Akhir tahun 2023 akan ditutup dengan sebuah film terakhir dari DCU lama yaitu Aquaman 2 alias Aquaman and the Lost Kingdom. Film tersebut akan menampilkan deretan pemeran lama seperti Jason Momoa sebagai raja Atlantis, Amber Heard sebagai Mera, Patrick Wilson sebagai Ocean Master, dan Nicole Kidman sebagai Atlanna. Kabarnya ada banyak drama di balik pembuatan film ini. Wajar saja karena filmnya berada di tengah-tengah reboot yang terjadi, sehingga ada ketidakjelasan yang terjadi. Nantinya dalam film ini, Aquaman akan kembali berhadapan dengan musuh lamanya, Black Manta yang kembali diperankan oleh Yahya Abdul-Mateen II di film Aquaman 2. Dan yang menarik, ada hal yang berbeda dari Black Manta di filmnya nanti, karena dia menggunakan senjata baru.

Alasan Black Manta Incar Curry di Aquaman 2

Dalam film pertama, armor Black Manta sempat dirusak oleh Aquaman, dan dia terlempar ke dalam laut. Tetapi kemudian, seorang karakter bernama Dr. Stephen Shin menyelamatkan nyawa Black Manta. Setelah itulah Black Manta ingin membalaskan dendamnya dan ingin menghancurkan Arthur Curry dan seluruh keluarganya. Black Manta menjadi lebih kuat dari sebelumnya dan sekarang dia juga memimpin sekelompok tentara bayaran, yang bakal membantu Black Manta dalam menghancurkan Atlantis.

Yang menjadi catatan, Arthur Curry saat ini tidak tinggal sendiri, karena dia sudah memiliki anak hasil hubungannya dengan Mera. Kehidupannya menjadi lebih sempurna. Tetapi kebahagian Curry tidak akan berlangsung lama karena Black Manta akan membalaskan dendam. Sadar akan bahaya Black Manta, Curry kemudian meminta bantuan kepada saudaranya, yang kini dipenjara akibat peristiwa yang terjadi di film pertama. Keduanya harus mengesampingkan persaingan sengit di masa lalu untuk bekerja sama mengalahkan Black Manta. Apalagi Black Manta menggunakan sebuah senjata baru yang semakin mengancam.

Darimana Senjata Black Manta?

Di filmnya nanti, Black Manta menggunakan sebuah Trident Hitam, yang masih misterius. Senjata tersebut konon memiliki sejarah masa lalu, dan trailernya memperlihatkan bahwa Trident itu memiliki kemampuan untuk merusak orang-orang di sekitarnya. Orm alias Ocean Master bahkan menjelaskan bahwa pada masa pemerintahan Atlan, ada tujuh kerajaan, dan Trident yang digunakan oleh Black Manta dianggap sebagai kutukan di Aquaman 2.

Tidak diketahui secara pasti, siapa pemilik Trident Hitam itu sebelum Black Manta, tetapi kemungkinan karakter tersebut juga memiliki kekuatan yang terkutuk juga. Di komik, tidak ada senjata yang sama persis seperti itu, tetapi ada senjata yang mirip, yaitu sebuah Trident yang ada hubungannya dengan Triton, putra Poseidon dan Amphitrite. Triton memang memiliki Trident-nya sendiri seperti kebanyakan orang Atlantis, tetapi Tridentnya berwarna lebih gelap dibanding karakter lain.

Apakah dalam film Aquaman and the Lost Kingdom, Black Manta mendapatkan Trident itu dari Triton? Black Manta mungkin mencurinya. Mengingat dia adalah sosok yang jenius, wajar jika Black Manta tahu cara untuk menemukan dan menggunakan Trident atau Trisula itu. Hal itu sejalan dengan asal-usulnya yang diceritakan di komik

Asal-usul Black Manta yang Berbeda

Sebenarnya di komik, Black Manta tidak memiliki kekuatan super dan tidak menggunakan senjata Trident. Meski begitu, dia sangat tangguh dan petarung handal. Wajar saja, dia sudah berlatih sejak kecil. Bahkan hingga dewasapun, dia sering berlatih, baik untuk bertarung di dalam laut maupun daratan. Dan meskipun Black Manta bukan makhluk laut, dia menjadi ancaman serius bagi Aquaman. Black Manta juga memiliki kecerdasan di atas rata-rata, sehingga membuatnya sebagai ahli strategi. Jika musuh dianggap terlalu kuat, Black Manta mencari skenario lain untuk mengalahkan musuh.

Dan karena kejeniusannya itulah dia membuat armornya yang sangat kuat. Tidak diketahui secara pasti apa yang membuat armor itu sangat kuat, bahkan untuk Aquaman sekalipun. Armornya terbukti tidak dapat ditembus, bahkan oleh sang raja Atlantis. Masa lalunya yang kelam, berhasil menempa sosok Black Manta alias David Kane menjadi seperti sekarang ini. Saat kecil, dia diculik oleh bajak laut dan dipaksa menjadi budak. Saat itulah dia pernah melihat dan memohon kepada Aquaman untuk dibebaskan. Tetapi sang dewa tidak menghiraukan sehingga Black Manta menyimpan dendam terhadap Aquaman.

Tapi yang dicatat bahwa asal-usul Black Manta sempat mengalami perubahan di tahun 2008, di mana dia ceritakan sebagai anak yang telah mengalami banyak perlakukan eksperimental di Arkham Asylum. Dan eksperimen itulah yang membuatnya menjadi seperti sekarang. Sementara itu di ear New 52, asal-usulnya mirip seperti yang ditampilkan dalam film, yaitu Black Manta adalah tentara bayaran yang disewa untuk menemukan Arthur Curry dan mencuri sampel darahnya. Meski di komik tidak ada sejarahnya ketika Black Manta menggunakan Trident, tetapi di filmnya nanti dia bisa diceritakan berbeda. Black Manta memang bisa menggunakan senjata apapun, sehingga Trident juga akan cocok baginya.

Untuk mengetahui asal Trident Black Manta di film Aquaman 2, tentunya hal tersebut baru akan terungkap ketika filmnya rilis di akhir tahun mendatang. Kita tunggu aja ya Geeks informasi selanjutnya tentang film ini nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/