Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Superhero Wanita Terkuat dari Indonesia!

5 Superhero Wanita Terkuat dari Indonesia!

Superhero biasanya identik dengan laki-laki yang memiliki kekuatan super dan menggunakan kekuatan tersebut untuk mengalahkan musuh. Tetapi sebenarnya ada banyak juga superhero wanita yang eksis saat ini. Para superhero wanita tersebut tidak kalah beken dengan superhero laki-laki. Contohnya adalah Wonder Woman dari DC Comics dan Black Widow dari Marvel Comics. Menariknya nih Geeks, ada juga beberapa superhero wanita yang berasal dari Indonesia. Siapa saja superhero wanita terkuat yang berasal dari Indonesia? Simak berikut ini!

5 Cascade

Cascade memang yang paling unik karena dia adalah karakter dari DC Comics. Diceritakan bahwa Cascade berasal dari Indonesia. Nama aslinya adalah Sujatmi Sunowaparti. Dia melakukan debut pada tahun 1994, dalam sebuah komik berjudul Justice League Quartely #17. Dalam sejarah komiknya, disebutkan bahwa Sujatmi berasal dari Jawa dan kehidupan awalnya biasa-biasa saja.

Sehari-hari, Cascade bekerja disebuah kilang minyak yang terletak di Borneo. Di sana, Borneo telah dikuasai oleh elit politik sehingga rakyat mengalami penindasan dan korupsi merajalela. Setelah mengetahui semua kejahatan yang terjadi, Sujatmi pun memutuskan untuk menumpas kejahatan, terutama setelah dia terpapar dengan radioaktif yang membuat dirinya mampu berubah menjadi manusia super.

Menariknya lagi, Sujatmi sebenarnya telah memiliki gen khusus sejak lahir yang menjadikan pemiliknya sebagai superhero. Kekuatan utama Cascade adalah manipulasi air, mirip seperti Aquaman. Lebih hebatnya lagi, Cascade mampu mengubah dirinya sendiri sebagai air, bukan hanya sekedar mengendalikan air.

4 Saras 008

Buat Geeks yang lahir di tahun 90-an, rasanya kalian sudah tidak asing dengan series berjudul Saras 008. Series tersebut memang sangat beken dan tayang di Indosiar. Di sini kita dikenalkan dengan seorang wanita bernama Sarawaswati yang diperankan oleh Devi Permatasari dan Selly Hasan. Saraswati memiliki kekuatan super yang sangat dahsyat, dan kekuatan itulah yang dia gunakan untuk menumpas kejahatan.

Musuh utama yang Saras hadapi adalah Mr. Blek, yang ingin menguasai Bumi. Dia sendiri berasal dari planet Crysmon. Berkat kucing yang masuk dalam jiwanya, Saras memiliki kekuatan yang tidak biasa. Salah satunya adalah laser yang keluar dari matanya, yang diceritakan dapat melelehkan besi maupun baja. Sinar laser berwarna hijau tersebut memang sudah berkali-kali mengalahkan musuhnya, dan menjadi senjata pamungkasnya.

Saras 008 juga memiliki tenaga dalam yang sering kali digunakan sebagai senjata akhir saat ia hampir kalah. Saat kekuatan itu dikeluarkan, cahaya yang dikeluarkan akan berwarna biru. Menariknya nih Geeks, Saras 008 juga memiliki kekasih yang juga seorang superhero yaitu Milkyman. Dia sering membantu Saras untuk melawan musuh. Karakter Milkyman sendiri diperankan oleh Agung Hercules.

3 Sri Asih

Sri Asih sudah membuktikan dirinya sebagai superhero wanita terkuat yang pernah eksis. Bernama asli Nani Wijaya, kekuatannya sangatlah dahsyat. Sehari-hari, dia hanyalah seorang gadis biasa dan bekerja sebagai investigator yang bertugas untuk menghentikan para penjahat atau mafia dari seluruh dunia. Namun ketika dalam kesulitan, Nani WIjaya akan mengubah dirinya sendiri menjadi Sri Asih dengan hanya menyebut nama “Dewi Asih!”

Ketika menjadi superhero Sri Asih, penampilannya sangat kental dengan tradisi Indonesia. Dia menggunakan kain batik, selendang khas Indonesia dan kebaya, Sri Asih tidak hanya cantik namun juga tangguh. Rambutnya pun terurai panjang, dengan pernak-pernik tradisional yang menghiasi kepalanya. Sementara itu untuk urusan kekuatan, Sri Asih di setarakan dengan 250 pria dewasa. Sri Asih juga memiliki kemampuan terbang, menggandakan diri, kebal dari peluru atau serangan biasa, dan mampu membesarkan ukuran tubuhnya.

Dengan kekuatan itulah Sri Asih menjadi sosok pelindung orang-orang dan melawan kejahatan. Karakter ini diciptakan oleh R.A. Kosasih, seorang bapak komik dari Indonesia.
Nah menariknya, kita juga bisa melihat versi live action dari karakternya yang sempat diperankan oleh Pevita Pearce.

2 Merpati

Superhero wanita terkuat dari Indonesia berikutnya adalah Merpati. Merpati bernama asli Sedhah Esti Wulan. Dia diceritakan bekerja sebagai wartawati yang cerdas dan tegas. Selain itu, Sedhah juga memiliki kemampuan bela diri yang luar biasa karena dia sering menekuni pelatihan bela diri, yang dimaksudkan agar Sedhah bisa membela diri ketika dibutuhkan. Suatu ketika, Sedhah pernah diceritakan jatuh ke dalam sebuah jurang yang dalam saat berusaha menolong keluarganya.

Beruntung karena pada akhirnya, Sedhah berhasil diselamatkan oleh segerombolan merpati yang membawanya ke hadapan ratu merpati, Doves. Sedhah dimasukkan ke dalam suatu ramuan ajaib yang menjadikannya sebagai Merpati, seorang superhero wanita yang membela kebenaran. Merpati kemudian dikenal sebagai kekasih dari Gundala, hingga keduanya menjadi pasangan suami istri.

Menariknya, Gundala baru mengetahui kekuatan Merpati ketika keduanya menikah. Diketahui bahwa Merpati memiliki kekuatan super dan kemampuan untuk terbang. Jika dibandingkan, Merpati konon memiliki kekuatan setara dengan 20 orang dewasa. Selain itu, indra navigasinya juga sangat tajam. Nah di Bumilangit Cinematic Universe, karakter Merpati akan diperankan oleh Tara Basro.

1 Tira

Satulagi superhero wanita terkuat dari Bumilangit yaitu Tira, yang bernama asli Susie. Kesehariannya, Susie adalah seorang mahasiswi yang memiliki kemampuan bela diri yang luar biasa. Namun Tira berubah menjadi sosok yang lebih hebat lagi ketika dia menggunakan kostumnya yang memiliki teknologi canggih untuk melawan kejahatan dan bertransformasi menjadi sosok bernama Tira.

Saat itulah Tira bersumpah untuk melawan kejahatan dan ketidakadilan. Sejak peristiwa Sembilan Pintu Naga, Tira memang selalu ditemani dengan sembilan siuman naga. Dan ketika Tira melakukan meditasi, siluman-siluman tersebut akan muncul dari dalam tubuh Tira, yang berwujudkan sembilan macam raksasa. Karakter ini pertama kali melakukan debut di komik pada tahun 1973. Sejak beken, Tira berkolaborasi dengan superhero lain seperti Gundala dan Godam.

Tira memiliki kekuatan bela diri yang dahsyat, dan dalam komik, Tira memiliki musuh utama yaitu Citroen. Diapun memiliki kelincahan di atas rata-rata, yang membuatnya sulit dikalahkan. Menariknya nih Geeks, Tira selalu menggunakan topeng hitam yang hanya menutupi sebagian wajahnya saat beraksi.

Itulah dia Geeks beberapa superhero wanita yang berasal dari Indonesia. Superhero-superhero ini memiliki kekuatan yang menarik dan tak kalah dengan superhero lainnya dari luar Indonesia. Di antara para karakter tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version