Home SERIES SERIES FEATURES 7 Hal Yang Selalu Terulang di Seri Power Rangers

7 Hal Yang Selalu Terulang di Seri Power Rangers

Dalam setiap series Power Rangers terdapat beberapa hal yang selalu terulang atau selalu muncul yang terkadang membuat para fans terheran-heran. Franchise Power Rangers sudah ada sejak awal dekade 1990an dan masih populer hingga sekarang. Sejak saat itu, franchisenya selalu menghadirkan series terbaru. Dan yang menarik adalah ada beberapa hal yang selalu terulang dalam series Power Rangers. Apa saja?

7 Mendapatkan Kekuatan Dan Kostum Baru

Hal yang selalu terulang dalam series Power Rangers yang pertama adalah mendapatkan kekuatan dan juga kostum baru. Salah satu hal yang cukup menarik dan keren dari franchise ini adalah bagaimana setiap series terbaru selalu ada peningkatan yang terjadi. Dalam setiap musimnya, mereka akan mendapatkan peningkatan mulai dari armor atau kostum hingga senjata.

Jika Geeks perhatian mustahil sebuah series Power Rangers berakhir tanpa adanya sebuah peningkatan kekuatan dan kostum. Dan yang menarik juga adalah peningkatan tersebut bergantung kepada warna dari para Rangers. Contohnya adalah mayoritas Red Rangers akan mengalami peningkatan kostum dan kekuatan serta senjata mereka dalam skala yang masif. Hal ini lebih dikenal dengan nama Battlizer Mode.

Battlizer Mode biasanya akan menghadirkan sebuah senjata dahsyat spesial yang terhubung dengabn armornya dan hanya bisa digunakan sekali. Namun, seiring berjalannya waktu ada banyak momen atau bentuk peningkatan yang muncul. Contohnya melalui kunci, artefak, dan sebagainya. Dan kostum ikonik dari Power Rangers sendiri sebenarnya merupakan hasil peningkatan atau upgrade.

6 Power Rangers Kehilangan Zords Atau Kekuatan

Sebelum kemudian mereka mendapatkan peningkatan kekuatan atau senjata, mereka akan mengalami satu hal klise yang selalu terulang di seriesnya. Para Rangers umumnya akan kehilangan Zords atau robot mereka dari tangan musuh. Bisa juga para Rangers tersebut akan kehilangan kekuatan super mereka akibat pertarungan sebelumnya yang jadi awal peningkatan kekuatan tersebut.

Momen tersebut biasanya terjadi pada episode terakhir atau menjelang berakhirnya sebjuah musim di mana para Rangers akan kehilangan banyak hal dalam pertempuran puncak. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kekalahan dan kehilangan kekuatan ini kemudian menjadi jembatan bagi seriesnya untuk kemudian memperkenalkan kekuatan baru bahkan menyelesaikan ceritanya.

Dalam cerita Mighty Morphin, para Rangers sempat kehilangan kekuatan dan Zords mereka sebanyak dua kali. Dan dalam dua momen tersebut menjadi kesempatan bagi seriesnya untuk menghadirkan berbagai Zords baru. Dan salah satu ceritanya kemudian menjadi awal bagi kemunculan series lainnya Power Rangers Zeo. Dalam cerita Power Rangers Turbo, kita melihat bagaimana para Rangers harus kehilangan markas mereka.

5 Power Rangers Jadi Musuh Bebuyutan

Satu hal yang mungkin sudah sejak lama disadari oleh para fans adalah bagaimana Power Rangers selalu menjadi musuh bebuyutan bagi para villain yang muncul. Namun, jika umumnya sosok villain butuh berkali-kali bertempur atau bertarung untuk kemudian bisa menyatakan hal tersebut hal ini tidak berlaku di franchise Power Rangers. Pasalnya, hanya butuh satu episode atau satu kali pertemuan bagi para villain untuk mengganggap Power Rangers sebagai musuh bebuyutan.

Hal yang sering terulang ini berawal dari series Mighty Morphin Power Rangers di mana kita melihat para Rangers bertarung menghadapi Rita Repulsa dan sang penyihir tersebut kalah. Sebelumnya, Rita Repulsa sempat juga bertarung mengahdapi Zordon dan kalah sebelum kemudian dia kembali menghadapi para Rangers. Yang spesial adalah ketika dia kembali di film Power Rangers: Once & Always.

Hal ini juga kemudian terjadi kepada beberapa villain ikonik lainnya seperti Lord Zedd, Divatox, Machine Empire, dan bahkan bisa dibilang hampir semua villain Power Rangers mengalami hal serupa. Sebagian villain memang memiliki cerita yang menarik, namun sebagian lainnya hanya memiliki satu tujuan dalam hidupnya yaitu menguasai dunia seperti yang terjadi kepada Rita Repulsa.

4 Sosok Evil Ranger Muncul

Selain para villain yang muncul dalam setiap series bahkan episode, yang juga sering terulang dalam franchise Power Rangers adalah kemunculan dari sosok Evil Ranger. Tommy Oliver merupakan sosok Evil Ranger pertama yang muncul dalam franchise ini. Kemunculan Tommy nampaknya menjadi salah satu hal yang berhasil menarik minat dari para penonton pada saat itu.

Tommy kemudian sempat menjadi salah satu sosok villain yang harus dihadapi oleh para Rangers selain juga sosok Rita Repulsa. Dan semenjak kemunculan Tommy Oliver ini selama lebih dari 30 tahun kemudian kita tetap melihat bagaimana Tommy tetap menjadi Green Ranger pertama dan jadi Evil Ranger pertama yang terbaik di franchisenya. Hal tersebut yang kemudian memunculkan Evil Ranger lain dalam ceritanya.

Salah satu contoh nyata dari Evil Ranger yang muncul pasca Tommy adalaj Psycho Rangers yang berasal dari series In Space. Selain Psycho Rangers, contoh lainnya dari hal ini adalah Titanium Ranger dalam cerita Lightspeed Rescue yang tidak kalah ikonik dan Thunder Rangers dalam cerita Ninja Storm. White Ranger jadi contoh paling baru di mana Ollie merupakan Evil Ranger bagi sebagian besar series Cosmic Fury.

3 Kemunculan Anggota Baru

Setelah kemudian seriesnya memperkenalkan sosok Evil Ranger, baisanya yang kemudian terjadi adalah bagaimana sosok Evil Ranger tersebut bergabung dengan tim Power Rangers dan jadi anggota baru mereka. Selain biasanya berakhir dengan kekuatan dan kostum baru, para Ranges juga biasanya akan menghakhiri suatu musim dari seriesnya dengan kemunculan anggota baru.

Inilah alasannya mengapa kemudian dalam setiap akhir cerita seriesnya jumlah mereka tidak pernah sama. Meskipun di awal cerita jumlah mereka biasanya adalah lima orang, namun di akhir ceritanya mereka akan kedatangan satu sosok tambahan. Hal ini biasanya sering kita kenal dengan sebutan “Sixth Ranger” atau “Ranger Keenam.” Meskipun begitu, hal ini tidak selalu akurat.

Contohnya adalah dalam series Ninja Storm, para Wind Rangers sebenarnya tidak berjumlah lima orang melainkan tiga orang saja. Namun, Thunder Rangers yang berjumlah dua orang kemudian bergabung setelah mereka sebelumnya menganggap para Wind Rangers sebagai musuh. Di era modern, kemunculan anggot baru bahkan bukan hanya satu atau dua, melainkan tiga sekaligus seperti yang muncul dalam series Dino Thunder dan Dino Fury.

2 Kekuatan Ranger Kuat Dilemahkan

Series Power Rangers berusaha untuk memperkenalkan deretan para Rangers yang kuat demi bisa menghadapi para villain dan monster yang muncul setiap minggunya. Namun, sering kali justru para Rangers yang memang awalnya sangat kuat kemudian berubah menjadi lemah atau sosok yang berbeda dari sebelumnya. Sebagian Rangers dianggap overpowered sehingga mereka harus dilemahkan.

Tommy Olliver jadi contoh lainnya dari hal ini. Ketika dia pertama kali muncul, tim Power Rangers sangat kewalahan dan tidak sanggup untuk menghadapi sang Green Ranger. Inilah yang kemudian membuat Green Ranger dianggap sebagai salah satu Ranger terkuat. Namun, ketika kemudian Tommy sudah bergabung dengan tim Power Rangers level kekuatannya seolah menurun drastis.

Ketika bergabung dengan tim Power Rangers maka Tommy kemudian tidak ada bedanya dengan para Rangers lain. Seriesnya seolah-olah memperlihatkan jika Ranger kuat tersebut sebenarnya tidak seperti yang mereka bayangkan. Sebagian fans merasa hal ini sangat menjengkelkan. Namun, ada juga series yang kreatif dalam menangani hal ini seperti yang terjadi kepada Titanium Ranger. Ryan Mitchell terkena kutukan yang membuat dia akhirnya tidak bisa menggunakan kekuatannya secara penuh.

1 Para Rangers Yang Tidak Pernah Siap

Hal yang sering terulang atau selalu muncuk dalam setiap series Power Rangers yang terakhir adalah bagaimana para Rangers yang tidak pernah siap. Ini mungkin adalah salah satu hal yang paling sering terulang sekaligus yang paling konyol dari semuanya. Sedari awal, series Power Rangers bercerita tentang terpilihnya lima orang remaja yang kemudian mendapatkan kekuatan super demi bisa melindungi bumi.

Mereka merupakan remaja biasa yang biasanya dipilih karena memiliki jiwa keberanian yang besa, tulus, dan rela berkorban. Inilah alasannya para remaja tersebut tidak pernah siap untuk kemudian menjadi sosok Rangers. Dalam sebagian cerita, ada beberapa remaja atau karakter yang memang tidak sengaja terpilih untuk menjadi sosok Ranger. Contohnya adalah Tori, Shane, dan Dustin.

Contoh menarik dari hal ini muncul dalam series S.P.D. di mana ada dua tim yang terpilih menjadi Rangers, yaitu A-Squad Rangers dan B-Squad Rangers. Meskipun sebenarnya tidak salah untuk menghadirkan elemen remaja yang tidak bisa apa-apa kemudian berubah menjadi sosok pelindung bumi, namun ketika formula cerita tersebut banyak terulang tentunya hal ini akan membuat sebagian fans jengah,

Power Rangers sudah sejak lama menajdi salah satu series populer anak-anak yang menghadirkan berbagai cerita dan hal menarik terkait superhero tersebut. Setiap season baru dari seriesnya maka kita akan diperkenalkan dengan tim baru. Sayangnya, dalam setiap series tersebut ada beberapa hal yang kemudian terus berulang dan sering muncul.

Exit mobile version