Home COMIC COMIC FEATURES 10 Karakter Superhero Yang Diadaptasi Dari Selebriti!

10 Karakter Superhero Yang Diadaptasi Dari Selebriti!

Mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika beberapa karakter superhero populer ternyata diadaptasi dari sosok asli beberapa selebriti. Geeks tentunya sudah kenal dengan berbagai karaketr superhero populer seperti Batman, Captain America, dan sebagainya. Biasanya,  para pembuat karakter komik terinspirasi dari seseorang seperti tokoh atau sosok penting. Namun, ada beberapa karakter superhero yang terinspirasi dari selebriti.Siapa saja mereka?

10 Wolverine

Karakter superhero yang diadaptasi dari sosok selebriti yang pertama adalah Logan alias Wolverine. Dalam cerita komik perubahan desain karakter bukan sesuatu hal yang asing dan hal ini juga yang terjadi kepada Wolverine. Karakternya sempat mengalami perubahan di awal kemunculannya. Desain karakter Wolverine versi yang lebih populer ternyata terinspirasi dari tokoh nyata.

Pada awalnya, karakter Wolverine diciptakan oleh Chris Claremont dan David Cockrum. Desain karakternya benar-benar sangat berbeda dengan sosok Wolverine yang kita ketahui selama ini. Desain karakter Wolverine tersebut kemudian dimodifikasi oleh komikus populer lainnya, John bryne. John memberikan perubahan dari peran Wolverine dan juga penampilannya di mana dia terinspirasi dari aktor kawakan Paul D’Amato.

John Bryne mengadaptasi bentuk wajah dari Paul D’Amato untuk kemudian diaplikasikan sebagai wajah dari Wolverine yang kita kenal sekarang. Kemiripannya bisa kita lihat dari cambang rambut D’Amato nampak serupa dengan cambang dari Wolverine. Paul sendiri merupakan aktor senior yang terkenal dalam beberapa film klasik era 80an seperti Slapshot, The Deer Hunter, dan Suspect. Belum lagi dia juga memintangi sederet series dan proyek lainnya.

9 President Calvin Ellis/Superman Earth-23

Ketika Barack Obama menjadi presiden Amerika Serikat pada 2008 silam, banyak orang-orang kulit hitam dan imigran lainnya yang seolah menemukan secercah harapan dan juga memunculkan optimisme yang besar ke seluruh dunia. Hal tersebut karena Obama merupakan presiden Amerika kulit hitam pertama dalam sejarah. Optimisme dari catatan penting sejarah ini pun kemudian menular ke dunia komik.

Dunia superhero dengan cepat menangkap momen luar biasa tersebut dengan menghadirkan Obama sebagai cameo. Namun, DC Comics menghadirkan cara lain di mana mereka menghadirkan Obama sebagai sosok superhero. Dalam hal ini, DC Comics memperkenalkan karakter Superman yang berasal dari universe alternatif yaitu Earth-23 yang bernama Presiden Calvin Ellis.

Pada awalnya, DC Comics hanya menghadirkan Presiden Ellis sebagai karakter “ekstra” yang menjadi bentuk penghargaan atau penghormatan terhadap Presiden Obama. Dia bahkan tidak memiliki nama pada saat itu. Namun, para pembaca seolah meyakini jika Superman dari Earth-23 tersebut merupakan “perwujudan” dari Presiden Obama. Calvin Ellis sendiri sempat menghilang pasca Final Crisis. Namun, setelah kembali di New 52, dia memiliki peranan yang lebih besar di DC Universe.

8 Charles Xavier

Charles Xavier alias Professor X adalah salah satu karakter paling cerdas dan paling kuat di Marvel Universe. Professor X adalah salah satu karakter penting bagi para mutan, karena dia jadi jembatan untuk menyatukan manusia dan para mutan untuk bisa hidup bersama-sama. Karakter Professor X menjadi salah satu karakter yang ikonik bagi Marvel Comics, terutama bagi kelompok mutan X-Men.

Charles Xavier merupakan karakter ikonik karya dari sang legendaris, Stan Lee dan Jack Kirby. Karakter Charles Xavier sendiri diciptakan oleh kedua komikus legendaris tersebut ternyata setelah mereka terinspirasi untuk mengadaptasi penampilan dari seorang aktor pemenang penghargaan Academy Award, Yul Brynner. Aktor Yul Brynner merupakan bintang dalam film The King And I di mana dalam film tersebut dia harus mencukur habis rambutnya.

Penampilan Yul Brenner di film tersebut yang juga kemudian menginspirasi Jack Kirby dan Stan Lee untuk membuat karakter Professor X yang kita kenal saat ini. Sedangkan, untuk sifat dan karakter Professor X para fans menduga jika Marvel terinspirasi dari tokoh Martin Luther King Jr. yang membela hak-hak kaum kulit hitam, meskipun Chris Claremont membantah hal tersebut di tahun 2016.

7 Jackson Kirby

Berbicara mengenai sosok komikus legendaris, Jack Kirby, ternyata ada juga karakter superhero yang terinspirasi dari sosoknya. Karakter superhero yang terinspirasi dari Jack Kirby tersebut bernama Jackson Kirby, yang merupakan hasil karya dari Rob Liefeld. Rob diketahui sangat mengidolakan dan sangat mengagumi sosok Jack Kirby. Sebagai wujud kekagumannya terhadap sang komikus, dia kemudian menghadirkan karakter Jackson Kirby.

Jackson Kirby merupakan karakter fiksional yang berasal dari Image Comics. Dia merupakan sosok pemimpin dari sebuah tim mutan yang berasal dari masa depan, yaitu The Berzerkers. Namun, ironisnya, meskipun ini merupakan bentuk perwujudan dari kekaguman Rob Liefeld terhadap Jack Kirby banyak orang yang justru menganggap desain karakternya tidak serius atau nampak seperti olok-olok.

Karakter Jackson Kirby dianggap sebagai sosok yang badass secara komedi dan juga mirip seperti karikatur daripada sebuah karakter penghormatan. Belum lagi, Jackson Kirby merupakan karakter tiruan dari karakter mutan Marvel Comics dari masa depan, Cable. Hampir banyak elemen dari Cable dihadirkan dalam sosok Jackson Kirby, yang mana karakter ini akhirnya banyak menerima tanggapan negatif.

6 Wesley Gibson/The Killer II

Dalam komik Wanted produksi Mark Millar dan J.G. Jones, sosok Wesley Gibson adalah karakter yang unik. Dia diketahuk tidak memiliki tulang belakang dan dalam ceritanya kemudian terungkap jika Wesley ternyata adalah putra dari seorang pembunuh legendaris bernama The Killer. Yang menarik kemudian adalah karakter superhero Wesley Gibson alias The Killer II ternyata terinspirasi dari sosok selebriti Eminem.

Selain dari desain karakternya, Mark Millar dan J.G. Jones menghadirkan kemiripan antara Wesley Gibson dan Eminem dari sifat dan karakternya. Wesley diketahui merupakan sosok yang selalu menahan amarahnya dan hal tersebut terpancar jelas dari ekspresi di wajahnya. Disadari atau tidak banyak yang beranggapan jika hal ini juga terjadi atau dialami oleh Eminem melalui ekspresi wajahnya.

Eminem diketahui sering merefleksikan kemarahannya melalui lirik lagunya dan bukan dengan sikap. Meskipun begitu, seperti halnya Jackson Kirby, kemiripan Wesley dan Eminem ini justru mendapatkan tanggapan negatif dari para fans. Dan pada akhrnya, Mark Millar memutuskan untuk menghilangkan kemiripan tersebut dalam salah satu cerita crossover di komiknya, Big Game.

5 Peacemaker

Geeks mungkin sudah tidak asing dengan karakter satu ini, apalagi setelah pertama kali diperkenalkan di film The Suicide Squad dan juga seriesnya. Peacemaker sebenarnya adalah karakter superhero kelas B alias karakter superhero yang tidak terlalu dikenal oleh banyak orang. DC Comics pun tidak terlalu sering menghadirkan karakternya dalam sebuah cerita atau peristiwa penting.

Namun, hal tersebut kemudian berubah ketika kemudian John Cena berhasil menghidupan peran Peacemaker di DCEU. Jika sebelumnya Peacemaker tidak ubahnya karakter superhero klasik lainnya, pasca kemunculan karakternya di film The Suicide Squad dan Peacemaker pada akhirnya membuat Christopher Smith menghadirkan perubahan desain karakternya dan juga sifatnya.

Versi modern dari Peacemaker terinspirasi dari gerak-gerik dan penampllan sang aktor, John Cena. Versi modern dari Peacemaker ini diperkenalkan dalam komik Peacemaker Tries Hard! di mana kita bisa melihat karakternya sangat mirip dengan John Cena. Dan melihat kesuksesan ini, besar kemungkinan DC Comics akan mulai mempertahankan desain modern dari Peacemaker untuk jangka waktu yang lama.

4 John Stewart

Karakter John Stewart mungkin bukan karakter Green Lantern yang ikonik seperti Hal Jordan, Guy Gardner, atau Alan Scott. Meskpun begitu, John tetap merupakan salah satu karakter superhero paling penting dalam sejarah. Karakter John Stewart merupakan superhero kulit hitam pertama yang DC Comics perkenalkan dan jadi salah satu superhero kulit hitam yang paling berpengaruh.

Ternyata, karakter superhero berpengaruh ini terinspirasi dari sosok selebriti yang juga berpengaruh di dunia nyata. DC Comics terinspirasi untuk menghadirkan karakter John Stewart dari sosok Sidney Poitier. Sosok Sidney Poitier merupakan aktor yang luar biasa sekaligus juga figur politik yang banyak disanjung. Dia membangun jalan bagi para aktor kulit hitam untuk bisa bintang film.

Sidney juga diketahui sering memperjuangkan hak-hak kulit hitam. Di komiknya sendiri, John Stewart memiliki cerita masa lalu dan pengaruh yang sama seperti Poitier. Dia benar-benar mendobrak stereotip rasial yang memang sedang dalam puncaknya pada saat itu. John juga kemudian berusaha untuk bisa mendapatkan tempat yang sama dalam cerita yang ada dan menginspirasi para superhero kulit hitam lain.

3 Tony Stark

Salah satu karakter Marvel paling populer saat ini dan karakter superhero lain yang diadaptasi dari sosok selebriti, Tony Stark. Selain DC Comics dengan Peacemaker, perubahan besar dari karakter lama juga dilakukan oleh Marvel Comics terhadap Tony Stark. Banyak fans yang sempat menduga jika sosok playboy jenius tersebut terinspirasi dari sosok Stan Lee. Tetapi, nyatanya hal tersebut tidaklah benar. Karakter Tony Stark ternyata terinspirasi dari sosok milyuner asal Amerika, Howard Hughes.

Marvel mengadaptasi kekayaan dan sikap playboy Howard dalam karakter Tony Stark. Namun, di era modern sekarang Marvel juga ternyata memiliki inspirasi lainnya untuk karakter Tony Stark. Ketika menghadirkan sosok Tony Stark di MCU, ternyata mereka mengambil insirasi dari sosok selebritis dan juga pengusaha terkenal, Elon Musk. Marvel mengadaptasi sifatnya yang sering membuat hal baru serta sosok yang kaya dalam karakter Tony Stark.

Yang menarik kemudian adalah Elon Musk sendiri sempat muncul sebagai Cameo di film Iron Man 2, di mana dia diperlihatkan berdiskusi tentang sesuatu dengan Tony Stark. Sedangkan, untuk penampilan atau desain karakter Tony Stark juga mengalami perubahan di mana setelah karakter Tony Stark memiliki koneksi yang besar dengan sosok RDJ maka Marvel Comics pun membuat Tony Stark di era modern jauh lebih mirip sang aktor.

2 John Constantine

John Constantine merupakan salah satu karakter dengan kekuatan sihir dahsyat di DC Universe. Sosok karakter superhero magis ini ternyata terinspirasi dari sosok vokalis band legendaris, The Police, yaitu Sting, Mereka adalah band yang terkenal dari tahun 70an dan 80an. Ada alasan kuat mengapa kemudian Stin jadi inspirasi untuk pembuatan karakter dari John Constantine.

Hal tersebut karena kreator dari karakternya, Stephen Bissette, Alan Moore, dan John Totleben, adalah penggemar dari band The Police. Yang menarik kemudian adalah sosok yang jadi inspirasi karakternya, Sting, bahkan memberikan restu terhadap karakternya. Kemiripan Constantine dan Sting bisa terlihat dari bentuk tubuh dan potongan rambutnya yang sama-sama pirang dan bergaya spike.

Alan Moore sengaja menghadirkan John Constantine berdasarkan sosok Sting, karena dia ingin melawan stereotip dari sosok penyihir yang biasanya dihadirkan sebagai karakter yang tua dan bijak. Dia kemudian muncul dengan ide untuk menghadirkan karakter yang lebih muda dan memiliki penampilan dari kelas pekerja seperti Sting. Dan ide ini pun banyak disukai orang-orang. Tetapi, karakter John Constantine di era modern dibuat lebih mirip sosok aktor Matt Ryan yang memerankan karakternya di series Arrow.

1 Nick Fury

Karakter superhero yang diadaptasi dari sosok selebriti yang terakhir dan paling terkenal tidak lain adalah Nick Fury. Karakter Nick Fury memang sudah ada sejak lama di Marvel Universe, namun Marvel Comics menghadirkan perubahan desain karakternya secara drastis dalam versi komik Marvel’s Ultimate. Jika dalam versi universe utama sosok Nick Fury adalah sosok berkulit putih, maka untuk versi Ultimate Nick Fury merupakan karakter berkulit hitam.

Karakter Nick Fury di Ultimate Universe ternyata terinspirasi dari aktor Samuel L. Jackson. Yang menariknya adalah Marvel Comics pada awalnya membuat karakter tersebut secara diam-diam. Samuel L. Jackson sendiri tidak sadar dan tidak pernah tahu jika Marvel Comics menghadirkan karakter yang terinspirasi dari sosoknya, sampai kemudian dia melihat komik tersebut. Keduanya kemudian bertemu untuk membahas hal tersebut.

Setelah melakukan pembicaraan dengan pihak Marvel, akhirnya Jackson mendapatkan peran sebagai Nick Fury di tahun 2008 dalam film Iron Man. Sejak saat itu, karakter Nick Fury banyak dikenal orang dan Samuel L. Jackson sendiri erat kaitannya dengan sosok Nick Fury. Selain bentuk fisik, Marvel Comics benar-benar hampir menirukan semua hal yang ada dari sosok Samuel L. Jackson di karakter Nick Fury termasuk sifat dan perilakunya.

Para pencipta karakter superhero ternyata tidak jarang menghadirkan sebuah karakter yang diadaptasi dari para selebriti atau sosok populer. Mayoritas karakter tersebut memang nampak mirip dan terlihat cocok dengan sang selebriti, bahkan karakter itu erat kaitannya dengan sosok inspirasinya.

Exit mobile version