Home COMIC COMIC FEATURES 7 Rahasia Gelap Tim Power Rangers!

7 Rahasia Gelap Tim Power Rangers!

Terkenal sebagai tim superhero yang menjadi pelindung bumi dari serangan alien, namun tim Power Rangers juga nyatanya memiliki rahasia gelap yang selama ini disembunyikan. Tim Power Rangers terkenal karena mereka merupakan sosok pemuda atau orang-orang terpilih yang bertekad untuk menjadi pelindung bumi. Mereka mengandalkan kekuatan yang mereka miliki untuk menghancurkan kekuatan jahat dari planet lain. Namun, tim Power Rangers ini juga nyatanya memiliki rahasia gelap yang tidak semua orang tahu. Apa saja?

7 Hampir Menghancurkan Bumi

Rahasia gelap dari tim Power Rangers yang pertama adalah bagaimana mereka hampir saja menghancurkan bumi. Dalam cerita komik Mighty Morphin Power Rangers: The Return, yang rilis pada 2024 ini, kita melihat cerita yang berbeda dari cerita Mighty Morphin Power Rangers yang rilis pada 1993 silam. Dalam ceritanya, kita melihat bagaimana Billy, Kimberly, Trini, Tommy, Zack, dan Jason, tidak pernah berpisah.

Dalam komik ini diceritakan bagaimana semuanya berjalan seperti semula, namun yang membedakan adalah bagaimana tim MMPR ini justru jauh lebih berani untuk melakukan sesuatu hal yang gila. Contohnya adalah bagaimana mereka menyerbu markas dari Lord Zedd dan juga Rita Repulsa yang ada di bulan. Dalam serangan tersebut sebenarnya mereka berhasil menaklukan kedua villain.

Namun, yang tidak mereka ketahui adalah setelah kekalahan kedua villain itu ada banyak villain lainnya yang menunggu mereka. Dan kondisi diperburuk ketika dalam pertarungan tersebut bulan justru hancur dalam pertempurannya. Kehanculan bulan tersebut nyatanya memiliki dampak yang sangat besar dan mengerikan kepada bumi. Namun, untungnya, hal tersebut tidak terjadi.

6 Misi Bunuh Diri Power Rangers

Meskipun komik The Return memperlihatkan tim Mighty Morphin Power Rangers melakukan tindakan gila untuk pergi ke bulan dan menyerbu markas Rita Repulsa dan Lord Zedd, sebenarnya itu bukan satu-satunya misi mengerikan dan gila lainnya dalam sejarah Power Rangers. Sebelum tim MMPR terbentuk, Zordon sebenarnya pernah membentuk tim Power Rangers juga di tahun 1969.

Ini merupakan tim Power Rangers pertama yang dibentuk oleh Zordon sebelum kemudian dia membentuk tim MMPR. Inilah alasan mengapa Zordon membentuk tim Power Rangers pertama ini dengan sedikit asal dan serampangan. Bahkan, Zordon seolah membentuk tim Power Rangers seolah hanya untuk membuat mereka semua mati dalam misi. Hal ini terlihat dalam komik Mighty Morphin Power Rangers #20 yang rilis pada 2017.

Setelah mendapatkan Morphers mereka, kelima orang pemuda pilihan Zordon tersebut kemudian harus menjalankan misi berbahaya dan mematikan yaitu menghadapi Trek, mantan Green Supersonic Ranger yang kemudian berubah menjadi Psycho Green. Mengapa misi ini jadi misi bunuh diri karena para pemuda tersebut tidak pernah dilatih sebelumnya oleh Zordon. Meskipun Psycho Green berhasil dikalahkan, namun tiga dari tim Zordon tersebut tewas. Inilah yang kemudian membuat Zordon memutuskan untuk melatih tim MMPR. Namun, ironisnya, Zordon sendiri nampak tidak menyesal atau sedih akan kehilangan tiga orang tersebut.

5 Identitas Matthew Cook

Dalam komik Mighty Morphin Power Rangers #55 yang rilis pada 2020 para pembaca disuguhkan momen epik dari pertarungan final para Rangers dalam menghadapi pasukan Lord Zedd yaitu Dark Rangers. Namun, selain pertarungan tersebut komik ini juga memperkenalkan satu sosok Ranger yang sangat misterius, sosok Green Ranger. Berkat kemunculan Green Ranger misterius itu tim MMPR selamat dari Dark Rangers.

Setelah menjadi misteri untuk waktu yang cukup lama, pada akhirnya para pembaca mendapatkan informasi mengenai siapa identitas dari Green Ranger tersebut. Dia tidak lain adalah Matthew Cook. Sebenarnya, kemunculan Matthew ini bukan yang pertama kali. Dia muncul pertama kali di komik Go Go Power Rangers #1 tahun 2017 di mana Matthew merupakan teman dekat dari para Rangers.

Suatu hari, Matthew diculik dan disiksa serta dicuci otak oleh Rita Repulsa. Dia pun menjadi jahat dan melupakan pertemanannya dengan para Rangers setelah mengetahui jika mereka tidak melakukan apapun untuk menolong Matthew. Hal ini akibat pengaruh juga dari Dark Specter. Meskipun dia kemudian menjadi Green Ranger di bawah pengaruh Promothea dan Grace Sterling dan juga lepas dari pengaruh jahat Rita Repulsa, Matthew masih belum menerima fakta jika teman-temannya tidak melakukan apapun untuk menolongnya.

4 Tim Mighty Morphin Mencuri Ingatan Shattered Grid

Shattered grid merupakan sebuah peristiwa terbesar yang pernah terjadi di franchise Power Rangers sejauh ini. Event yang terjadi pada 2018 ini memperlihatkan bagaimana Multiverse Power Rangers harus hancur akibat versi jahat dari Tommy Oliver yaitu Lord Drakkon. Dalam ceritanya diperlihatkan bahwa Tommy Oliver berhasil dipengaruhi oleh Rita Repulsa yang membuatnya menjadi jahat.

Segala upaya coba dilakukan oleh para Rangers untuk menghentikan upaya dari Lord Drakkon. Bahkan, mereka mencoba untuk menghadapi sosok jahat lainnya dari rekan mereka yaitu Kimberly Hart yang berubah menjadi Ranger Slayer. Ketika kemudian semuanya sudah kembali seperti semula, sayangnya semua tidak lagi sama. Hal ini karena mereka tidak ingat apa yang sebenarnya terjadi.

Pasca peristiwa tersebut, para Rangers yang kembali ke timeline mereka tidak ingat apa yang mereka lakukan. Satu-satunya tim yang ingat tentang kejadian tersebut hanyalah Omega Ranger yang terdiri dari Zack, Trini dan Jason. Salah satu dari Emissaries Three mengembalikan ingatan mereka. Kimberly kemudian mengetahui apa yang sebenarnya terjadi kepada dirinya.

3 Asal-ususl Zordon

Ribuan tahun sebelum Zordon tiba di bumi dan jadi pendiri serta mentor dari berbagai versi Power Rangers, dia merupakan sosok yang sangat penting dan kuat. Zordon merupakan sosok Guardian of Eltar atau sosok pelindung planet Eltar. Mereka adalah para pejuang yang melindungi planet tersebut dengan kekuatan dan armor mereka yang mana bisa dibilang para Guardian of Eltar ini adalah purwarupa dari tim Power Rangers.

Namun, selain juga menjadi inspirasi untuk terbentuknya tim Power Rangers, Guardian of Eltar juga pada kenyataanya harus menerima kenyataan bahwa ada pengkhianatan yang terjadi diantara mereka. Rahasia kelam dari pengkhianatan para Guardians of Eltar bertanggung jawab langsung dalam peristiwa The Eltarian War, di mana para bangsa Elta melakukan invasi ke bumi.

Ketika rekan lama dari Zordon, Zartus, tiba di bumi, dia berpura-pura menjadi sosok penjaga perdamaian dan berusaha untuk membangun bumi. Namun, yang terjadi adalah Zartus justru merupakan pemimpin dari pasukan elit planet Eltar yang menyerbu bumi pada saat itu. Meskipun pada akhirnya rencana tersebut gagal, peristiwa tentang invasi ini menjadi salah satu rahasia gelap yang disembunyikan dari para Power Rangers.

2 Perubahan Identitas Rahasia Lord Zedd

Meskipun fakta seenarnya di balik kemunculan Zartus ke bumi merupakan salah satu hal yang sangat menyedihkan dan mengecewakan, yang mana bahkan Zordon sendiri pun kecewa akan hal itu, namun ada hal lainnya yang dihadirkan dalam alur cerita The Eltarian War yang menjadi salah satu rahasia gelap dari tim Power Rangers. Sebelum mengkhianati Zordon, zartus sudah mengkhianati Zophram ribuan tahun sebelumnya.

Zophram sendiir merupakan Supreme Guardian pertama dari planet Eltar. Rahasia gelap ini jelas membuat Zordon sangat terkejut, karena Zophram sendiri merupakan sosok yang banyak menjadi idola bagi orang-orang di planet Eltar. Yang luar biasanya adalah saking jahatnya sosok Zartus dan menjadi dalang dari berbagai kejahatan yang ada termasuk perubahan besar dari Zorphram.

Dia tidak benar-benar mati dalam ceritanya. Zorpham justru kembali muncul dalam sosok yang baru yang merupakan musuh abadi dari Zordon, yang tidak lain adalah Lord Zedd. Meskipun begitu, Zordon sendiri menyadari tentang siapa sebenarnya Lord Zedd tersebut dan begitu juga sebaliknya. Namun, fakta ini tidak pernah dia ungkapkan kepada para Rangers dan jadi salah satu rahasia gelap.

1 Asal-Usul Menyedihkan Rita Repulsa

Sama halnya seperti sosok Lord Zedd, cerita komik dari BOOM! Studios memberikan cerita masa lalu yang tidak kalah tragis bagi sosok Rita Repulsa. Untuk versi Rita Repulsa cerita masa lalu menyedihkan tersebut memang masih juga memiliki akar dari alur cerita masa lalunya yang muncul dalam series MMPR di tahun 1990an. Rita adalah sosok karakter yang menarik yang mana komiknya terus mengembangkan karakternya.

Dalam komik Power Rangers Unlimited: Edge of Darknes #1 yang rilis pada 2021, diceritakan jika Rita Repulsa lahir dari sosok pasangan penguasa jahat Lady Fienna dan Eldin, sosok yang kemudian jadi sosok karakter Master Vile. Pasca hal jahat yang dilakukan oleh ayahnya dan juga perubahan sikap yang terjadi kepada ayahnya tersebut, Phantom Ranger sendiri tidak bisa menghentikan apa yang dilakukan Master Vile kepada Rita.

Master Vile dalam waktu yang lama terus-menerus menyiksa Rita Repulsa untuk menjadi sosok jahat dan menjadi sosok penyihir luar angkasa yang kita kenal selama ini. Namun, dalam perjalanannya dia kemudian mengalami transformasi lainnya di mana dia justru menjadi tangan kanan bagi Dark Specter dan berubah menjadi Mistress Vile. Masa lalu dari Rita Repulsa memang bisa dibilang sangat ironis.

Multiverse Power Rangers nyatanya tidak hanya sekedar menyelamatkan bumi dari serangan alien. Ada hal yang jauh lebih kompleks di balik itu semua yang mana tidak jarang berbagai rahasia gelap juga muncul dalam ceritanya. Dan di atas adalah beberapa contoh nyata dari rahasia gelap yang selama ini tidak banyak diketahui.

Exit mobile version