Ketika mayoritas anime menghadirkan tema Isekai atau sebuah dunia fantasi, beberapa anime justru bertema luar angkasa sesuatu yang cukup jarang terjadi. Menghadirkan tema yang unik menjadi salah satu hal yang biasanya terjadi dalam sebuah series anime. Salah satu tema yang yang menarik namun cukup jarang diangkat adalah luar angkasa. Berikut adalah beberapa anime bertema luar angkasa.

6Knight Of Sidonia

Rilis pada 2014, Knight of Sidonia merupakan series anime bertema luar angkasa yang cukup unik dengan visual yang apik. Seriesnya menghadirkan cerita di mana bumi sudah hancur akibat ulah dari alien yang bisa berubah wujud. Untuk bisa terus bertahan hidup umat manusia kemudian pindah tempat tinggal menuju sebuah kapal luar angkasa yang berukuran sangat besar.

Kapal luar angkasa tersebut terus terbang dan melayang di luar angkasa. Selain tinggal di kapal luar angkasa, manusia yang tinggal di kapal luar angkasa tersebut juga mengalami perkembangan peradaban yang luar biasa. Mereka mampu melakukan proses pengembangan makanan dan tumbuhan secara mandiri, bahkan membuat manusia kemudian bisa menyatu dengan mesin.

Mereka juga bahkan bisa menciptakan kloning manusia seperti yang terjadi kepada Nagate Tanikaze yang merupakan kloning dari Hiroki Saitou. Knight of Sidonia masih menghadirkan elemen umum dari genre mecha dan luar angkasa dan fiksi ilmiah yang mungkin familiar bagi sebagian besar Geeks. Di sisi lain, para fans juga akan disuguhkan dengan hal mengerikan tentang keberlangsungan umat manusia dan berbagai hal lainnya.

Tengen Toppa Gurren Laggan

Pasca kesuksesan Evangelion, banyak series mencoba untuk mengikuti jejak mereka dengan menghadirkan kembali apa yang membuat series Evangelion sukses namun dihadirkan dengan konsep yang berbeda. Sayangnya, sering kali usaha tersebut gagal. Tapi, Tengen Toppa Gurren Lagann yang tayang pada 2007 bisa dibilang cukup berhasil melanjutkan kesuksesan dari Evangelion.

Ceritanya sendiri berkisah tentang Simon dan Kamina yang merupakan kakak beradik, yang mencoba untuk menyelamatkan dunia bersama-sama. Seriesnya sendiri mencoba untuk memberikan pelajaran tentang saling percaya satu sama lain. Satu hal yang menarik dari series ini adalah bagaimana eskalasi pertempurannya meningkat dengan sangat drastis. Dimulai dari pertempuran bawah tanah hingga pertempuran epik di luar angkasa.

Dan karena bertema luar angkasa yang dipadukan dengan genre mecha, Gurren Laggan memang banyak menghadirkan elemen dari series Evangelion. Salah satu contohnya adalah bentuk mecha dalam series ini sangat mirip dengan EVA Unit yang bisa dilihat dari berbagai hal di mecha tersebut. Hanya saja, yang kemudian membedakannya dengan EVA Unit adalah mecha di series Gurren Laggan ini lebih terlihat seperti karakter biasa daripada mecha yang dipiloti oleh umat manusia. Para mecha tersebut seolah bisa bergerak dan berpikir sendiri, layaknya para Transformers.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.