Apa sebenarnya All Blue dalam alur cerita One Piece yang jadi impian terbesar dari salah satu kru Topi Jerami yaitu Sanji. Dalam cerita karya Eiichiro Oda, One Piece, sang koki di kelompok Topi Jerami, Sanji, juga memiliki mimpi besar dalam hidupnya. Dia memiliki impian untuk menemukan sebuah wilayah yang bernama All Blue. Namun, seperti halnya Laugh Tale, tidak ada informasi lengkap apa sebenarnya All Blue.

Pertemuan Empat Lautan

all blue one piece

Lalu, apa itu All Blue? Mengapa Sanji ingin menemukan All Blue dalam cerita One Piece? All Blue sendiri pertama kali direferensikan dalam ceritanya di chapter 56. Pada saat itu, Sanji dan para koki di restoran Baratie membahas mengenai All Blue dan apakah kemudian wilayah tersebut nyata adanya. Menurut informasi atau rumor di cerita tersebut, All Blue merupakan sebuah wilayah legendaris yang ada di lautan.

All Blue merupakan sebuah wilayah di mana ini jadi satu-satunya tempat di dunia di mana seluruh empat lautan – North Blue, East Blue, South Blue, dan West Blue – bertemu di satu tempat tersebut. Apa yang kemudian membuat tempat ini spesial, khususnya bagi Sanji? Ini karena All Blue merupakan tempat berkumpul bagi seluruh jenis ikan yang ada di dunia One Piece.

Menemukan All Blue merupakan mimpi terbesar dari Sanji. Dia bahkan rela meninggalkan Baratie dan bergabung dengan kelompok Topi Jerami demi menemukan tempat tersebut. Mentornya, Zeff, juga sempat mencari keberadaan All Blue ketika dia masih jadi bagian dari kapten kelompok bajak laut Cook. Sayangnya, bencana kemudian muncul yang membuat dia harus mengubur impiannya.

Namun, Zeff kemudian bertemu dengan Sanji yang ternyata sama-sama memiliki mimpi untuk menemukan All Blue. Sejak saat itu, Zeff yang sudah menyerah dengan mimpinya dan memutuskan untuk meyakinkan Sanji untuk melanjutkan mimpinya tersebut. Jadi, mengapa kemudian All Blue sangat spesial, selain juga menjadi impian dari Sanji juga ini merupakan impian dari Zeff, sosok ayah sekaligus mentornya.

Seperti halnya Luffy yang ingin mewujudkan mimpinya menjadi raja bajak laut dan jadi sosok kuat demi membuktikan kepada Shanks atau Zoro ingin membuktikan kepada Kuina, Sanji juga ingin mewujudkan mimpinya demi Zeff. Namun, yang kemudian disayangkan adalah saat ini Oda Sensei sudah mulai jarang menyinggung mimpi besar dari Sanji tersebut dalam cerita.

Bahkan, sudah hampir tidak pernah Sanji menyebutkan mimpi terbesar itu pasca timeskip. Dalam alur cerita yang baru, Sanji seolah sudah kehilangan mimpinya tersebut. Dan Oda memperlihatkan jika mimpi terbesar dari Sanji adalah membantu Luffy untuk menjadi raja bajak laut, seperti yang dilakukan oleh Zoro. Inilah alasan mengapa dia dan Zoro dianggap oleh Robin sebagai “sayap raja bajak laut.”

Hal Menarik Tentang All Blue

all blue one piece

Selain sudah mulai jarang menghadirkan referensi tentang All Blue pasca timeskip, berbeda dengan Laugh Tale, All Blue bahkan hampir tidak memiliki informasi apa pun. Selain informasi di atas, yang Oda sudah hadirkan tentang informasi All Blue adalah ini jadi impian dari setiap chef atau koki yang ada di dunia One Piece. Meskipun begitu, ada berbagai hal menarik yang kemudian muncul tentang All Blue.

Pertama, jika Laugh Tale dan One Piece adalah sesuatu yang para bajak laut ketahui eksistensinya, maka tidak ada satu orang pun bajak laut atau pun koki yang bisa memberikan kepastikan mengenai eksistensi dari All Blue. Seperti yang Zeff dan Sanji katakan, semua koki tahu jika All Blue ada. Namun, tidak ada satu orang pun yang bisa memberikan kepastian akan hal tersebut.

Pada akhirnya, banyak orang yang lebih menganggap All Blue sebagai sebuah mitos atau rumor belaka. Kedua, meskipun lokasi atau keberadaan pastinya tidak pernah ada yang tahu namun Zeff pernah memberikan petunjuk terkait hal ini. Menurutnya, laut misterius All Blue tersebut kemungkinan ada di suatu tempat di wilayah Grand Line. Inilah yang kemudian membuat Zeff memutuskan untuk berpetualang ke wilayah Grand Line.

Hal menarik selanjutnya tentang Grand Line adalah sejauh ini, yang tertarik atau memiliki ambisi untuk menemukan All Blue hanya dua orang. Mereka tidak lain adalah Zeff dan Sanji. Meskipun jadi impian bagi semua koki, nyatanya tidak banyak orang yang cukup ambisius untuk kemudian berani mencari keberadaan laut misterius tersebut. Apakah artinya koki atau chef lain tidak tertarik mencari All Blue? Atau ada hal lainnya?

Teori Tentang All Blue

Sebagian para fans juga banyak yang berteori mengenai All Blue. Salah satu yang menarik adalah bagaimana jika sebenarnya All Blue merupakan keseluruhan dunia One Piece tanpa adanya Grand Line dan Red Line. Hal ini didukung oleh beberapa petunjuk yang juga jelas. Contohnya, dalam peta dunia One Piece yang ada saat ini memang tidak ada atau tidak disebutkan di mana sebenarnya All Blue.

Jika kemudian Red Line dan Grand Line tidak pernah ada, maka tidak akan ada empat lautan yang kita kenal sekarang. Justru, semuanya akan menjadi satu yang bisa juga disebut sebagai All Blue, di mana satu lautan penuh yang jadi pusat segala jenis ikan berkumpul. Artinya, pada masa lalu, All Blue memang benar-benar ada sebelum kemudian Grand Line dan Red Line muncul.

Jika kemudian hal ini terbukti, maka akan ada implikasi yang jauh lebih besar bagi series One Piece. Apa itu? World Government kemungkinan sengaja memisahkan seluruh orang-orang dan membaginya ke dalam empat Blues agar mereka lebih mudah untuk menguasainya. Grand Line dan Red Line kemudian jadi garis pembatas yang muncul, di mana Mary Geoise kemudian jadi semacam “menara pengawas” dari seluruh dunia.

Hal ini seolah sejalan dengan teori yang sempat muncul di kalangan fans, di mana Luffy kemungkinan akan menghancurkan seluruh tembok besar yang ada di lautan demi menyatukan semua umat manusia kembali seperti semula. Dengan demikian, maka All Blue akan muncul dan mimpi dari Sanji akan terwwujud. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei akan mulai menghadirkan informasi tentang All Blue.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.