Kasus tentang kebocoran rahasia negara tentunya menjadi perhatian publik dan tidak jarang kisahnya diadaptasi jadi film. Film aksi bertema mata-mata yang memang memiliki misi untuk mencuri informasi penting negara lain mungkin sudah biasa muncul di berbagai film. Namun, menjadi tidak biasa ketika kemudian film tersebut mengadaptasi sebuah kasus besar yang berkaitan dengan kebocoran rahasia negara. Berikut adalah beberapa deretan filmnya.

9Film-Film Cambridge Five

Cambridge Five merupakan lima orang cerdas yang ada di lingkungan kampus Cambrdige. Film-film yang menghadirkan tentang kisah mereka bersetting di era perang 1940an. Mendapatkan iming-iming oleh janji manis dari pihak Uni Soviet, para Cambridge Five akhirnya menggunakan keahlian mereka masing-masing untuk mengungkapkan dan membocorkan berbagai informasi rahasia negara lain.

Hal tersebut tentunya menjadi jalan bagi pihak Uni Soviet untuk berkuasa. Kelima anggota tersebut adalah Kim Philby, Donald Maclean, Guy Burgess, Anthony Blunt, dan John Cairncross. Semuanya berjalan dengan lancar sampai pada 5 September 1945 ketika seorang pemecah sandi, Igor Gouzenko, pergi dari kanada, pihak intelijen akhirnya mengetahui keberadaa Cambridge Five ini.

Mereka kemudian melakukan berbagai investigasi dan melihat operasi mereka. Dari hasil investigasi tersebut satu persatu semua anggota dari Cambridge Five akhirnya terungkap identitasnya ke publik. Inilah peristiwa yang kemudian menginspirasi film Cambridge Five dan juga sekitar 23 film lainnya seperti Traitor pada tahun 1971. Yang paling baru adalah A Spy Among Friends yang rilis pada 2022 kemarin.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.