Sumber energi kuno yang disebut oleh Vegapunk sebelumnya dalam alur cerita One Piece bisa jadi adalah energi nuklir. Arc Egghead menghadirkan banyak informasi menarik yang sebelumnya belum Oda ungkapkan. Informasi menarik tersebut berhasil menjadi jawaban dari berbagai pertanyaan yang sebelumnya muncul di kalangan fans. Di sisi lain, informasi yang dihadirkan pun memunculkan pertanyaan lainnya.

Contohnya, informasi bahwa teknologi yang ada di pulau Egghead merupakan teknologi yang berasal dari 900 tahun lalu. Namun, bagaimana kemudian Vegapunk bisa menciptakan atau membangun ulang semua itu masih jadi misteri. Yang juga menarik adalah bagaimana Vegapunk saat ini sedang mencari sebuah sumber energi kuno di dunia One Piece yang sangat penting dan bisa mewujudkan mimpinya.

Pencarian Sumber Energi Kuno

Banyak yang kemudian bertanya-tanya apa sebenarnya sumber energi kuno yang Vegapunk maksud? Informasi tentang sumber energi kuno ini pertama kali disinggung di chapter 1067 kemarin. Dalam chapternya, Vegapunk sempat memberikan penjealasan kepada Luffy dan Bonney serta Jinbei bahwa robot raksasa yang ada di pulau Egghead dibuat pada 900 tahun lalu.

Namun, pada 200 tahun lalu, ketika digunakan untuk menyerang Mary Geoise, tenaganya habis. Pihak World Government  sempat memerintahkan untuk menghancurkan robot tersebut. Tetapi, karena rasa penasaran yang besar para peneliti dan ilmuwan zaman dahulu memutuskan untuk menyembunyikannya. Vegapunk sendiri sampai sekarang masih belum mengetahui apa yang menjadi sumber kekuatan robot tersebut.

energi kuno one piece

Salah satu satelit Vegapunk juga sempat menyinggung hal ini di mana mereka berusaha untuk mencari sumber energi yang mampu menjadi sumber bagi semua kehidupan. Yang menarik adalah Vegapuk juga memiliki impian besar di mana dia bisa menciptakan sebuah sumber energi gratis yang mana hal tersebut bisa kemudian digunakan dan dimanfaatkan oleh orang-orang.

Banyak yang kemudian berspekulasi mengenai sumber energi kuno tersebut. Sebelumnya, ada teori yang menyebutkan jika energi kuno yang dimaksud Vegapunk adalah matahari atau api. Teori ini dianggap masuk akal karena bisa jadi sumber energi tersebut ada kaitannya dengan sosok Joy Boy atau Nika. Namun, ada sebuah teori lainnya yang coba menjawab tentang sumber energi kuno di dunia One Piece tersebut.

Sumber Energi Kuno Adalah Nuklir

Teori yang menarik lainnya tentang sumber energi kuno menyebutkan jika benda atau hal yang dimaksud oleh Vegapunk adalah nuklir. Mengapa nuklir? Petunjuk yang paling jelas dari hal ini adalah apa yang diucapkan oleh York ketika dia berbicara dengan para Gorosei di chapter 1089. Dalam chapter tersebut York bertanya mengapa kemudian dia menjadi sasaran juga dari para Gorosei.

Mereka menjelaskan jika York tidak ada bedanya dengan sosok Vegapunk asli, sehingga harus ikut disingkirkan. Namun, York akhirnya tidak jadi disingkirkan karena dianggap bisa berguna untuk membuat lebih banyak Mother Flame. York pun menjawab bahwa Power Station atau Sumber Tenaga untuk menghadirkan senjata tersebut ada di pulau Egghead. Tetapi, yang menarik adalah ada catatan yang menyebutkan jika kanji dari Power Station tersebut bisa dibaca sebagai ‘Fusion Reactor’ atau ‘Reaktor Fusi.’

Penyebutan atau menghadirkan referensi ‘Fusion Reactor’ bisa dibilang sangat menarik. Karena, Fusion Reactor merupakan sumber energi yang berbasis energi nuklir. Jika kemudian Mother Flame diciptakan dengan menggunakan Fusion Reactor, maka artinya bisa dibilang Mother Flame adalah sebuah senjata nuklir. Implikasi dari energi nuklir di dunia One Piece pun sangatlah besar.

Petunjuk tentang energi nuklir ini juga di sisi lain seolah jadi potongan teka-teki yang bisa menyatukan misteri yang ada. Yang pertama, bisa jadi nuklir adalah sumber energi kuno yang selama ini dicari oleh Vegapunk. Bukankah Vegapunk berhasil menciptakan Mother Flame dan Fusion Reactor ada di pulau Egghead? Bisa jadi, apa yang Vegapunk ciptakan masih dalam tahap awal atau masih belum sempurna.

energi kuno one piece

Energi nuklir yang Vegapunk gunakan atau temukan tersebut masih berada di bawah level sumber energi asli pada 900 tahun lalu. Vegapunk belum tahu bagaimana caranya menyempurnakan energi nuklir tersebut dan kemudian memperbanyak agar bisa digunakan oleh orang-orang. Karena itulah, Vegapunk mengatakan bahwa dia masih mencari sumber energi kuno itu.

Kedua, sumber energi nuklir kemungkinan adalah harta karun Mary Geoise yang selama ini disembunyikan oleh World Government. Mereka tidak ingin ada orang yang tahu tentang keberadaan sumber energi nuklir tersebut. Di sisi lain, sumber energi nuklir ini merupakan sesuatu yang berada di luar pemikiran atau di luar nalar dari orang-orang di dunia One Piece.

Doflamingo pernah mengatakan jika kemudian harta karun di Mary Geoise tersebut diketahui oleh orang banyak, bisa dipastikan maka seluruh dunia akan terguncang. Seperti halnya apa yang terjadi di dunia nyata, kita tidak pernah tahu seberapa banyak cadangan nuklir yang ada di negara-negara maju pemilik dan pengguna energi nuklir. Jika kemudian informasi tersebut bocor atau diketahui publik maka dunia akan terguncang.

Bukti Bukti Kedahsyatan Teknologi Kerajaan Kuno

Fakta bahwa semua teknologi di pulau Egghead merupakan gambaran atau tiruan dari apa yang ada pada 900 tahun yang lalu. Dalam chapter 1065, salah satu kloning Vegapunk, Shaka, menjelaskan kepada Franky bahwa semua yang mereka lihat di pulau tersebut adalah gambaran dari masa lalu. Semua teknologi tersebut sebenarnya sudah ada sejak 900 tahun yang lalu.

energi kuno one piece

Hal ini pun tentunya mengejutkan bukan hanya untuk para kru Topi Jerami, tetapi juga untuk para fans. Bagaimana Kerajaan Kuno bisa memiliki teknologi yang sangat canggih? Saat ini, semuanya memang masih menjadi misteri. Tetapi, fakta bahwa semua teknologi yang ada di pulau Egghead – seperti hologram, robot, dan berbagai hal lain – menggambarkan jika teknologi pada masa lalu benar-benar luar biasa. Dan semuanya kemungkinan bisa terwujud berkat sumber energi nuklir.

Bisa jadi, sumber energi nuklir ini juga yang menggerakan robot kuno raksasa yang ada di pulau Egghead. Teori jika sumber energi kuno adalah energi nuklir rasanya memang masuk akal jika kemudian melihat berbagai petunjuk di atas dan juga melihat apa yang terjadi di kehidupan nyata. Ini menjadi bukti jika teknologi kerajaan kuno sangatlah dahsyat. Dan ini juga mungkin jadi alasan mengapa Im dan 20 kerajaan lainnya takut terhadap Kerajaan Kuno.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.