Home COMIC COMIC FEATURES 10 Anggota Sementara Fantastic Four Terkuat!

10 Anggota Sementara Fantastic Four Terkuat!

Meskipun anggota Fantastic Four ada empat orang, namun beberapa karakter pernah jadi anggota sementara dan mereka dianggap yang terkuat. Fantastic Four merupakan salah satu tim superhero yang paling populer dan tertua dalam cerita Marvel Comics. Selama puluhan tahun keberadaan mereka, sebenarnya sudah banyak karakter lain yang pernah jadi anggota sementara Fantastic Four. Dan berikut adalah anggota sementara Fantastic Four terkuat.

10 Black Panther

T’challa dan tim Fantastic Four sebenarnya sudah memiliki hubungan yang lama dalam cerita komiknya, bahkan mereka sudah saling muncul di komik masing-masing sejak 1966. Jadi rasanya bukan hal yang aneh ketika dia dan istrinya, Ororo Munroe alias Storm, menggantikan posisi Reed dan Sue pasca peristiwa Civil War dan setelah kedutaan besar dari Wakanda hancur.

Dalam ceritanya, ketika pertempuran Civil War terjadi Reed Richards dan Sue Storm mengalami perbedaan pendapat. Hal itu pun terus terbawa hingga pertempuran selesai. Untuk menyelesaikan masalah rumah tangga mereka, Reed dan Susan memutuskan untuk hiatus sementara dari tugasnya sebagai Fantastic Four. Mereka pun memilih pasangan lainnya, Ororo Munroe alias Storm dan T’Challa untuk menggantikan posisinya.

Meskipun keberadaan mereka tidak terlalu lama di tim Fantastic Four, T’Challa dan Ororo Munroe tetap tinggal di Baxter Building saat itu. Mereka juga menggunakan Baxter Building sebagai kantor kedutaan besar Wakanda yang baru. Ketika T’Challa dan Storm yang memimpin tim Fantastic Four, mereka harus berurusan dengan para villain yang cuku mengerikan seperti Silver Surfer, Deathlock, The Watcher, dan sebagainya.

9 Ororo Munroe

Seperti yang disebutkan di atas, T’Challa bukan satu-satunya yang pernah menjadi anggota tim Fantastic Four sementara yang terkuat. Sang istri juga ikut membantu T’Challa menggantikan posisi Susan Storm yang kosong. Ororo Munroe alias Storm merupakan salah satu anggota X-Men yang pernah bergabung dengan tim Fantastic Four. Karakter Storm sendiri pertama kali muncul pada 1975.

Ororo Munrou merupakan mutan Afrika Amerika yang menjalani kehidupan sebagai dewi dari Serengeti ketika dia direkrut menjadi anggota X-Men oleh Professor Xavier. Storm diketahui memiliki kemampuan dalam mengendalikan cuaca, di mana dia bisa memanipulasi atau mengeluarkan petir dan kilat sesuai keinginannya. Inilah yang membuat Storm menjadi salah satu X-Men dan superhero Marvel terkuat.

Ketika dia adan T’Challa memutuskan untuk membantu Reed Richards dan Susan Storm untuk mengisi kekosongan di Fantastic Four, keduanya terbukti tidak kalah dalam menghadirkan dinamisme yang menarik di tim tersebut. Bahkan, Storm juga terlibat dalam pertarungan menghadapi musuh kuat seperti Galactus dan yang lainnya membuat dia jadi salah satu anggota sementara Fantastic Four terkuat.

8 Crystal

Crystallia Amaquelin merupakan seorang anggota keluarga kerajaan Inhuman dan juga mantan kekasih dari Human Torch. Crystal merupakan karakter yang cukup kuat, dengan kemampuannya untuk mengendalikan berbagai elemen seperti api, air, udara, dan tanah. Hal itu bisa membuat Crystal menciptakan sebuah bencana besar seperti Tornado, gempa bumi, dan lainnya.

Crystal sendiri kemudian memiliki anak setelah menikah dengan mutant lainnya yaitu Quicksilver. Alasan Crystal bergabung dengan Fantastic Four adalah menggantikan posisi dari Sue Storm, yang pada 1968 diceritakan tengah hamil. Selain pernah bergabung dengan Fantastic Four, Crystal juga pernah bergabung dengan Avengers. Dan dia pun membuktikan jika dia bisa berguna bagi tim.

Yang menarik adalah meskipun Crystal hanya jadi anggota sementara dari Fantastic Four, namun dia selalu kembali dan tidak jarang meminta bantuan kepada tim superhero tersebut ketika mengalami masalah. Crystal sendiri sebenarnya merupakan salah satu karakter yang underrated, namun dia sering kali membuktikan jika dia bukanlah Inhuman biasa yang bisa diremehkan kekuatannya.

7 Medusa

Medusa merupakan kakak dari Crystal sekaligus juga menjadi ratu dari para Inhumans. Medusa sendiri sudah beberapa kali bergabung menjadi salah satu anggota sementara tim Fantastic Four. Salah satu yang banyak difavoritkan oleh para fans adalah ketika Medusa menggantikan Susan Storm sang Invinsible Woman sebagai bagian dari salah satu reinkarnasi tim Fantastic Four, Future Foundation.

Medusa dianggap sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan Susan Storm. Karena, dia juga merupakan wanita yang pintar, kuat, dan sangat memiliki determinasi yang membuat karakternyaa tidak bisa dianggap remeh. Buktinya adalah selain memiliki kondisi fisik yang luar biasa dan memiliki kelebihan seorang Inhumans, Medusa juga merupakan seorang petarung yang handal.

Medusa juga memiliki sebuah kemampuan yang bernama ‘Trichokinesis’ yaitu kemampuan untuk mengendalikan setiap helai dari rambutnya secara mandiri. Dia juga memiliki pengalaman bertarung yang tidak bisa dianggap remeh yang mana membuat dia cocok untuk bisa menggantikan Susan Storm. Dia pun mampu untuk memberikaan kontribusi lebih bagi tim tersebut.

6 Spider-Man

Peter Parker alias Spider-Man adalah sosok superhero di Marvel Universe yang kemampuannya sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Buktinya adalah dia merupakan salah satu anggota dari tim superhero populer di universe Marvel yaitu Avengers. Namun, selain menjadi anggota resmi Avengers ternyata Spider-Man juga pernah bergabung dengan Fantastic Four.

Hal ini terjadi dalam komik Amazing Spider-Man #657 yang rilis pada 2011. Dalam ceritanya, Johnny Storm alias Human Torch diperlihatkan tewas. Namun, sebelum kematiannya dia sudah menunjuka temannya, Peter Parker alias Spider-Man, untuk menjadi penerusnya. Akhirnya, ketiga anggota Fantastic Four lainnya mengikuti keinginan dari adik dari Susan Storm tersebut.

Spider-Man sendiri setuju untuk bisa bergabung dengan tim ini. Dan setelah Spider-Man bergabung dengan tim Fantastic Four mereka pun membuat nama tim baru yaitu Future Foundation. Selain Spider-Man, bahkan tim ini juga merekrut orang lain sehinggaa jumlah timnya lebih dari empat orang. Yang menarik adalah Spider-Man sebenarnya juga merupakan rekan dekat dari tim ini, selain juga teman dari Johnny. Spidey bahkan pernah beberapa kali bertarung bersama tim tersebut.

5 She-Hulk

Susan Storm dan Reed Richard bukan hanya anggota Fantastic Four yang pernah absen dalam cerita. Ben Grimm alias The Thing juga pernah absen dalam cerita di komiknya. Meskipun begitu, ada karakter kuat lainnya yang siap untuk membantu dan menggantikan peran dari Ben Grimm di mana salah satunya adalah Jennifer Walters alias She-Hulk. Hal ini terjadi di era 1980an.

Dalam cerita pertama Secret Wars, Jennifer Walters alias She-Hulk kembali ke bumi bersama dengan Reed Richard dan juga Johnny Storm. Sementara itu, Ben Grimm memilih untuk sementara berada di Battleworld. Ketika Ben Grimm tidak ada dialah yang menjadi “pusat kekuatan” dari tim Fantastic Four dan menjadi bagian dari tim Fantastic Four selama beberapa waktu.

Sampai akhirnya, Ben Grimm memutuskan untuk kembali ke bumi pada November 1986. Setelah Ben kembali, Jennifer pun kembali menjadi bagian dari Avengers. Bagaaimana she-Hulk menggantikan posisi Ben Grimm rasanya memang cocok mengingat mereka berdua memiliki kekuatan fisik yang luar biasa. Sayangnya, petualangan She-Hulk bersama Fantastic Four hanya sementara dan hanya sekali terjadi.

4 Ghost Rider

Ghost Rider juga pernah jadi salah satu anggota sementara Fantastic Four terkuat. Namun, sosok Ghost Rider yang kemudian bergabung dengan tim Fantastic Four ini bukan Johnny Blaze melainkan Danny Ketch. Setelah berhasil kabur dari serangan para gangster yang mematikan, dia dan adiknya pun terluka. Danny Ketch pun kemudian pergi ke sebuah tempat pembuangan.

Di sana, dia menemukan sebuah motor dengan segel yang aneh. Ketika memegang segel atau simbol di motor itu, dia pun kemudian berubah menjadi sosok Ghost Rider yang baru. Meskipun dia gagal untuk menyelamatkan sang adik, dengan kekuatan barunya Danny pun menjadi Ghost Rider dan membasi kejahatan serta para iblis, monster, dan sebagainya selama bertahun-tahun.

Ghost Rider sendiri menjadi salah satu anggota dari reinkarnasi tim Fantastic Four yaitu New Fantastic Four. Hal ini terjadi setelah seluruh tim Fantastic Four berhasil diculik oleh para Skrull. Salah satu Skrull, De’Lila, kemudian merekrut beberapa superhero yang salah satunya adalah Ghost Rider, untuk membentuk tim Fantastic Four yang baru. Namun, kejahatan De’Lila kemudian terungkap termasuk keberadaan dari tim Fantastic Four yang asli.

3 Doctor Doom

Victor Von Doom sudah melakukan banyak hal dalam hidupnya. DIa merupakan seorang ilmuwan yang cerdas, seorang penyihir yang kuat, seorang villain yang mengerikan, seorang pahlawan yang luar biasa, dan maasish banyak lainnya. Doom memang mengenal para anggota Fantastic Four, namun di sisi lain Doctor Doom memang terkenal sebagai musuh abadi dari tim Fantastic Four dan juga Reed Richards.

Terlepas dari Doctor Doom sering jadi villain bagi Reed Richards dan yang lain, dia juga pernah membantu mereka menghadapi berbagai ancaman yang ada. Bahkan, Doctor Doom juga merupakan salah satu anggota sementara Fantastic Four terkuat. Hal ini terjadi pascaa cerita Secret Wars, di mana Reed Richards menulis ulang realita yang membuat sosok Doctor Doom juga ikut berubah.

Dia tidak lagi menjadi sosok jahat dan lebih memiliki sisi heroik dalam hidupnya. Kehidupan Doom yang sudah berubah menjadi heroik ini kemudian berlanjut dalam cerita Marvel 2-In-One Annual #1 di mana dia secara tidak langsung menjadi bagian dari tim Fantastic Four. Doom bahkan membantu tim superhero tersebut untuk menghentikan versi alternatifnya yang masih jahat.

2 Valeria Richards

Dalam berbagai cerita Fantastic Four, tidak jarang Marvel Comics menghadirkan anak-anak dari Reed Richards dan Susan Storm. Bahkan, tidak jarang juga mereka memiliki beban yang berat untuk menghadapi ancaman yang ada. Salah satu anak dari mereka berdua adalah Valeria Richards. Valeria merupakan anak kedua dari pasangan Reed Richards dan juga Susan Storm.

Ketika Valeria berada dalam kandungan dari Susan ketika dia terjebak di Negative Zone, radiasi dalam jumlah besar memengaruhi janin Valeria. Jika bukan karena peranan sang kakak, Franklin Richards, yang mampu mengubah realita, mungkin nyawa dari Valeria sudah melayang. Namun, apa yang terjadi dengaan Valeria tersebut ternyata memengaruhi kehidupannya terutama dalam hal kecerdasan.

Kecerdasan yang dimiliki oleh Valeria dianggap mampu melampaui kecerdasasn sang ayah, meskipun dia sempat menyembunyikan hal tersebut dari keluarganya. Dan dengan kecerdasan tersebut, Valeria juga pernah menjadi bagian dari tim Fantastic Four meskipun hanya untuk jangka waktu yang singkat. Hal ini karena usia dari Valeria sendiri masih sangat kecil.

1 Franklin Richards

Anggota sementara Fantastic Four terkuat yang terakhir tidak lain adalah Franklin Richards, anak pertama dari Reed Richards dan juga Susan Storm. Franklin adalah seorang mutan yang memiliki kekuatan paling mengerikan di alam raya Marvel. Bahkan, Galactus sendiri mengakui kalau Franklin adalah mutan paling berbahaya yang pernah ada. Dia juga dianggap sebagai mutan yang paling kuat berkat kemampuan yang dia miliki.

Saat Sue akan melahirkan Franklin, dikarenakan kekuatan dari Franklin yang berada di luar kewajaran dan juga akibat radiasi kosmik dalam darah Sue membuat Franklin hampir saja keluar dari perut ibunya tanpa proses persalinan. Banyak hal yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh Franklin. Misalnya, kemampuan melakukan telepati dan berkomunikasi dengan makhlu luar angkasa lain, mampu menghancurkan Mephisto, dan bahkan yang paling epik adalah dia bisa memanipulasi realita dan menciptakan alam raya itu sendiri.

Seperti halnya Valeria, Franklin juga sebenarnya sangat jarang untuk bergabung dengan tim Fantastic Four lainnya meskipun dia dianggap sebagai salah satu anggota sementara darir tim tersebut. Ketika bergabung dengan tim Fantastic Four, Franklin menggunakan nama Zero Man. Dan dia pun menggunakan ikat kepala khusus yang terbuat dari vibranium untuk mengendalikan kekuatannya.

Tim Fantastic Four memang jadi salah satu tim superhero klasik di Marvel Universe. Perjalanan heroik mereka sudah terjadi sejak puluhan tahun silam. Dan selama puluhan tahun itu pula terkadang ada superhero atau karakter lain diundang dan bergabung untuk menjadi anggota sementara tim Fantastic Four seperti beberapa karakter di atas.

Exit mobile version