Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Anime Yang Terinspirasi Oleh Dragon Ball!

10 Anime Yang Terinspirasi Oleh Dragon Ball!

Dragon Ball merupakan series karya Akira Toriyama yang sangat berpengaruh di dunia yang mana banyak anime terinspirasi oleh series ini. Rilis pada era 1980an, Dragon Ball merupakan mahakarya yang luar biasa dari Akira Toriyama. Popularitas dari seriesnya sendiri masih bertahan hingga sekarang. Kabar mengejutkan muncul pada 8 Maret kemarin di mana Akira Toriyama meninggal dunia. Di sepanjang karirnya sebagai mangaka, series  Dragon Ball banyak memengaruhi series anime lain. Berikut anime yang terinspirasi oleh Dragon Ball.

10 The God Of High School

Anime yang terinspirasi dari Dragon Ball yang pertama adalah The God of High School. Ini jadi salah satu bukti bagaimana pengaruh dan popularitas Dragon Ball merambah ke seluruh dunia. God of High School sendiri merupakan manhwa yang menggabungkan seni bela diri, kekuatan supernatural, dan kompetisi intens. Ceritanya berfokus pada sosok Mori Jin, seorang murid yang ahli dalam bela diri Tae Kwon Do.

Dia kemudian ikut berpartisipasi dalam sebuah turnamen untuk menemukan lawan terkuat. Dengan pertarungan yang dinamis dan plot yang penuh kejutan, manhwa ini menyediakan hiburan bagi para pembacanya. Animenya sendiri diadaptasi oleh Mappa di tahun 2020 kemarin. Salah satu hal yang membuat seriesnya menjadi penerus dari Dragon Ball adalah adanya kesamaan antara dua protagonis utama.

Mori Jin dan juga Goku sama-sama terinspirasi dari sosok Sun Wukong dalam cerita Journey to the West. Hal ini bisa dilihat dari semangat bertarung sang karakter, gaya bertarung yang agresif, serta sikap dan tingkah lakunya. Fokus cerita terhadap turnamen pertarungan antar remaja juga jadi salah satu poin kesamaan lainnya dari kedua karakter ini. Sayangnya, banyak yang kurang menyadari terkait hal ini.

9 Yu Yu Hakusho

Bersama Naruto dan Dragon Ball Z, series animasi Yu Yu Hakusho menjadi salah satu series yang paling populer di dunia. Cerita yang menarik dan karakter yang unik membuat banyak orang tertarik dengan series ini, termasuk para villainnya. Ceritanya sendiri berfokus pada Yusuke Urameshi yang dipaksa menghadapi berbagai monster baik di dunia nyata ataupun di dunia iblis.

Yusuke sendiri merupakan seorang murid SMA yang sangat gemar berkelahi. Kehidupannya sebagai berandalan kemudian berubah ketika dia tewas akibat menyelamatkan seorang anak kecil. Yusuke pun kemudian dihadapkan pada dua pilihan, yaitu langsung pergi ke alam baka atau kembai bereinkarnasi dengan misi tertentu untuk menjadi sosok Detektif Roh. Dan akhirnya, Yusuke pun memilih untuk kembali hidup.

Salah satu alasan mengapa Yu Yu Hakusho jadi anime yang terinspirasi dari Dragon Ball adalah struktur narasi yang mereka hadirkan sangat mirip. Apalagi, ketika seriesnya mulai memasuki arc yang sangat populer yaitu Dark Tournament. Contohnya adalah bagaimana hubungan antara mentor dan muridnya dalam sebuah turnamen bela diri. Yoshihiro Togashi sendiri mengakui bahwa series yang dia produksi terinspirasi dari mahakarya Akira Toriyama tersebut.

8 Gintama

Banyak Geeks yang mungkin tidak menduga jika anime komedi yang terkenal sangat kocak ini terinspirasi dari series Dragon Ball. Gintama merupakan sebuah anime komedi yang banyak dikenal orang sebagai series yang sering menghadirkan referensi atau menghadirkan parodi dari series anime lainnya. Gintama sendiri berfokus pada cerita di mana bumi harus mengalami invasi alien.

Gintoki Sakata dan teman-temannya berusaha untuk bisa menghancurkan dan membebaskan bumi dari para alien tersebut. Sering kali Gintama menghadirkan referensi dari series lain yang biasanya berupa karakter. Misalnya saat Gintoki muncul dengan penampilan yang sangat mirip seperti Luffy atau bahkan Goku. Mereka tidak pernah ragu untuk menghadirkan komedi-komedi tersebut yang tidak jarang membuat para fans tertawa terbahak-bahak.

Elemen dari anime Gintama yang terinspirasi dari Dragon Ball adalah bagaimana seriesnya menghadirkan arc yang banyak menghadirkan komedi epik. Chemistry yang terbangun antara para penonton dan juga karakternya membuat alur cerita serius yang mereka hadirkan bisa jadi jauh lebih bermakna dan membekas. Dalam hal ini, para penonton akan ikut terbawa dalam cerita yang mana struktur cerita ini dilakukan terlebih dahulu oleh Dragon Ball.

7 Bleach

Sebagian besar Geeks tentunya sudah sangat mengenal series anime Bleach. Ini adalah salah satu dari tiga series besar yang muncul di Shonen Jump, selain Naruto dan One Piece. Wajar jika series animenya pun sangat populer, di mana diketahui seri animenya berjalan selama 366 episode yang berlangsung dari 2004 sampai 2012. Seriesnya berfokus pada sosok Ichigo Kurosaki.

Ichigo Kurosaki adalah seorang murid SMA yang juga sekaligus sosok penting yang bergabung dengan Soul Reaper, kelompok yang bertugas melindungi manusia dari arwah jahat. Sebenarnya, pada awalnya, series Bleach berjalan cukup baik dan luar biasa. Sampai kemudian ratingnya mulai perlahan turun, yang membuat seriesnya dibatalkan sebelum arc terakhirnya dimulai, yaitu Thousand Year Blood War, yang memperlihatkan para Quincy yang kembali bertarung menghadapi para Shinigami.

Namun, di tahun 2023 kemarin seriesnya kembali melanjutkan bagian kedua dari arc tersebut yang sukses kembali merebut perhatian para fans lama ataupun fans baru. Dan di tahun 2024 sendiri kabarnya akan melanjutkan bagian ketiga. Banyak Geeks yang mungkin belum tahu jika Akira Toriyama pernah mengirim surat untuk Tite Kubo yang memberikan semangat ketika draft awal Bleach ditolak. Tite Kubo banyak belajar dari Toriyama untuk menghadirkan sosok villain yang mengerikan, persuasif, dan mencolok.

6 Hunter X Hunter

Selain Yu Yu Hakusho, series anime karya Yoshihiro Togashi yang terinspirasi oleh Dragon Ball lainnya adalah Hunter X Hunter. Geeks mungkin sudah mengenal salah satu series anime dan manga klasik satu ini. Meskipun saat ini seriesnya sedang hiatus, namun kepopuleran series ini tidak pernah pudar. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Gon, yang bercita-cita menjadi seorang Hunter.

Hunter sendiri merupakan sebuah profesi yang sangat luar biasa di dunia tersebut. Mereka adalah para petualang yang sering mencari harta karun, berburu makhluk berbahaya dan kriminal, atau menjalankan tugas berbahaya lainnya. Para Hunter mendapatkan banyak sekali kebebasan. Meskipun begitu, butuh Hunter License atau lisensi sebagai Hunter untuk membuktikan seseorang adalah benar seorang Hunter dan mendapatkan semua keuntungannya.

Togashi Sensei menghadirkan kesamaan antara Goku dan juga Gon Freecs, di mana Gon mirip seperti Goku ketika masih muda. Sifat dan karakter dari Gon dianggap mirip dengan Goku masih muda di mana keduanya merupakan sosok yang polos. Selain itu, konsep Nen juga mengadaptasi konsep Ki yang muncul dalam series Dragon Ball. Transformasi Gon dianggap mirip dan mengadaptasi konsep Super Saiyan Goku.

5 Dragon Quest: The Adventure Of Dai

Selain visual novel, genre lainnya yang juga sangat populer dalam permainan game adalah JRPG. Dan salah satu series yang paling populer dari genre ini adalah Dragon Quest. Series anime Dragon Quest: The Adventure of Dai tayang perdana pada 2020 kemarin dan diadaptasi dari series dengan nama yang sama, baik dari versi manganya atau pun versi gamenya.

Sesuai namanya, cerita dari series anime ini berfokus pada sosok Dai, satu-satunya manusia yang tinggal di sebuah pulau yang penuh dengan monster. Dai bermimpi untuk menjadi seorang pahlawan. Sebenarnya, adaptasi series anime dari Dragon Quest sudah dua kali dilakukan. Selain pada 2020 kemarin, sebenarnya adaptasi game dalam versi anime ini juga sempat muncul pada 1991.

Selain menulis manga, Akira Toriyama juga terkenal sering menghadirkan desain karakter untuk berbagai proyek di mana salah satunya adalah proyek game Dragon Quest. Dan dengan kesuksesan dari game Dragon Quest tersebut akhirnya game itu diadaptasi menjadi anime. Selain tentunya dari desain karakter yang menghadirkan ciri khas Akira Toriyama, adegan pertarungan yang muncul di seriesnya juga jadi salah satu hal yang terinspirasi dari series Dragon Ball.

4 My Hero Academia

My Hero Academia merupakan salah satu series yang populer dalam beberapa tahun belakangan. Para fans dari seriesnya benar-benar sangat luar biasa, yang bisa dilihat dari angka penjualangan yang mencapai lebih dari 50 juta kopi dan angkanya masih akan terus meningkat. Saat ini, baik manga atau pun animenya sudah memasuki arc terakhir yaitu Final War Arc.

Dan sesuai dengan namanya, ini akan menjadi arc perang besar terakhir di series My Hero Academia. Kohei Horikoshi, mangaka dari seriesnya, mengaku bahwa dia sudah tidak sanggup lagi untuk menggambar seriesnya dalam waktu yang lama. Namun, masih belum diketahui kapan seriesnya akan selesai meskipun para fans sebelumnya sempat menduga jika series ini akan tamat pada 2023 kemarin.

My Hero Academia mungkin memang menghadirkan tema yang berbeda dengan Dragon Ball, namun beberapa elemen dalam seriesnya memiliki kesamaan dengan karya AKira Toriyama tersebut. Contohnya adalah bagaimana petualangan Deku untuk menjadi sosok hero mirip dengan petualangan epik dari Goku. Serta rivalitas Deku dan Bakugo dianggap mirip dengan Goku dan Vegeta.

3 One Punch Man

Selain Gintama, salah satu series anime lainnya yang terinspirasi dari Dragon Ball dan bahkan jelas-jelas menghdirkan parodi dari seriesnya adalah One Punch Man. One Punch Man menghadirkan hal yang unik dari kebanyakan cerita anime. Saitama merupakan sosok pahlawan yang bisa menghancurkan musuhnya atau apapun hanya dengan satu kali pukulan, bahkan monster paling kuat sekalipun.

Berbagai serangan yang mengarah kepadanya hampir tidak pernah ada yang berhasil melukainya. ONE sengaja menciptakan karakter Saitama sebagai bentuk olok-olok dan juga parodi dari berbagai karakter utama dalam anime genre Shonen. Salah satu contohnya tidak lain adalah Son Goku. Tidak sedikit bahkan para fans yang menghadirkan perbandingan kekuatan antara Goku dan Saitama.

Meskipun ONE sendiri tidak pernah menyatakan apapun jika seriesnya terinspirasi dari dari Dragon Ball, namun para fans jelas bisa melihat kesamaan dari kedua seriesnya. Di sisi lain, Yusuke Murata dengan jelas mengatakan bahwa Akira Toriyama memang merupakan inspirasi terbesar dalam hidupnya. Dialah yang membuat Murata Sensei untuk menjadi sosok mangaka seperti sekarang.

2 Naruto

Salah satu anime yang memang jelas terinspirasi dari Dragon Ball, yaitu Naruto. Sosok Masashi Kishimoto memang sudah sejak lama mengungkapkan kepada para fans jika series Naruto terinspirasi dari series Dragon Ball. Banyak elemen dari series populer ini yang mengadaptasi berbagai elemen dari series Dragon Ball. Naruto juga merupakan salah satu series yang mengambil alih kepopuleran Dragon Ball.

Setelah series Dragon Ball berhasil mencapai popularitasnnya di era 1990an, Naruto kemudian mulai meraih popularitasnya di akhir era 1990an dan awal 2000an. Dan popularitas inilah yang kemudian menjadi awal Naruto termasuk dalam The Big Three selain Bleach. Inspirasi Kishimoto Sensei terhadap Dragon Ball bisa dilihat dari sosok protagonis Uzumaki Naruto.

Naruto merupakan sosok yang pantang menyerah, yang mana Goku pun tidak pernah menyerah sampai dia benar-benar kalah dan tewas. Kemudian, dari segit narasi dan struktur cerita bahkan komedi juga sebenarnya Kishimoto Sensei sangat terinspirasi dari Dragon Ball. Dalam berbagai wawancara, Kishimoto mengakui dia dan Eiichiro Oda merupakan pengagum sosok Akira Toriyama dan mengakui jika Toriyama Sensei yang menginspirasinya menjadi mangaka dan menghadirkan Naruto.

1 One Piece

Series anime yang terinspirasi oleh Dragon Ball yang terakhir tidak lain adalah One Piece. Seperti halnya Masashi Kishimoto dan series Naruto, sosok Eiichiro Oda dengan jelas mengakui bahwa Dragon Ball merupakan inspirasinya dalam menghadirkan alur cerita One Piece. Hal ini bisa dilihat dari sosok protagonis utamanya yaitu Monkey D Luffy yang memang polos dan juga penuh semangat.

Selain struktur ceritanya, elemen komedi yang Oda Sensei hadirkan dalam series One Piece benar-benar sangat mirip dengan Dragon Ball. Bahkan, bagaimana penyampaian komedi tersebut dan pemanfaatan momennya dianggap mirip dengan series Dragon Ball. Oda Sensei sendiri, bersama dengan Kishimoto Sensei, memang sering kali terbuka terkait hal bahwa mereka menganggap Akira Toriyama adalah mentor mereka.

Naruto, Bleach, dan One Piece merupakan tiga anime besar yang biasa disebut sebagai The Big Three. Dan yang menarik ketiga series anime tersebut sama-sama terinspirasi dari Dragon Ball. Ketiga series anime ini juga dianggap sebagai penerus dari kesukesan dari Dragon Ball, di mana berbagai elemen dari seriesnya berhasil diadaptasi dengan baik oleh ketiga judul tersebut.

Kepergian dari Akira Toriyama memberikan kesedihan yang mendalam bagi banyak orang. Bukan hanya para fans, namun juga banyak mangaka yang karyanya memang terinspirasi dari sosok Akira Toriyama. Dengan popularitas yang luar biasa, serta berbagai hal revolusioner yang Toriyama Sensei hadirkan, wajar jika kemudian banyak series anime yang terinspirasi dari Dragon Ball.

Exit mobile version