Home SERIES SERIES FEATURES Echo: Ini Alasan Kingpin Selamat Dari Kematian!

Echo: Ini Alasan Kingpin Selamat Dari Kematian!

Series Echo perlihatkan sosok Wilson Fisk alias Kingpin ternyata berhasil selamat dari kematian seperti yang diperlihatkan di akhir series Hawkeye. Wilson Fisk alias Kingpin menjadi sosok penting dalam hidup Maya Lopez. Dialah yang membesarkan dan merawatnya hingga seperti saat ini. Sampai kemudian dia mengetahui fakta jika ayahnya tewas akibat dibunuh oleh Fisk. Di akhir series Hawkeye diperlihatkan Maya menembak Kingpin tepat di wajahnya. Namun, di series Echo nampak bagaimana Kingpin selamat dari kematian.

3 Nasib Kingpin Di Series Echo

Para fans dibuat penasaran dengan nasib dari Kingpin setelah diperlihatkan bagaimana Clint Barton berhasil menyadarkan Maya Lopez jika bukan dia yang membunuh ayahnya. Maya kemudian menemukan fakta jika sosok yang sudah merawatnya sejak kecil, Wilson Fisk alias Kingpin, yang sudah membunuh ayahnya. Dia kemudian membalas dendam kematian ayahnya dengan menembak wajah dari Kingpin.

Meskipun begitu, tidak ada informasi jika Kingpin tewas atau belum pasca kejadian tersebut. Namun, banyak fans yang berspekulasi jika Kingpin selamat dari peristiwa itu. Petunjuk pertamanya adalah Marvel tidak memperlihatkan tubuh atau jenazah dari Kingpin, yang mana biasanya hal itu menjadi konfirmasi kemaian sebuah karakter. Kedua, informasi jika Kingpin akan muncul di berbagai proyek MCU lainnya.

Pada saat itu, Kingpin diketahui akan muncul di series Echo sehingga tidak masuk akal jika kemudian karakternya diperlihatkan tewas. Di sisi lain, Kingpin juga direncanakan muncul di series Daredevil: Born Again di mana menurut bocorannya dia akan menyalonkan diri sebagai wali kota New York. Selain itu, dia juga dikabarkan akan meninggalkan masa lalunya. Artinya, Kingpin masih belum tewas setelah ditembak oleh Maya Lopez.

Spekulasi para fans kemudian terbukti di episode 2 series Echo, di mana diperlihatkan jika Kingpin selamat dan berada di rumah sakit. Dia mengalami luka yang parah, di mana Maya menembaknya di bagian mata kiri. Yang menarik adalah di episode 3 kemudian diperlihatkan jika Kingpin menemui Maya Lopez dengan memanfaatkan teknologi baru yang membuatnya bisa berkomunikasi tanpa ada bantuan penerjemah.

Hal ini tentunya membuat banyak para fans bertanya-tanya bagaimana kemudian sosok Kingpin bisa selamat dari kematiannya. Padahal, normalnya, manusia akan tewas setelah tertembak di bagian kepala. Meskipun sejauh ini Marvel Studios belum menjelaskan banyak hal mengenai sosok Kingpin – terutama di MCU – namun jawabannya sendiri ada di komiknya dan media lain.

Alasan Kingpin Selamat Dari Kematian – Ke Halaman 2

2 Alasan Kingpin Selamat Dari Kematian

Lalu, bagaimana cara Kingpin bisa muncul di series Echo? Bagaimana dia bisa selamat dari kematian? Apakah Kingpin memiliki kekuatan super? Pertama-tama, yang perlu dijelaskan adalah Wilson Fisk alias Kingpin sama sekali tidak memiliki kekuatan super apapun. Hal ini terbukti di berbagai cerita Marvel Comics atau berbagai iterasi yang menghadirkan sosok Kingpin. Meskipun begitu, ada hal yang membuat Kingpin jadi sosok mengerikan.

Dalam Marvel Comics dijelaskan jika Kingpin memiliki kekuatan yang sangat luar biasa dalam hal kekuatan fisik. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam hal menyusun strategi, taktik, manipulasi, dan sebagainya. Tubuh Kingpin yang besar sebenarnya bukan ditutupi oleh lemak. Itu merupakan otot yang sangat kuat yang sudah dia bangun sejak lama, di mana dia sering melakukan angkat beban.

Wilson Fisk juga memiliki kemampuan bela diri, terutama dalam hal sumo. Kingpin tidak melakukan latihan khusus atau hal sejenisnya, namun dia mampu mengombinasikan semua kemampuan dan keahlian yang dia miliki untuk menciptakan gaya bertarung yang unik dan efektif yang sesuai dengan gayanya. Stamina dari Kingpin juga luar biasa, di mana dia sering kali mampu mengalahkan musuhnya dengan mudah.

Dengan tubuhnya yang sangat luar biasa, yang penuh dengan otot, secara tidak langsung membuat tubuhnya menjadi “armor” level rendah. Kingpin sering menggunakan baju anti peluru di balik jasnya yang membuat dia sering selamat dari berbagai serangan tanpa orang ketahui. Dan sering kali, bagaimana orang meremehkan tubuh Kingpin menjadi alasan mereka kalah dalam pertarungan.

Di series Netflix sendiri Kingpin kurang lebih memiliki kemampuan dan kekuatan yang hampir sama seperti di komiknya. Inilah yang membuat Kingpin sering kali selamat dari berbagai konfrontasi menghadapi Daredevil, meskipun dia berkali-kali terluka atau terkena serangannya. Selain dari segi fisik, Kingpin juga memiliki kekuatan dari segi sumber daya dan pengaruh yang luar biasa.

Jadi, alasan mengapa kemudian Wilson Fisk alias Kingpin bisa selamat dari kematian saat Maya Lopez menembak wajahnya di akhir series Hawkeye adalah karena kekuatan fisik dari Kingpin memang sangat luar biasa. Seperti yang digambarkan selama ini, kekuatan fisik dari Kingpin mampu membuatnya bertahan dari berbagai hal buruk termasuk tembakan dari Maya Lopez.

Meskipun dia selamat, seperti yang diperlihatkan di series Echo, Kingpin benar-benar terluka parah dan nampak mengalami kebutaan. Di komiknya sendiri, Echo memang diperlihatkan menembak Kingpin di wajahnya dan membuat dia buta. Namun, di akhir episode Echo nampak bagaimana Kingpin seolah sama sekali tidak mengalami luka apapun.

Kekuatan Kingpin Di MCU – Ke Halaman 3

1 Kekuatan Kingpin Di MCU

Dengan Kingpin yang terlihat jauh lebih kuat semenjak kemunculannya di MCU, hal ini pun memunculkan pertanyaan lain apakah artinya Kingpin sama sekali tidak bisa dilukai. Ketika menghadapi Kate Bishop di series Hawkeye, dia mampu menghancurkan sebuah pintu mobil dengan tangan kosong tanpa kesulitan. Dia juga selamat dari tabrakan mobil, ledakan, dan baru kemudian tidak sadarkan diri setelah menghantam sebuah pilar.

Manusia biasa jelas tidak akan bisa selamat dari semua luka tersebut, namun Fisk selalu digambarkan sebagai sosok yang memiliki kekuatan fisik yang mengerikan dan luar biasa. Kemungkinan pihak Marvel Studios memang sengaja merubah kemampuan dan kekuatan Kingpin di MCU untuk sesuai dengan apa yang dihadirkan di komiknya. Namun, bisa juga mereka menggabungkannya dengan apa yang sudah dihadirkan di series Daredevil versi Netflix.

Bila memang demikian, artinya bisa jadi Kingpin selalu mengenakan baju pelindung di balik jasnya tanpa orang ketahui sehingga selain tubuhnya yang memang sudah jadi armor level rendah dia juga melapisi dirinya lagi dengan baju pelindung level tinggi. Sehingga, hal itu bisa menjelaskan bagaimana dia selamat dari berbagai kejadian yang diperlihatkan di series Hawkeye.

Namun, satu hal yang pasti, Marvel Studios perlu series khusus atau sebuah arc yang menjelaskan tentang sosok Wilson Fisk dan bagaimana dia bisa menjadi sosok yang kuat. Episode terakhri Echo sudah memberikan titik awal asal-usul Kingpin, di mana dia selama ini selalu memendam dan menyimpan amarahnya. Mungkin, di season 2 atau di series Daredevil: Born Again kita akan mendapatkan penjelasan detil mengenai kekuatan Kingpin.

Exit mobile version