Home MOVIE MOVIE FEATURES The Lord Of The Rings: Mengenal Benua Lain Selain Middle-Earth!

The Lord Of The Rings: Mengenal Benua Lain Selain Middle-Earth!

Middle-Earth memang menjadi setting utama dalam alur cerita The Lord of the Rings, namun ada tempat atau benua lain yang belum terjamah. Dunia dari Middle-Earth dalam cerita karangan Tolkien ini memang sangat luar biasa dan luas. Seperti yang Geeks ketahui, Middle-Earth menjadi setting utama bagi semua cerita The Lord of the Rings dan juga The Hobbit. Namun, sebenarnya, ada beberapa benua lain yang jarang diketahui dalam cerita The Lord of the Rings.

3 Penjelasan Arda

Banyak yang keliru atau salah paham tentang Arda dan Middle-Earth. Arda merupakaan sebuah kaataa yang Tolkien gunakan dalam ceritanya yang merujuk pada duniaa yang besar. Simpelnya, Arda merupakan sebutan bagi bumi dalam cerita The Lord of the Rings. Jika Arda adalah bumi, maka alam semesta atau universe merujuk pada kata Eä. Arda sendiri terbagi menjadi dua bagian besar, Middle-Earth dan Aman.

Dalam sejarahnya, Arda tercipta melalui musik dan nyanyian dari para Ainur. Arda digambarkan sebagai sebuah planet yang daatar, meskipun masih ada topografi seperti gunung dan lembah. Namun, hal tersebut kemudian berubah ketika dewa atau sang pencipta di dunia LOTR, Eru Ilúvatar, kemudian merubah bentuk Arda menjadi bulat demi mencegah orang-orang pergi ke Aman.

Arda sendiri tidak hanya terbagi menjadi dua daratan besar. Namun, ada juga beberapa benua lainnya. Semua wilayah tersebut kemudian terpisahkan oleh ‘Belegaer’ atau ‘Laut Besar.’ Ketika para Valar bertempur menghadapi Melkor, banyak bagian barat dari Middle-Earth hancur dan tenggelam di bawah laut. Di akhir era First Age, Beleriand yang merupakan sebuah wilayah di utara Middle-Earth hancur dalam peristiwa War of Wrath.

Kemudian, momen kehancuran wilayah Numenor di era Second Age menjadi salah satu momen yang bersejarah dan populer. Peristiwa tersebut juga terkenal di mana para penduduk Numenor mencoba untuk tidak memperdulikan ancaman dan hukuman dari para Valar dan mencoba untuk pergi berlayar menuju Aman.

Penjelasan Tentang Aman – Ke Halaman 2

2 Penjelasan Tentang Aman

Geeks penggemar cerita The Lord of the Rings tentunya sudah sangat paham dan mengenal wilayah Middle-Earth. Namun, bagaimana dengan wilayah lainnya yaitu Aman? Pada dasarnya, jika Middle-Earth merupakan alam atau dunia untuk para makhluk hidup, di mana manusia dan ras lainnya tinggal, maka Aman adalah sebuah dunia lain untuk para makhluk abadi alias Immortal Realm.

Aman jadi tempat tinggal bagi makhluk seperti Valar, Maiar, Vanyar, Elf, Teleri, dan Ñoldor. Pada era lampau Arda, para Valar menciptakan tempat tinggal mereka di Aman yang bernama Valinor. Wilayah tersebut benar-benar terpisah dan terisolasi dari dunia lain. Bahkan, mereka menciptakan berbagai halangan dan rintangan demi mencegah adanya makhluk lain mencoba untuk pergi ke Valinor.

Namun, salah satu sosok setengah elf dan setengah makhluk laut bernama Eärendil diceritakan mampu untuk melewati semua tantangaan dan halangan tersebut. Dia pun kemudian akhirnya berhasil mencapai Valinor dan bertemu dengan para Valar. Eärendil sengaja pergi ke Valinor untuk meminta bantuan para Valar untuk menghadapi Melkor alias Morgoth yang menguasai Middle-Earth.

Setelah para penduduk Numenor mencoba untuk melanggar larangan dari para Valar, di mana manusia tidak boleh pergi ke Aman, para Valar kemudian memanggil Eru Ilúvatar. Mereka meminta sang pecipta untuk mengubah kembali bentuk dari dunia yang mana akhirnya keinginan tersebut terkabul. Dalam hal ini, mereka meminta Valinor dan Aman untuk terpisah dari Middle-Earth,

Aman sendiri kemudian pindah ke timur jauh yang mana tidak akan ada manusia atau makhluk hidup lainnya ayang mampu menjangkau wilayah tersebut. Mereka menciptakan jalur khusus untuk para elf agar bisa pergi ke Valinor dan Aman. Jalur tersebut menjadi jalur di mana wilayah Undying Lands berada. Hanya orang-orang tertentu yang diperbolehkan untuk melalui atau melintas ke sana, di mana beberapa diantaranya adalah Frodo dan Bilbo serta Gimli.

Benua Lain Di Middle-Earth – Ke Halaman 3

1 Benua Lain Di Middle-Earth

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Middle-Earth merupakan salah satu benua yang ada di Arda. Middle-Earth memang jadi setting tempat utama bagi dua cerita utama karya Tolkien. Namun, selain Middle-Earth, sebenarnya ada beberapa benua lain yang mungkin tidak banyak fans ketahui. Di sisi lain, berbagai benua atau wilayah lain tersebut memang jarang muncul atau dieksplor dalam ceritanya sehingga tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Lalu, ada berapa benua yang ada di Arda? Total ada empat benua atau wilayah yang muncul dalam cerita The Lord of the Rings. Middle-Earth merupakan benua utama dan paling besar. Kemudian terdapat benua bernama Dark Land yang ada di wilayah selatan. Di wilayah timur terdapat benua bernama Burnt Land. Dan Aman menduduki wilayah di bagian barat.

Karena Tolkien sendiri sangat jarang membahas atau mengeksplor berbagai benua lain selain Middle-Earth dan Aman dalam cerita The Lord of the Rings, tidak banyak informasi yang kita ketahui mengenai berbagai benua tersebut. Informasi yang muncul mengenai dua benua lainnya hanya muncul dalam berbagai referensi dalam ceritanya serta dari catatan yang Tolkien hadirkan.

Wilayah Dark Land disebutkan merupakan benua yang dipenuhi dan dikelilingi oleh pegunungan. Yellow Mountains adalah salah satu wilayah pegunungan yang ada di Dark Land. Wilayah tersebut sebenarnya sempat menjadi bagian dari Middle-Earth pada era lampau. Namun, pada akhirnya, wilayah ini terpisah dari Middle-Earth ketika Battle of the Powers terjadi.

Wilayah Burnt Land of the Sun memiliki nama lain yang lebih dikenal oleh orang-orang, yaitu Easterness dan Eastlands. Ini merupakan sebuah wilayah di bagian timur Middle-Earth yang kosong alias tidak terdapat apapun di wilayah tersebut. Sesuai namanya, Burnt Land menjadi tempat di mana matahari terbit. Satu-satunya informasi mengenai Burnt Land adalah wilayah ini memiliki sebuah pegunungan melengkung yang disebut sebagai Walls of the Sun.

Wilayah Burnt Land hanya muncul dari sebuah deskripsi dalam cerita The Silmarillion, di mana disebutkan jika para penduduk Numenor pernah mengunjungi wilayah tersebut. Mereka mengunjungi Burnt Land of the Sun dalam petualangan mereka melintasi lautan. Dalam informasinya juga disebutkan jika para penduduk Numenor tersebut melihat Gates of Morning yang ada di sana, yang mana menjadi tempat matahari terbit setiap hari.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dalam cerita The Lord of the Rings Arda sebenarnya terbagi dalam empat benua atau wilayah daratan yang besa. Middle-Earth merupakan yang paling populer dan paling besar di mana semua cerita utama berlangsung. Kemudian, benua sisanya adalah Aman, Burnt Land of the Sun, dan terkakhir adalah Dark Land. Sayangnya, tidak banyak informasi yang diketahui dari dua benua lain.

Exit mobile version