Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Aktor Besar yang Tampil Gratis!

10 Aktor Besar yang Tampil Gratis!

Dengan berbagai alasan tertentu beberapa aktor film ini rela tidak dibayar alias tampil gratis ketika muncul di sebuah film. Seorang aktor atau aktris tentunya akan dibayar sangat mahal untuk karakter yang mereka perankan dalam sebuah film. Terkadang masalah bayaran ini juga jadi penentu apakah mereka mau memerankan karakter tersebut atau menolaknya. Namun, beberapa aktor justru diketahui mau tampil gratis alias tidak dibayar. Siapa saja mereka?

10 Hampir Seluruh Cast – A Rainy Day In New York

Ditulis dan disutradarai oleh Woody Allen, A Rainy Day in New York menghadirkan sederet cast yang luar biasa termasuk Timothée Chalamet, Elle Fanning, Selena Gomez, Jude Law, dan Liev Schreiber. Ceritanya sendiri berkisah tentang dua mahasiswa yang saling jatuh cinta bernama Gatsby dan Ashleigh, di mana mereka mengunjungi kota New York pada akhir pekan. Ini merupakan salah satu film paling yang banyak memunculkan komentar negatif dalam karir Allen.

Alasan dari hal tersebut adalah karena A Rainy Day in New York rilis bertepatan dengan sebuah gerakan yang ramai muncul di tengah-tengah masyarakat, termasuk di industri Hollywood, yaitu MeToo. Mereka yang pernah jadi korban kekerasan seksual banyak bermunculan dan berbicara, termasuk putri adopsi dari Woody Allen. Efek dari hal tersebut ternyata berakibat juga pada film itu.

Dengan semua kontroversi yang ada, pihak Amazon Studios memutuskan untuk tidak mendistribusikan film ini. Beberapa cast dari filmnya mengaku menyesal dengan keputusan tersebut dan memutuskan untuk menyumbangkan gaji mereka ke yayasan yang mengurusi masalah kekerasan seksual. Meskipun ini adalah langkah yang baik, namun hal tersebut semata-mata terjadi karena kontroversi yang muncul.

9 Brad Pitt – Deadpool 2

Aktor yang tampil gratis yang selanjutnya adalah Brad Pitt. Geeks tentunya sudah sangat mengenal aktor Hollywood populer ini, di mana dia sudah banyak memerankan karakter di berbagai film. Beberapa yang populer adalah Mr. & Mrs. Smith serta Ocean’s. Mengingat kualitas dan pengalamannya di bidang film, wajar jikaa Pitt dibayar sangat mahal oleh pihak studio setiap kali memerankan karakter.

Namun, dalam film Deadpool 2 diketahui Brad Pitt rela tidak dibayar alias tampil secara gratis sebagai cameo. Sekuel dari film Deadpool tersebut menghadirkan banyak sekali aktor populer untuk muncul sebagai cameo. Contohnya James McAvoy, Nicholas Hoult, Evan Peter, dan bahkan Matt Damon. Dalam filmnya, Brad Pitt berperan sebagai sosok superhero bernama Vanisher.

Dia adalah sosok mutan dengan kekuatan menghilang di mana dalam filmnya dia ikut dalam audisi untuk jadi bagan dari X-Force. Yang menarik adalah dalam filmnya sosok Pitt sama sekali tidak diperlihatkan sampai kemudian dia tersengat aliran listrik dan memperlihatkan wajah Pitt selama beberapa detik. Menurut informasi yang Ryan Reynolds ungkapkan “biaya” yang dia harus bayarkan untuk menghadirkan Brad Pitt hanya dengan kopi waralaba.

8 George Clooney – Good Night, And Good Luck

Sama halnya seperti Brad pitt, dengan pengalamannya di bidang industri film sosok George Clooney sudah dianggap sebagai salah satu aktor kawakan di Hollywood. Meskipun begitu, diketahui Clooney sempat rela dibayar sangat sedikit – bahkan dia yang membayar dirinya sendiri- dalam sebuah proyek film berjudul Good Night, And Good Luck. Film ini diadaptasi dari sebuah peristiwa nyata di tahun 1950an.

Ceritanya sendiri berfokus pada sosok jurnalis senior dari CBS, Edward R. Murrow, besertaa produsernya, Fred W. Friendly, yang berselisih dengan pihak senator Amerika terkait isu sensitif. Menurut informasinya, Good Night, And Good Luck memiliki ongkos produksi sebesar 7 juta Dollar Amerika. Namun, untuk menghemat biaya produksi Clooney memutuskan untuk hampir tidak membayar dirinya sendiri di film ini.

Meskipun dia yang menulis, menyutradarai, dan membintangi filmnya George Clooney hanya membayar dirinnya 1 Dollar Amerika untuk masing-masing pekerjaan. Yang luar biasa adalah Clooney sangat berambisi untuk menghadirkan film ini, di mana dia rela menggadaikan rumahnya

7 Amitabh Bachan – Black

Diadaptasi dari sebuah cerita karya Helen Keller, Black merupakan sebuah film Bollywood atau produksi dari India yang bercerita tentang hubungan antara seorang wanita tunarungu dan tunawicara bernama Michelle. Karakternya diperankan oleh aktris Bollywood Rani Mukerji. Dia memiliki pasangan seorang pria tua yang gemar meminum alkohol dan berprofesi sebagai guru bernama Debraj, yang diperankan Amitabh Bachchan.

Black merupakan film Bollywood yang ditulis oleh Sanjay Leela Bhansali. Di industri perfilman Bollywood, nama dari Sanjay sudah dianggap sebagai sosok yang sangat legendaris. Meskipun Amitabh Bachan sendiri juga adalah sosok senior di industri film Bollywood, namun dia memiliki keinginan untuk bisa bermain dan bekerja sama di film yang diproduksi oleh Sanjay.

Keinginan inilah yang kemudian membuat Amitabh Bachan rela tampil secara gratis alias tidak dibayar sepeser pun untuk berperan di film Black. Hal ini diungkapkan langsung oleh sang aktor dalam blog pribadinya. Bahkan, dalam blog tersebut juga Bachchan menyebut jika dia menolak untuk dibayar dan tidak menerima pembayaran apapun. Baginya, bekerja sama dengan Sanjay menjadi sesuatu yang luar biasa.

6 Adam Levine – Begin Again

Pasca kesuksesan dengan film Once, sutradara John Carney kemudian kembali pada 2013 kemarin dengan kembali menghadirkan sebuah film musikal berjudu Begin Again. Bedanya, film ini menghadirkan elemen komedi dalam ceritanya. Beberapa nama besar Hollywood menjadi bintang di film tersebut seperti Keira knightley, Mark Ruffalo, dan Hailee Steinfeld. Filmnya sendiri berfokus pada seorang penulis lagu dan penyanyi.

Talenta daari sosok tersebut kemudian berhasil ditemukan oleh sebuah label rekaman eksekutif yang ada di kota New York. Namun, yang kemudian menjadi kejutan adalah ada sosok penyanyi populer dari band Maroon 5, Adam Levine, yang juga jadi bintang di film tersebut. Levine mendapatkan perannya sebagai Dave setelah dia melakukan pertemuan secara daring dengan Carney.

Dalam percakapan tersebut, Levine mengaku bahwa dia menolak tawaran untuk pembayaran di film tersebut. Dalam wawancara dengan USa Today, Levine mengaku bahwa alasannya menolak bayaran di film ini adalah karena dia merasa sudah memiliki harta yang cukup melimpah. Dia hanya ingin mendapatkan pengalaman yang belum pernah dia lakukan sebelumnya dan tidak peduli dengan uang.

5 Jennifer Lopez – Hustler

Jennifer Lopez juga pernah mengalami hal yang sama seperti Adam Levine, di mana dia jadi salah satu aktor yang tampil gratis di sebuah film. Hustlers sendiri berkisasah tentang beberapa penari striptis di kota New York yang mencuri sejumlah uang dari para pialang saham serta para CEO dari berbagai perusahaan ketika mereka mengunjungi klub tempat para penaris tersebut bekerja.

Caranya adalah mereka akan membuat orang-orang tersebut tidak sadarkan diri dengan bantuan obat-obatan. Setelah tidak sadarkan diri, mereka akan mengambil kartu kredit yang mereka miliki. Film ini diadaptasi dari salah satu artikel majalah New York di tahun 2015 yang berjudul “The Hustlers at Scores.” Film ini jadi salah satu yang menghadirkan seluruh pemeran utamanya adalah wanita.

Constantine Wu, Jennifer Lopez, Julia Stiles, Lizzo, dan Cardi B, adalah beberapa nama yang muncul di film tersebut dan jadi bintang utamanya. J-Lo sendiri berperan sebagai pemeran pembantu di mana dia memerankan karakter seorang penaris senior bernama Ramona Vega. J-Lo diketahui tidak mendapatkan bayaran untuk perannya tersebut karena dia mengaku senang untuk melakukannya. Meskipun begitu, J-Lo merupakan produser dari film ini.

4 Beyonce – Cadillac Records

Cadillac Records merupakan sebuah film biopik yang mengeksplor tentang era keemasan dari dunia musik yang dimulai sejak awal 1940an hingga akhir 1960an. Film ini menghadirkan cerita tentang beberapa musisi terkemuka ketika mereka membangun karir musik mereka dengan seorang petinggi label rekaman yang berbasis di Chicago bernama Leonard Chess.

Musisi yang dimaksud tersebut adalah Etta James, yang diperankan oleh Beyonce, dan Chuck Berry, yang diperankan oleh Mos Def. Dalam kehidupan nyatanya, penyanyi Etta James harus mengalami masalah pelik yang berkaitan dengan ketergantungan obat-obatan termasuk heroin di sepanjang hidupnya. Beyonce menghabiskan cukup banyak waktu di sebuah tempat rehabilitasi obat-obatan dan alkohol.

Dia sengaja melakukan hal tersebut untuk mempersiapkan perannya sebagai Etta James. Beyonce banyak berinteraksi dengan berbagai pecandu alkohol dan obat-obatan di sana. Dan sebenarnya, untuk perannya di film ini Beyonce mendapatkan bayaran sebesar 4 juta Dollar Amerika. Namun, dia kemudian memutuskan untuk mendonasikan seluruh gajinya tersebut ke tempat rehabilitasi yang dia kunjungi.

3 Bruce Willis – Four Rooms

Diadaptasi secara lepas dari sosok penulis legendaris, Roald Dahl, Four Rooms adalah sebuah komedi gelap antologi. Ada empat cerita yang akan dihadirkan di filmnya dan masing-masing cerita diulis dan disutradarai oleh orang yang berbeda. Meskipun begitu, empat cerita berbeda tersebut pada akhirnya akan berujung pada momen perayaan tahun baru di sebuah hotel bernama Mon Signor.

Salah satu fakta menarik dari film ini adalah Quentin Tarantino merupakan salah satu penulis cerita di filmnya. Selain itu, Bruce Willis merupakan salah satu bintang yang muncul dalam alur cerita yang ditulis oleh Tarantino. Willis memutuskan untuk muncul tanpa dibayar di film tersebut karena dia memang merasa senang melakukannya. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan demi menghormati sang sutradara.

Karena hal ini juga Bruce Willis akhirnya tidak mendapatkan bayaran dari filmnya, yang mana pilihan Bruce Willis ini sempat memunculkan kontroversi. Pihak perkumpulan para aktor tidak sepakat dengan apa yang Bruce Willis lakukan, meskipun dia melakukannya secara sukarela. Menghindari konflik lebih lanjut, Willis dan tim produksi memutuskan mengikuti saran dari SAG untuk tidak menghadirkan nama Bruce Willis dalam credit title.

2 Christopher Lee – The Wicker Man

Aktor yang rela tampil gratis selanjutnya adalah Christopher Lee dalam film The Wicker Man. Ini merupakan film horor Inggris yang bercerita tentang seorang petugas kepolisian yang melakukan sebuah investigasi ke sebuah pulau terpencil. Tanpa polisi tersebut sadari para penduduk di sana ternyata melakukan sebuah praktik kepercayaan Celtic (Celtic Paganism). Film ini sempat juga dibuat versi remakenya pada 2006 yang dibintangi Nicholas Cage.

Meskipun begitu, versi orisinal yang rilis pada 1973 ini dianggap sebagai yang terbaik. Bahkan, film ini pun dianggap sebagai salah satu film horor terbaik dari era 1970an. Jauh sebelum menjadi salah satu aktor legendaris, nama Christopher Lee terkenal sebagai salah satu aktor yang banyak berperan di film horor. Salah satunya adalah dia berperan sebagai Frankenstein di film tahun 1957.

Cerita yang unik tentang kepercayaan Celtic Pagan membuat Lee tertarik dengan film ini, yang mana berbeda dengan berbagai film horor yang pernah dia perankan. Di sisi lain, Lee juga menyadari jika film ini hanya memiliki dana produksi yang sangat terbatas. Sehingga, dia memutuskan untuk menolak bayaran dari film ini. Beberapa cast dan kru juga bahkan sama sekali tidak dibayar. Meskipun begitu, kesuksesan film ini berhasil membuat Lee jadi sosok legendaris.

1 Johnny Depp, Collin Farrel, dan Jude Law – The Imaginarium Of Doctor Parnassus

Aktor yang tampil secara gratis yang terakhir adalah Johnny Depp, Collin Farrel, dan Jude Law dalam fim The Imaginarium Of Doctor Parnassus yang mengisashkan tentang sebuah kelompok teater berjalan yang selalu berhasil membuat para penontonnya terkagum-kagum dengan berbagai keindahan dan magis yang luar biasa. Namun, hal itu terjadi berkat sang pemimpin kelompok yang menjalin kesepakatan dengan iblis.

Akibat dari hal ini juga adalah sang pemimpin teater tersebut kini harus berjuang demi menyelamatkan jiwa putrinya, sambil tetap menghadirkan sesuatu yang luar biasa bagi para penontonnya. Disutradarai oleh Terry Gilliam, Film ini awalnya dibintangi oleh Heath Ledger. Namun, kematiannya di separuh proses pengambilan gambar membuat proses produksi tertunda dan memutuskan untuk mencari pengganti Ledger.

Gilliam kemudian menghadirkan tiga cast yang berperan sebagai Doctor Parnassus, yang menggambarkan sang karakter dalam berbagai perwujudan. Demi mengormati mendiang Heath Ledger, ketiga aktor itu memutuskan untuk mendonasikan gaji mereka kepada sang putri satu-satunya dari Heath Ledger, Matilda. Ini jadi film terakhir yang pernah diperankan oleh Heath Ledger sepanjang hidupnya.

Exit mobile version