Home COMIC COMIC FEATURES 7 Penemuan Tony Stark Terbaik!

7 Penemuan Tony Stark Terbaik!

7 The Enervation Intensifier

Tony Stark memang dikenal sebagai inventor yang luar biasa. Salah satu penemuan terbaik milik Tony Stark adalah sebuah mesin yang bisa menghadirkan revolusi dalam bidang medis. Nama mesinnya sendiri adalah ‘The Enervation Intensifier.’ Secara simpelnya, esin ini bisa membuat siapa pun menjadi lebih kuat. Mesin ini bisa membuat seseorang tahan terhadap luka sekaligus berbagai hal lainnya.

Mesin ini pertama kali muncul dalam komik Tales of Suspense #75 di mana Tony Stark sengaja menciptakan alat tersebut untuk menyelamatkan nyawa dari Happy Hogan. Ketika Happy menggunakan alat tersebut secara tiba-tiba dia kemudian mendapatkan kekuatan yang sangat dahsyat. Dan hal itu justru membuat Happy merasa tertekan dan membuatnya jadi gila.

Sayangnya, mesin ini tidak pernah kembali disebutkan dalam berbagai cerita komik Marvel. Yang juga cukup membuat para fans penasaran adalah mengapa kemudian Tony Stark tidak pernah membuat secara massal alat tersebut. Padahal, alat itu bisa menyelamatkan banyak sekali nyawa dan membantu dalam bidang medis.

6 Uru Armor

Armor Iron Man adalah salah satu yang paling canggih di universe Marvel. Dalam berbagai cerita, Tont Stark sudah menghasilkan berbagai armor Iron Man yang kuat dan juga canggih. Tony juga sering menciptakan berbagai macam armor Iron Man yang dia gunakan untuk berbagai kebutuhan dan keperluan. Salah satu penemuan Tony Stark yang terbaik terkait dengan armornya adalah Uru armor.

Sebenarnya, Uru Armor tidak ada bedanya dengan armor Iron Man lainnya. Namun, yang kemudian membuatnya beda dan luar biasa adalah material yang digunakan untuk menciptakan armor tersebut. Sesuai namanya, armor ini menggunakan material yang tidak biasa yang merupakan artefak berharga yaitu Uru. Material Uru digunakan dalam pembuatan palu dari Thor yaitu, Mjolnir.

Mengapa kemudian ini jadi salah satu penemuan Tony Stark yang terbaik adalah karena Tony Stark butuh kekuatan ekstra untuk bisa membentuk dan jadi pelapis bagi armornya. Dengan adanya material Uru dalam armor tersebut, Tony Stark mampu untuk menghadapi karakter yang memiliki kekuatan dahsyat seperti Thor sekali pun. Dan dia pun diberkati oleh kekuatan sihir.

5 Iron Spider

Geeks rasanya sudah tahu salah satu penemuan terbaik dari Tony Stark ini. Iron Spider mungkin bukan hal pertama yang muncul dalam pikiran ketika ditanya mengenai penemuan dari Tony Stark. Namun, bukan berarti Iron Spider adalah sesuatu yang bisa diremehkan dibandingkan penemuannya yang lain. Iron Spider pada dasarnya adalah “tiruan” dari armor milik Iron Man.

Iron Spider merupakan kostum khusus yang diciptakan oleh Tony Stark untuk Peter Parker. Salah satu kedahsyatan dari Iron Spider adalah bagaimana Tony membuat kostum tersebut benar-benar sesuai dengan Peter Parker, mulai dari kemampuan, daya tahan, dan batasan-batasan lainnya. Tony Stark juga memikirkan secara detail berbagai kemampuan dari kostum Iron Spider tersebut.

Iron Spider menghadirkan berbagai kecanggihan yang dimiliki oleh armor Iron Man untuk kemudian dihadirkan dalam kostum Spider-Man yang sesuai dengan tubuh Peter. Kostum ini berhasil meraih atensi lebih dari para fans setelah kemunculannya dalam film Spider-Man: Homecoming. Salah satu mode yang luar biasa adalah “killer mode” di mana akan muncul lengan tambahan di bagian belakang dan semuanya bisa bergerak mandiri dengan brutal.

4 Sol’s Hammer

Sol’s Hammer adalah salah satu teknologi paling berbahaya dan paling mengerikan yang pernah muncul dalam alur cerita Marvel Comics. Alat yang dikenal sebagai “Dyson Sphere” ini merupakan hasil eksperimen dan barbagai penelitian ilmiah dari para ilmuwan. Mereka coba untuk mencari cara agar bisa menciptakan sebuah benda atau bangunan yang bisa menampung energi yang dikeluarkan matahari.

Energi tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai sumber daya bagi berbagai sumberdaya yang ada dan teknologi canggih lainnya. Yang kemudian membuat Sol’s Hammer buatan Tony Stark ini dianggap sebagai salah satu penemuan terbaik adalah bagaimana ini juga bisa menjadi sebuah senjata yang mengerikan. Diketahui, Sol’s Hammer mampu untuk menghancurkan sebuah planet.

Penemuan terbaik buatan Tony Stark ini pertama kali muncul dalam alur cerita komik New Avengers (Vol. 3). Dalam komik tersebut, Tony Sengaja menciptakan Sol’s Hammer ketika para pasukan dari kerajaan Shi’ar berencana menghancurkan bumi untuk menghentikan peristiwa Incursion. Ketika Sol’s Hammer berhasil menyapu bersih pasukan Shi’ar, alat ini juga kemudian hancur.

3 Repulsor

Repulsor mungkin tidak sedahsyat Sol’s Hammer atau hal penemuan lainnya, namun Repulsor sudah terbukti mampu menyelamatkan nyawa Tony Stark. Bahkan, ini juga jadi sumber kekuatan dan tenaga dari Tony dan Iron Man. Di era 2000an, Marvel Comics melakukan retcon tentang bagaimana cara kerja dari armor Iron Man. Dalam penjelasannya, armor tersebut tidak dijalankan dengan listrik.

Armor Iron Man menggunakan sumber tenaga yang berasal dari kekuatan terbarukan. Nama dari energi atau kekuatan baru tersebut adalah Repulsor Tech atau teknologi Repulsor. Penemuan terbaik Tony Stark ini mampu untuk menjadi sumber tenaga dari armor Iron Man atau bahkan armor Iron lainnya. Yang luar biasa adalah Repulsor Tech tidak perlau melakukan isi ulang atau pengisian daya ulang.

Repulsor Tech, selain juga menjadi sumber tenaga bagi berbagai armor Iron Man, sering menjadi salah satu senjata andalannya. Seperti yang Geeks ketahui, Iron Man sering menembakan serangan energi baik dari dadanya atau pun dari telapak tangannya. Itu semua berasal dari Repulsor Tech yang ada di dada Tony Stark. Dan yang penting, Repulsor Tech juga dianggap menjadi pengganti jantung bagi sosok Tony Stark.

2 eScape

Ini adalah penemuan terbaik dari Tony Stark yang paling baru, yaitu eScape. Ini merupakan sebuah alat yang mirip seperti alat yang biasa muncul di berbagai cerita fiksi ilmiah seperti Avatar atau The Matrix. Alat ini akan membawa penggunanya untuk pergi ke sebuah dunia virtual. Saking dahsyatnya teknolgi yang digunakan oleh Tony Stark dalam eScape, banyak orang yang berusaha merebutnya.

Beberapa villain diceritakan berhasil meretas eScape, yang mana membuat kesadaran Tony Stark akhirnya terjebak di dunia virtual tersebut. Yang luar biasa adalah seperti halnya berbagai dunia virtual lain, dunia dari eScape juga tidak mengenal batas. Tony Stark akhirnya merancang senjata dan armor untuk kemudian dia gunakan menghadapi villain yang meretas eScape.

Dengan sebuah cara khusus, kesadaran Tony akhirnya bisa kembali ke dunia nyata dan mulai mewujudkan rancangan armor yang sudah dia buat di dunia virtual eScape. Setelah berhasil mengalahkan musuhnya, Tony Stark kemudian menyadari jika eScape terlalu berbahaya dan dia belum siap untuk menanggung semua resiko yang ada. Tony pun memutuskan untuk menghancurkan alat tersebut.

1 Godkiller Armor

Rasanya tidak ada penemuan terbaik dari Tony Stark yang secanggih dan sedahsyat Godkiller Armor. Pasalnya, ini dalah armor yang sengaja dibuat bukan untuk menghancurkan Avengers, alien, atau bahkan dewa seperti Thor. Armor ini dibuat untuk menghancurkan entitas kosmik yang sudah ada sejak awal terbentuknya alam raya Marvel yaitu Celestials.

Godkiller Armor sebenarnya merupakan armor yang digunakan oleh bangsa alien kuno lain untuk menghadapi para Celestials. Tony sempat diajak oleh alien bernama Record 451 untuk mengaktifkan Godkilles Armor yang sudah tersimpan berabad-abad, di mana ternyata Arno Stark adalah sosok manusia yang ditakdirkan untuk mengendarai armor tersebut. Karena Tony tidak mampu menggunakannya, Record 451 kemudian menyembunyikannya ke dimensi lain.

Meskipun begitu, Tony memutuskan untuk membuat Godkiller Armornya sendiri yang kemudian disebut sebagai Godkiller Armor MK II. Ukurannya pun sama. Butuh delapan reaktor nuklir untuk bisa menggerakan armor tersebut dan butuh dana sekitar empat milliar Dollar Amerika untuk membangunnya. Setelah armornya selesai, Tony membiarkan armor tersebut berputar di sekitar Mars. Ketika Dark Celestials menyerang bumi, Iron Man kemudian mengaktifkan Godkiller Armor tersebut. Meskipun tidak sesempurna buatan ras Aspirant, armor buatan Tony tersebut terbukti mampu mengimbangi serangan Dark Celestials.

Sebagai seorang inventor, Tony Stark jelas sudah banyak menciptakan berbagai macam hal. Namun, dari sekian banyak penemuan yang sudah Tony Stark hasilkan beberapa diantaranya disebut sebagai penemuan terbaik. Dan di atas adalah contoh nyata dari berbagai penemuan terbaik yang pernah Tony Stark hadirkan.

Exit mobile version