Home OTAKU OTAKU FEATURES 10 Teori Konspirasi di Cerita Pokemon!

10 Teori Konspirasi di Cerita Pokemon!

Meskipun alur cerita dalam series Pokemon memang ramah anak-anak, namun para fans selalau menghadirkan berbagai teori konspirasi yang menarik. Pokemon merupakan series yang memang menargetkan para penonton anak-anak dan juga dewasa, namun seriesnya terkadang juga menghadirkan momen yang gelap. Selain melalui para monster itu sendiri, ada berbagai hal yang dianggap sebagai sesuatu yang kelam dari series Pokemon. Berikut adalah beberapa teori konspirasi dari cerita Pokemon.

10 Misty Sudah Tewas

Teori konspirasi dalam cerita Pokemon yang pertama adalah Misty yang diprediksi sudah tewas. Teori konspirasi ini mungkin sedikit berlebihan jika dilihat secara sekilas. Namun, ada beberapa bukti yang memang dianggap bisa mendukung teori jika Misty sebenarnya sudah tewas. Contohnya adalah di episode 24 animenya, terdapat satu momen di mana Misty dijilat oleh Pokemon Haunter milik Sabrina.

Yang kemudian menjadi catatan penting dari hal tersebut adalah ada banyak data di  Pokedex menyebutkan jika Haunter merupakan Pokemon yang cukup berbahaya. Jilatan dari Haunter bisa berakibat fatal bagi korbannya. Berkaca pada hal tersebut, rasanya memang masuk akal jika kemudian muncul teori jika Misty sebenarnya sudah tewas ketika dia dijilat oleh Haunter.

Kemunculan sosok Misty di episode selanjutnya juga memunculkan teori lain, yang menyebutkan jika sebenarnya itu bukanlah sosok Misty yang asli. Dalam teorinya, sosok Misty yang muncul dalam ceritanya merupakan bayangan kesedihan dari Ash atau Satoshi. Semua pertarungan yang Misty lakukan dalam ceritanya sebenarnya tidak dia lakukan sendiri, melainkan Ash yang melakukannya.

9 Giovanni Adalah Ayah Ash

Selain Misty yang sudah tewas, teori jika Giovanni adalah ayah Ash juga merupakan salah satu yang mungkin mengejutkan jika dilihat sekilas. Hal ini karena status karakternya yang merupakan antagonis utama dalam ceritanya. Namun, teori ini disebutkan bisa menjelaskan mengapa anak buah Giovanni, yaitu Team Rocket, selalu bisa berada di area yang sama dengan Ash.

Padahal, dengan dunia Pokemon yang sangat luas tentunya mereka bisa saja berada di tempat yang jauh berbeda dengan sang protagonis utama. Banyak fans yang meyakini jika Giovanni sebenarnya selalu memperhatikan dan selalu melacak di mana keberadaan dari putranya tersebut. Di sisi lain, ini juga yang kemudian dianggap sebagai alasan mengapa dia mengirim Team Rocket.

Geeks tentunya melihat bagaimana Team Rocket selalu berakhir dengan konyol, meskipun mereka adalah villain dan juga berusaha untuk menangkap Ash. Tetapi, ini adalah cara untuk Giovanni untuk menjaga dan mengetahui kabar anaknya. Di sisi lain, ini juga alasan mengapa Team Rocket tidak pernah melukai Pikachu atau bahkan Ash padahal mereka memiliki reputasi sering menyakiti Pokemon dan orang-orang.

8 Pikachu Adalah Ayah Ash

Masih berkaitan dengan teori ayah Ash, teori konspirasi lainnya adalah Pikachu merupakan ayah dari Ash. Seperti yang Geeks ketahui, ayah dari Ash tidak pernah muncul di sepanjang cerita seriesnya. Sosok ayah dari Ash lebih sering muncul dalam bentuk referensi ketika orang-orang menyebutkan jika dia merupakan seorang trainer Pokemon yang sangat luar biasa.

Ayah Ash pergi untuk melakukan sebuah petualangan besar dalam hidupnya. Selain informasi tersebut, tidak ada informasi lainnya yang muncul berkaitan dengan ayah Ash. Meskipun begitu, sampai sekarang tidak pernah ada informasi jika ayahnya Ash sudah tewas. Dalam teori ini dijelaskan jika ayah Ash kemungkinan menjadi subyek eksperimen pikian manusia yang dipindahkan ke tubuh Pokemon.

Sayangnya, dalam uji coba tersebut efek yang muncul justru sebaliknya. Teori ini kemudian didukung dengan apa yang muncul dalam cerita Detective Pikachu. Dalam cerita manganya, seorang ilmuwan bernama Bill tidak sengaja bertukar pikiran dengan seekor Ratata. Alasan terbesar mengapa kemudian Professor Oak memberikan Pikachu kepada Ash adalah karena dia tahu itu merupakan ayahnya, namun dia tidak ingin mengatakannya.

7 N Adalah Zoroark

Teori konspirasi di cerita Pokemon selanjutnya adalah N merupakan Pokemon Zoroark. N merupakan salah satu karakter yang menarik yang muncul dalam cerita di series Pokemon Black & White. Hal ini karena adanya koneksi yang kuat yang dia miliki dengan para trainer dan juga Pokemon. Berkaitan dengan hal tersebut para fans memiliki sebuah teori yang sangat menarik terutama mengenai asal-usulnya.

N memang merupakan sosok yang misterius. Namun, teori para fans menyebutkan jika dia sebenarnya bukanlah manusia. Banyak fans meyakini jika N sebenarna adalah Pokemon Zoroark yang menyamar. Ada beberapa hal yang dianggap sebagai bukti nyata dari teori ini. Selain secara penampilan N terlihat seperti Pokemon, dalam gamenya diketahui ada detil menarik yang muncul ketika bertemu dengan Zoroark sebelum dan sesudah mereka juga bertemu N.

Terdapat satu momen dalam ceritanya di mana ketika para pemain melakukan interaksi dengan Zoroark, maka mereka hal itu akan jadi pemicu munculnya sebuah kilas balik di sosok N. Hal inilah yang dianggap oleh para fans merupakan petunjuk jika N sebenarnya adalah Pokemon Zoroark atau setidaknya dia memiliki koneksi yang mendalam dengan Pokemon tersebut.

6 Manusia Memakan Pokemon

Di dunia nyata tentunya sudah tidak asing lagi ketika manusia memakan hewan dan tumbuhan. Bahkan, hewan dan tumbuhan merupakan makanan pokok sehari-hari manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Lalu, apa yang kemudian jadi sumber makanan bagi para manusa di dunia Pokemon merupakan salah satu pertanyaan besar yang muncul di benak banyak fans.

Pertanyaan itulah yang kemudian menjadi dasar teori jika kemungkinan manusia sebenarnya menyantap atau memakan Pokemon sebagai sumber makanan mereka. Salah satu alasannya adalah di dunia Pokemon tidak ada hewan yang memang jadi sumber makanan seperti di dunia nyata. Semuanya adalah para monster hewan. Di dunia Pokemon, ketika orang ingin minum “MooMoo Milk” maka, susunya berasal dari Miltank.

Namun, sampai sejauh ini, tidak ada penjelasan mengenai sumber makanan ketika para manusia ingin mengonsumsi daging. Dalam cerita anime, terdapat adegan di mana Brock membuat beragam hidangan yang mana termasuk diantaranya merupakan daging. Dari mana kemudian daging tersebut berasal kemungkinannya ada dua; ada binatang yang memang tidak pernah muncul dalam ceritanya atau Pokemon itu sendiri.

5 Pokemon Memakan Pokemon

Teori manusia memakan Pokemon, meskipun cukup mengerikan, namun tidak lebih mengerikan dari teori lainnya yang menyebutkan jika Pokemon memakan Pokemon lainnya. Dalam teori ini dijelaskan jika para trainer sengaja memaksa para Pokemon mereka untuk memakan Pokemon lainnya. Tujuan dari hal tersebut adalah agar para Pokemon mereka bisa jadi lebih kuat.

Teori konspirasi ini memang terdengar sangat kelam dan liar. Namun, jika Geeks perhatikan sistem candy dalam game Pokemon GO teori ini mungkin sedikit masuk akal. Geeks yang memainkan game mobile ini tentunya sudah familiar dengan sistem tersebut, di mana para pemain akan mengirim Pokemon kepada Professor Oak dengan candy atau permen sebagai gantinya.

Teorinya menyebutkan jika permen atau candy yang para pemain terima setelah mengirimkan Pokemon sebenarnya adalah Pokemon yang mereka kirimkan. Bagaimana kemudian caranya Pokemon bisa dirubah menjadi permen, apakah menggunakan mesin atau kekuatan khusus seperti Majin Buu, memang masih jdi misteri. Namun, jika kemudian teori ini benar maka artinya para Pokemon merupakan makhluk kanibal.

4 Para Pokemon Yang Ditukar/Diperdagangkan

Satu lagi teori konspirasi yang menyedihkan dan kelam dari cerita Pokemon adalah para pokemon yang ditukar atau diperdagangkan. Dalam dunia Pokemon, ada banyak sekali Pokemon yang harus ditukar demi bisa berevolusi menuju form terakhir mereka. Contohnya Haunter menjadi Gengar, Machoke menjadi Macham, dan sebagainya. Berdasarkan hal tersebut, pertanyaan pun muncul di kalangan fans.

Namun, pertanyaannya adalah bagaimana kemudian para Pokemon seperti Gengar dan yang lain bisa muncul di alam liar. Berdasarkan informasi yang orang-orang ketahui sejauh ini, Pokemon seperti Gengar dan Machamp tidak bisa berevolusi jika tidak ditukar terlebih dahulu. Ada dua kemungkinan yang muncul di kalangan fans berkaitan dengan teori konspirasi ini.

Dua kemungkinan tersebut adalah bisa jadi para trainer sebelumnya dari Pokemon tersebut sudah melepaskan mereka menuju alam liar setelah mereka berevolusi. Kemungkinan lainnya adalah trainer dari para Pokemon tersebut sudah meninggal dunia, sehingga mereka pun dilepas liarkan karena tidak ada lagi yang bertanggung jawab terhadap para Pokemon tersebut.

3 Phantump Adalah Pokemon Dari Arwah Anak-anak

Phantump atau Bokure adalah Pokemon berjenis Ghost dan Grass. Secara penampilan, Phantump mirip seperti tunggul pohon yang berhantu. Berkaitan dengan Pokemon ini dan juga bentuknya, teori konspirasi di kalangan fans menyebutkan jika kemungkinan mereka adalah wujud dari arwah anak-anak yang tersesat dan hilang serta meninggal di hutan. Bukti dari hal tersebut ada di Pokedex.

Dalam Pokedex milik Phantump dijelaskan, bahwa “Para Pokemon ini merupakan arwar dari anak-anak yang tersesat di hutan.” Hal ini tentunya sangat miris dan menyedihkan – sekaligus mengerikan. Namun, bukan mustahil juga jika Phantump memang benar-benar merupakan hantu dari para anak-anaj yang tewas akibat tersesat di hutan. Mereka kemungkinan tewas karena ketakutan dan merasa sendiri.

Menghadirkan Phantump memang bisa dilakukan dengan menetaskan telur. Namun, banyak fans yang beranggapan jika apa yang tercantum dalam Pokedex menjadi bukti nyata yang sangat kuat jika Phantump merupakan salah satu dari beberapa Pokemon yang memiliki koneksi dengan para anak-anak yang hilang atau tewas. Phantump mungkin terlihat lucu, namun mungkin banyak berubah pikiran setelah mengetahui teori ini.

2 MissingNo Adalah Pokemon Tidak Lengkap

Geeks yang pernah bermain game-game awal Pokemon tentunya sudah tidak asing lagi dengan MissingNo. Ini adalah Pokemon dalam wujud glitched atau wujudnya tidak sempurna. Dengan adanya Pokemon MissinNo ini para pemain bisa menduplikasi berbagai benda yang ada di game Red & Blue. Selain itu, MissingNo juga menyediakan rare candy dan master balls dalam jumlah yang tidak terbatas.

Banyak yang beranggapan jika MissingNo merupakan sebuah kesalahan pemrograman biasa atau merupakan sisa-sisa dari para Pokemon yang sudah hilang. Namun, sebagian fans memiliki spekulasi lain mengenai siapa MissingNo sebenarnya. Sedari lama diyakini jika para Pokemon disimpan sebagai data digital di dalam Pokeballs atau PC box. Tetapi, teorinya menjelaskan jika ada hal buruk yang akan terjadi jika mereka tersimpan terlalu lama.

Menurut teorinya, ketika Pokemon tersimpan terlalu lama secara digital maka data tersebut akan menjadi corrupt atau tidak lengkap. Efek dari hal ini para Pokemon tersebut akan berubah menjadi MissingNo. Ada juga yang berpendapat jika MissingNo merupakan kloning Mew yang gagal, yang mana cukup masuk akal karena mereka muncul di dekat Pokemon Mansion. Ini merupakan tempat di mana para kloning Pokemon lainnya berada.

1 Ash Ketchum Tewas

Teori konspirasi di cerita Pokemon yang terakhir adalah Ash Ketchum alias Satoshi diceritakan sudah tewas dalam cerita animenya, seperti halnya Misty. Seperti yang Geeks ketahui, series Pokemon selalu menghadirkan Ash Ketchum sebagai protagonis utama. Kita akan diajak untuk berpetualang ke berbagai region atau wilayah di mana Ash akan menangkap Pokemon atau bertarung menghadapi Pokemon lain

Terdapat sebuah teori jika sebenarnya Ash sudah tewas, bahkan sejak awal episodenya. Di episode perdana dari anime Pokemon diperlihatkan bagaimana Ash bertemu dengan Pokemon pertamanya, yaitu Pikachu. Dalam salah satu adegan, Pikachu nampak menyetrum Ash dan sekelompok Spearows untuk menyelamatkan mereka dari sebuah serangan yang bisa melukai mereka.

Dalam teorinya dijelaskan jika sebenarnya di adegan tersebut Ash sudah tewas akibat serangan listrik yang dahysat. Sosok Ash yang muncul dalam animenya merupakan sosok hantu dari Ash alias bukan wujud sebenarnya. Banyak yang meyakini teori ini karena beberapa alasan. Pertama, Ash tidak pernah bertambah tua atau menjadi dewasa selama puluhan tahun. Kemudian, Ash selalu bertanya dan tidak pernah ingat mengenai pengetahuan dasar Pokemon. Hal itu diyakini karena dia tidak bisa mengingat banyak informasi dari masa lalunya.

Pokemon merupakan sebuah series yang populer dan menarik yang sudah bertahan selama puluhan tahun. Seriesnya berhasil menghadirkan sebuah alur cerita yang menarik dan worldbuilding yang detil. Dengan mitologi di series Pokemon yang sangat kaya, wajar jika ada banyak teori konspirasi muncul di kalangan fans seperti beberapa contoh di atas.

Exit mobile version