Home OTAKU OTAKU FEATURES One Piece: Mengapa Luffy Tidak Kenal Nika?

One Piece: Mengapa Luffy Tidak Kenal Nika?

Salah satu hal yang mungkin muncul di benak para fans pasca apa yang terjadi di Egghead adalah mengapa Luffy tidak mengenal sosok Nika. Dalam cerita One Piece, Nika merupakan sosok legendaris yang sangat dinantikan kemunculannya oleh banyak orang. Bahkan, banyak orang yang sangat memuja sosok Nika. Luffy sendiri diyakini merupakan reinkarnasi dari sosok Nika. Namun, mengapa kemudian tidak kenal Nika?

4 Nika Dalam Cerita One Piece

Pertama kali disebutkan di chapter 1018, Nika merupakan sosok legendaris yang dianggap sebagai sosok dewa. Dia hidup berabad-abad lalu di dunia One Piece, yang mana menurut penuturan dari Who’s Who, Nika sempat dipuja sebagai dewa pada masa lalu. Sosok Nika terkenal memiliki peran penting terutama bagi para budak atau tawanan. Dia selalu membawa kebahagiaan dan tawa bagi mereka.

Namun, legenda tentang sosok Nika sepertinya lebih dari sekedar tawa dan kebahagiaan bagi orang-orang. Banyak orang-orang di masa lalu, khususnya budak dan tawanan, yang yakin bahwa Nika akan membebaskan mereka. Nika juga akan membebaskan semua budak dan tawanan, serta melindung mereka semua. Inilah yang kemudian membuat banyak orang menganggap Nika adalah sosok dewa.

Kepercayaan tersebut ternyata masih berlaku sampai sekarang. Sebelumnya, Who’s Who sendiri sempat berdoa atau meyakini jika Nika akan muncul dan membebaskannya setelah dia harus mendapat hukuman penjara karena menghilangkan buah iblis Nika. Kemudian, dalam kilas balik Kuma kita melihat bagaimana bangsa Buccaneer selalu percaya terhadap sosok Nika. Mereka bahkan mewariskan kepercayaan tersebut kepada keturunan mereka.

Who’s Who sendiri mendengar cerita tentang sosok Nika dari penjaga yang ada di penjara. Dan yang menarik adalah pasca penjaga tersebut menceritakan tentang sosok Nika, dia kemudian menghilang. Hal tersebut seolah menggambarkan bahwa semua cerita tentang Nika menjadi subyek percakapan yang tidak boleh dibicarakan sama sekali. Meskipun sudah berharap Nika akan membebaskannya, namun faktanya Who’s Who tidak pernah merasakan hal tersebut.

Yang terjadi justru dia kabur dari penjara dengan caranya sendiri, tanpa pernah berhasil bertemu Nika. Selama 800 tahun, banyak orang menantikan kemunculan kembali sosok Nika. Bahkan, Kuma dan Bonney berusaha untuk mencari keberadaan Nika. Bonney berharap jika Nika bisa membantu menemukan ayahnya dan membebaskannya dari penderitaan yang dia alami.

Luffy Tidak Kenal Nika – Ke Halaman 2

3 Luffy Tidak Kenal Nika

Terdapat sebuah spekulasi yang menarik mengenai kemungkinan alasan sebenarnya mengapa Kuma kemudian mau membantu Luffy saat peristiwa di Sabaody. Dalam spekulasi ini dijelaskan jika Kuma kemungkinan tahu jika Luffy adalah Nika. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Spekulasi ini muncul berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam chapter One Piece 1095 kemarin.

Dalam chapter baru tersebut para fans akhirnya mengetahui tentang asal-usul Kuma, di mana dia berasal dari sebuah ras bernama ras Buccaneer. Yang menarik adalah ras Buccaneer sudah sejak turun-temurun mengenal sosok legendaris Nika. Mereka bahkan mengajarkan anak-anak mereka tentang tarian dan drum kebebasan milik Nika. Lalu, apa kaitannya dengan Luffy? Seperti yang Geeks ketahui, sejak 800 tahun lalu sosok Nika tidak pernah muncul.

Semua orang kemudian mengetahui tentang Nika dan koneksinya dengan Luffy ketika dia memakan buah iblis Gomu Gomu alias buah iblis Nika. Kuma kemungkinan tahu tentang buah iblis tersebut dan dia juga tahu jika Luffy yang kemudian memakan buah iblis tersebut, apalagi kabar tentang Luffy begitu masif. Mengetahui hal tersebut, Kuma kemungkinan memutuskan untuk melindungi Luffy agar masa depannya bisa lebih baik.

Inilah yang mungkin membuat Kuma memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi melindungi Luffy. Meskipun begitu, dari apa yang muncul dalam ceritanya sejauh ini Luffy sendiri tidak pernah menyadari atau mengetahui bahwa dirinya adalah kemungkinan besar reinkarnasi dari sosok Nika. Hal ini terbukti dari beberapa hal. Yang pertama adalah dari pernyataannya kepada Bonney.

Setelah Bonney mengetahui Luffy adalah Nika, dia sempat bertanya tentang keberadaan “Nika” selama ini. Namun, Luffy sendiri menjawab bahwa dia tidak kemana-mana dan selalu ada di samping Bonney. Kedua, di chapter 1111 terdapat momen di mana Dory dan Broggy bertanya kepada Luffy tentang sosok Nika. Namun, yang menarik kemudian adalah Luffy menjawab bahwa dia tidak tahu Nika dan tidak paham pertanyaan keduanya.

Efek Awakening Buah Iblis – Ke Halaman  3

2 Efek Awakening Buah Iblis

Bagaimana kemudian Luffy tidak mengenal sosok Nika ini menarik dan di sisi lain juga cukup masuk akal. Hal ini menarik karena Luffy tidak pernah sadar mengenai potensi besar yang ada dalam tubuhnya tersebut. Baginya, hidup hanyalah tentang kebebasan dan mewujudkan impian yang ada dalam benaknya selama ini. Luffy tidak pernah memikirkan semua hal mengenai asal-usulnya.

Bagaimana Luffy tidak mengenal sosok Nika juga memang masuk akal. Ada dua kemungkinan besar mengapa Luffy tidak mengenal Nika. Yang pertama adalah tidak pernah ada referensi mengenai hal tersebut dalam hidup Luffy. Seperti penjelasan di atas, Nika memang merupakan sosok legendaris yang bersal dari 800 tahun lalu. Banyak pihak yang menantikan kembali kemunculannya. Salah satu contohnya adalah bangsa Buccaneer.

Pertanyaanya apakah semua bangsa atau semua orang juga mengenal Nika? Inilah yang kemudian masih jadi misteri hingga sekarang. Namun, melihat apa yang muncul di ceritanya bisa kita tarik kesimpulan bahwa ada kemungkinan tidak semua mengenal Nika. Berdasarkan hal tersebut, rasanya wajar jika Luffy tidak mengenal sosok Nika. Karena, dalam hidupnya, nama dari Nika tidak pernah muncul atau tidak pernah dia dengar sebelumnya.

Kemungkinan kedua adalah efek awakening dari buah iblis berjenis Zoan. Apa maksudnya? Seperti yang Geeks ketahui, buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang mampu memberikan kekuatan binatang kepada penggunanya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung dan juga kekuatan fisik. Namun, awakening dari buah iblis berjenis Zoan ini memiliki kelemahan besar.

Dalam booklet Road To Laugh Tale Vol. 3 terdapat informasi yang membahas tentang buah iblis Zoan, termasuk juga apa yang menjadi kelemahannya. Menurut informasinya, awakening dari jenis buah iblis Zoan sangat berbeda dengan awakening dari jenis buah iblis Paramecia. Satu hal yang mencolok dari awakening Zoan adalah perubahan besar dalam tubuh penggunanya.

Pemilik buah iblis Zoan akan mengalami peningkatan yang sangat drastis dalam hal kekuatan, stamina, dan kemampuan fisik lainnya. Namun, yang menjadi kelemahannya adalah awakening tersebut ternyata memengaruhi jiwa atau kepribadian dari penggunanya. Disebutkan bahwa saat tubuh mereka menjadi sangat kuat dan luar biasa, kepribadian mereka justru akan “melemah”.

Artinya dengan kata lain penggunanya akan mengalami kehilangan kesadaran atau mereka akan kehilangan kendali atas tubuh mereka. Juga, mereka akan bertingkah laku berbeda. Inilah kemungkinan jawaban mengapa Luffy mengalami “perubahan” besar membangkitkan buah iblis Nika miliknya. Luffy berubah menjadi sosok yang konyol, penuh tawa, seolah tidak memiliki beban.

Nika Ambil Alih Tubuh Luffy – Ke Halaman 4

1 Nika Ambil Alih Tubuh Luffy

Salah satu spekulasi yang sempat muncul berkaitan dengan hal tersebut adalah kemungkinan sosok Nika yang kemudian ambil alih tubuh Luffy. Dalam chapter 1034, kita sempat melihat situasi dari Luffy yang tidak sadarkan diri pasca pertarungan melawan Kaido. Dalam panel terakhir di chapter itu, nampak bagaimana tubuh Luffy “meleleh” yang mana banyak dari para fans meyakini bahwa itu adalah bentuk dari awakening buah iblisnya.

Kemudian, dari mulut Luffy muncul semacam asap. Terdapat sebuah spekulasi menarik di mana disebutkan bahwa asap tersebut merupakan “arwah” dari Nika atau pun Joy Boy. Dengan kata lain, ketika kemudian Luffy menggunakan kemampuan dari Gear 5 maka besar kemungkinan sebenarnya dia kehilangan jati dirinya. Simpelnya, konsep ini mirip seperti genre Shonen lainnya di mana Luffy menjadi wadah bagi sosok lampau atau sosok lain.

Nika yang kemungkinan ambil alih tubuh Luffy ketika Gear 5 aktif. Hal ini terlihat dari perubahan besar dari sikap Luffy yang nampak begitu bebas. Luffy sendiri mengaku bahwa dia merasa sangat bebas ketika Gear 5 aktif. Meskipun begitu, perubahan besar dari sikapnya itulah yang dianggap sebagai petunjuk bahwa ada kemungkinan jiwa dari Nika muncul ketika Luffy menggunakan Gear 5.

Ini yang mungkin menjelaskan perubahan sikap tersebut dan jadi jawaban mengapa kemudian Luffy tidak mengenal sosok Nika. Karena, layaknya orang yang memiliki kepribadian ganda, atau pihak memiliki sosok lain dalam tubuhnya, Luffy mungkin tidak akan mengenal siapa sosok tersebut sampai kemudian dia memang sengaja mencari tahu tentang sosok itu.

Jadi, kesimpulannya, mengapa kemudian Luffy tidak mengenal Nika? Kemungkinannya ada dua. Yang pertama karena Luffy memang tidak pernah mendengar nama tersebut sebelumnya dalam hidupnya. Kedua, jiwa dari Nika sebenarnya ada dalam tubuh Luffy yang memakan buah iblis tersebut. Tetapi, akibat efek awakening dari Zoan yang membuat Luffy kehilangan jati dirinya membuat sosok Nika yang “asli” yang kemudian mengambil alih tubuh Luffy. Sehingga, mereka memang tidak pernah bertemu dan mengenal secara langsung.

Exit mobile version