Pernakah kalian membaca buku komik dan mulai berpikir bahwa beberapa karakter tampak mirip, dan seperti salinan dari buku komik yang lainnya? Sebenarnya, “tiru-meniru” sudah menjadi hal yang lumrah di industri komik. Marvel dan DC sebagai dua seteru abadi sudah melakukan itu selama bertahun-tahun. Namun terkadang, tiruan yang dibuat terlalu mirip, baik dalam kemampuan, latar belakang cerita, dan desain. Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang karakter DC yang ternyata meniru Marvel. Lantas apa saja karakter DC yang menirukan karakter Marvel? Simak berikut ini Geeks

Namor – Aquaman

Namor adalah karakter yang cukup kompleks. Bagaimana tidak? Dia pernah digambarkan sebagai pahlawan. Tetapi dia juga sering digambarkan sebagai villain. Namor melakukan debut di Marvel pada tahun 40-an. Ayahnya seorang manusia biasa, sementara ibunya seorang putri kerajaan Atlantis. Nah, dua tahun setelah Namor debut, DC kemudian menghadirkan karakter pesaing yaitu Aquaman yang digambarkan lebih heroik ketimbang Namor.

Meski awalnya Namor mencuri perhatian penggemar, tetapi kemudian perhatian tersebut mampu dicuri oleh Aquaman. Kekuatan keduanya pun sangat mirip. Yang membedakan dari keduanya hanya terletak pada sikap. Namor lebih temperamen, sementara Aquaman lebih membumi.

Scarlet Witch – Zatanna

Scarlet Witch dan Zatanna sebenarnya lahir di tahun yang sama, yaitu tahun 1964. Tetapi Scarlet Witch lahir beberapa bulan lebih dulu, yaitu di bulan Maret sementara Zatanna pada November. Scarlet Witch adalah seorang mutan, sementara Zatanna adalah manusia yang secara alami berbakat dalam sihir. Ada banyak kesamaan yang bisa kalian temui dari dua karakter ini, di mana keduanya adalah pahlawan wanita yang memiliki ayah jahat.

Keduanya pun memiliki basis kekuatan yang sama yaitu sihir, dan hampir menyebabkan kehancuran yang besar di semestanya masing-masing. Scarlet Witch hampir menyebabkan kepunahan, sementara Zatanna menjadi salah satu pemicu peristiwa Identity Crisis.

Ghost Rider – Atomic Skull

Jauh sebelum Atomic Skull muncul di DC Comics, ternyata ada karakter serupa dari Marvel yang lebih dulu muncul yaitu Ghost Rider. DC sepertinya mencoba meniru karakter Ghost Rider karena kesuksesan besar yang diraih, dengan cara membuat karakter Atomic Skull. Secara kasat mata, Atomic Skull memang sangat mirip dengan Ghost Rider.

Kepala tengkoraknya dipenuhi dengan api, dan bentuk fisiknya pun sangat mirip. Yang membedakan adalah asal-usul dan identitas yang sangat berbeda. Sebagai permulaan, Atomic Skull adalah villain yang kekuatannya adalah radioaktif, sementara Ghost Rider adalah pahlawan yang memiliki kekuatan iblis.

Deathlok – Cyborg

Mungkin sebagian dari kalian tidak tahu bahwa ada seorang karakter Marvel bernama Deathlok. Karakternya memang jarang sekali tampil, tetapi sebenarnya ada beberapa karakter yang pernah menjadi Deathlok seperi Michael Collins, Jack Truman, Rebecca Ryker, dan masih banyak lagi. Meski karakternya tidak cukup sukses, tetapi DC mencoba menirunya dengan membuat karakter Cyborg.

Cyborg terbukti mampu menyaingi kesuksesan Deathlok, sehingga orang-orang lebih mengetahui tentang Cyborg dibanding Deathlook. Desain keduanya mirip, meskipun Cyborg jauh lebih humanoid sementara Deathlook lebih mengerikan. Dan mereka berdua adalah setengah manusia dan setengah mesin

Bumblebee – The Wasp

Bumblebee dan The Wasp adalah pahlawan wanita yang memiliki kemampuan yang hampir sama. Kostum keduanya pun sangat mirip, ditambah lagi dengan nama mereka yang diambil dari serangga yang mampu terbang dan menyengat. Berbeda seperti Zatanna dan Scarlet Witch yang diciptakan hanya berselang beberapa bulan, Bumblebee dan The Wasp memiliki jarak perbedaan cukup jauh.

Tentu saja The Wasp diciptakan lebih dulu di tahun 1963, sementara Bumblebee baru lahir di tahun 1976, yang berarti menunjukkan bahwa DC meniru Marvel dalam membuat karakter Bumblebee. Sejauh ini, The Wasp lebih dikenal banyak orang, mengingat karakternya sudah tampil di MCU, yang diperankan oleh Evangeline Lilly.

Imperiex – Galactus

Seperti yang kita ketahui bahwa Galactus adalah sosok yang sangat ditakuti di Marvel. Bagaimana tidak? Dia mampu mengkonsumsi sebuah planet yang dia anggap layak untuk dihancurkan demi bertahan hidup. Karena itulah Galactus menjadi musuh bebuyutan Fantastic Four. Pada tahun 2000-an, DC kemudian mencoba membuat karakter yang mirip seperti Galactus bernama Imperiex.

Baik Galactus dan Imperiex, sama-sama memiliki tubuh raksasa berwarna ungu. Tetapi Imperiex memiliki kostum yang jauh lebih modern dan terlihat sangat mewah. Imperiex sepertinya jauh lebih superior ketimbang Galactus, di mana dia mampu mengalahkan Doomsday dengan mudah, dan Imperiex adalah penghancur alam semesta.

Rocket Red – Iron Man

Mayoritas kalian pasti asing ketika mendengar nama Rocket Red. Sebenarnya dia adalah karakter DC yang meniru Iron Man. Tetapi itu masih belum cukup untuk membuat karakternya beken. Iron Man pertama kali diciptakan tahun 1963 dan sejak itu dia mulai digemari banyak orang. Sementara Rocket Red muncul dua puluh tahun kemudian.

Baik Rocket Red dan Iron Man, keduanya sama-sama sosok superhero yang arogan. Untuk Rocket Red, ada beberapa orang yang pernah menjadi Rocket Red sebelumnya, yaitu Dmitri Pushkin dan Gavril Ivanovich. Tetapi yang paling terkenal adalah Dmitri Pushkin, mengingat dia adalah karakter pertama yang menjadi Rocket Red.

Guardian – Captain America

Captain America adalah salah satu pahlawan Marvel paling dicintai. Dia bukan hanya pahlawan yang unggul di Perang Dunia II, tetapi dia selalu menjadi panutan bagi orang-orang disekitarnya. Setelah debut Captain America di tahun 1941, muncul tiruannya yang lahir dari DC Comics yaitu Guardian. Keduanya sama-sama memiliki perisai yang tidak bisa dihancurkan, bahkan mereka menggunakan helm yang hampir serupa.

Yang membedakan di antara keduanya hanyalah warna kostum, di mana Guardian memiliki kostum biru kuning, sementara Captain America memiliki perpaduan biru putih dan merah. Selain itu, Guardian sedikit lebih “kejam” ketimbang Captain America yang selalu digambarkan baik.

Red Lion – Black Panther

Pada tahun 1966, Marvel membuat sejarang dengan menampilkan pahlawan super berkulit hitam yang memimpin sebuah negara yang seluruhnya juga berkulit hitam yaitu Wakanda. Lebih dari 50 tahun kemudian, mereka kemudian membuat sejarah baru dengan membuat film Black Panther, yang mendapatkan penghargaan Oscar. T’Challa alias Black Panther adalah karakter unik hingga akhirnya keunikan tersebut ditiru oleh DC, dengan menciptakan karakter Red Lion pada tahun 2016.

Red Lion adalah seorang diktator dari Afrika yang sering mempekerjakan Deathstroke. Yap, Red Lion adalah seorang villain, bukan pahlawan seperti Black Panther. Dan sosok dibalik topeng Red Lion adalah Matthew Bland, yang memiliki kempirian dengan T’Challa.

Swamp Thing – Man Thing

Swamp Thing adalah makhluk humanoid yang bertekad untuk melindungi rumahnya di rawa. Dia digambarkan sebagai karakter yang heroik, meski penampilannya mirip monster mengerikan. Namun terlepas dari popularitasnya, Swamp Thing hanyalah salinan dari karakter Marvel bernama Man Thing.

Yap, selain penampilan dan kekuatannya yang mirip, nama mereka pun tidak terlalu jauh. Man Thing tampil lebih dulu di tahun 1971, sebelum akhirnya Swamp Thing menyusulnya tiga tahun kemudian. Keduanya pun sama-sama penghuni rawa-rawa, dengan asal-usul yang nyaris serupa. Tetapi sebenarnya, Swamp Thing jauh lebih sering dikenal orang, ketimbang Man Thing.

Itulah para karakter DC yang dianggap menirukan karakter Marvel karena banyak kesamaan di antara keduanya. Baik dari segi fisik, cerita asal-usul, hingga kekuatan mereka memiliki kemiripan. Di antara para karakter tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/