Home MOVIE MOVIE FEATURES Star Wars: 7 Pengguna Lightsaber Tanpa The Force!

Star Wars: 7 Pengguna Lightsaber Tanpa The Force!

Dalam universe Star Wars ternyata ada beberapa karakter yang mampu menggunakan lightsaber meskipun mereka tidak memiliki kekuatan The Force. Sudah jadi rahasia umum jika dalam dunia Star Wars senjata lightsaber erat kaitannya dengan sosok Jedi. Hal ini bahkan muncul sejak film Star Wars, bahkan hingga sekarang. Bukan tanpa alasan memang, karena untuk bisa menggunakan lightsaber butuh kekuatan The Force dan biasanya hanya Sith dan Jedi yang memiliki The Force. Yang menarik ternyata ada karakter yang bisa gunakan lightsaber tanpa The Force. Siapa saja?

7 Cad Bane

Karakter Star Wars yang bisa gunakan lightsaber tanpa kekuatan The Force pertama adalah Cad Bane, seorang pemburu bayaran alias bounty hunter dari Duros. Cad Bane adalah karakter yang muncul pertama kali dalam TV series Star Wars: The Clone Wars. Sebagai bounty hunter, Bane terkenal karena kemampuannya yang luar biasa. Banyak misi yang berbahaya dan nampak mustahil berhasil dia eksekusi dan jalani dengan sangat baik.

Dengan berbagai gadget dan senjata, termasuk boots roket dan senapan blaster ganda, dia menjadi lawan yang tangguh bagi siapa pun. Ketika berurusan dengan seorang Jedi, Cad Bane memang sering kali menjadi andalan. Cad Bane juga dikenal karena aksi mencuri holocron yang dia lakukan di Jedi Temple. Dia juga sukses untuk menangkap seorang Jedi Master, yaitu Bolla Ropal.

Dalam cerita Clone Wars, Cad Bane memang lebih sering menggunakan senapan blaster miliknya. Namun, dia juga pernah menggunakan lightsaber dalam pertarungannya melawan Obi-Wan Kenobi dan Quinian Vos. Cad Bane bahkan mampu mengalahkan Vos dan kemudian menggunakan lightsaber miliknya untuk bertarung menghadapi sang Jedi Master, Obi-Wan. Untungnya, Obi-Wan berhasil melumpuhkan Bane. Meskipun sempat juga berhasil Cad Bane melumpuhkan Obi-Wan dengan cara menyetrumnya dan kabur, Vos kemudian mengejar Cad Bane dan mampu untuk menangkapnya.

6 Bedlam Raiders

Bedlam Raiders mungkin adalah satu-satunya karakter Star Wars tanpa The Force yang bisa menggunakan lightsaber di daftar ini yang berasal dari game. Karakter Bedlam Raiders muncul dalam series game Star Wars populer yaitu Star Wars Jedi: Survivor. Dalam ceritanya, Cal Kestis, protagonis utama di game tersebut, merupakan sosok yang dicari bukan hanya oleh pihak Empire.

Cal juga ternyata menjadi incaran bagi para Jedi yang kemudian berubah jadi jahat dan menguasai dunia kriminal, yaitu Bedlam Raiders. Dengan kemampuan yang mereka miliki, para Bedlam Raiders bukanlah para bounty hunters yang biasa-biasa saja. Hal tersebut berkat pemimpin mereka, Rayvis, yang memberikan Bedlam Raiders ini lightsaber yang sangat dahsyat. Dia memberikan lightsaber terbaik untuk para bawahannya yang memang terbukti kuat.

Yang menarik kemudian adalah baik Bedlam Raider ataupun Rayvis, meskipun memiliki lightsaber yang epik, mereka sebenarnya bukan pengguna The Force. Mereka hanya mengandalkan kemampuan berpedang yang mereka miliki. Salah satu Bedlam Raiders bahkan memiliki lightsaber berjenis crossguard seperti halnya Kylo Ren. Untungnya, Cal Kestis mampu untuk mengalahkan mereka dan lightsaber tersebut kemudian dia ambil dan modifikasi.

5 Sabine Wren

Karakter Star Wars yang bisa gunakan lightsaber tanpa kekuatan The Force selanjutnya adalah Sabine Wren. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan nama karakter ini. Sabine Wren adalah salah satu Mandalorian paling unik dalam cerita Star Wars. Ketika banyak Mandalorian yang merahasiakan identitas pribadinya dari orang-orang, Sabine Waren justru melakukan hal kebalikannya.

Dia malah mengungkapkan identitasnya ke publik. Karakternya sendiri pertama kali muncul dalam cerita series Star Wars: Rebels, di mana awalnya Sabine Waren hanyalah seorang pejuang muda yang pada akhirnya menjadi pemimpin diantara rakyatnya. Dalam seriesnya, Wren banyak belajar dari para Jedi. Contohnya adalah Ahsoka Tano, yang mana membuat Sabine sekarang menjadi sosok Force-Sensitive.

Namun, jauh sebelumnya, Sabine Wren mendapatkan pelajaran dasar menggunakan light saber dari Kanan Jarus. Saat itu, dia hanya belajar tentang teknik bertarung dan bertahan tanpa mempelajari bagaimana menggunakan The Force. Semenjak saat itu, Sabine Wren sebenarnya lebih banyak belajar tentang teknik “berpedang” di mana dia banyak duel dengan menggunakan lightsaber tanpa The Force. Dia bahkan pernah menggunakan Darksaber dan cukup mahir dalam menguasainya. Barulah ketika dia menjadi murid Ahsoka Tano sang Jedi mulai memberikan pelajaran tentang The Force.

4 Pre Viszla

Selain Sabine Wren, dalam cerita di series Clone Wars ada lagi karakter epik lain yang mereka perkenalkan yaitu Pre Vizla. Dia merupakan pemimpin dari kelompok Death Watch, yang merupakan sebuah kelompok jahat di mana mereka bertekad untuk mengembalikan planet Mandalore seperti dahulu kala. Sosok Pre Viszla sendiri erat kaitannya dengan salah satu senjata paling kuat di universe Star Wars yaitu Darksaber.

Namun, ada fakta menarik dari hal tersebut. Pre Viszla bukanlah seorang jedi dan dia mencuri Darksaber dari Jedi Temple ketika Mandalorian Wars terjadi. Dia berusaha untuk menggulingkan kekuasaan di Mandalore yang mana upayanya gagal. Viszla kemudian menjalin kerja sama dengan Darth maul untuk menyerang pusat kota dari Mandalore. Ketika rencana tersebut berhasil dia justru mengkhianati Maul.

Hal tersebut memicu duel antara kedua karakter untuk menentukan siapa pemimpin dari Death Watch. Meskipun Pre Viszla sudah melatih kemampuan berpedangnya dengan menggunakan Darksaber, sayangnya kemampuannya tersebut masih belum mampu untuk menandingi kedahsyatan dari kemampuan menggunakan lightsaber dari Darth Maul. Setelah kalah, Darth Maul kemudian menajdi pemimpin baru pasukan Mandalorian dan sempat memiliki Darksaber.

3 Han Solo

Banyak yang mungkin lupa jika Han Solo pernah menggunakan lightsaber meskipun dia tidak memiliki kekuatan The Force dan bukan Force-Sensitive. Hal ini terjadi memang dalam sebuah situasi yang bisa dibilang darurat. Momen tersebut muncul dalam film The Empire Strikes Back. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Luke Skywalker harus terdampar dan sekarang di planet Hoth yang bersalju.

Han Solo kemudian mengendarai sebuah Tauntaun untuk mencari keberadaannya. Han sendiri sebenarnya berhasil menemukan keebradaan Luke di planet tersebut, yang mana sayangnya Luke dalam kondisi yang lemah. Melihat situasi tersebut Han Solo kemudian melakukan improvisasi. Dia mengambil lightsaber milik Luke dan kemudian membelah tubuh Tauntaun tersebut.

Han Solo kemudian memasukan tubuh Luke agar dia bisa tetap hangat dan bertahan sampai kemudian pihak Rebel menemukannya. Momen ini memang hanya terjadi sekali, di mana dalam banyak cerita Han Solo lebih sering menggunakan pistol blaster miliknya. Namun, mengingat bagaimana Han Solo merupakan sosok karakter yang tidak bisa ditebak dan tidak terlatih memang mungkin ada baiknya dia tidak sering menggunakan lightsaber.

2 Finn

Selain Han Solo, sosok Finn juga merupakan karakter Star Wars yang bisa gunakan lightsaber tanpa kekuatan The Force meskipun dalam situasi yang sebenarnya darurat. Mungkin terdengar aneh bagaimana pasukan Stormtrooper menggunakan lightsaber. Namun, inilah yang terjadi kepada Finn dalam film The Force Awakens. Dalam ceritanya, Finn memutuskan untuk tidak lagi mengabdi kepada First Order.

Finn memutuskan untuk berpetualang dan mencari keberadaan dari Luke Skywalker. Dalam salah satu momen, Finn menerima lightsaber dari sosok Maz Kanata. Dia kemudian menggunakan lightsaber tersebut untuk menghadapi pasukan Stormtrooper lainnya. Sayangnya, hal tersebut justru tidak berjalan sesuai dengan apa yang dia inginkan. Bahkan, nyawa Finn hampir saja melayang.

Untungnya, Han Solo datang tepat waktu dan berhasil untuk menyelamatkan Finn. Meskipun Finn gagal dalam menggunakan lightsaber, hal tersebut memang bukan sepenuhnya kesalahan sang karakter. Dia sebelumnya belum pernah bertarung menggunakan lightsaber. Bahkan, dia juga belum pernah menggunakan atau memegang lightsaber. Namun, di akhir ceritanya, Finn nampak mulai membangitkan The Force dalam dirinya pasca kekalahan dari Kylo Ren.

1 General Grievous

Karakter Star Wars yang merupakan pengguna lightsaber tanpa The Force yang terakhir dan menjadi contoh yang paling nyata dalam daftar ini. General Grievous merupakan pemimpin yang sangat mengerikan dan kejam dalam peristiwa epik Clone Wars. Dia adalah pemimpin dari kelompok Separatist. Meskipun dia memang adalah droid, namun bukan berarti kemampuannya lemah terutama dalam menggunakan lightsaber.

Selain merupakan robot petarung alias combat clones, General Grievous merupakan droid yang memiliki kemampuan menggunakan lightsaber yang luar biasa. Bahkan, tidak sedikit para Jedi yang bertarung dengan General Grievous akhirnya harus kalah. Yang mengerikan adalah General Grievous kemudian mengambil dan mengoleksi lightsaber para Jedi yang berhasil dia kalahkan.

Kemampuan menggunakan lightsaber dari General Grievous sebenarnya adalah hasil latihan ketika dia berada di bawah sosok Sith Lord, Count Dooku. Di universe Star Wars sendiri sosok Count Dooku memang terkenal sebagai salah satu Jedi Masters yang luar biasa. Sayangnya, Dark Force membuat dia kemudian harus berubah jadi sosok jahat. Selain kemampuan berpedang, General Grievous juga memiliki lengan tambahan yang membuat dia jadi musuh yang sulit untuk ditaklukan.

Lightsaber memang sudah jadi salah satu senjata yang ikonik di universe Star Wars, di mana senjata tersebut memiliki koneksi dengan para Jedi. Selain itu, pengguna lightsaber juga perlu memiliki The Force agar mereka tidak menyakiti diri sendiri. Namun, beberapa karaketr Star Wars nampak mampu menggunakan lightsaber meskipun tanpa The Force.

Exit mobile version