Sampai hari ini sudah tidak terhitung ada berapa banyak organisasi dan tim yang telah melakukan debutnya di MCU, baik yang kita sadari maupun tidak. Sebut saja Avengers, Guardians of the Galaxy, Revengers, SHIELD, Hydra, Children of Thanos, Flag Smashers, dan masih banyak lagi. Namun dari sekian banyak yang telah diperkenalkan, ada setidaknya empat tim super yang sempat direncanakan untuk muncul, tetapi pada akhirnya dibatalkan atau tidak jadi diperhitungkan sebagai bagian dari canon MCU. Siapa saja tim super batal tampil di MCU? Mari langsung saja simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Invaders

Tim super pertama yang batal tampil di MCU adalah Invaders. Rencana kemunculannya sempat disinggung oleh Presiden Marvel Studios Kevin Feige yang mengungkapkan keinginannya untuk menceritakan kisah tim superhero Invaders di film Captain America: The First Avenger.

tim super batal mcu

Di komiknya tim yang paling pertama Marvel perkenalkan secara kronologis ini diceritakan dipimpin oleh Captain America dan aktif pada era Perang Dunia II. Anggotanya sendiri terdiri dari para superhero veteran Marvel yang melakukan debutnya pada tahun 1940-an, seperti Namor the Sub-Mariner, Human Torch, Toro, dan Bucky. Namun dalam proses pengembangannya, ide Invaders diganti dengan tim tentara sekutu Howling Commando yang akhirnya benar-benar muncul di versi final filmnya.

Carson Carnival

Saat ini mungkin tidak banyak penggemar Marvel yang tahu dengan tim Carson’s Carnival of Traveling Wonders yang terdiri dari para pemain sirkus berbakat. Pasalnya kisah dari tim super ini jarang sekali diceritakan di Marvel Comics, begitu juga di MCU yang sempat direncanakan untuk muncul tetapi akhirnya batal. Faktanya Carson’s Carnival of Traveling Wonders adalah kelompok yang membesarkan Clint Barton alias Hawkeye sampai dirinya menjadi salah satu pemanah terhebat.

Selain Clint, tim ini juga terdiri dari para karakter hebat lainnya seperti Barney Barton alias Trickshot, dan Jacques DuQuesne alias Swordman. Tadinya tim lama Hawkeye ini akan ditampilkan di film The Avengers untuk menceritakan origin Hawkeye, tetapi akhirnya tidak jadi karena mungkin filmnya sudah cukup padat dengan cerita pertempuran antara Avengers vs Loki dan pasukan Chitauri.

Runaways

Di Marvel Comics, Runaways adalah sebutan untuk tim super remaja yang terdiri dari para anak-anak supervillain, termasuk Nico Minoru, Chase Stein, Karolina Dean, Alex Wilder, Rufus the Cat, dan masih banyak lagi. Di mana mereka mencoba mengambil jalan yang berbeda dari para orang tuanya dengan menjadi superhero. Saat MCU pertama kali berdiri pada tahun 2008, kisah menarik Runaways sempat akan dibuatkan film oleh Marvel Studios dengan Peter Sollett sebagai sutradaranya. Sayangnya bertahun-tahun setelah idenya tercetus, Kevin Feige akhirnya menyerah untuk mempertahankan proyeknya.

tim super batal mcu

Setelah batal di MCU, ide tim super ini kemudian dibeli oleh saluran streamig Hulu yang berhasil menayangkan series Runaways pada tahun 2017. Namun karena tidak populer, sampai hari ini tidak pernah ada kabar yang menyatakan bahwa Marvel Studios ingin memperhitungkannya sebagai bagian dari MCU. Malah banyak dari para penggemar yang merasa bahwa untuk sekarang Runaways sudah terlambat untuk melakukan debutnya di jagat sinema yang sama dengan Avengers dan Guardians of the Galaxy.

Inhumans

Sama kasusnya seperti Runaways, Inhumans adalah tim super lainnya yang hampir menjadi bagian dari MCU, tetapi akhirnya ide tersebut batal karena keputusan Presiden Marvel Studios Kevin Feige. Tidak lama setelah film The Avengers tayang, Marvel Studios sendiri sebenarnya pernah mengumumkan bahwa mereka akan membawa bangsa super Inhuman ke MCU. Di mana di Marvel Comics mereka dikenal sebagai kelompok manusia super yang merupakan hasil rekayasa genetik alien Kree.

tim super batal mcu

Pada tahun 2014, Marvel bahkan pernah mengumumkan bahwa Inhumans akan menjadi bagian dari Fase 3 MCU. Namun, sama seperti Runaways, proyek ini tiba-tiba menjadi series yang tidak pernah diakui sebagai bagian dari MCU. Walaupun begitu pemimpin Inhuman yang bernama Blackagar Boltagon alias Black Bolt dari aktor Anson Mount, akhirnya mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai karakter varian dari Earth-838, tepatnya di film Doctor Strange In the Multiverse of Madness. Sayangnya sampai sekarang tidak ada satu pun anggota Inhuman yang menyusul pemimpinnya.

Itulah empat tim super yang batal tampil di MCU karena alasannya masing-masing. Untuk sekarang memang tidak ada ide lain yang mengonfirmasi bahwa keempat tim ini akan mendapatkan kesempatan untuk benar-benar menjadi bagian dari MCU. Bahkan saat ini Marvel Studios seperti mengesampingkan mereka semua dan malah mulai membangun lore baru dengan tim super potensial lainnya yang lebih menjanjikan, seperti Thunderbolts dan Young Avengers.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.