Home SERIES SERIES FEATURES 7 Kuda Legendaris di Lord of the Rings!

7 Kuda Legendaris di Lord of the Rings!

Lebih dari sekedar moda transportasi beberapa kuda legendaris di Lord of the Rings memiliki peranan yang tidak kalah penting. Cerita Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien memang penuh dengan berbagai hal menarik dan nuansa fantasi. Mulai dari para karakternya, berbagai hal seperti Rings of Power, bahkan hingga berbagai binatang yang muncul dalam ceritanya. Salah satunya adalah kuda. Dalam cerita Lord of the Rings terdapat beberapa kuda yang dianggap legendaris. Apa saja?

7 Bill The Pony

Kuda legendaris di Lord of the Rings yang pertama adalah Bill the Pony. Kuda poni berwarna coklat kecil ini muncul sekilas dalam film The Fellowship of the Ring. Meskipun begitu, kemunculan salah satu kuda legendaris ini cukup menyita perhatian dari para fans. Bill merupakan kuda yang membawa perbekalan dari para Hobbits dalam petualangan menuju Mordor.

Kuda ini juga merupakan teman perjalanan dari Samwise Gamgee. Dalam ceritanya, Sam kemudian membebaskan kuda tersebut di Doors of Durin. Hal tersebut karena keberadaan Bill akan sangat berbahaya jika dia berada di Mines of Moria. Meskipun dalam filmnya tidak ada penjelasan mengenai kuda Bill, namun novel The Fellowship of the Ring sempat menghadirkan sedikit asal-usulnya.

Menurut novelnya, nama Bill sendiri diambil dari sosok Bill Ferny yang merupakan sosok pria pemarah yang berasal dari Bree. Bill menjual kuda poni miliknya tersebut kepada Sam ketika para Hobbits kehilangan kuda poni mereka saat bermalam di Prancing Pony Inn. Dalam novelnya juga diceritakan jika Bill kabur dari para Hobbit mendapatkan serangan dari Watcher in the Water. Dan Sam khawatir dengan kondisi Bill. Untungnya, Bill berhasil ditemukan selamat dan kembali ikut perjalanan menuju the Shire dalam cerita The Return of the King. Sam bahkan membawanya pulang ke Hobbiton.

6 Windfola

Kuda legendaris di Lord of the Rings selanjutnya bernama Windfola yang ditunggangi oleh Eowyn dan Merry dalam Battle of Pelennor Fields. Eowyn menunggangi Windfola ketika dia menyamar menjadi salah satu pasukan tersebut dalam cerita The Return of the King. Dalam cerita novelnya, Windfola merupakan kuda yang memiiliki warna tubuh abu-abu. Namun, di filmnya, Windfola berwarna coklat.

Kata “Windfola” sendiri merupakan bahasa dari kerajaan Rohan yang berarti “Anak Kuda Angin.” Sayangnya, baik di cerita novelnya ataupun dalam cerita filmnya nasib akhir dari kuda legendaris Windfola sangat tragis. Dalam cerita novelnya, Windfola disebutkan melemparkan Eowyn dan Merry ketika dia sangat ketakutan melihat kemunculan dari Witch-King of Angmar.

Windfola bahkan kabur dari medan pertempuran dan meninggalkan keduanya. Kemungkinan besar, Windfola tewas akibat di tengah-tengah pertempuran. Dalam film The Return of the King, Windfola harus mengalami kematian yang sangat mengerikan ketika tubuhnya harus tertimpa Oliphaunt atau gajah raksasa yang biasa digunakan dalam berbagai pertempuran oleh kerajaan Haradrim.

5 Snowmane

Salah satu kuda legendaris dalam cerita Lord of the Rings yang ditunggangi oleh sosok petinggi kerajaan Rohan. Snowmane merupakan kuda legendaris yang ditunggangi oleh King Theoden. Sesuai dengan namanya, tubuh Snowmane didominasi oleh warna putih, serta bulu panjang putih, dan juga ekor yang berwarna putih. Dalam film The Two Towers, Theoden menunggangi Snowmane untuk memimpin perang.

Theoden saat itu memimpin pasukan Uruk-Hai dalam pertempuran di Helm’s Deep atau yang biasa dikenal sebagai Battle of Helm’s Deep. Selain itu, Snowmane juga menjadi kuda yang ditunggangi oleh Theoden dalam alur cerita The Return of the King ketika Battle of Pelennor Fields terjadi. Namun, sayangnya, kuda legendaris ini juga yang kemudian jadi penyebab kematian dari sang raja Rohan.

Di tengah-tengah pertempuran, Snowmane terkena serangan berupa anak panah berwarna hitam. Serangan itu membuat kuda tersebut akhirnya terjatuh dan melemparkan sang raja ke tanah. Tubuh dari Snowmane pun kemudian menimpa tubuh Theoden yang langsung menghabisi nyawanya. Monster terbang milik Witch-King kemudian menghabisi SNowmane. Di novelnya sendiri diceritakan jika Snowmane dimakamkan secara layak dan terdapat padung di atas nisannya.

4 Brego

Kuda legendaris lainnya yang ditunggangi oleh sosok Rohirrim atau ksatria dari kerajaan Rohan adalah Brego. Ini merupakan seekor kuda jantan yang memiliki bulu berwarna coklat kemerahan dan ekor berwarna gelap. Brego merupakan kuda legendaris yang menjadi tunggangan dari sosok ksatria hebat dari Rohan, sang calon raja selanjutnya yaitu Aragorn. Ada hal menarik dari kuda ini.

Brego merupakan kuda legendaris yang tidak muncul di novel Lord of the Rings manapun. Meskipun begitu, dia memiliki peranan yang sangat penting dalam cerita trilogi film The Lord of the Rings. Nama Brego sendiri diambil dari sosok mantan raja Rohan yang juga pemilik pertama dari kuda tersebut, Theodred, yang merupakan putra dari Raja Theoden sang pemimpin Rohan.

Setelah Theodred tewas akibat luka parah di medan pertempuran, Brego kemudian dirawat di sebuah kandang kuda khusus di Rohan. Di sanalah Aragorn pertama kali bertemu dengan Brego dan koneksi diantara mereka berdua pun tumbuh. Aragorn meminta Brego untuk dibebaskan, karena dia meyakini jika sang kuda sudah terlalu banyak melihat peperangan selama hidupnya. Dan hal ini pun kemudian dia bayar tuntas dalam cerita The Two Towers ketika Brego membawa Aragorn yang terluka menuju Helm’s Deep.

3 Asfaloth

Peranan dari Asfaloth dalam cerita The Fellowship of the Ring, baik dalam versi novel atau filmnya, sama-sama sangat penting dan luar biasa. Kuda legendaris di Lord of the Rings ini berhasil untuk mengalahkan para Nazgul di Weathertop Hill. Dia juga berhasil membawa Frodo, yang terluka parah akibat serangan pedang Morgal, ke sungai Bruinen yang ada di perbatasan Rivendell.

Beberapa kedahsyatan dari kuda Asfaloth adalah daya tahan dan kecepatannya. Jika bukan karena dua hal tersebut, War of the Ring kemungkinan akan memiliki hasil yang berbeda. Di sisi lain, nyawa dari Frodo juga mungkin tidak akan selamat pada saat itu. Pemilik dan penunggang kuda legendaris Asfaloth merupakan salah satu elf legendaris, Glorfindel. Namun, kepemilikannya kemudian berubah di film.

Bukan Glorfindel, melainkan Arwen yang menjadi pemilik dari Asfaloth. Yang juga dirubah dari novelnya adalah dalam filmnya Arwen yang menunggangi Asfaloth sambil membawa Frodo menuju sungai Bruinen. Sedangkan, dalam cerita novelnya Asfaloth sendiri yang membawa Frodo. Dalam novelnya, Asfaloth digambarkan sebagai kuda yang berwarna putih. Namun, di filmnya, kudai ini memiliki warna abu-abu.  Dalam bahasa Elf Sindarin, Asfaloth berarti “sunlit foam” atau “busa cahaya matahari.”

2 Arod

Kuda legendaris yang ditunggai oleh banga Elf lainnya, Arod. Ini merupakan kuda legendaris yang ditunggangi oleh Legolas. Dalam cerita filmnya, Arod memiliki perpaduan warna putih dan abu-abu. Kuda ini pertama kali muncul dalam alur cerita The Two Towers ketika Aragorn, Legolas, dan Gimli bertemu dengan Eomer di kerajaan Rohan. Saat itu, mereka sedang berbutu Orc yang menculik Pippin dan Merry.

Eomer kemudian memberikan Arod kepada mereka. Hal ini karena pemilik pertama dari kuda legendaris tersebut, seorang pejuang Rohirrim, diceritakan tewas dalam medan pertempuran. Dari ketiganya, Legolas yang kemudian menjadi pemilik dari Arod. Dalam cerita novelnya diterangkan bahwa Legolas sengaja meninggalkan sadel dan juga dudukan  yang ada di punggung Arod.

Legolas sengaja menunggangi Arod tanpa benda-benda tersebut. Yang menarik adalah Arod mampu untuk mengangkut dua orang, di mana selain Legolas sosok kurcaci Gimli juga ikut menunggangi Arod dalam petualangan mereka. Dalam bahasa Rohan, Arod bisa diartikan sebagai ‘swift’ atau ‘pergerakan yang cepat/tiba-tiba.’

1 Shadowfax

Kuda legendaris di Lord of the Rings yang terakhir dan paling populer tidak lain adalah Shadowfax. Ini merupakan kuda legendaris yang ditunggangi oleh sang penyihir kuat Gandalf dan mendapatkan julukan Lord of the Mearas. The mearas sendiri merupakan keturunan atau jenis kuda liar legendaris di Middle Earth. Mereka terkenal karena kekuatan, kecepatan, dan kecerdasan yang di atas rata-rata kuda lainnya.

Bahkan, yang menarik adalah saking cerdasnya Shadowfax dia mampu memahami percakapan dari manusia. Shadowfax merupakan keturunan dari Felarof, kuda Mearas pertama di Middle Earth. Felarof merupakan kuda yang ditunggangi oleh Eorl, sang raja pertama dari kerjaan Rohan. Dalam novel The Two Towers, Shadowfax awalnya merupakan kuda milik King Theoden.

Menurut cerita yang ada disebutkan jika kuda-kuda keturunan Mearas hanya bisa dijinakan dan ditunggangi oleh raja dari Rohan. Namun, yang unik adalah ternyata Shadowfax hanya bisa ditaklukan oleh Gandalf. Theoden sendiri sebenarnya sempat menolak untuk memberikan kuda berwarna abu-abu perak tersebut kepada sang penyihir. Namun, akhirnya, Theoden mau melepaskan kuda tersebut. Dan dalam ceritanya nampak bagaimana Shadowfax sering kali muncul untuk membantu Gandalf kapanpun dia memanggilnya dan ketika Gandalf dalam keadaan bahaya. Tidak jarang Shadowfax juga ikut bertarung seperti mengusir monster atau menyelamatkan nyawa lainnya.

Dalam cerita epik seperti Lord of the Rings, kuda nyatanya bukan hanya menjadi sekedar alat transportasi dari para karakter. Namun, mereka juga memiliki peranan yang tidak kalah penting dari para karakter itu. Bahkan, beberapa kuda memiliki status yang luar biasa karena keturunannya.

Exit mobile version