Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Karakter Jiplakan Superman!

7 Karakter Jiplakan Superman!

Superman adalah pahlawan DC paling ikonik. Bagaimana Tidak? Dia sudah muncul sejak lama dan menjadi pemimpin Justice League yang dicintai. Sebagai alien, Superman diberkahi dengan banyak kekuatan super, yang akhirnya membuat Superman turun untuk melindungi Bumi. Karena Superman sukses besar, bertahun-tahun kemudian, ada upaya dari studio lain untuk menirukan karakternya. Beberapa karakter ini memiliki kemiripan, yang membuat orang-orang semakin yakin bahwa karakter ini dibuat untuk menirukan Superman. Lantas apa saja karakter yang mirip seperti Superman? Simak berikut ini!

1 Homelander

Ketika Homelander melakukan debut dalam series The Boys, sudah jelas bahwa dia menirukan Superman. Tetapi jika Superman adalah pahlawan, Homelander justru menjadi kebalikannya. Dia adalah villain yang menjadi anak emas dari Vought International, perusahaan jahat yang “memproduksi” banyak pahlawan super. Homelander dikenal orang-orang sebagai sosok pahlawan yang baik.

Tetapi dibalik itu, Homelander sudah menghabisi ratusan atau bahkan ribuan nyawa dari orang-orang tak berdosa. Yap, dibandingkan pahlawan, Homelander hanya seorang psikopat yang sangat kuat, namun rapuh secara emosional. Selain itu, dia juga haus kekuasaan dan cinta. Karena kompleksitas karakternya, Homelander memang digemari oleh para penonton.

2 Brandon Breyer

Dalam film Brightburn yang rilis tahun 2019, kita dikenalkan dengan seorang karakter bernama Brandon Breyer. Karakternya sangat persis dengan Superman, hanya saja dia diceritakan jahat. Breyer adalah alien yang pertama kali tiba di Bumi setelah pesawat yang dia tumpangi jatuh. Saat itu Breyer masih bayi, dan kemudian dia ditemukan oleh sepasang suami istri.

Breyer kemudian diadaposi dan dibesarkan sebagai anak, mirip seperti kisah Superman ketika dia diadopsi orang tua angkatnya. Namun ketika beranjak dewasa, Breyer menjadi bringas dan mulai menunjukkan kekuatan supernya seperti terbang, heat vision, dan masih banyak lagi. Diapun mulai membunuh orang-orang dan terus mengamuk. Brandon Breyer memang karakter yang menarik, karena dia seperti Superman dengan tubuh anak-anak.

3 The Ghost

Dalam sebuah episode dalam series Doctor Who, seorang anak bernama Grant memperoleh kekuatan super. Setelah memperoleh kekuatan tersebut, The Doctor mulai mengawasi Grant sepanjang masa mudanya untuk memastikan bahwa dia tidak menggunakan kekuatannya untuk berbuat jahat. Dan ketika Grant dewasa, dia menjadi pahlawan super yang dikenal dengan nama The Ghost.

Meski menirukan karakter Superman, tetapi kostum The Ghost lebih mirip seperti kostum Batman. The Ghost juga memiliki kemampuan yang sama dengan Superman, di mana dia bisa terbang, memiliki kekuatan yang luar biasa, dan menariknya, The Ghost juga dapat berkomunikasi dengan alien. Meskipun hanya muncul di satu episode saja, tetapi kemunculannya memberikan warna baru di series Doctor Who.

4 All Might

My Hero Academia menjadi salah satu manga favorit di seluruh dunia. Manganya menceritakan tentang Izuku Midoriya yang ingin mengikuti jejak pahlawan nomor satu yaitu All Might. Nah, karakter All Might sendiri dibuat hampir sama dengan Superman. Bahkan kostumnya pun memiliki kombinasi warna yang hampir sama dengan Superman, yaitu merah, biru, dan kuning.

Secara garis besar, All Might memang dianggap sebagai perwujudan dari kebaikan dan simbol perdamaian, sama seperti Superman di DC Universe. All Might memiliki kemampuan super yang luar biasa dan disebut One For All, yang memberinya kekuatan fisik yang sangat besar. Selama bertahun-tahun, dia menjalankan tugas untuk melindungi masyarakat dari penjahat dan makhluk-makhluk jahat.

5 Omni-Man

Omni-Man alias Nolan adalah karakter dari komik dan series animasi Invincible. Dia anggota dari kelompok pahlawan super elit yang dikenal sebagai The Guardians of the Globe. Dia memiliki kekuatan super yang luar biasa, termasuk kekuatan fisik yang sangat besar, kecepatan, dan kemampuan terbang. Selain itu, dia juga memiliki umur yang jauh lebih panjang dibandingkan manusia biasa.

Tetapi setelah sekian lama ada di Bumi, terungkap bahwa sebenarnya Omni-Man adalah alien yang diutus ke Bumi untuk menjajahnya. Karena itulah dia sempat berkonflik dengan anaknya sendiri, Mark Grayson alias Invincible yang menjadi pahlawan di Bumi. Omni-Man harus memilih antara tugas menghancurkan Bumi atau justru menjaga Bumi dan keluarganya.

6 Hyperion

Hyperion dibuat oleh Marvel Comics untuk menyaingi kesuksesan besar Superman. Karena itulah Hyperion memiliki kemiripan dengan Superman, yang sudah lebih dulu muncul. Baik kekuatan dan penampilan, Hyperion mirip seperti Superman. Dia berasal dari planet lain dan memiliki kekuatan yang luar biasa, termasuk kekuatan fisik, daya tahan, terbang, dan penglihatan sinar-X. Karena itulah dia didapuk sebagai pemimpin dari tim Squadron Supreme.

Sebenarnya ada beberapa versi Hyperion yang muncul di Marvel. Semuanya berasal dari alam semesta alternatif dan memiliki latar, dan cerita yang berbeda pula. Meskipun awalnya diciptakan sebagai parodi, tetapi karakternya kemudian berkembang menjadi lebih penting.

7 Metro Man

Megamind menjadi salah satu film andalan Dreamworks, selain Kung Fu Panda dan How To Train Your Dragon. Filmnya berkisah tentang seorang superhero bernama Metro Man yang memiliki musuh bebuyutan bernama Megamind. Metro Man dan Megamind telah memiliki rivalitas yang berlangsung bertahun-tahun. Metro Man memiliki kekuatan yang luar biasa. Dan karena menirukan Superman, sehingga wajar kekuatannya mirip Superman.

Meskipun kekuatan Metro Man luar biasa, tetapi dia memiliki keterbatasan. Di tengah cerita, terungkap bahwa ia rentan terhadap suara keras dan musik keras yang mengganggu, yang akhirnya dimanfaatkan musuhnya. Meski warna kostumnya berbeda warna dengan Superman, tetapi rambut Metro Man sangat mirip dengan gaya klimis Superman.

Itulah beberapa karakter yang dibuat mirip dengan Superman. Superman memang tampil lebih dulu, karena dia sudah melakukan debut di DC Comics sejak tahun 1940-an. Dan setelah kemunculannya itu, Superman menjadi inspirasi dari banyak kreator di dunia untuk membuat karakter yang miripnya.

Exit mobile version