Home COMIC COMIC FEATURES 8 Anggota Justice League Tertua!

8 Anggota Justice League Tertua!

Justice League adalah salah satu tim superhero terbaik yang pernah dibuat. Mereka berasal dari semesta DC, dan telah melindungi Bumi dari berbagai macam ancaman, baik yang datang dari dalam Bumi maupun yang datang dari luar. Sebagai tim superhero yang sudah sejak lama bertugas, muncul pertanyaan tentang berapa usia para anggota inti Justice League? Sebenarnya usia mereka tidak pernah diceritakan secara gamblang. Tetapi ada petunjuk-petunjuk yang diberikan, sehingga penggemar bisa menebaknya. Berikut adalah beberapa usia anggota inti Justice League, dari yang termuda hingga yang tertua.

7 The Flash

Dalam komik, Barry Allen seharusnya berusia 20-an akhir hingga awal 30-an. Namun tidak ada yang tahu secara pasti detail tentang usianya. Namun di DCEU, Flash diperkenalkan pada usia 24 tahun di Batman v Superman: Dawn of Justice dan 30-an di film The Flash. Dalam komik, Barry Allen alias Flash memang selalu digambarkan sebagai salah satu anggota termuda Justice League. Karena itulah dia masih sering dibimbing oleh superhero lainnya yang lebih dewasa.

Barry Allen mendapatkan kekuatan super kecepatan setelah terkena petir dan terkena bahan kimia yang tertumpah di laboratorium forensik. Kejadian ini memicu transformasinya menjadi superhero The Flash. Kekuatan utama The Flash adalah kecepatan super. Dia bisa berlari dengan kecepatan luar biasa, mengubah dirinya menjadi speed force untuk melakukan perjalanan waktu, dan memiliki refleks yang sangat cepat.

Selain Barry Allen, terdapat beberapa karakter lain yang mengambil nama The Flash, termasuk Jay Garrick dan Wally West. Setiap Flash memiliki keunikan dan sejarahnya sendiri. Seperti kebanyakan pahlawan super, Flash memiliki sejumlah musuh bebuyutan seperti Captain Cold, Reverse-Flash, dan Mirror Master.

6 Superman

Sebenarnya nih Geeks, komik Superman: American Alien #1 menyatakan bahwa Superman pertama kali tiba di Bumi pada tanggal 18 April. Tetapi sayangnya, tidak pernah disebutkan di tahun berapa Superman tiba di Bumi. Nah dalam edisi #4, muncul petunjuk yang menandakan bahwa Superman sebenarnya masih berusia sedikit lebih muda dari 30 tahun, saat pertama kali menjadi Superman, setidaknya dalam alur cerita DC. Usianya memang tergolong muda, dibandingkan superhero lainnya. Tetapi ada juga sebagian orang yang menyebut bahwa usia Superman sudah hampir 100 tahun.

Nama lengkap Superman adalah Kal-El, yang kemudian di Bumi dikenal sebagai Clark Kent.
Superman berasal dari planet Krypton yang hancur. Dia dikirim ke Bumi sejak bayi oleh orangtuanya, Jor-El dan Lara, untuk menyelamatkan hidupnya. Sebagai Kryptonian, Superman memiliki kekuatan super di Bumi karena perbedaan gravitasi dan atmosfer. Kekuatan ini mencakup kekuatan fisik, kecepatan super, daya tahan, penglihatan laser, pendengaran super, dan kemampuan terbang.

Kelemahan utama Superman adalah kryptonite, mineral dari Krypton yang dapat melemahkan dan bahkan membahayakan nyawanya. Ada berbagai warna kryptonite dengan efek yang berbeda. Clark Kent memiliki hubungan romantis dengan Lois Lane, seorang wartawati yang juga bekerja di Daily Planet. Kisah cinta mereka telah menjadi inti banyak cerita Superman.

5 Green Lantern

Hal Jordan adalah seorang pilot di Angkatan Udara ketika dia mendapatkan cincin Green Lantern miliknya. Dengan asumsi Jordan bergabung dengan Angkatan Udara setelah lulus SMA, dan dia mendapatkan cincin itu di awal usia dua puluhan, dia mungkin sekarang berusia tiga puluh tahunan lebih. Memang jika melihat tingkah lakunya, Hal Jordan memang tidak terlalu dewasa. Dia masih terlihat agak arogan dan angkuh, meski sudah membuktikan bahwa dia adalah pahlawan yang hebat.

Hal Jordan pertama kali muncul dalam Showcase #22 pada tahun 1959. Dia diciptakan oleh penulis John Broome dan seniman Gil Kane. Dia diberikan cincin Green Lantern oleh alien Abin Sur setelah Abin Sur terluka parah dalam kecelakaan pesawat luar angkasa. Ketika menjadi Green Lantern, Hal Jordan juga mengalami fase yang rumit dalam kisahnya ketika dia dikendalikan oleh entitas jahat yang dikenal sebagai Parallax. Dia akhirnya mengatasi pengaruh Parallax dan menjadi Green Lantern lagi.

Hal Jordan memiliki hubungan dekat dengan Carol Ferris, yang merupakan kepala perusahaan pesawat miliknya. Hubungan mereka penuh dengan dinamika romantis dan seringkali kompleks.

4 Batman

Di DCEU, Bruce Wayne alias Batman lahir pada Februari 1972. Itu berarti dia baru berusia 8 tahun saat orang tuanya meninggal. Ia menjadi Batman pada usia 25 atau 26 tahun, dan diyakini Batman berusia 40 tahun ketika beraksi di DCEU. Di komik, usia Batman memang tidak pernah disebutkan secara pasti, dan tidak ada petunjuk besar yang bisa digali. Dan kemungkinan besar usianya di komik sama dengan di DCEU.

Batman memang hanya manusia biasa, sehingga dia akan menua seperti manusia pada umumnya. Jadi, umurnya tidak akan terlalu panjang. Tetapi jangan khawatir Geeks, karena karakter dalam buku komik tidak pernah menua seperti di dunia nyata, dan umur mereka akan ditentukan oleh kreator komiknya sendiri. Batman menjadi salah satu anggota Justice League yang tidak memiliki kekuatan super.

Batman dikenal sebagai “The World’s Greatest Detective” dan menggunakan berbagai gadgets dan teknologi canggih untuk membantu dalam pertarungan melawan kejahatan. Batmobile, Batarang, dan sabuk Batman yang penuh dengan peralatan adalah beberapa contohnya.

Aquaman

Aquaman melakukan debut di DC Comics pada tahun 1941. Meski sudah cukup lama muncul di DC Comics, tetapi tahukah kalian bahwa Aquaman baru berusia sekitar 40 tahunan di komik? Yap, usianya memang tidak mengikuti tahun debutnya, tetapi mengikuti jalan ceritanya di komik. Seiring bertambahnya usia, Aquaman alias Arthur Curry mengambil posisi penting di Atlantis, yaitu sebagai raja di sana. Dia kemudian memilih seorang ratu bernama Mera, dan mereka kemudian memerintah Atlantis bersama-sama.

Aquaman memang memiliki beberapa versi penampilan yang bisa mengecoh pembaca. Beberapa versi memperlihatkan wajah Aquaman yang dicukur bersih. Sementara versi lain memperlihatkan Aquaman dengan janggut yanng lebat. Aquaman memiliki sejumlah kekuatan super, termasuk kemampuan untuk berkomunikasi dengan makhluk laut, kekuatan fisik yang luar biasa, kecepatan yang tinggi di dalam air, dan kemampuan bertahan dalam tekanan laut yang tinggi.

Salah satu senjata khas Aquaman adalah tridentnya, yang memiliki berbagai kemampuan magis dan digunakan dalam pertempuran. Sebagai raja Atlantis, Aquaman sering menghadapi tugas berat untuk melindungi kerajaannya dari ancaman, baik dari dunia permukaan maupun dari dalam Atlantis sendiri.

3 Hawkman

Nama lengkap Hawkman adalah Carter Hall. Dalam banyak versi, Hawkman diceritakan sebagai reinkarnasi pahlawan Kryptonian yang hidup kembali sebagai manusia bernama Carter Hall di Bumi. Dia juga dikenal sebagai Katar Hol dalam beberapa cerita. Hawkman sering terlibat dalam cerita yang melibatkan Thanagar, planet asalnya, serta mitologi Hawkgirl dan Dewa Mesir. Mitos reinkarnasi dan kisah asmara antara Hawkman dan Hawkgirl (Shayera Hol) menjadi elemen penting dari karakter ini.

Salah satu kekuatan utama Hawkman adalah kemampuan untuk terbang menggunakan sayap buatan khusus yang terbuat dari Nth Metal, sebuah logam khusus dari Thanagar. Nth Metal juga memberikan kekuatan tambahan kepada Hawkman. Selain memberikan kemampuan terbang, senjata-senjata Hawkman yang terbuat dari Nth Metal memiliki efek yang mematikan terhadap beberapa jenis musuh.

Hawkman telah memiliki beberapa reinkarnasi dan inkarnasi yang berbeda sepanjang sejarahnya, termasuk Hawkwoman dan Hawkgirl. Karena terus bereinkarnasi, sebanarnya menghitung usia pasti dari Hawkman menjadi sangat rumit. Tetapi karena sudah hidup sejak lama, umur Hawkman bisa mencapai ribuan tahun, dan bisa menyamai usia Wonder Woman.

2 Wonder Woman

Meski masih terlihat sangat muda, tetapi jangan terkecoh dengan usianya. Pasalnya Wonder Woman menjadi salah satu anggota Justice League tertua, karena usianya sudah lebih dari 5000 tahun. Sebagai seorang Amazon, wajar jika dia awet muda. Tetapi bukan berarti dia tidak akan menua suatu saat nanti, hanya saja proses penuaannya sangat panjang. Wonder Woman adalah putri dari Ratu Hippolyta dari Themyscira, sebuah pulau tersembunyi yang dihuni oleh para Amazon.

Diana dibentuk dari tanah oleh Ratu Hippolyta dan diberikan kehidupan oleh para dewi. Sejak kecil, Diana dilatih sebagai pejuang Amazon dan memiliki tekad untuk membela keadilan, perdamaian, dan kebenaran. Ia adalah simbol keberanian dan keadilan di dunia DC Comics. Wonder Woman memiliki kekuatan super, kecepatan, daya tahan, kekuatan bertarung, dan kemampuan memanah yang luar biasa. Dia juga memiliki perisai ajaib, dan lasso kebenaran yang tak bisa putus.

Karakter Wonder Woman menjadi simbol kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Dia sering kali dianggap sebagai salah satu tokoh superheroin paling ikonik dan penting dalam sejarah bukan hanya karena kemampuannya yang luar biasa tetapi juga karena pesan kesetaraan dan kekuatan perempuan yang diwakilinya.

1 Martian Manhunter

Martian Manhunter dikenal dengan nama asli J’onn J’onzz. J’onn J’onzz berasal dari Mars, dan menjadi sedikit dari warga Mars yang berhasil selamat dari kehancuran planetnya. Dia merupakan salah satu makhluk terakhir dari jenisnya, yang dikenal sebagai Martian. Sebagai Martian, J’onn memiliki sejumlah kekuatan super, termasuk kekuatan fisik yang luar biasa, kemampuan terbang, kemampuan shapeshifting, regenerasi, telepati, dan banyak lagi.

J’onn J’onzz sering mengadopsi identitas ganda di Bumi, salah satunya adalah John Jones, seorang detektif polisi. Ini membantunya menyamar dan berbaur ke dalam masyarakat dan bekerja sebagai pahlawan tanpa memunculkan kecurigaan. Martian Manhunter memang menjadi salah satu karakter tertua di DC Comics. Usianya diperkirakan sekitar 225 juta tahun. Usianya memang sudah sangat tua, tetapi Martian Manhunter baru tiba di Bumi selama beberapa tahun saja.

Seperti yang disebutkan di atas, sebelum tiba di Bumi, Martian sempat hidup di Mars selama berabad-abad. Namun setelah adanya bencana yang terjadi satu juta tahun yang lalu, bencana tersebut melenyapkan hampir seluruh peradaban di tempat tinggal Martian Manhunter.

Itulah dia Geeks beberapa anggota inti Justice League tertua yang diketahui. Memang DC Comics sendiri tidak pernah secara gamblang mengungkap usia pasti dari karakter-karakter tersebut. Tetapi penggemar bisa menebak usianya dari petunjuk-petunjuk yang ada di DC Comics.

Exit mobile version