Film seringkali menjadi medium yang kuat untuk mengenalkan sejarah kepada penonton. Namun, terkadang pembuat film mengambil kebebasan kreatif yang signifikan dan menghasilkan narasi yang jauh dari peristiwa sejarah yang sebenarnya. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi 10 film yang dikenal menggunakan latar belakang momen bersejarah dunia, sambil membandingkan dengan sejarah aslinya.

2“300” (2006)

Film “300” mengisahkan Pertempuran Thermopylae antara pasukan Persia yang dipimpin oleh Raja Xerxes dan pasukan Yunani yang dipimpin oleh Raja Leonidas dari Sparta. Pertempuran ini terjadi pada tahun 480 SM dan melibatkan sekitar 7.000 pasukan Yunani, bukan hanya 300 orang seperti yang digambarkan dalam film. Meskipun visualnya mengagumkan, film ini menggambarkan peristiwa sejarah dengan dramatisasi berlebihan. Pasukan Yunani digambarkan sebagai pahlawan super dengan fisik yang ideal, sementara pasukan Persia digambarkan secara negatif. Sejarah asli Pertempuran Thermopylae memiliki nuansa yang lebih kompleks.

Pertempuran Thermopylae adalah salah satu peristiwa paling ikonik dalam sejarah militer dunia. Pasukan Raja Leonidas dari Sparta mempertahankan jalur sempit di Thermopylae melawan pasukan Persia yang sangat besar dalam upaya untuk melambatkan kemajuan pasukan invasi. Meskipun pasukan Leonidas dan sekutunya akhirnya terbunuh, mereka memberikan waktu berharga bagi Yunani untuk bersiap menghadapi serangan Persia yang lebih besar.

Film “300” menggambarkan keteguhan dan keberanian pasukan Yunani dalam menghadapi musuh yang kuat. Namun, dramatisasi berlebihan dalam film ini telah mengubah sejarah asli menjadi narasi yang lebih sederhana dan usaha heroik yang lebih dramatis. Penggambaran pasukan Persia sebagai pasukan jahat yang kejam juga telah mendistorsi peristiwa sejarah sebenarnya, yang lebih kompleks dari sekadar pertarungan antara kebaikan dan kejahatan.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.