Home SERIES SERIES FEATURES 10 Kematian Power Rangers Paling Tragis!

10 Kematian Power Rangers Paling Tragis!

Power Rangers adalah pahlawan super yang terdiri dari sekelompok remaja atau pemuda yang dipilih untuk melindungi dunia dari ancaman kejahatan. Mereka juga memiliki bakat khusus atau keahlian yang membedakan dari orang lain. Setiap tim Power Rangers biasanya terdiri dari lima atau lebih anggota yang mewakili warna-warna yang berbeda, seperti merah, biru, kuning, hitam, dan pink. Setiap anggota tim memiliki kostum khusus dengan warna yang sesuai. Meskipun Power Rangers sangat kuat, tetapi bukan berarti mereka tidak bisa dikalahkan. Ternyata ada beberapa kematian Power Rangers yang dianggap paling tragis. Apa saja?

10 Mighty Morphin Power Rangers: Once & Always

Trini adalah karakter yang diciptakan khusus untuk Mighty Morphin Power Rangers. Dia pertama kali muncul dalam episode perdana seriesnya yang ditayangkan pada tahun 1993. Trini digambarkan sebagai seorang gadis yang tenang, bijaksana, dan penuh empati. Dia sering berperan sebagai mediator di antara anggota tim Power Rangers, mencoba menyelesaikan konflik dengan damai.

Pada tahun 2001, secara mengejutkan, Thuy Trang, pemeran Trini Kwan, dikabarkan meninggal dunia secara tragis pada tanggal 3 September. Setelah kematian pemerannya, kita tidak pernah diceritakan tentang apa yang terjadi kepada Trini di alam semesta Power Rangers. Namun setelah Power Rangers kuning muncul kembali, dia selalu mengenakan helm, tanpa memperlihatkan wajah asli Trimia.

Setelah itu, Rangers kuning justru diceritakan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Ranger biru dari serangan Rita Repulsa. Kematian Power Rangers Trini kemudian dianggap tragis, dengan putrinya, Minh, yang akhirnya menjadi Rangers kuning di Mighty Morphin. Trini mungkin telah tewas, tetapi ingatan penggemar akan sosoknya tidak akan pernah hilang.

9 Power Rangers Dino Fury

Power Rangers Dino Fury menjadi versi Power Rangers terbaru, di mana mereka melakukan debut pada 2021. Musuh utama dalam Dino Fury adalah Sporix, kekuatan jahat yang berusaha menguasai alam semesta dengan memanfaatkan energi purba yang kuat. Para Rangers harus menghentikan Sporix dan melindungi bumi dari kehancuran. Mereka dibantu oleh seorang mentor bernama Solon, yang merupakan ilmuwan sekaligus teknisi.

65 juta tahun sebelum peristiwa di Power Rangers Dino Fury, kelompok bernama Knights of Rafkon mengikuti monster Sporix ke Bumi. Ketika mencoba menyelamatkan alam semesta dari monster yang mereka bantu ciptakan sendiri, Knights of Rafkon dibantu oleh Morphin Master diubah menjadi tim Dino Fury Power. Namun, empat orang tewas dalam pertempuran saat mereka menjadi Power Rangers Dino Fury.

Empat orang tersebut antara lain adalah Power Rangers hitam, biru, hijau, dan pink. Dengan begitu, hanya Ranger merah dan emas saja yang selamat, dan mereka akan menjadi bagian dari tim Dino Fury baru. Kematian para Power Rangers itu memang cukup tragis, tetapi membuka jalan bagi lahirnya generasi baru yang lebih potensial.

8 Power Rangers Megaforce

Power Rangers Megaforce pertama kali ditayangkan pada tahun 2013. Di sini, kita dikenalkan dengan Rangers bernama Robo Knight. Robo Knight sendiri diciptakan oleh Gosei untuk melindungi planet ini dari ancaman yang datang dari luar angkasa. Robo Knight memiliki armor epik, dengan warna silver yang mendominasi. Diapun memiliki sebuah Zord bernama Lion Zord, yang memiliki penampilan seperti singa silver.

Dalam Power Rangers Megaforce, Robo Knight mati setelah dia mentransfer semua kekuatan yang tersisa ke Rangers inti. Meskipun tubuh Robo Knight tidak hancur, tetapi tidak mudah untuk membahwanya kembali. Faktanya, Robo Knight dibangkitkan oleh orang-orang jahat dan kembali hidup sebagai Dark Robo Knight. Setelah itulah Dark Robo Knight patuh dan melayani Vrak.

Untungnya, setelah pertarungan melawan Ranger merah, Robo Knight berhasil melepaskan diri dari pengaruh Vrak, dan terus membantu Power Rangers selama bertahun-tahun. Dan ketika beraksi, Robo Knight sudah beberapa kali melindungi para Rangers disekitarnya, termasuk memberikan mereka senjata dan kekuatan tambahan yang berguna dalam pertempuran.

7 Power Rangers Operation Overdrive

Power Rangers Operation Overdrive adalah musim ke-15 dari waralaba Power Rangers. Seri ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2007. Setiap anggota tim Operation Overdrive memiliki latar belakang dan kepribadian yang unik. Misalnya, Mack adalah manusia buatan yang ingin membuktikan nilainya sebagai manusia sejati, sementara Dax adalah seorang aktor yang ingin menjadi pahlawan sesungguhnya. Musuh utama dalam Operation Overdrive adalah kelompok penjahat yang dikenal sebagai Flurious, Moltor, dan Kamdor, yang bersaing untuk mendapatkan kekuasaan.

Meskipun Mack sebenarnya adalah android dan bukan manusia, tetapi Red Ranger dari Power Rangers Operation Overdrive ini telah mengalami kematian dan kebangkitan, selama jalannya seri ini. Setelah menemukan jati dirinya, Mack siap untuk mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Flurious, dan diapun akhirnya berhasil mengalahkannya. Mack menggunakan seluruh kekuatannya untuk menghancurkan Flurious, dan dia sekarat dalam prosesnya.

Sebagai android, Mack dapat diperbaiki kembali, tetapi seperti yang dibahas di Kapal Theseus, hasilnya tidak akan sama dengan sebelumnya. Untungnya dengan bantuan Sentinel Knight, jiwa Mack dihidupkan kembali. Selain itu, Mack pun berubah menjadi manusia sesungguhnya. Setelah itulah Mack kembali bersama dengan Rangers lainnya dalam mengalahkan musuh.

6 Power Rangers Time Force

Power Rangers Time Force adalah musim ke-9 dari franchise Power Rangers dan pertama kali ditayangkan pada tahun 2001. Time Force memiliki tema utama tentang perjalanan waktu. Para Rangers adalah anggota Time Force, sebuah organisasi yang bertugas untuk melindungi alam semesta dari kejahatan dan gangguan timeline. Menariknya, beberapa anggota tim adalah orang dari masa depan, yang datang ke masa sekarang untuk melawan kejahatan.

Para Rangers Time Force memiliki keterampilan tambahan yang disebut “Quantum Powers”, yang dimiliki oleh karakter Eric Myers (diperankan oleh Daniel Southworth). Eric awalnya muncul sebagai rival para Rangers sebelum bergabung dengan tim. Power Rangers Time Force memiliki salah satu episode perdana yang paling berdampak di seluruh franchise Power Rangers. Seri ini dimulai dengan Ranger merah yang melamar Ranger merah muda.

Tetapi tak lama setelah itu, Ranger merah tewas dalam pertempuran. Ranger merah itu dibunuh oleh Ransik, yang menjadi villain utamanya sepanjang seri ini. Dan karena Power Rangers Time Force menceritakan tentang perjalanan waktu, Alex akhirnya dibangkitkan kembali karena adanya perubahan timeline.

5 Power Rangers: Beast Morphers

Power Rangers: Beast Morphers pertama kali ditayangkan pada tahun 2019. Beast Morphers diadaptasi dari seri Super Sentai Jepang yang berjudul Tokumei Sentai Go-Busters. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Power Rangers bahwa seri ini diadaptasi dari Super Sentai yang tidak langsung mengikuti musim sebelumnya. Power Rangers: Beast Morphers menampilkan para karakter seperti Rorrie Travis sebagai Ranger merah, Jasmeet Baduwalia sebagai Ranger biru, Jacqueline Scislowski sebagai Ranger kuning.

Selain itu, Power Rangers: Beast Morphers  juga menampilkan beberapa karakter tambahan seperti Abraham Rodriguez sebagai Ranger emas, dan Colby Strong Robo Blaze. Kita memang sudah sering melihat robot yang menjadi Power Rangers. Dan Power Rangers: Beasts Morphers memperlihatkan robot lainnya yang menjadi Power Rangers yaitu Steel Silva.

Buat Geeks yang belum tahu, Steel Silva awalnya robot yang dirakit untuk menjadi wadah bagi salah satu villain. Ironisnya, Steel Silva justru mengorbankan dirinya untuk menghentikan monster yang mencoba menggunakan tubuhnya sebagai wadah, Evox. Karena terkesan dengan apa yang telah dilakukan robot tersebut, Moprhin Masters dari Power Rangers pun turun tangan. Mereka tidak hanya menghidupkan kembali Steel Silver, tetapi juga menjadikannya sebagai manusia.

4 Power Rangers Samurai

Sesuai dengan namanya, Power Rangers Samurai menampilkan para Rangers yang menggunakan senjata tradisional Jepang seperti pedang dan busur dalam pertempuran mereka melawan kejahatan. Para Rangers dimentori oleh seorang samurai tua yang bijaksana bernama Mentor Ji (diperankan oleh Rene Naufahu). Dia membimbing Rangers dalam melatih keterampilan bertarung mereka dan menghadapi ancaman Nighlok.

Power Rangers Samurai juga menampilkan Ranger merah yang meninggal sebelum anak-anaknya dapat meneruskan warisannya sebagai Ranger merah. Sosok dibalik armor Ranger merah tersebut adalah Tuan Shiba, ayah dari Lauren dan Jayden Shiba. Ini juga menjadi salah satu dari sekian banyak anggota Klan Shiba yang menjadi Samurai Ranger. Kematian Power Rangers Shiba memang menjadi sangat berkenang, karena dia meninggal secara heroik

Tuan Shiba sendiri meninggal saat melakukan penyegelan yang akan memberi waktu kepada anak-anaknya untuk mengalahkan Xandred ketika dewasa nanti. Dan ketika melakukan segel itulah, Shiba meninggal. Dan bertahun-tahun kemudian, Lauren berhasil menyempurnakan segel tersebut, dan kembali menyegel Master Xandred selamanya.

3 Power Rangers Mystic Force

Power Rangers Mystic Force pertama kali ditayangkan pada tahun 2006 dan menjadi musim ke-14 dari franchise Power Rangers. Seri ini menampilkan pemeran utama seperti Firass Dirani sebagai Ranger merah, Angie Diaz sebagai Ranger merah muda, Richard Brancatisano sebagai Ranger hijau, Melanie Vallejo sebagai Ranger biru, dan Nic Sampson sebagai Ranger kuning.

Selain menampilkan Rangers, karakter utama lainnya termasuk Udonna (diperankan oleh Peta Rutter), seorang penyihir yang menjadi mentor para Rangers, dan Koragg (diperankan oleh Geoff Dolan), seorang prajurit jahat yang menjadi rival Rangers. Rangers dimentori oleh Udonna, seorang penyihir tua yang bijaksana yang bertanggung jawab atas melatih mereka dalam menggunakan kekuatan sihir mereka untuk melawan kejahatan. Di sini kita dikenalkan karakter Daggeron. Daggeron adalah salah satu anggota Power Rangers Mystic Force.

Menariknya, Daggeron awalnya tidak disebut sebagai Power Ranger. Namun, dalam wujud Solaris Knight-nya, Daggeron adalah Ranger keenam dari tim Mystic Force. Di akhir seri Power Rangers Mystic Force, Solaris Knight dibunuh dalam pertempuran oleh Octomus The Master. Daggeron kemudian bergabung dengan daftar Power Rangers mati yang kemudian dibangkitkan kembali. Necrolai menghidupkan kembali Solaris Knight, dan Daggeron bahkan melakukan pertandingan ulang melawan Octomus the Master.

2 Power Rangers S.P.D

Power Rangers S.P.D memiliki tema tentang kepolisian dan petualangan di ruang angkasa. Para Rangers adalah anggota Pasukan Pertahanan Ruang Angkasa (Space Patrol Delta), yang bertugas untuk melindungi Bumi dari ancaman alien. Sky (Ranger biru), yang awalnya mulai sebagai anggota yang sombong dan ingin menjadi pemimpin, akhirnya menjadi Ranger merah dan memimpin tim dengan keberanian dan dedikasi.

Musuh utama dalam S.P.D adalah pasukan alien jahat yang dikenal sebagai Kekuatan Ruang Angkasa Jahat (Evil Space Aliens). Mereka dipimpin oleh Emperor Gruumm, yang bertekad untuk menaklukkan Bumi. Rangers S.P.D menggunakan peralatan dan teknologi tinggi, termasuk seragam pelindung, senjata energi, dan Zords yang dapat berubah bentuk. Seri ini juga menampilkan Office Tate.

Tidak banyak yang diketahui tentang Officer Tate dari Power Rangers S.P.D. Diketahui bahwa ayah Sky Tate, yang pernah menjadi Red Ranger, meninggal saat menjalankan tugas. Anehnya, saat Office Tate menjadi bagian dari S.P.D, dan secara teknis menjadi Rangers merah, kostumnya justru menggunakan kostum dari Power Rangers Time Force. Alasannya sederhana karena Power Rangers S.P.D menggunakan kostum dan properti dari musim sebelumnya, Time Force.

1 Power Ranger Lost Galaxy

Power Rangers Lost Galaxy adalah musim ke-7 dari waralaba Power Rangers yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1999. Salah satu aspek yang unik dari Lost Galaxy adalah Megazord yang dimiliki oleh Magna Defender, sebuah karakter yang awalnya muncul sebagai antagonis sebelum bergabung dengan Rangers. Musuh utama dalam Lost Galaxy adalah pasukan alien jahat yang dikenal sebagai Scorpius dan kemudian Trakeena.

Mereka berusaha untuk menguasai Galaksi Hilang dan menghancurkan kehidupan di dalamnya. Ketika berbicara tentang Magna Defender, dia sangat berbeda dari Ranger keenam atau ranger ekstra lainnya, namun dia tetap dianggap sebagai Power Ranger. Dalam Power Ranger Lost Galaxy, identitas dari Magna Defender tidak diungkapkan di awal serinya, dan baru terungkap kemudian bahwa arwah Magna Defender yang asli mengambil alih tubuh Mike, saudara laki-laki Leo.

Magna Defender lebih merupakan anti-hero daripada pahlawan, tetapi dia akhirnya membuktikan kebaikannya dengan menghentikan kehancuran Terra Venture yang hampir dia sebabkan. Magna Defender pada akhirnya mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Power Rangers dan semua orang di Terra Venture, dan menyerahkan kekuatannya kepada Mike setelah dia mati.

Itulah dia Geeks kematian beberapa Power Rangers yang diceritakan secara tragis. Menariknya, beberapa Power Rangers tersebut dihidupkan kembali, sementara yang lainnya tidak pernah diceritakan kembali. Di antara para karakter tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version