Sutradara adalah orang yang bertanggung jawab atas pengarahan dan pelaksanaan sebuah produksi film dan series. Sutradara memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan film atau series. Mereka mengarahkan pemeran, menentukan pengaturan kamera, memilih musik, dan membuat keputusan kreatif lainnya yang memengaruhi hasil akhir produksi. Ada banyak sekali sutradara hebat yang ada saat ini. Tetapi ternyata ada beberapa sutradara hebat yang juga menciptakan film yang dianggap jelek. Siapa saja?

2Clint Eastwood

Eastwood memulai karirnya sebagai aktor pada tahun 1950-an dan dikenal karena perannya dalam film-film western seperti A Fistful of Dollars (1964), For a Few Dollars More (1965), dan The Good, the Bad and the Ugly (1966). Dia juga berperan sebagai Detektif Harry Callahan dalam film Dirty Harry. Eastwood juga dikenal sebagai seorang sutradara yang sangat sukses.

Beberapa film terkenal yang disutradarainya antara lain adalah Unforgiven (1992), Million Dollar Baby (2004), Mystic River (2003), Gran Torino (2008), dan American Sniper (2014). Sebagai sutradara, Eastwood telah memenangkan Academy Awards (Oscar) sebanyak dua kali untuk film Unforgiven dan Million Dollar Baby. Dia juga menerima berbagai penghargaan lainnya termasuk Golden Globe Awards, BAFTA Awards, dan Penghargaan Cannes.

Meski rekam jejaknya sangat positif sebagai sutradara, tetapi Clint Eastwood pernah membuat film yang dianggap buruk. Film tersebut berjudul Firefox. Film ini mengisahkan tentang Mitchell Gant (Clint Eastwood), seorang pilot mantan Vietnam dan veteran angkatan udara Amerika, yang direkrut oleh CIA untuk sebuah misi berbahaya di Uni Soviet. Gant ditugaskan untuk mencuri pesawat tempur canggih Soviet terbaru yang dikenal sebagai MiG-31, yang juga dikenal dengan kode “Firefox”.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/