Home OTAKU OTAKU FEATURES 6 Crossover Anime Terbesar Sepanjang Sejarah!

6 Crossover Anime Terbesar Sepanjang Sejarah!

Ada banyak judul anime populer yang berhasil merebut perhatian para fans, namun beberapa dari mereka pernah melakukan crossover terbesar sepanjang masa. Melakukan crossover bukan merupakan sesuatu yang baru dalam dunia anime. Tidak jarang berbagai judul anime melakukan crossover dengan judul anime populer lainnya dalam sebuah event atau perayaan tertentu. Berikut adalah beberapa crossover anime terbesar sepanjang masa.

8 Dragon Ball x Dr. Slump

Rasanya Geeks sudah sangat mengenal franchise Dragon Ball karya Akira Toriyama. Ini merupakan sebuah series yang sangat populer di dunia, yang mana bahkan sudah jadi franchise anime legendaris bahkan sejak puluhan tahun lalu hingga sekarang. Akira Toriyama Sensei masih terus menghadirkan berbagai cerita baru seperti yang muncul dalam Dragon Ball Super dan Dragon Ball Daima.

Namun, mungkin banyak yang tidak sadar jika Akira Toriyama juga pernah menghadirkan series anime klasik lainnya yaitu Dr. Slump. Anime Dr. Slump sendiri diciptakan oleh Toriyama Sensei di tahun 1980, yang mana ceritanya berfokus pada seorang ilmuwan cerdas bernama Dr. Senbei Norimaki. Dia tinggal di sebuah desa bernama Penguin Village. Karena kesepian, Dr. Senbei kemudian menciptakan sebuah robot anak perempuan bernama Arale yang “bertugas” untuk menjadi anaknya.

Sosok Arale benar-benar lucu dengan tingkat polosnya. Meskipun begitu, dibalik tingkah polos Arale dia memiliki kekuatan, kecepatan, dan daya tahan yang sangat luar biasa. Arale dan Goku pernah saling bertemu – dan juga adu kekuatan – di mana Goku benar-benar tidak bisa berbuat banyak menghadapi Arale. Meskipun begitu, crossover yang terjadi diantara keduanya benar-benar sangat menyenangkan dari sesuatu yang menarik bagi para fans.

7 Fairy Tail x Rave Master

Fairy Tail dan Rave Master merupakan dua nama series anime yang sempat populer di akhir tahun 2000an. Seperti halnya Dragon Ball dan juga Dr. Slump, anime Fairy Tail dan Rave Master merupakan dua karya dari Hiro Mashima. Fairy Tail sendiri merupakan sebuah series yang menceritakan tentang karakter Natsu Dragneel, Happy, Lucy, dan juga teman-temannya.

Mereka semua kemudian tergabung dalam sebuah guild yang sama di mana orang-orangnya memiliki latar belakang berbeda. Sedangkan, Rave Master berfokus pada sosok karakter bernama Haru yang berpetualang untuk mencari keberadaan Rave Stone. Dalam perjalannya, Haru pun bertemu dengan berbagai karakter lain yang kemudian menjadi teman petualangannya.

Hiro Mashima kemudian menghadirkan sebuah OVA yang menghadirkan crossover antara Fairy Tail dan juga Rave Master. Karena memiliki jenis petualangan dan humor yang sama, crossover dari keduanya terasa sangat menarik meskipun tetap ada hal unik yang dimunculkan dalam ceritanya. Para karakter dari keduaa seriesnya juga bisa membaur dengan sangat baik sambil juga berhasil memperkenalkan universe dari karya Hiro Mashima dengan baik.

6 Isekai Quartet

5

Tema tentang Isekai memang jadi salah satu tema cerita yang sangat populer dalam series anime beberapa tahun belakangan. Isekai sendiri merupakan sebutan ketika protagonis utama dari seriesnya tewas karena sesuatu. Namun, dia kemudian kembali bangkit di dunia atau alam yang lain dan mengalami petualangan yang sangat berbeda ketika dia masih hidup di dunia.

Beberapa judul anime populer yang mengusung tema cerita Issekai adalah Overlord, KonoSuba, Re: Zero, dan The Saga of Tanya the Evil. Di tahun 2019, terdapat sebuah series spesial yang menghadirkan kolaborasi dari keempat series bertema Isekai tersebut dengan nama Isekai Quartet. Namun, dalam series spesial ini, para fans akan diajak untuk melihat sesuatu yang berbeda dari seriesnya.

Dalam cerita series spesial ini, para karakter dari keempat anime Isekai tersebut muncul dalam versi kecil (chibi). Ceritanya sendiri bersetting di sebuah sekolah dan bukan Isekai dan ada banyak elemen komedi dan narasi yang serius muncul di film ini. Interaksi dan dinamisme dari para karakter dari dunia yang berbeda dalam situasi sebuah sekolah tentunya menghadirkan sesuatu yang unik bagi para fans.

4 Detective Conan x Lupin III

Dua karakter ikonik dan juga klasik, yang seriesnya sangat populer. Detective Conan merupakan salah satu series anime terpanjang di dunia, di mana sudah ribuan episode yang tayang dan masih bertahan hingga saat ini sejak 1996. Fokus ceritanya tidak lain bagaimana Conan coba untuk memecahkan kasus pembunuhan tanpa dicurigai oleh orang lain, yang mana dia sering menggunakan tubuh karakter lain.

Lupin III juga merupakan salah satu karakter yang ikonik, meskipun sebenarnya sangat bertolak belakang. Karakter Lupin III merupakan seorang pencuri yang sangat berbakat dan hebat. Kemampuan mencuri dari Arsene Lupin III dianggap sebagai yang terhebat dan terbaik di dunia anime. Di tahun 2009, kedua karakter ini sempat membuat film crossover yang memperlihatkan dibintangi oleh kedua karakter.

Dengan judul Lupin III vss Detective Conan, filmnya menjadi contoh perpaduan misteri, aksi, dan komedi yang menarik dan pas. Para fans juga disuguhkan aksi yang menarik dari kecerdasan dan keahlian masing-masing dalam pertarungan adu keahlian. Banyak fans yang terkejut dengan kemunculan aliansi yang tidak terduga, di mana para fans mendapatkan perspektif yang baru dari kedua karakter ikonik ini.

3 Gundam X Hello Kitty

Rasanya tidak ada yang menyangka jika dua franchise yang memiliki tone cerita dan pangsa pasar yang berbeda akan melakukan sebuah crossover. Efeknya, Gundam x Hello Kitty jadi salah satu crossover anime terbesar sepanjang masa. Mobile Suit Gundam merupakan series anime yang sangat populer karena konsep mecha serta berbagai alur cerita epik yang mereka hadirkan.

Hello Kitty merupakan maskot dari perusahaan Sanrio, yang pernah memiliki beberapa judul anime meskipun pada dasarnya karakter ini bukan berasal dari series anime. Kolaborasi antara Gundam dan Hello Kitty ini sengaja dilakukan untuk merayakan 40 tahun franchise Gundam serta 45 tahun karakter Hello Kitty. Namun, crossover unik dan menarik ini berbeda dari beberapa judul di atas.

2 It’s A Rumin World: 50th Anniversary Weekly Shonen Sunday

Rumiko Takahashi alias Rumin merupakan salah satu nama mangaka atau seniman manga yang populer dan legendaris. Rumiko Takahashi merupakan sosok yang lebih terkenal sebagai kreator dari anime Inuyasha. Di tahun 2008, pihak Shonen Sunday sempat merilis sebuah OVA spesial yang berdurasi tiga menit. OVA tersebut sengaja mereka buat khusus untuk sang seniman.

OVA spesial berdurasi tiga menit ini merupakan bentuk perayaan dari 50 tahun Rumiko Takahashi di industri manga dan anime. Dalam video tersebut, Geeks bisa melihat berbagai karakter yang merupakan hasil karya dari Rumiko Takahashi. Selain karakter dari series anime Iniyasha, Geeks juga akan melihat karakter yang berasal dari anime Ranma 1/2 serta Urusei Yatsura.

Video singkat yang spesial ini jadi sebuah crossover yang sangat berkesan bagi para fans, karena mayoritas dari karakater ciptaan Rumin begitu melekat dalam kehidupan mereka. Di sisi lain, berbagai karakter itu juga jadi bukti pencapaian dari seorang Rumiko Takahashi yang sudah malang melintang di industri anime dan manga selama lebih dari lima dekade sehingga wajar jika ini jadi salah satu crossover anime terbesar sepanjang masa.

1 Dragon Ball x One Piece x Toriko

Crossover anime terbesar sepanjang sejarah yang terakhir tidak lain adalah crossover antara tiga nama series populer yaitu One Piece, Dragon Ball, dan Toriko. Bila membandingkan popularitas Toriko dengan Dragon Ball dan One Piece, memang Toriko tidak lebih populer. Namun, bukan berarti series animenya tidak banyak dikenal oleh banyak fans.

Bagaimana kemudian Toriko jadi bagian dari crossover ini tentunya jadi bukti animenya tidak kalah sukses. Crossover antara Dragon Ball, Toriko, dan Dragon Ball muncul di episode 1 series anime Toriko dan juga episode 492 dari series anime One Piece. Total durasi crossover ini adalah satu jam yang mana crossover pertama ini bisa dikatakan sukses besar. Crossover kedua pun kemudian terjadi dengan total durasi yang sama.

Crossover kedua ini sengaja dihadirkan untuk merayakan satu tahun perilisan series Toriko, yang muncul dalam episode 542. Kemudian pada Maret 2023 kemarin muncul episode spesial lainnya yang tayang di Toonami. Crossover dari ketiga franchise Shonen ini benar-benar menarik dan jadi perpaduan yang luar biasa dari elemen komedi Toriko, Luffy, dan juga tentunya Goku.

Crossover menjadi sesuatu yang selalu para fans nantikan, karena dalam momen ini mereka akan melihat berbagai karakter favorit mereka muncul bersama dengan karakter lainnya. Belum lagi, cerita yang disuguhkan pun spesial dan menarik yang membuat momen crossover selalu jadi sesuatu yang menarik.

Exit mobile version