Home MOVIE MOVIE FEATURES Lord of The Rings: 8 Karakter yang Pernah Miliki One Ring!

Lord of The Rings: 8 Karakter yang Pernah Miliki One Ring!

The One Ring merupakan benda yang sangat fenomenal dalam cerita The Lord of the Rings dan ada beberapa karakter yang pernah miliki benda tersebut. Dalam sejarah The Lord of the Rings, cincin yang sangat populer, The One Ring, sudah beberapa kali berpindah tangan. Sejak pertama kali dibuat di Mount Doom sampai kehancurannya di tempat cincin tersebut dibuat, ada beberapa karakter yang pernah gunakan dan memiliki The One Ring. Siapa saja?

8 Deagol

Karakter yang pernah gunakan atau miliki The One Ring yang pertama adalah Deagol. Sosok Deagol bisa dibilang merupakan salah satu karakter yang tragis dan menyedihkan akibat The One Ring. Dalam ceritanya sendiri diperlihatkan jika Deagol dan Smeagol pada awalnya merupakan sahabat baik. Namun, hal itu berubah semenjak The One Ring muncul dalam hidup mereka.

Bisa dibilang, The One Ring benar-benar sudah merusak pertemanan mereka yang terjalin sejak lama. Bahkan, cincin tersebut juga menghancurkan kehidupan keduanya. Deagol sendiri mendapatkan The One Ring ketika seekor ikan raksasa menariknya ke bawah air. Dia kemudian tidak sengaja menemukan cincin tersebut di dasar air. Smeagol kemudian mengetahui hal tersebut.

Namun, Deagol menolak untuk menyerahkan The One Ring, yang menurutnya akan jadi sebuah hadiah ulang tahun yang sempurna. Smeagol sendiri kemudian mengkhianati Deagol dan menghabisi nyawanya. Meskipun Deagol tidak lama memiliki dan menggunakan the One Ring, namun cincin tersebut benar-benar sudah memengaruhi sikap dan pemikiran dari sang karakter.

7 Smeagol

Seperti yang disebutkan di atas, Smeagol juga merupakan salah satu karakter yang pernah miliki dan gunakan The One Ring. Dia merupakan sahabat dari dari Deagol, yang kemudian tega menghabisi nyawa sepupunya tersebut demi merebut cincin tersebut. Smeagol jadi korban lainnya dari The One Ring saat pertama kali melihatnya. Dia benar-benar terhipnotis dengan aura dari cincin tersebut.

Smeagol terpesona dan tidak berdaya ketika melihatnya, yang mana membuat dia bertekad untuk memilikinya. Dengan memengaruhi pikirannya, inilah alasan mengapa Smeagol kemudian tega menghabisi Degol. Takut akan apa yang sudah dia lakukan serta takut kehilangan cincin tersebut, Smeagol kemudian kabur ke Misty Mountain. Cincin tersebut sempat melekat dengan sosok Smeagol.

Namun, dia akhirnya kembali tersadar dalam cerita trilogi Lord of the Rings. Frodo yang memperlakukan Smeagol dengan baik dan dia merasa kasihan kepadanya. Inilah yang membuat Smeagol akhirnya perlahan kembali mendapatkan sisi manusianya. Smeagol sempat menghadapi sosok jahatnya sendiri dan meminta Gollum untuk tidak mengganggunya. Namun, nyatanya, kekuatan dari The One Ring tidak bisa ditolak yang membuat Smeagol tetap mempertahankannya sebelum kemudian direbut oleh Gollum.

6 Gollum

Secara teknis, sebenarnya sosok Gollum mengalami nasib yang sama dengan Smeagol mengingat ini adalah perubahan wujud Smeagol. Golllum diketahui mampu menyimpan atau memiliki The One Ring selama 500 tahun dan selama itu pula dia benar-benar mengalami perubahan drastis. Dia bukan lagi sosok Hobbit yang dahulu, di mana perlahan wujud manusianya berubah dan menjadi sosok Gollum yag kita kenal.

Dia pun benar-benar terpesona dan jatuh cinta dengan The One Ring, yang mana rasa tersebut semakin meningkat dan semakin kuat. Bahkan, hal tersebut membuatnya memutuskan untuk mengurung diri selama beberaa lama. Ketika Gollum bergabung dengan Sam dan Frodo untuk pergi ke Mount Doom, dia sering berusaha untuk menggagalkan upaya tersebut.

Gollum berusaha untuk mendapatkan cincin tersebut kembali ke tangannya. Dan pada akhirnya, keinginan dan hasrat besar tersebut menjadi malapetaka baginya. Gollum justru diperlihatkan tewas di Mount Doom beserta cincin yang ingin dia kuasai. Yang menarik adalah Gandalf sempat mengatakan jika nasib dan takdir dari Gollum berkaitan dengan cincin tersebut. Artinya kemanapun cincin itu berada, Gollum akan mengikuti, termasuk ketika cincinnya hancur.

5 Bilbo Baggins

Gollum merupakan karakter yang pernah miliki The One Ring selama 500 tahun, sebelum kemudian dia kehilangan cincin tersebut ke tangan Bilbo Baggins. Dia mendapatkan atau memiliki cincin tersebut ketika bertemu dengan Gollum untuk pertama kali. Entah memang takdir atau peristiwanya memang “dibuat” oleh The One Ring, Bilbo justru menemukan cincin tersebut ketika berada di wilayah dari Gollum.

Bilbo juga diperlihatkan berhasil untuk mengelabui Gollum dengan sebuah permainan teka-teki, yang mana hal tersebut membuat Gollum marah setelah mengetahuinya. Semenjak saat itu, Bilbo sempat merahasiakan jika dia memiliki cincin tersebut. Hal yang cukup menarik kemudian adalah The One Ring sebenarnya tidak terlalu mampu untuk memberikan pengaruh kepada Bilbo.

Bilbo menyimpan cincin tersebut selama 60 tahun dan sama sekali tidak memperlihatkan tanda-tanda perubahan sikap dari sosoknya. Namun, ketika kemudian Bilbo hendak memberikan atau mewariskannya dia justru panik dan enggan untuk memberikan cincin tersebut. Meskipun begitu, dia mampu untuk melawan hasrat itu yang mana membuat Bilbo jadi orang pertama yang mau memberikan The One Ring secara sukarela dan bukan direbut atau direbut paksa.

4 Samwise Gamgee

Seperti halnya Deagol, Sam hanya memiliki The One Ring dalam jangka waktu yang sangat singkat, mungkin hanya hitungan hari. Meskipun begitu, Samwise Gamgee dianggap sebagai karakter yang paling kuat dan paling luar biasa dari semua yang pernah miliki The One Ring. Ketika Frodo diserang oleh laba-laba raksasa Shelob, dia kemudian jadi orang yang menyimpan cincin tersebut agar tidak jatuh ke orang yang salah.

Sam juga rela untuk melanjutkan misi besar tersebut jika kemudian Frodo gagal menghadapi Shelob. Yang luar biasanya kemudian adalah setelah memegang The One Ring, Sam kemudian membayangkan sebuah kehidupan yang indah dan menyenangkan yang selama ini dia inginkan. Namun, hal itu tidak membuat Sam terkena jebakan dari iming-iming The One Ring.

Jika Bilbo butuh kerelaan untuk menyerahkannya, Sam justru dengan senang hati menyerahkan atau memberikan The One ring. Tolkien sendiri sempat menyebutkan jika Sam adalah sosok pahlawan dari para pahlawan lainnya dalam franchise ini. Dia benar-benar jadi perwujudan dari sikap baik dan bisa jadi sosok yang bisa diandalkan, di mana Sam mampu menolak hasrat besar dari cincin tersebut.

3 Frodo Baggins

Frodo Baggins bisa dibilang adalah karakter yang paling populer sebagai pemilik dari The One Ring dalam cerita The Lord of the Rings. Bahkan, banyak yang menganggap jika Frodo merupakan sosok penting di Middle-Earth dan pemilik The One Ring. Dialah orang yang kemudian mau mempertaruhkan nyawanya demi menghancurkan kekuatan jahat tersebut untuk selamanya.

Tanpa tekad dan keinginannya untuk menghancurkan The One Ring, kejahatan akan selalu merajalela dan menang di Middle-Earth. Di sisi lain, cincin tersebut pada akhirnya akan kembali ke tangan dari Sauron. Sudah tidak terhitung berapa banyak rintangan yang dia lewati, sambil isi pikirannya bertarung dengan pengaruh besar dari The One Ring. Frodo pada akhirnya, sempat terpengaruh oleh kekuatan dari cincinnya.

Frodo sempat berusaha untuk melawan hasrat tersebut, namun dia tidak cukup kuat untuk melawan kekuatan dahsyat dari The One Ring. Dia hampir saja batal dengan misinya dan gagal untuk menghancurkan cincin tersebut. Untungnnya, Gollum kemudian menggigit jarinya yang mana membuat cincin tersebut akhirnya jatuh ke Mount Doom bersama dengan sosok tersebut.

2 Isildur

Isildur merupakan salah satu karakter populer lainnya yang pernah miliki The One Ring. Dia menjadi pemilik dari cincin tersebut di era masa lalu, ketika Isildur memotong jari dari Sauron di akhir War of the Last Alliance. Elrond kemudian membawa Isildur menuju Cracks of Doom ketika pertempurannya akan segera berakhir. Elrond memerintahkan Isildur  untuk melemparkan cincin tersebut.

Dengan cara itu, Middle-earth akan selamat dari ancaman Sauron kembali dari kematiannya. Namun, sama seperti halnya beberapa karakter lain, Isildur akhirnya terpengaruh oleh pesona mematikan dari The One Ring. Isildur menolak untuk menghancurkan The One Ring dan memutuskan untuk menyimpannya. Pengaruh tersebut sudah memenuhi pikirannya di momen dia memiliki cincin tersebut.

Namun, Isildur kemudian harus kehilangan cincin tersebut pada akhirnya. Karena, The One Ring sendiri bisa merasakan kemunculan dari pemilik aslinya dan memiliki kesempatan untuk kembali kepada sang pemilik. Inilah yang membuat The One Ring akhirnya lepas dari tangan Isildur yang mana sejak saat itu The One Ring banyak mengalami perpindahan kepemilikan.

1 Sauron

Karakter yang pernah miliki The One Ring yang terakhir tidak lain adalah Sauron. Dialah sang pengguna dan pemilik pertama dari The One Ring di Middle-Earth. Sauron membentuk atau menciptakan The One Ring sebagai salah satu cara untuk menguasai seluruh Middle-Earth. Dia sengaja menciptakan The One Ring setelah sebelumnya dia berhasil dikalahkan dan dipaksa untuk bersembunyi.

Dalam ceritanya, The One Ring sebenarnya bukan satu-satunya cincin yang dia ciptakan. Sauron menciptakan hampir 20 cincin yang kemudian dia bagikan kepada para pemimpin dari berbagai ras yang ada, yang kemudian disebut sebagai Rings of Power. Sauron hampir berhasil menguasai seluruh Middle-Earth ketika seluruh pengguna Rings of Power mulai terpengaruhi pikirannya oleh kekuatan jahat Sauron.

Dalam War of the Last Alliance, Sauron hampir menghilang dari Middle-Earth. Namun, karena separuh jiwanya ada di The One Ring yang selamat akhirnya dia juga berhasil selamat. Sauron jadi satu-satunya pengguna yang tahu bagaimana menggunakan seluruh kekuatan cincin tersebut. Dia mampu memperlihatkan kekuatan yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Dan dalam ceritanya, cincin tersebut selalu berusaha untuk kembali kepada pemiliknya ini. Jika Sauron memiliki cincin ini, dia akan jadi sosok yang tidak terkalahkan yang mana Frodo rela menghancurkan cincin tersebut.

The One Ring menjadi sebuah benda yang berbahaya di Middle-Earth, karena cincin tersebut bisa memengaruhi siapapun yang menggunakannya. Meskipun Sauron adalah pemilik awal dari cincin ttersebut, namun ada beberapa karakter yang pernah memiliki cincinnya.

Exit mobile version