Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Sidekick Superhero yang Jarang Dikenal!

7 Sidekick Superhero yang Jarang Dikenal!

Geeks tentunya sudah tahu dengan istilah sidekick dalam dunia superhero. Sidekick biasanya hadir untuk membantu pahlawan utama dalam berbagai cara. Mereka dapat memberikan dukungan moral, membantu dalam pertempuran, atau menyediakan pengetahuan dan keterampilan tambahan. Nah menariknya, ada beberapa superhero yang ternyata memiliki sidekick, meski para superhero ini tidak pernah terlihat bersama sidekicknya. Tidak banyak orang yang mengetahui sidekick ini. Siapa saja superhero yang ternyata memiliki sidekick? Simak berikut ini!

7 Charles Dickles – Green Lantern

Banyak penggemar yang tidak menyadari bahwa Hal Jordan bukanlah Green Lantern pertama. Dalam Golden Age, karakter bernama Alan Scott-lah yang menjadi sosok Green Lantern. Nah berbeda dengan Green Lantern yang sekarang kita kenal, cincin Green Lantern jaman dahulu memungkinkan sang pengguna untuk berteleportasi melalui dimensi keempat (fourth dimension), terbang, dan memiliki kekuatan mirip telekinesis.

Nah menariknya, Green Lantern versi Alan Scott ini juga memiliki seorang sidekick yang sangat tidak terkenal. Sidekicknya bernama Charles Dickles atau yang sering dipanggil Doiby. Tentu saja Geeks cukup asing dengan naman tersebut, karena karakternya sangat tidak terkenal. Doiby sudah membantu Alan Scott dalam petualangannya selama 8 tahun, yang dimulai dari tahun 1941 hingga 1949.

Bahkan dalam sebuah peristiwa awal, Doiby pernah menyelamatkan sang pahlawan dari sekelompok gangster. Dickles juga sempat menjadi cameo sebagai karakter komedi di awal tahun 2000-an. Penampilannya terbaru dan yang paling terkenal terjadi ketika dia membentuk kelompok Old Justice. Doiby memang tidak memiliki kekuatan apapun, tetapi dia cukup mampu bertarung menggunakan tangan kosong.

6 Sparky – Blue Beetle

Blue Beetle memang tidak begitu terkenal. Tetapi meski begitu, dia mendapatkan kesempatan untuk tampil di DCEU, dengan film solonya. Sebenarnya Blue Beetle sangat cerdas, bahkan tingkat kecerdasannya bisa disejajarkan dengan Batman. Selain cerdas, Blue Beetle juga sangat kuat, berkat bantuan armornya yang memberinya kekuatan super.

Dia melakukan debutnya sebagai pahlawan dalam Fox Comics, sebelum akhirnya bergabung ke DC. Nah buat kalian yang belum tahu, ada beberapa karakter yang menyandang gelar Blue Beetle. Salah satunya adalah Dan Garret, seorang polisi yang memperoleh kekuatan Blue Beetle setelah mengkonsumsi sebuah obat. Ketika Garret beraksi sebagai Blue Beetle, dia memiliki seorang sidekick bernama Sparky. Nama aslinya adalah Sparkington J. Northup.

Menariknya, meski orang Amerika, tetapi Sparky tumbuh di bawah naungan Raja Inggris. Ayah angkatnya itu kemudian mengirim Sparky kembali ke Amerika untuk menjadikannya sebagai sidekick Blue Beetle. Sparky terus menjadi sidekick Blue Bettle selama beberapa tahun, sebelum menghilang secara misterius. Setahun setelah menghilang, Sparky muncul kembali dengan julukan berbeda yaitu Spunky, dan terus membantu Blue Beetle.

5 Rick Jones – Hulk

Rick Jones pertama kali muncul dalam The Incredible Hulk #1 pada tahun 1962. Asal-usul karakter ini berubah seiring waktu. Awalnya, dia adalah remaja yang nekat yang masuk ke situs uji coba bom gamma, memaksa Dr. Bruce Banner (Hulk) untuk menyelamatkannya. Jones memang berhasil diselamatkan, tapi Banner menyerap radiasi gamma bom dan berubah menjadi Hulk.

Kemudian Rick Jones membentuk Teen Brigade, sekelompok remaja yang ikut bertanggung jawab atas pembentukan Avengers. Tidak lama setelah kebangkitan Captain America, Steve Rogers meminta Jones untuk menggantikan mendiang Bucky Barnes sebagai sidekicknya. Namun, Cap diliputi rasa bersalah dan akhirnya memberi tahu Rick bahwa dia harus melupakan Bucky Barnes. Rick Jones memang sering menjadi sidekick dari beberapa superhero hingga akhirnya dia bersatu kembali menjadi sidekick Bruce Banner dan bersumpah bahwa dia akan mengakhiri amukan Hulk untuk selamanya.

Alih-alih menjadi monster setelah terkena sinar gamma, radiasi yang dia derita justru menyebabkannya terkena kanker darah. Jones pernah disandera dan diubah menjadi A-Bomb, makhluk mirip Hulk dengan kekuatan dan kemampuan manusia super. Dia kemudian sembuh, dan terakhir terlihat ditawari peran dalam S.H.I.E.L.D.

4 Hydra Bob – Deadpool

Rasanya semua orang tahu dengan karakter satu ini, yaitu Deadpool. Dia awalnya adalah seorang tentara bayaran bernama Wade Wilson. Namun karena sebuah eksperimen mengerikan, dia bertransformasi menjadi Deadpool dan memburu orang-orang yang telah mengubahnya. Nah menariknya, ternyata Deadpool juga pernah memiliki seorang sidekick. Sidekicknya bernama Hydra Bob atau Bob.

Bob pertama kali diperkenalkan dalam komik Cable dan Deadpool #38 sebagai salah satu antek Hydra yang ditemui oleh Cable dan Deadpool. Bob sendiri bergabung dengan Hydra atas perintah istrinya, yang terus mendesaknya untuk bergabung karena saat itu Bob tidak memiliki pekerjaan tetap. Meskipun Bob sudah dipekerjakan, tetapi dia sangat buruk dalam melakukan tugasnya.

Ketika bertugas, Bob selalu melarikan diri karena dia takut dengan bahaya yang terjadi. Dan ketika ditangkap dan disiksa oleh Deadpool, Bob pun menyerah. Pada akhirnya Bob dipaksa untuk membantu Deadpool dan Cable melarikan diri dari tempat persembunyian pemimpin Bob, hingga akhirnya Bob menjadi sidekick dari Deadpool. Bob memang tidak memiliki kekuatan atau keahlian sama sekali.

3 Judge Giant – Judge Dredd

Judge Dredd pertama kali muncul dalam komik 2000 AD #2 pada tahun 1977. Judge Dredd bertugas sebagia penegak hukum di Mega-City One, sebuah kota futuristik yang membentang di pantai Timur Amerika Utara. Kota ini merupakan latar utama bagi sebagian besar petualangan Dredd. Dredd adalah “Judge,” yang memiliki wewenang untuk melakukan penangkapan, mengadili, dan menjatuhkan hukuman segera di tempat. Dia adalah kombinasi dari polisi, hakim, dan eksekutor dalam satu figur.

Mungkin kalian baru mengetahui karakter Judge Dredd setelah versi live actionnya muncul dan dibintangi oleh Sylvester Stallone di tahun 1995. Dredd kemudian muncul di tahun 2012, dengan pemeran yang sama sekali baru. Dredd memang digambarkan sebagai karakter penyendiri dan menolak terikat dengan sosok lainnya. Tetapi ternyata Dredd sebenarnya memiliki seorang sidekick, meski dalam jangka waktu yang singkat. Nama sidekicknya adalah Judge Giant.

Judge Giant adalah seorang pemula yang baru saja keluar dari akademi. Giant menjadi sidekick Dredd selama hampir empat tahun. Selama menjadi sidekick, dia berhasil menyelamatkan Dredd dari rencana eksekusi serta membantunya dalam perang melawan mutan yang mengamuk. Namun Giant mengalami akhir tragis, setelah dia ditembak dari belakang saat mencari seorang villain bernama Orlok.

2 Aqualad – Aquaman

Aqualad juga pernah menjadi sidekick Aquaman. Aqualad asli, Garth, muncul pada tahun 1960. Dia ditinggalkan saat masih bayi dan diusir dari koloninya karena paranoia terhadap Atlantis. Aqualad berasal dari ras yang sama dengan mentornya, Aquaman. Keduanya pun memiliki kekuatan yang sama persis, mampu berkomunikasi dengan makhluk laut, mampu mengarungi lautan dengan cepat, dan bisa mengangkat beban sangat berat.

Ketika Aquaman memutuskan untuk menetap bersama istri dan putranya, Aqualad disingkirkan. Dalam upaya untuk melanjutkan perjuangannya demi keadilan, ia berpasangan dengan Robin, Kid Flash, dan Wonder Girl untuk menciptakan Teen Titans yang asli. Garth kemudian mengganti nama superhero-nya menjadi Tempest, dan terus bertarung bersama para pahlawan DC Universe hingga kematiannya dalam alur cerita Blackest Night.

Ketika DC me-reboot alam semesta mereka dengan New 52, ​​Garth tidak ditemukan. Kemudian muncul sosok Aqualad baru bernama Jackson Hyde. Jackson memiliki kemampuan hidrokinesis dan kekuatan super yang kuat.

1 Wong – Doctor Strange

Doctor Stephen Strange adalah seorang ahli bedah brilian yang kehilangan kemampuan tangannya setelah mengalami kecelakaan mobil parah. Setelah upaya untuk menyembuhkan dirinya sendiri gagal, dia memulai pencarian baru untuk kekuatan supranatural. Setelah itulah dia belajar ilmu sihir, dan mendapatkan pelatihan di Kamar-Taj Himalaya, di bawah bimbingan Ancient One.

Nah menariknya, Doctor Strange ternyata memiliki sidekick yang tidak banyak orang mengetahuinya. Sidekicknya ternyata adalah Wong. Wong juga sebenarnya sidekick dari Ancient One sejak dia masih kecil. Awalnya, Wong dikirim ke Kamar-Taj, sehingga akhirnya dia juga mendapatkan kemampuan sihir. Dan setelah dewasa, Wong dikirim ke Amerika Serikat untuk menjadi pelayanan Sorcerer Supreme di masa depan.

Karena Doctor Strange yang kemudian menjadi Sorcerer Supreme, Wong pun kemudian menjadi sidekick-nya. Wong sudah sering menyelamatkan sang mentor. Bahkan dia juga pernah mengalami berbagai kejadian aneh seperti menjadi vampir, dan juga diculik oleh alien. Menariknya di MCU, Wong justru pernah menjadi Sorcerer Supreme menggantikan Doctor Strange sementara.

Itulah dia Geeks beberapa superhero yang ternyata memiliki sidekick. Namun memang para sidekick ini jarang diketahui oleh orang-orang. Kolaborasi antara superhero dan para sidekick ini memang jarang terlihat, sehingga wajar saja orang-orang tidak mengetahuinya. Di antara kolaborasi di atas, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version