Ketika sebuah manga mengalami hiatus, itu berarti bahwa manga tersebut menghentikan publikasi atau rilis baru untuk sementara waktu. Ada beberapa alasan mengapa sebuah manga dapat memasuki masa hiatus. Salah satu alasan paling umum adalah karena adanya masalah kesehatan sang pengarang. Mangaka seringkali bekerja dalam tekanan tinggi untuk memenuhi jadwal deadline, dan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental mereka. Beberapa mangaka memilih hiatus karena masalah pribadi atau keluarga yang memerlukan perhatian mereka. Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang manga yang paling sering mengalami hiatus. Apa saja?

6One Piece

One Piece juga mengalami jeda atau hiatus panjang. Pada tahun 2010, kreator One Piece, Eiichiro Oda untuk pertama kalinya mengumumkan hiatus selama satu bulan. Trend hiatus ini pun masih berlanjut di tahun-tahun berikutnya, meskipun masa hiatusnya tidak berlangsung lama. Wajar saja karena Eiichiro Oda telah menghabiskan sebagian hidupnya untuk membuat manga ini yang sudah berjalan lebih dari 25 tahun ini.

Eiichiro Oda sering dipandang sebagai mesin pembuat manga, dan dia sudah berdedikasi dengan manganya. Oleh karena itulah Oda membutuhkan libur dan beristirahat. Manga One Piece sudah berjalan dari tahun 1997, dan masih terus berlanjut hingga saat ini. Dalam One Piece, kita diceritakan tentang petualangan Luffy, seorang bajak laut dan kapten dari kru Topi Jerami yang mendapatkan kekuatan buah iblis Gomu Gomu.

Dengan buah iblis tersebut, membuat tubuh Luffy bisa meregang seperti karet. Plot utama One Piece berkisar pada pencarian Luffy dan kru Topi Jerami untuk menemukan harta terbesar di dunia bajak laut yang dikenal sebagai One Piece. Pencarian ini membawa mereka ke lautan yang luas dan berbahaya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/