Siapa yang tidak mengenal One Piece? Manga besutan Eiichiro Oda ini menjadi salah satu manga dengan cerita paling panjang. Bagaimana tidak? Manganya sudah berlangsung selama lebih dari 20 tahun, dan ceritanya masih akan terus berlanjut selama beberapa tahun ke depan. Memang ada sebagian penggemar yang mulai merasa jenuh dengan cerita utama One Piece, tetapi sebagian lainnya masih sangat bersemangat. Dan untuk kalian yang sudah bosan dengan cerita utama One Piece, kalian bisa mencoba untuk membaca manga spinoff One Piece yang memiliki cerita menarik. Apa saja?

One Piece Party

One Piece Party digarap oleh Ei Ando, dan sama sekali tidak melibatkan Eiichiro Oda secara langsung. Tetapi manganya masih berkiblat ke One Piece, tanpa merubah inti atau lore-nya. Meski tidak melibatkan sang kreator utama, tetapi One Piece Party mampu menampilkan desain karakter yang sama persis dengan gaya Oda, hanya saja setiap karakter digambarkan pendek. Alur ceritanya pun tidak terhubung secara langsung dengan manga asli One Piece, dan hanya menceritakan petualangan para kru Topi Jerami. Yang harus dicatat bahwa cerita yang dihadirkan sepenuhnya berisi lelucon, dan tidak menghadirkan cerita yang serius.

Chopperman

Sama seperti One Piece Party, manga Chopperman tidak melibatkan Oda. Manga spinoff One Piece ini ditulis dan diilustrasikan oleh Hirofumi Takei, dan berfokus pada Chopper Man alias Tony Chopper. Nah manga ini menceritakan Tony Chopper yang menjadi pahlawan super di sebuah pulau, dan dia harus berperang melawan organisasi jahat yang dipimpin oleh Dr. Usodabada alias Usopp. Ketika menjadi superhero, Chopper menggunakan jubahnya untuk terbang mengelilingi pulau dan menyelamatkan orang-orang. Dan menariknya, Chopper memiliki serangan pamungkas bernama Kyuun Spark. Manga ini ditampilkan dalam Saikyo Jump Magazine yang diluncurkan antara tahun 2011 hingga 2014.

One Piece: Ace’s Story

Sesuai judul, One Piece: Ace’s Story adalah manga/novel yang menceritakan petualangan Portgas D. Ace, saudara tiri Monkey D. Luffy. Manga ini memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang latar belakang, perjalanan, dan pengalaman Ace sebelum peristiwa utama dalam seri One Piece. Kita nantinya akan diceritakan bagaimana ketika Ace untuk pertama kalinya memakan Mera Mera no Mi, dan bekerja sama dengan teman-temannya untuk membangun sebuah kapal. Volume pertama untuk One Piece: Ace’s Story rilis di April 2018, sementara volume kedua rilis pada Juni 2018. Untuk versi barat, Manganya diterjemahkan oleh VIZ Media.

One Piece: Wanted!

Ini manga pertama One Piece yang dibuat oleh Eiichiro Oda, sebelum cerita utama One Piece dibuat. Cover One Piece: Wanted pun menampilkan karakter-karakter yang sudah familiar seperti Zoro, Luffy, dan Nami. Manga ini lebih menceritakan tentang Bounty Hunter yang sedang memburu kriminal dengan harga buronan yang tinggi. Sebenarnya manga ini menghadirkan beberapa cerita terpisah. Dan di kisah kelima yaitu Romance Dawn, mulai berfokus pada karakter Monkey D. Luffy, seorang manusia yang memakan buah iblis Gomu-Gomu sehingga membuat tubuhnya lentur. Dan ditengah perjalanan, dia bertemu dengan bajak laut kejam bernama Shupiel.

Cross Epoch

Cross Epoch merupakan manga hasil kreasi antara Eiichiro Oda dan Akira Toriyama. Manganya menceritakan tentang crossover besar yang terjadi antara One Piece dan Dragon Ball. Ceritanya sendiri diterbitkan pertama kali dalam Weekly Shonen Jump Chapter 439. Dan menariknya, ini adalah crossover pertama yang terjalin antara One Piece dan Dragon Ball. Alur cerita yang dihadirkan tidak berhubungan langsung dengan cerita utama dari masing-masing seri, dan hanya menampilkan cerita yang menghibur. Diceritakan bahwa Luffy dan Goku bekerja sama untuk mencari bola naga dan harga karun legendaris. Penting untuk dicatat bahwa Cross Epoch adalah sebuah manga dengan cerita pendek dan hanya dibuat secara khusus saja, sehingga tidak berlanjut

One Piece Episode A

Kematian Ace di Marineford memang diceritakan secara khusus dalam manga One Piece: Episode A. Manga ini juga menceritakan tentang berdirinya bajak laut Spade yang dipimpin oleh Ace. Memang perjalanan Ace semasa hidupnya jarang diceritakan di canon One Piece, dan manga ini menjadi solusinya. Tetapi meski masih ada kaitannya dengan cerita utama One Piece, yang harus dicatat bahwa One Piece Episode A tidak digarap oleh Eiichiro Oda, melainkan oleh Boichi dan Ryou Ishiyama. Buat kalian yang belum tahu, Boichi adalah mangaka Dr. Stone, sedangkan Ryou Ishiyama merupakan mangaka dari Ibitsu no Amalgam dan Mitsukubi Condor.

Itulah dia Geeks beberapa manga spinoff One Piece yang cukup menarik untuk kalian baca. Meski sebagian tidak terhubung ke cerita utama, tetapi manganya memiliki cerita yang sangat asik. Tertarik untuk mencobanya?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/