini karena rasanya tidak ada orang lain, khususnya di pulau Manusia Ikan, yang bisa memberikan perintah atau menggerakan Robot Kuno. Neptunes mungkin adalah sosok kuat, namun dia bukan sosok penting dalam sejarah One Piece.

Apakah kemudian Putri Duyung pada masa lalu? Ini juga rasanya kecil kemungkinan terjadi. Kekuatan Putri Duyung atau Poseidon adalah menggerakan seluruh makhluk laut dan bukan menggerakan Robot Kuno. Dan seperti yang disebutkan di atas, hanya Joy Boy dan suara Drum Kebebasan yang bisa menggerakan Robot Kuno. Dan dalam 800 tahun terakhir tidak ada orang yang memiliki buah iblis Nika selain Luffy.

Luffy Kembali Ke Masa Lalu – Ke Halaman 3

1 Luffy Kembali Ke Masa Lalu

Meskipun mungkin terdengar berlebihan, namun melihat apa yang Oda hadirkan dalam cerita One Piece saat ini membuat teori tersebut bukan mustahil terjadi. Satu hal yang mendukung teori ini adalah One Piece nyatanya memiliki elemen perjalanan waktu dalam ceritanya. Bagaimana Momonosuke dan beberapa Red Scabbards pergi dari 20 tahun lalu ke era sekarang, kemudian bagaimana Kozuki Toki juga berasal dari 800 tahun lalu dengan buah iblis miliknya, artinya bukan hal mustahil jika perjalanan waktu muncul di ceritanya.

Dan berbicara tentang perjalanan waktu ini pula yang kemudian menjadi salah satu poin jika Luffy yang mungkin pergi ke 200 tahun lalu dan aktifkan Robot Kuno untuk menyerang Mary Geoise. Apa yang kemudian jadi alasan Luffy melakukan hal tersebut? Tidak lain adalah untuk menghancurkan pihak yang bertanggung jawab atas hal yang terjadi di dunia tersebut yaitu World Government.

Kemunculan Luffy pada 200 tahun lalu tersebut menjadi pemicu dari bergeraknya Robot Kuno. Namun, sayangnya, misi yang kemudian Robot Kuno jalankan harus gagal. Kemungkinan besar karena Luffy sudah tidak lagi ada di sana di mana dia menghilang kembali ke masa sekarang. Hal itulah yang kemudian membuat Robot Kuno tersebut tiba-tiba tidak memiliki kekuatan atau energi.

Geeks mungkin berpikir bagaimana Luffy melakukan hal tersebut? Sejauh ini, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi untuk melakukan perjalanan waktu. Yang pertama adalah menggunakan buah iblis Toki. Namun, seperti yang Toki ungkapkan jika kekuatannya hanya bisa pergi ke masa depan dan bukan pergi ke masa lalu. Artinya, kemungkinan kedua ini yang memungkinkan yaitu teknologi milik Vegapunk.

Egghead merupakan pulau masa depan yang mengadaptasi berbagai teknologi canggi dari masa lalu. Melihat semua keajaiban teknologi yang ada di Egghead, mulai dari kloning, teknologi robot, dan sebagainya, bukan mustahil jika Vegapunk juga memiliki mesin waktu di pulau tersebut. Luffy yang kemudian menggunakan mesin waktu itu dan pergi ke 200 tahun lalu. Bagaimana Luffy kesulitan mengalahkan Gorosei bisa jadi alasan utama dari hal ini.

Luffy kemungkinan pergi ke masa lalu, tepatnya pada 200 tahun lalu, dan mengaktifkan Robot Kuno demi membantunya mengalahkan Gorosei. Tetapi, sebelum misi tersebut selesai semuanya justru gagal total. Robot Kuno itu akhirnya kehilangan sumber daya yang membuatnya tidak bisa melanjutkan misinya. Dan ini yang membuatnya kemudian meminta maaf kepada Joy Boy di chapter 1111.

Exit mobile version