Home MOVIE MOVIE FEATURES Dune: 7 Planet Yang Pernah Jadi Tempat Tinggal Suku Fremen!

Dune: 7 Planet Yang Pernah Jadi Tempat Tinggal Suku Fremen!

Planet Arakkis dalam cerita Dune merupakan tempat tinggal dari suku Fremen, namun mereka diketahui sebelumnya pernah menghuni beberapa planet lain. Seperti yang diperlihatkan dalam cerita film Dune di tahun 2021, Fremen merupakan kelompok atau suku yang menghuni planet Arakkis. Mereka merupakan keturunan dari sebuah kelompok manusia bernama Zensunni Wandering atau Zensunni Wanderers. Dalam sejarahnya, sebelum mereka menghuni planet Arakkis sebenarnya ada planet lainnya yang pernah jadi tempat tinggal suku Fremen tersebut. Apa saja?

7 Harmonthep

Planet lain yang pernah jadi tempat tinggal suku Fremen selain planet Arakkis yang pertama adalah planet Harmonthep. Harmonthep sendiri merupakan sebuah planet yang mengorbit atau berputar di bintang Delta Pavonis. Berbeda dengan planet Arakkis yang merupakan planet padang pasir, Harmonthep justru merupakan sebuah planet yang penuh dengan rawa-rawa.

Di planet ini juga atmosfernya penuh dengan gabungan antara nitrogen dan oksigen. Meskipun begitu, layaknya sebuah daerah rawa, planet Harmonthep penuh dengan kehidupan biologi seperti tanaman dan tumbuhan. Dengan hal tersebut, planet Harmonthep bisa kemudian dihuni oleh manusia yang mana inilah alasan Zensunni Wanderers pernah menguni planet ini.

Salah satu ahli sejarah dari pihak Imperium, Ingsley, mencatat bahwa planet Harmonthep merupakan salah satu planet yang pernah dihuni oleh para Wanderers dalam migrasi mereka. Sayangnya, kapan hal ini terjadi tidak pernah tercatat atau diketahui. Selain itu, planet Harmonthep juga pada akhirnya harus hancur.

6 Thurgrod

Thurgrod merupakan planet yang menjadi pemberhentian kelima sebelum planet Harmonthep dalam acara migrasi suku Fremen. Nama planet ini muncul dalam novel Children of Dun dan hanya disebutkan satu kali dalam dialog. Menurut dialog tersebut, Thurgrod merupakan salah satu planet yang pernah menjadi tempat tinggal dari nenek moyang suku Fremen yaitu Zensunni Wanderers. Sayangnya, tidak ada informasi lain mengenai planet Thurgrod sejauh ini baik mengenai topografi planetnya atau lingkungannya.

5 Rossak

Planet pemberhentian keempat dari migrasi Zensunni Wanderers yang pernah jadi tempat tinggal suku Fremen adalah Rossak. Ini merupakan planet kelima dalam sistem tata surya HD95424. Pada tahun 10191 AG, Lady Jessica mengalami momen Spice Agony pasca mengonsumsi Melange di planet Arakkis. Dalam momen tersebut dia kemudian mendapatkan penglihatan dari ingatan di Rossak.

Dalam upacara tersebut, Jessica berhasil merubah racun Water of Life. Hal tersebut membuat Lady Jessica kemudian membuka ingatan atau kenangan lainnya. Dalam momen inilah para fans kemudian mendapatkan informasi mengenai planet Rossak. Dalam ingatan Lady Jessica, planet Rossak diperlihatkan menjadi salah satu planet yang pernah dihuni Zensunni Wanderers.

Namun, dalam ingatan tersebut juga kemudian terungkap bahwa keberadaan mereka di planet tersebut tidak bertahan lama. Hal ini karena para Zensunni Wanderers pada akhirnya harus diusir dari planet tersebut oleh kelompok bernama the Raiders. Sayangnya, tidak diketahui berapa lama kelompok Zensunni Wanderers menghuni planet Rossak sebelum kemudian mereka pindah ke planet Thurgrod.

4 Bela Tegeuse

Bela Tegeuse merupakan planet kelima dalam sistem tata surya Kuentsing dan merupakan planet ketiga yang jadi tempat migrasi Zensunni Wanderers yang jadi nenek moyang suku Fremen. Meskipun sistem tata surya “Kuentsing” lebuh dikenal dengan nama Alpha atau Beta Laporis, namun ini merupakan sistem tata surya yang memang mereferensikan para Iota Leporis.

Bela Tegeuse sendiri merupakan planet yang jaraknya cukup dekat dengan Old Earth yaitu berjarak 231.81 tahun cahaya. Dari ilustrasi yang muncul dalam novelnya, planet Bela Tegeuse berkebalikan dari planet Arakkis. Ini merupakan planet yang mayoritas adalah air karena seluruh planetnya berwarna biru. Sayangnya, lagi-lagi novelnya tidak memberikan banyak informasi mengenai planet tersebut.

Di sisi lain, Zensunni Wanderers juga pada akhirnya tidak lama menghuni planet Bela Tegeuse karena mereka harus terusir oleh Honored Matres yang berhasil menaklukan planetnya. Honored Matres sendiri merupakan kelompok yang mirip seperti Bene Gesserit. Hanya saja mereka merupakan kelompok yang jadi kebalikan dan juga merupakan rival dari Bene Gesserit.

3 Salusa Secundus

Planet ketiga dalam sistem tata surya Gamma Waiping dan merupakan planet kedua yang pernah jadi tempat tinggal dari suku Fremen dan juga nenek moyang mereka, Zensunni Wanderers. Salusa Secundus merupakan salah satu planet yang penting dan memiliki sejarah panjang dalam cerita Dune. Salusa Secundus pada awalnya merupakan planet yang jadi rumah dari House Corrino.

Setelah kemudian House Corrino berhasil jadi keluarga kerajaan yang menguasai seluruh Imperium, mereka pindah ke planet lain yaitu planet Kaitain. Sedangkan, Salusa Secundus sendiri kemudian dirubah jadi sebuah planet penjara. Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan bahwa Zensunni Wanderers dianggap sebagai budak di planet tersebut oleh House Corrino sebelum kemudian mereka pindah ke Bela Tegeuse.

Namun, teori tersebut kemungkinan memang benar yang mana petunjuknya sendiri muncul ketika Paul Atreides tiba di planet Arrakis. Para suku Fremen tersebut nampak memiliki dendam pribadi kepada House Corrino yang mana ini juga alasan mereka kemudian mau membantu Paul Atreides dalam mengembalikan kejayaan dari House Atreides.

2 Poritrin

Poritrin merupakan planet ketiga dalam sistem tata surya Epsilon Alangue dalam universe Dune. Planet ini lebih dikenal sebagai sebuah planet yang makmur dan kaya akan agrikultur yang ada di Known Universe, sebuah universe dalam cerita Dune di mana hal tersebut mereferensikan terhadap wilayah peljelajahan manusia sejauh ini. Seperti halnya Salusa Secundus, Poritrin juga memiliki sejarah panjang di universe Dune.

Menurut informasi di novelnya, berdasarkan kepercayaan dari para Zensunni Wanderers, planet Poritrin merupakan planet yang menjadi tempat asal atau planet rumah mereka. Hal ini terbukti dalam berbagai lagu atau puji-pujian yang ada dari suku Fremen. Dalam lagu-lagu itu liriknya menyebutkan jika planet Poritrin merupakan planet tempat asal atau planet rumah mereka sejak dahulu.

Namun, kemudian menurut hasil tes genetik yang ada bahwa Zensunni Wanderers bukan berasal dari planet Poritrin melainkan berasal dari planet lain. Selain itu, suku Fremen atau Zensunni Wanderers juga ternyata usianya jauh lebih kuno lagi. Karena menjadi sebuah planet agrikultur yang maju dan populer, tidak mengherankan jika pihak Imperium mengandalkan planet ini sebagai planet yang jadi sumber daya mereka.

1 Nilotic Al-Ourobba

Planet yang pernah jadi tempat tinggal dari suku Fremen dalam alur cerita Dune yang terakhir adalah Nilotic Al-Ourobba. Seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya, meskipun Zensunni Wanderers menganggap jika planet Poritrin adalah planet yang jadi tempat asal-usul mereka namun sebenarnya mereka berasal dari planet lain dan usia mereka juga jauh lebih kuno.

Tempat yang dimaksud tersebut diyakini adalah Nilotic Al-Ourobba. Sebenarnya, tidak ada penjelasan detil mengenai tenmpat ini. Namun, Nilotic Al-Ourobba diyakini mereferensikan pada sebuah tempat atau wilayah atau lokasi yang dahulunya ada di Old Earth. Diyakini jika tempat ini mereferensikan pada negara Mesir, sungai Nil, atau beberapa wilayah yang ada di Timur-Tengah dan Afrika Utara.

Hal tersebut berdasarkan namanya, yang mana “Nilotic” bisa merefensikan pada sungai Nil. Sedangkan, “Al-Ouroba” bisa diartikan sebagai “Wilayah Arab” yang mana Al-Ouroba bisa diartikan sebagai “Wilayah Arab Sungai Nil.” Dalam novel Children of Dune, terdapat momen ketika Leto Atreides dan Ghanima berbicara dalam bahasa Mesir yang mendukung informasi tersebut.

Suku Fremen merupakan salah satu kelompok yang sangat berpengaruh dalam alur cerita Dune. Keberadaan mereka sudah ada sejak lama dan bahkan jadi bagian dari sejarah yang ada. Dan dalam sejarahnya para suku Fremen tersebut pernah menghuni beberapa planet yang ada di tata surya cerita Dune.

Exit mobile version