Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Cinematic Universe dari Indonesia!

5 Cinematic Universe dari Indonesia!

Ketika berbicara tentang cinematic universe memang sudah tidak ada habisnya. Saat ini, terus bermunculan berbagai cinematic universe, yang tentu saja mengikuti jejak MCU yang sukses besar. Setiap studio pada akhirnya berlomba untuk membuat cinematic universe saingan. Sebenarnya sebelum MCU, cinematic universe juga sudah banyak ditemui. Tetapi mungkin MCU-lah yang dianggap paling sukses. Menariknya nih Geeks, Indonesia juga memiliki cinematic universe-nya tersendiri. Tentu saja ada banyak cerita menarik yang coba dihadirkan dalam cinematic universe itu. Lantas apa saja cinematic universe yang ada di Indonesia? Simak berikut ini!

5 NKCTHI Universe

NKCTHI Universe dibuka dengan film pertamanya berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Film ini disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dan rilis tahun 2020. Filmnya diadaptasi dari novel populer berjudul sama yang dibuat oleh Marchella FP. Nah filmnya pun berlanjut dengan beberapa spinoff, prekuel, dan sekuel. Contohnya adalah Story of Kale dan Story of Dinda yang menjadi film spinoffnya, sementara Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pula menjadi sekuel.

Sementara Hari ini Akan Kita Ceritakan Nanti menjadi prekuel dari NKCTHI. Terhitung saat ini, NKCTHI cinematic universe sudah memiliki total 5 film. Secara garis besar, cinematic universe ini menghisahkan tentang kehidupan sebuah keluarga. Namun di dalamnya juga terselip kisah percintaan yang mampu memikat para penontonnya. Ada banyak aktor dan aktris beken yang terlibat dalam cinematic universe ini, seperti Rio Dewanto, Sheila Dara, Rachel Amanda, dan masih banyak lagi.

4 Bumilangit Cinematic Universe

Bumilangit Universe adalah cinematic universe yang menampilkan pahlawan super asal Indonesia, yang diadaptasi dari komik fenomenalnya. Proyek ini diinisiasi oleh Bumilangit Studios untuk mengangkat warisan budaya Indonesia melalui cerita-cerita pahlawan super. Nah film pembukanya adalah Gundala, yang rilis tahun 2019 lalu. Film tersebut mengisahkan tentang Gundala yang berusaha untuk menghentikan organisasi jahat yang ingin menghancurkan negara dan menciptakan kekacauan.

Cinematic universe ini kemudian berlanjut dengan film keduanya berjudul Sri Asih yang rilis tahun 2022 lalu. Dan empat bulan setelah perilisan Sri Asih, Bumilangit Universe kemudian berkembang lebih besar lagi dengan perilisan film Virgo and the Sparklings, yang mengenalkan superhero baru bernama Riani alias Virgo. Nantinya, akan ada lebih banyak lagi film yang akan dibuat seperti film Godam & Tira, SI Buta dari Gua Hantu, Mandala: Golok Setan, dan masih banyak lagi. Tetapi sepertinya masih butuh waktu lama untuk menyaksikan seluruh film tersebut.

3 Satria Dewa Universe

Mungkin inilah pesaing terbesar dari Bumilangit Universe. Satria Dewa Universe juga disiapkan sebagai cinematic universe yang berisikan para superhero asli indonesia seperti Gatotkaca, Arjuna, Yudhistira, Barathayudah, Bima, dan masih banyak lagi. Namun dari sekian banyak, kita baru bisa menyaksikan aksi Gatotkaca saja dalam film solonya yang rilis tahun 2022. Film tersebut memang dimaksudkan sebagai pembuka dari film-film selanjutnya di Satria Dewa Universe.

Aktor beruntung yang membintangi film Gatotkaca adalah Rizky Nazar, di mana dia berperan sebagai Yuda yang kemudian mendapatkan kekuatan Gatotkaca. Sebenarnya cinematic universe ini sudah diumumkan sejak tahun 2019, dengan Erick Tohir dan Wishnutama yang diumumkan menjadi pemegang saham Satrua Dewa Universe. Masih belum diketahui secara pasti kapan sekuel Gatotkaca, Arjuna, akan dibuat. Kabar terakhir dari film ini muncul di tahun 2022 lalu, di mana disebutkan bahwa filmn barunya siap diproduksi.

2 Kuntilanak Universe

Berbeda dengan film lainnya dalam daftar ini, Kuntilanak Universe berfokus pada cerita horor. Cinematic universe ini dibuka dengan film berjudul Kuntilanak yang rilis tahun 2006 lalu. Kemudian filmnya dilanjutkan dengan beberapa film lain seperti Kuntilanak 2 (2007), Kuntilanak 3 (2008), Kuntilanak (2018), Kuntilanak 2 (2019), Mangkujiwo (2020), Kuntilanak 3 (2022), dan Mangkujiwo 2 (2023). Rizal Mantovani mengkonfirmasi bahwa film Kuntilanak (2018) dan Kuntianak (2006) murni sebagai bagian dari alam semesta Kuntilanak, bukan sekuel maupun prekuel.

Itu berarti seluruh film tersebut berada di satu semesta yang sama. Dia pun hanya ingin menciptakan sebuah cinematic universe Kuntilanak yang seluruhnya berporos pada sekte Mangkujiwo. Secara garis besar, film-film di sini menceritakan tentang perjuangan orang-orang yang ingin keluar dari sekte tersebut. Seluruh film tersebut memang laku keras, sehingga tidak aneh jika cinematic universe ini semakin diperluas lagi.

1 Danur Cinematic Universe

Sama seperti Kuntianak Cinematic Universe, Danur juga memiliki cinematic universenya sendiri yang berfokus pada cerita horor. Cinematic universe ini dibuka dari film Danur: 1 Can See Ghosts yang rilis tahun 2017. Kemudian filmnya berlanjut dengan Danur 2: Mddah, dan Danur 3: Sunyaruri. Dan tidak lama lagi kita juga akan disuguhkan dengan film terbaru dari Danur 4: Senjakala.

Semestanya pun semakin luas dengan dibuatnya beberapa film spinoff seperti Asih, Asih 2, dan Ivanna. Cinematic universe ini memang dibintangi oleh beberapa nama seperti Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Shareefa Daanish, Indra Brotolaras, dan Kinaryosih. Kisahnya pun diangkat dari buku karya Risa Saraswati berjudul Gerbang Dialog Danur yang ditulis berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang indigo.

Itulah dia Geeks beberapa cinematic universe yang bisa kalian temui di Indonesia. Cinematic universe tadi memiliki film-film yang menarik untuk kalian simak, mulai dari film-film yang berfokus pada cerita drama maupun horor.

Exit mobile version