Home SERIES SERIES FEATURES Mengenal 9 Universe Power Rangers yang Eksis!

Mengenal 9 Universe Power Rangers yang Eksis!

Sekilas mungkin cerita Power Rangers nampak sederhana, namun ada banyak hal yang menarik seperti berbagai universe yang mind blowing. Cerita Power Rangers pada awalnya berfokus tentang lima orang remaja yang jadi pelindung bumi dengan bantuan kekuatan super. Namun, seiring berjalannya waktu, franchise Power Rangers berkembang menjadi sesuatu yang lebih kompleks dan luas. Salah satunya mereka menghadirkan berbagai universe yang berbeda. Berikut adalah universe paling mind blowing di series Power Rangers.

9 Universe 1/Prime Universe

Universe Power Rangers yang mind blowing pertama adalah Universe 1 atau yang biasa juga disebut sebagai Prime Universe. Sesuai namanya, Prime Universe merupakan universe utama di mana hampir keseluruhan cerita yang terjadi di timeline Power Rangers muncul di universe ini. Jika merunut pada kronologinya, berbagai peristiwa yang terjadi di Prime Universe dimulai sejak series pertama yaitu Mighty Morphin Power Rangers.

Kemudian, timelinenya sendiri berhenti di series Power Rangers Cosmic Furies. Setelah itu, ada banyak karakter dan tim baru muncul di musim lainnya. Diketahui, ada dua musim series Power Rangers yang tidak terjadi di Prime Universe, yaitu Power Rangers RPM dan Power Rangers Dino Charge. Mereka ternyata muncul dan memiliki setting universe tersendiri dalam Multiverse Power Rangers.

Yang menarik adalah meskipun ada beberapa tim Rangers yang berbeda dari tim lainnya di Prime Universe, namun mereka masih bisa tetap saling berkomunikasi. Bahkan, mereka juga bisa saling mengunjungi universe satu sama lain dengan menggunakan sebuah alat bernama Transportal Device. Bisa juga, mereka menggunakan sebuah kendaraan kereta bawah tanah di Harwood County.

8 Universe 3/95′ Movie Universe

Universe 3 atau yang biasa disebut 95′ Movie Universe pada dasarnya memiliki kesamaan dengan Prime Universe. Hampir semua hal di universe ini sama dengan Prime Universe, terkecuali beberapa detail estetik yang berbeda. Contohnya adalah kostum yang digunakan oleh para Rangers lebih terlihat seperti sebuah armor daripada kostum spandex biasa. Kemudian, kepala Zordon berwarna biru dan bukan putih.

Robot Alpha 5 nampak jauh lebih tinggi dan lebih berkilauan. Para villain seperti Lord Zedd, Goldar, dan Rita Repulsa tidak terlalu memiliki banyak perubahan. Karakter villain lainnya, seperti Ivan Ooze, menjadi karakter eksklusif yang hanya ada di universe ini dan tidak ada di universe lainnya. Kemudian ada sosok Dulcea yang merupakan sosok Ninjor di Prime Universe. Dan ada karakter bernama Mordant yang merupakan gabungan dari Splinter, Squatt, dan Baboo.

Hal tersebut karena ketiga karakter itu tidak ada di universe itu. Dan sesuai namanya, Universe 3 ini menjadi setting dari film Might Morphin Power Rangers yang rilis pada 1995. Untuk ceritanya sendiri hampir mirip dengan series awal Mighty Morphin. Namun, sosok villain utama lain yang harus mereka hadapi tidak lain adalah Ivan Ooze.

7 Universe 5/RPM Universe

Seperti yang disebutkan di poin pertama, series Power Rangers RPM menghadirkan setting yang berbeda dari series Mighty Morphin Power Rangers  dan juga series lainnya. Power Rangers RPM tidak bersetting di Prime Universe atau Universe 1, melainkan di Universe 5 atau RPM Universe. Ini merupakan sebuah universe yang awalnya tidak memiliki tim Power Rangers sebagai penjaga alam raya tersebut.

Namun, Docktor K kemudian berhasil meretasnya dan kemudian menyebutnya sebagai Bio-Field. Setelah berhasil meretas Bio-Field, dia pun kemudian menciptakan berbagai kekuatan dahsyat yang kemudian menjadi sumber kekuatan para Rangers. Di sisi lain, apa yang Doctor K lakukan ini juga ternyata melepaskan sebuah virus komputer yang hidup bernama Venjix.

Virus tersebut kemudian berhasil untuk mengambil alih dunia di Universe 5 ini, kecuali Dome City of Corinth. Kota tersebut ternyata dilindungi oleh Power Rangers RPM. Tim Power Rangers tersebut kemudian berusaha untuk mengalahkan Venjix, yang mana mereka pada akhirnya berhasil dan menjebaknya di Morphin Grid. Berkaitan dengan hal tersebut, meskipun Universe 5 terpisah dari Prime Universe semuanya masih saling terhubung berkat Morphin Grid. Fakta menariknya adalah sebenarnya, Universe 5 awalnya menjadi bagian dari Prime Universe. Namun, dalam film Clash of the Red Rangers akhirnya Universe 5 dirubah menjadi sebuah universe alternatif.

6 Universe 6/Dino Charge Universe

Universe 6 mirip seperti Universe 5, di mana ini menjadi universe alternatif dari multiverse Power Rangers yang mind blowing. Dino Charge Universe merupakan rumah dari salah satu artefak paling populer, Energems. Ini merupakan sebuah batu yang sangat kuat yang memiliki koneksi dengan sepuluh Dinosaurus pada sekitar 65 juta tahun yang lalu sebelum mereka tersapu oleh asteroid.

Jutaan tahun kemudian, kesepuluh Energems tersebut kemudian menyatu dengan sepuluh orang manusia atau remaja manusia dan alien terpilih. Mereka yang terpilih kemudian akan bisa bertransformasi menjadi Dino CHarge Rangers demi melindungi Energems dari berbagai ancaman alien yang menginginkannya. Mereka sengaja mengincar Energems untuk mendapatkan kekuatan dahsyat.

Dino Charge Universe sebelumnya memiliki kemiripan dengan Prime Universe, sampai para Dino Charge Rangers menggunakan kekuatan mereka untuk melakukan perjalanan waktu. Hal ini sengaja mereka lakukan demi bisa mengalahkan Sledge yang ada di masa lalu. Hal tersebut membuat semua kejadian yang ada akhirnya kembali terjadi, seperti peristiwa punahnya para dinosaurus.

5 Universe 7/BOOM! Studios Universe

BOOM! Studios Comics merupakan perusahaan percetakan yang kemudian mengakuisisi franchise Power Rangers dan mengembangkan ceritanya hingga sekarang. Mereka menghadirkan ulang cerita Mighty Morphin Power Rangers dalam versi komik dengan perubahan yang lebih modern. Apa yang diceritakan dalam komiknya ini benar-benar berbeda dari apa yang muncul di series televisi.

BOOM! Studios benar-benar memberikan kebebasan kepada para penulisnya untuk menghadirkan berbagai cerita dan bahkan karakter baru untuk universe Power Rangers di komiknya yang juga dikenal dengan nama Universe 7 atau BOOM! Studios Universe. Contohnya adalah kita diperkenalkan karakter baru seperti Matthew Cook, Grace Sterling, tim Power Rangers di tahun 1969 yang merupakan tim Power Rangers pertama bentuk Zordon, dan sebagainya.

Selain menghadirkan karakter baru, cerita para karakter yang muncul juga berbeda antara satu sama lainnya. Misalnya bagaimana Jason Lee Scott dan Trini Kwan pernah jadi sepasang kekasih. Mereka juga pernah bertukar kekuatan dan hal menarik lainnya. Universe ini juga menghadirkan banyak tim Power Rangers yang berasal dari universe dan timeline lainnya yang bersatu demi mengalahkan Lord Drakkon.

4 Universe 8/ The World Of The Coinless

The World Of The Coinless merupakan universe Power Rangers mind blowing lainnya. Ini merupakan sebuah dimensi yang berbeda di mana Tommy Oliver berubah menjadi sosok jahat dan juga kuat. Tommy Oliver tetap menjadi sosok yang jahat meskipun Sword of Darkness berhasil dihancurkan oleh Jason Lee Scott. Dan karena dia tetap jadi sosok jahat, Tommy pada akhirnya berhasil mengambil alih dunia.

Tommy bahkan berhasil menghabisi rekannya sendiri, Billy Cranston dan Jason Lee Scott. Dia juga mencuri kekuatan mereka dan menciptakan pasukan Rangers Sentries. Ini merupakan pasukan yang sangat kuat yang mana para personilnya mirip seperti para Rangers. Mereka memutuskan mengabdi kepda Tommy Oliver alias Lord Drakkon. Hal ini memunculkan sebuah pergerakan bernama The Coinless.

The Coinless merupakan kelompok yang berisi mereka para Rangers yang selamat dari kekuatan dahsyat Lord Drakkon. Mereka mencoba melakukan perlawanan terhadap kekuasaan dari Lord Drakkon. The Coinless sendiri berisi Zack Taylor, Trini Kwan, Bulk, Skull dan Aisha Campbel. Kimberly Hart sempat menjadi bagian dari tim ini, namun Lord Drakkon berhasil mencuci otaknya dan membuatnya menajdi sosok Ranger Slayer.

3 Universe 9/2017 Movie Universe

Selain di tahun 1995, franchise ini sempat menghadirkan film layar lebar lainnya di tahun 2017 yang berjudul Power Rangers. Ini adalah sebuah proyek film reboot dari series Mighty Morphin Power Rangers yang sangat populer di era 1990an. Namun, dalam film ini kita melihat sentuhan yang lebih modern pada kisah superhero remaja dengan tone cerita yang jauh lebih gelap dan dewasa.

Film Power Rangers menceritakan tentang sekelompok remaja yang terpilih menjadi Power Rangers setelah mendapatkan kekuatan misterius. Mereka menerima cincin Morphin dan kostum yang memberikan kekuatan super. Bersama-sama, mereka harus belajar bekerja sama sebagai tim. Meski memiliki cerita yang menjanjikan, filmnya gagal karena mendapat kritik dan pendapatan yang buruk di box office.

Banyak perubahan drastis yang muncul dalam versi Power Rangers di film ini, misalnya kostum dari para Rangersnya yang nampak lebih seperti armor. Selain itu, armor tersebut juga dianggap mirip seperti kulit kedua mereka. Zord yang mereka gunakan juga memiliki desain yang sangat berbeda, di mana desainnya lebih mirip seperti kumbang. Cerita dari para villain, seperti Rita Repulsa, juga mengalami perubahan drastis di film dan universe ini.

2 Universe 10/Hyperforce Universe

Hyperforce Universe atau Hyperforce Dimension merupakan sebuah dimensi alternatif dari universe milik Power Rangers Time Force. Selain itu, ini juga merupakan kelanjutan dari alur cerita tim Power Rangers tersebut. Dalam ceritanya, tim Hyperforce Rangers melakukan perjalanan antar dimensi menuju timeline dimensi alternatif ini. Hal tersebut berakibat pada perubahan besar dari banyak hal.

Salah satu perubahan yang muncul tentunya adalah alur cerita. Di universe ini Jen Scott merupakan salah satu guru dan mentor bagi tim Power Rangers tersebut. Nadira merupakan tunangan dan istri dari Joe Shih, sang Silver Time force Ranger yang berubah menjadi Green Hyperforce Ranger. Tim Power Rangers ini sempat muncul dalam beberapa event komik seperti Shattered Grid dan Darkest Hour. Mereka kemudian mendapatkan series komiknya sendiri sebagai pengganti dari series mereka yang dibatalkan.

1 Berbagai Universe Lainnya

Selain sederet universe di atas yang jadi setting utama bagi banyak alur cerita, mitologi Power Rangers memiliki beberapa universe atau dimensi lainnya yang tidak kalah penting. Misalnya:

  • Pilot Trini Universe: Dalam universe ini, karakter Trini Kwan tidak diperankan oleh Thuy Trang melainkan Audri Dubois.
  • Universe 4: Universe 4 atau Goldust Dumension merupakan sebuah universe alternatif di mana Tori Hanson muncul dalam episode The Wild Wipeout dalam series Power Rangers Ninja Storm. Dalam universe ini semua moralitas dari para karakternya berbanding terbaik.
  • Universe 11: Universe 11 alias Antiverse adalah rumah dari Lord Draven dan menjadi tempat di mana dia menyerap seluruh kekuatan dari para Rangers yang berhasil dia culik untuk kemudian diciptakan kloningnya. Dan setelah itu, kloning tersebut akan dibawa ke universe lain.
  • Universe 12: Memiliki nama lain The Void, Universe 12 merupakan sebuah dimensi yang dipilih oleh Morphin Master untuk memutus hubungan dengan Morphin Grid. Hal ini sengaja dilakukan untuk menghancurkan Morphin Grid itu sendiri. Karena tidak terhubung dengan Morphin Grid, universe ini tidak bisa memiliki tim Power Rangers kecuali Solar Ranger.
  • Universe 13: Dikenal dengan nama Cyber Dimension, ini merupakan sebuah dimensi di mana seluruh langitnya diselimuti oleh warna merah. Cyber Dimension merupakan universe asal dari makhluk robo bernama Scrozzle sebelum Evox dan Dark Avatar miliknya dipindahkan ke sana dan berhasil mengambil alih dimensi tersebut. Scrozzle sendiri sengaaj pergi ke dimensi ini untuk bersembunyi dari Vargoyle.
  • Universe 14: Sebuah Cyber Dimension di mana langitnya justru berwarna kuning dan terdapat banyak sekali kristal yang para kru dari Evox gunakan sebagai markas operasi mereka setelah Beast Morphers Rangers berhasil menemukan lokasi Cyber Dimension.

Cerita Power Rangers nyatanya berhasil dikembangkan dengan baik dalam beberapa dekade belakangan. Bukan hanya sekedar cerita tentang sekelompok remaja yang melindungi bumi lagi, namun ada elemen menarik dan kompleks yang kemudian muncul dalam ceritanya.

Exit mobile version