Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film yang Paling Banyak Dicari di Google Tahun 2023!

10 Film yang Paling Banyak Dicari di Google Tahun 2023!

Mesin pencari Google mencatat bahwa ada beberapa film yang paling banyak dicari oleh pengguna internet di sepanjang tahun 2023. Tahun 2023 hanya tersisa dua bulan lagi sebelum kemudian kita beranjak ke 2024. Industri film sendiri terus bergerak dengan kemunculan berbagai judul baru setiap tahunnya. Para pengguna internet yang penasaran mengenai berbagai film tersebut biasanya akan mencari informasi mengenai film itu di mesin pencari, contohnya adalah Google. Berikut adalah deretan film yang paling banyak dicari di Google tahun 2023.

10 Evil Dead Rise

Sutradara Lee Cronin menghadirkan twist yang baru dan lebih menarik dari series horor klasik Evil Dead Rise di tahun 2023. Meskipun film-film sebelumnya dari franchise tersebut bersetting di sebuah kabin yang ada di hutan, Evil Dead Rise sendiri menghadirkan alur cerita dengan perspektif baru di mana sosok hantu mengerikan tersebut ke sebuah bangunan apartemen di ssebuah kota besar.

Dalam cerita Evil Dead Rise, ketika sang adik yang sempat terasingkan kembali ke rumahnya untuk membantu sang ibu yang baru saja bercerai dia pun dipaksa untuk menghadapi sosok hantu mengerikan di filmnya. Sang ibu yang tubuhnya dikuasai oleh sosok hantu tersebut meneror seluruh pemilik apartemen. Evil Dead Rise dianggap sebagai salah satu horor gore terbaik tahun 2023 di mana Google sendiri mencatat jumlah pencariannya mencapai 4,000%.

9 The Little Mermaid

Disney sedang getol untuk melakukan remake terhadap berbagai film-film animasi klasik mereka dalam format live action. Dalam satu dekade terakhir sudah ada beberapa judul film live action yang rilis. Tahun 2023 pun menjadi momen perilisan film The Little Mermaid yang berkisah tentang putri duyung Ariel yang jatuh cinta terhadap manusia. Namun, seperti halnya adaptasi live action Disney lainnya film ini menuai banyak kontroversi.

Bisa dibilang, The Little Mermaid menjadi film adaptasi live action Disney yang paling kontroversial sejauh ini. Salah satu penyebabnya adalah bagaimana Disney menunjuk Hallie Bailey untuk peran Ariel, yang memunculkan banyak reaksi rasis di media sosial. Pembahasan mengenai The Little Mermaid ini pun membuat filmnya banyak dicari di mesin pencari Google dengan angka 4,200%.

8 Barbie

Salah satu kejutan terbesar dari tahun 2023 adalah perilisan film Barbie karya Greta Gerwig. Film serba pink ini berhasil memecahkan rekor luar biasa baik secara box office maupun rekor dari pihak studio sendiri. Bahkan, Barbie berhasil memecahkan rekor dari perusahaan yang menjual lisensi mainannya, Mattel. Filmnya sendiri berkisah tentang Barbie yang diperankan oleh Margot Robbie yang mencari jati dirinya di dunia nyata.

Film Barbie benar-benar mengejutkan para fans dengan berbagai hal. Selain karena berhasil meraih pemasukan yang luar biasa, cerita yang Greta Gerwig hadirkan tentang toxic masculinity, patriarki, dan sebagainya yang membuat film ini banyak menjadi perbincangan hangat di media sosial. Dan Google sendiri mencatat angka yang cukup banyak tentang pencarian film Barbie yaitu 1,150%.

7 Oppenheimer

Film yang paling banyak dicari di Google tahun 2023 adalah Oppenheimer. Dirilis di bulan yang sama, Oppenheimer jadi film kejutan lainnya d tahun ini. Film biopik karya Christopher Nolan ini menghadirkan cerita tentang sosok penting di dunia nyata yang merupakan seorang pencipta bom nuklir, J. Robbert Oppenheimer. Kessuksesan dari Oppenheimer di box office juga tidak kalah besar dari Barbie yang mana membuat dua film ini disebut sebagai “Babenheimer.”

Film Oppenheimer berhasil mendapatkan kritik yang positif dari para penonton dan juga berbagai pihak lainnya. Sejak promosi filmnya dimulai, pencarian tentang film Oppenheimer sangat melonjak. Hal ini berkaitan dengan berbagai efek dari peristiwa terciptanya bom nuklir yang jadi mahakarya Oppenheimer. Contohnya adalah peristiwa pengeboman Nagasaki dan Hiroshima.

6 Renfield

Renfield merupakan film bergenre dark action comedy yang dibintangi oleh Nicholas Hoult. Filmnya sendiri berkisah tentang Hoult yang berperan menjadi seorang pelayan bagi sosok Dracula yang karakternya diperankan oleh Nicholas Cage. Namun, sang pelayan tersebut kemudian mendapatkan sebuah kekuatan yang sangat dahsyat yang membuatnya bisa menghadapi sang tuan.

Kolaborasi Cage dan juga Hoult berhasil meraih perhatian dari para pengguna internet berkat keunikan alur cerita dan juga elemen lainnya di film ini. Namun, harus diakui penampilan Nicholas Cage yang unik sebagai Dracula yang kemungkinan besar meningkatkan traffic film ini di Google pada tahun 2023. Hal ini kemungkinan karena berbagai ulasan negatif yang muncul sebelum filmnya rilis.

5 Scream VI

Beberapa franchise horor berhasil meraih kesuksesasn setelah film baru mereka merubah setting tempat, seperti yang terjadi dalam film Scream VI. Film-film sebelumnya mayoritas bersetting di kota Woodsboro, California, atau di berbagai kampus terdekat. Namun, film Scream VI menghadirkan setting yang tidak biasa di mana kita melihat adegan pembunuhan berantai di kota New York.

Selain setting tempat yang baru, Scream VI juga menawarkan elemen baru dalam filmnya seperti cara atau metode menghabisi nyawa targetnya serta berbagai permainan psikologis yang dilakukan oleh Ghostface. Film ini juga menghadirkan post-credit scene yang memberikan sinyal tentang kelanjutan film lainnya di franchise ini. Dan ini juga yang mungkin membantu meningkatkan traffic dari film tersebut.

4 A Man Called Otto

Tom Hanks selalu berhasil menjadi magnet bagi sebuah film untuk meraih banyak penonton. Hal ini terbukti dalam film A Man Called Otto yang merupakan film produksi Hanks sendiri yang rilis di tahun 2022. Film ini merupakan adaptasi dari film Swedia yang rilis di tahun 2015 yaitu A Man Called Ove. Film ini berkisah tentang sosok Otto, yang diperankan oleh Tom Hanks yaang harus menjalani kehidupan berat pasca kematian sang istri.

Otto benar-benar tidak bersemangat dalam menjalani hidup di mana dia berpikir untuk mengakhiri hidupnya beberapa kali. Namun, kemunculan sebuah keluarga baru di lingkungannya perlahan membangkitkan kembali sisi kepedulian dan sisi kemanusiaan dari Otto. Dengan mengadaptasi salah satu film populer secara internasional dianggap meningkatkan traffic dari film A Man Called Otto.

3 M3GAN

Kecerdasan buatan memang sudah menjadi pembahasan orang-orang dalam beberapa tahun belakangan. Dan film yang mengangkat tema tentang kecerdasan buatan saat ini cukup marak. Salah satunya adalag M3GAN yang rilis di tahun 2022. Film ini mengambil premis yang mirip dengan The Terminator di mana robot coba untuk bertindak secara mandiri. Namun, ada twist horor yang tidak ada di film The Terminator.

Film ini berkisah tentang seorang ahli mainan robot yang menciptakan sebuah mainan berteknologi tinggi untuk keponakannya. Sayangnya, kecerdasan buatan dalam tubuh mainan tersebut justru mampu berpikir sendiri dan mulai bertindak di luar nalar demi melindungi teman barunya tersebut. Robot ini bahkan tidak ragu menghabisi nyawa manusia lain. Kontroversi di balik layar dari film M3GAN dianggap membantu mendongkrak pencarian filmnya di Google pada tahun 2023.

2 Puss In Boots: The Last Wish

Meskipun kejutan besar muncul di box office pada tahun 2023, tahun sebelumnya pun tidak kalah dari tahun ini. Salah satu film yang paling sukses di tahun 2022 yang mampu menguasasi traffic di Google adalah Puss In Boots: The Last Wish. Ini merupakan film animasi sekuel dari Puss in Boots yang rilis pada 2011. Film ini menjadi spinoff dari sosok Puss yang muncul dalam franchise Shrek.

Puss In Boots: The Last Wish sendiri memperlihatkan sosok Puss, yang suaranya kembali diisi oleh Antonio Banderas, berusaha untuk memperpanjang usianya setelah dia menggunakan delapan dari sembilan nyawa yang ada. Puss In Boots: The Last Wish berhasil mengejutkan para fans dengan cerita yang begitu dalam dan tidak kalah menarik saat rilis di bioskop.

1 Monster: The Jeffrey Dahmer Story

Film paling banyak dicari di Google tahun 2023 yang terakhir adalah Monster: The Jeffrey Dahmer Story yang merupakan film yang jadi konten orisinal di Netflix yang rilis pada tahun 2022. Film biopik ini dibintangi oleh Ryan Murphy, yang berperan sebagai sosok pembunuh berantai berdarah dingin sekaligus sosok kanibal, Jeffrey Dahmer. Film ini dikerjakan oleh Evan Peters yang sebelumnya sudah sering mengerjakan berbagai proyek seperti Glee dan American Horror Story.

Monster: The Jeffrey Dahmer Story sendiri menjadi proyek yang kesekian kalinya antara Evan Peters dan Ryan Murphy. Film Monster: The Jeffrey Dahmer Story sendiri banyak mengundang perbincangan di media sosial serta memunculkan kontroversi. Hal ini karena filmnya dianggap lebih menghadikan atau lebih berfokus pada sosok Jeffrey Dahmer itu sendiri dibandingkan para korbannya. Kontroversi ini yang meningkatkan traffic filmnya di Google.

Google selalu jadi solusi untuk mencari berbagai informasi terkait dengan beragam hal, ternasuk informasi mengenai film tertentu. Para pengguna internet biasanya sengaja mencari informasi tentang film itu karena, sebelumnya di internet atau media sosial sedang ramai diperbincangan. Inilah alasannya berbagai judul film di atas menjadi film yang banyak dicari di tahun 2023.

Exit mobile version