Home SERIES SERIES FEATURES 6 Cara Power Rangers ‘Morphin’!

6 Cara Power Rangers ‘Morphin’!

Dalam franchise Power Rangers, disadari atau tidak, sebenarnya ada beberapa cara yang digunakan para Rangers untuk berubah. Melakukan perubahan atau transformasi merupakan salah satu kunci cerita dalam alur cerita franchise Power Rangers. Dengan menggunan kekuatan dahsyat tersebut mereka bisa mengalahkan berbagai monster atau ancaman yang muncul. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang dilakukan oleh para Rangers untuk berubah. Apa saja?

6 Power Coins

Cara berubah Power Rangers yang pertama adalah dengan menggunakan koin atau Power Coins. Penggunaan Power Coins menjadi salah satu cara untuk bisa mengakses kekuatan Morphin grid, yang jadi cara para Power Rangers untuk berubah. Tidak jarang, Power Coins juga digabungkan dengan Moprhers, salah satu artefak yang sangat populer. Ada beberapa rangers yang menggunakan Power Coins seperti Ninja Rangers atau Alien Rangers.

Mighty Morphin Power Rangers juga sempat menggunakan Power Coins untuk berubah. Power Coins biasanya mengambil sumber kekuatannya dari hewan kuno yang tergambar atau tertera di koin tersebut. Dan untuk membuat satu Power Coin sangatlah sulit. Selain bisa jadi cara dan alat untuk berubah, para Power Rangers juga bisa merubah Power Coinss menjadi kristal dan mengakses Zords milik mereka.

Power Coins dan Morphers biasanya menjadi sebuah kesatuan, yang mana mereka tidak akan bisa menggunakannya jika hanya ada salah satu. Yang menarik adalah dalam franchisenya sendiri kemudian para fans diperkenalkan jika ada beberapa jenis koin daam ceritanya. Contohnya adalah Ninja Coins yang sama-sama terkoneksi dengan hewan kuno yang tergambaar di koin tersebut. Ada juga Power Coin aien yang menjadi sumber keekuatan Aquitan Alien Rangers.

5 Proxy Power Coins

Seperti dijelaskan di poin pertama jika ada beragam jenis Power Coins yang kemudian diperkenalkan dalam ceritanya. Berbagai jenis Power Coins tersebut jadi cara untuk berubah para Power Rangers. Ketika Power Coins merupakan sebuah artefak langka yang sangat sulit untuk dibuat, namun ternyata ada satu karakter dalam cerita Power Rangers yang bisa menciptakan Power Coins.

Billy Cranston dan Alpha 9 adalah karakter yag mampu menciptakan Power Coins pertama yang merupakan ciptaan manusia. Nama dari Power Coins ciptaan Billy Cranston tersebut adalah Proxy Power Coins. Sebenarnya, Proxy Power Coins maasih terhubung dengan Morphin Grid dan merupakan tiruan dari Power Coins yang asli. Namun, ada poin penting yang membedakan dengan Power Coins asli.

Jika Power Coins asli tidak bisa digunakan semua orang, karena hanya para Rangers yang ditakdirkan dengan kekuatan tersebut yang bisa menggunakannya, maka Proxy Power Coins bisa digunakan oleh siapapun. Tetapi, para Rangers perlu untuj berhati-hati di mana mereka tidak boleh menggunakan Proxy Power Coins dan Power Coins secara bersamaan. Karena, akan menghabisi penggunanya.

4 Ninja Power Stars

Ninja Power Stars memiliki kemiripan dengan Proxy Power Coins. Ini merupakan salah satu Morphers atau alat berubah yang khusus, di mana hanya para Rangers dari series Power Rangers Ninja Steel dan Power Rangers Super Ninja Steel yang meenggunakannya. Pada dasarnya, Ninja Power Stars tidak ubahnya seperti Morphers pada umumnya. Namun, alat ini memiliki beberapa kelebihan tersendiri.

Alat tiruan dari Morphers ini bisa mereka gunakan untuk mengakses serangan tambahan. Dengan kata lain, selain menjadi Morphers atau alat dan cara yang digunakan oleh Power Rangers untuk berubah Ninja Power Stars juga bisa digunakan sebagai senjata. Hal ini biasanya sangat jarang untuk terjadi, karena hanya dalam situasi tertentu Morphers digunakan sebagai senjata.

Terdapat beberapa mode ketika Ninja Power Stars digunakan sebagai senjata oleh para Rangers, yaitu Blade Mode, Bow Mode, dan Claw Mode. Bahkan, Gold Ninja Battle Morpher memilii fitur epik lainnya yaitu Blaster Mode. Ini merupakan kemampuan yang hanya dimiliki oleh sang Ranger dan tidak dimiliki oleh Ninja Power Stars lainnya.

3 Energems

Salah satu cara berubah Power Rangers yang baru. Franchise Power Rangers berusaha untuk menghadirkan berbagai hal unik dan menarik lainnya dalam cerita. Salah satunya jelas adalah cara berubah atau transformasi. Setelah diperkenalkan beberapa cara di atas, di era modern sekarang ada juga cara berubah Power Rangers yang unik yaitu menggunakan Energems.

Ini merupakan cara berubah yang digunakan dalam beberapa series Power Rangers seperti Power Rangers Dino Charge, Dino Super Charge, Beast Morphers, dan Dino Fury. Yang membuat cara berubah dengan Energems ini unik adalah ketika biasanya para Rangers bisaa berubah sendiri, maka ketika menggunakan Energems digunakan secara tandem atau bersama-sama.

Energems memang diciptakan juga oleh Morphin Masters dengan memanfaatkan Morphin Grid, namun Energems berwujud kristal mneram dan metalik yang kemudian dipercayakan untuk dijaga oleh para arwah dinosaurus. Pasalnya, banyak yang mengincar energi kristal tersebut. Total ada 10 kristal Energems yang ketika ditemukan dan disatukan, maka siapapun yang menemukannya akan bisa berubah menjadi Power Rangers.

2 Zeo Crystal

Berbicara mengenai kristal dan cara berubah Power Rangers, Zeo Crystal jadi salah satu cara berubah lainnya. Zeo Crystal pertama kali diperkenalkan di musim perdana Mighty Morphin Power Rangers. Dalam ceritanya sendiri kemudian dijelaskan jika para Rangers bisas menggunakan Zeo Crystal untuk melakukan transformasi menjadi Rangers selain juga menggunakan Morphers.

Ketika para Rangers menggunakan Zeo Crystal untuk berubah, maka mereka kemudian akan lebih dikenal sebagai Power Rangers Zeo. Zeo Crystal yang mereka gunakan tersebut sebenarnya merupakan pecahan yang terbagi lima dari Zeo Crystal yang asli. Tommy Oliver menyembunyikan Zeo Crystal yang asli dan memecahkannya menjadi lima bagian dan menyembunyikannya dari Master Vile.

Setelah petualangan untuk menemukan kembali Zeo Crystal yang disembunyikan tersebut, para Rangers akhirnya bisa menggunakannya. Mereka bisa terhubung dengan Morphin Grid dalam sebuah Power Chamber yang baru yang ada di bawah tanah Command Center atau markas mereka. Dengan menggunkan kristal ini, para Rangers pun mengalami peningkatan kekuatan ketika dalam form Rangers atau menggunakan Zords.

1 Morphers

Cara berubah Power Rangers yang terakhir dan paling populer jelas adalah dengan menggunakan Morphers atau alat perubahan. Morphers merupakan alat yang paling banyak digunakan dan meruakan metode klasik para Power Rangers untuk berubah. Artefak ini pertama kali muncul di series Mighty Morphin Power Rangers. Alat ini biasanya terlihat di bagian depan sabuk para Rangers atau di lengan mereka.

Morphers memiliki beberapa nama sebutan atau panggilan. Contohnya adalah Zeonizer yang digunakan dalam series Power Rangers Zeo. Meskipun begitu, fungsinya sendiri tetap sama. Satu hal yang kemudian membedakan Morphers dengan alat perubahan lainnya, ini merupakan alat yang bisa mengambil sumber kekuatan dari manapun. Contohnya adalah dari Morphin Grid, Zeo Crystal, bahkan dari Rangers itu sendiri.

Desain dan bentuk serta fungsi dari Morphers mengalami perkembangan dan perubahan seiring berjalannya alur cerita series Power Rangers. Contohnya selain sebagai alat untuk berubah, Morphers bisa juga digunakan sebagai alat komunikasi antar Rangers seperti yang diperlihatkan dari Growl Phone dalam series Wild Force Rangers. Dalam Rangers Super Samurai, mereka menggunakan Samuraizers sebagai Morphers sekaligus aalat untuk bisa menulis simbol Kanji untuk menghadirkan angin, ombak, dan sebagainya.

Power Rangers menjadi salah satu franchise superhero yang populer yang bertahan sangat lama. Dan ketika berbicara mengenai bagaimana mereka bisa berubah, ternyata ada beberapa cara yang mereka gunakan di sepanjang kemunculannya. Di atas merupakan cara dan alat yang mereka gunakan untuk berubah jadi Power Rangers sejauh ini.

Exit mobile version