Dekade 1990-an adalah masa emas bagi film-film aksi yang mendebarkan. Era ini memberikan banyak film action blockbuster yang telah mengukir tempat tersendiri dalam sejarah perfilman. Berikut ini adalah 10 film action tahun 90-an yang terlaris dan masih populer hingga saat ini:

2Jurassic Park (1993)

“Jurassic Park” adalah sebuah karya ikonik dalam genre film action dan petualangan ilmiah yang diproduksi oleh Steven Spielberg. Film ini berdasarkan novel best-seller karya Michael Crichton dengan nama yang sama.

Alur cerita film ini berpusat di sekitar taman hiburan dinosaur bernama Jurassic Park yang dibangun oleh seorang miliarder eksentrik, John Hammond, yang diperankan oleh Richard Attenborough. Taman ini memiliki teknologi canggih yang memungkinkan ilmuwan untuk menghidupkan kembali dinosaurus yang telah punah menggunakan DNA prasejarah yang terawetkan dalam ambar.

Dua ahli paleontologi, Dr. Alan Grant (diperankan oleh Sam Neill) dan Dr. Ellie Sattler (diperankan oleh Laura Dern), bersama dengan matematikawan chaotician, Dr. Ian Malcolm (diperankan oleh Jeff Goldblum), diundang untuk menginspeksi taman tersebut. Selain mereka, dalam perjalanan tur taman adalah cucu Hammond dan beberapa pengelola taman.

Namun, apa yang seharusnya menjadi perjalanan yang mengagumkan berubah menjadi mimpi buruk ketika sistem keamanan taman gagal, dan dinosaurus-dinosaurus buas yang melarikan diri mulai menyerang para pengunjung. Ini termasuk Tyrannosaurus rex yang ikonik dan Velociraptors yang cerdas.

Alur cerita berfokus pada upaya bertahan hidup para karakter utama di pulau yang terisolasi, yang menjadi kandang bagi dinosaurus berbahaya. Mereka harus mengandalkan kecerdasan, kreativitas, dan naluri bertahan hidup mereka untuk melarikan diri dari ancaman yang mengerikan ini.

Efek-efek khusus dalam “Jurassic Park” adalah terobosan pada masanya, dengan dinosaurus-dinosaurus yang tampak hidup dan nyata. Film ini berhasil menciptakan ketegangan yang tak terhindarkan dan menggabungkannya dengan elemen misteri yang kuat.

“Jurassic Park” menjadi fenomena budaya populer dan membuka jalan bagi serangkaian sekuel, adaptasi, dan waralaba yang terus berlanjut hingga saat ini. Itu juga mengangkat pertanyaan etis tentang batasan sains dan dampaknya pada alam dan manusia. Film ini adalah salah satu film action yang paling diingat dan disukai dalam sejarah perfilman.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.