Beberapa tahun ke belakang film bergenre superhero terbilang sangat diminati oleh para penggemar di seluruh dunia. Meskipun banyak film yang ditujukan untuk penonton segala usia, tetapi tahukah kalian bahwa ada juga film-film superhero yang lebih ditujukan untuk para penonton yang lebih dewasa. Di mana film-film seperti ini dapat dengan mudah kita kenali dari alur cerita yang berat, karakter yang kompleks, aksi yang brutal, dan adegan vulgar yang tidak boleh dilihat oleh anak-anak. Nah kali ini kita akan merekomendasikan tujuh film superhero terseru yang punya banyak elemen dewasa di dalamnya!

Blade

Meskipun mungkin jarang disebut sebagai film superhero, faktanya Blade (1998) yang disutradarai Stephen Norrington memang mengadaptasi cerita dari Marvel Comics. Diperankan oleh Wesley Snipes, Blade sendiri dikenal sebagai seorang pemburu vampir yang bertekad memerangi kejahatan supernatural. Dengan adegan aksi yang brutal dan cerita yang kelam, tidak aneh jika Blade disebut sebagai salah satu pelopor film superhero yang hanya boleh disaksikan oleh penonton dewasa. Kesuksesan filmnya sendiri pada akhirnya membuka jalan untuk film Blade II (2002) dan Blade: Trinity (2004).

Watchmen

film superhero dewasa

Diadaptasi dari kisah DC Comics karya Alan Moore, Watchmen (2009) dari sutradara Zack Snyder mengambil pendekatan yang jauh lebih serius terhadap genre superhero bertema dewasa. Film ini banyak mengeksplorasi tema-tema filosofis dan moralitas yang kompleks, baik dari para karakternya maupun plotnya yang berfokus pada konflik internal dari tim superhero Watchmen. Dengan cerita yang terbilang rumit dan penuh intrik, mungkin hanya orang dewasa yang bisa mengerti alur cerita Watchmen, begitu juga dengan dinamika dari para karakter ikonisnya, seperti Doctor Manhattan, Nite Owl, Rorschach, dan Ozimandiaz.

Kick-Ass

film superhero dewasa

Kick-Ass (2010) adalah salah satu film superhero non Marvel dan DC yang menonjolkan unsur realistis dan dewasa secara bersamaan. Film dari garapan sutradara Matthew Vaughn ini mengisahkan seorang remaja biasa bernama Dave Lizewski yang memutuskan untuk menjadi superhero tanpa kekuatan khusus karena terlalu sering membaca komik. Filmnya sendiri dianggap sebagai tayangan yang jujur karena tidak takut mengeksplorasi tema-tema kekerasan dan realitas dunia yang sangat kejam. Tema yang sama juga kembali diceritakan dengan lebih luas dan meriah di sekuelnya yang berjudul Kick-Ass 2 (2013).

Logan

Sesuai dengan judulnya, Logan (2017) menceritakan kisah Wolverine dari Marvel Universe yang telah tua dan rapuh. Sutradara James Mangold berhasil menjaga keseimbangan antara adegan aksi yang brutal dan kisah yang sangat emosional dari filmnya. Dengan suasana yang lebih serius dan dewasa, Logan diceritakan harus melakukan petualangan panjang bersama Professor X yang sakit parah dan juga mutan muda bernama Laura yang mempunyai kekuatan seperti dirinya. Tema tentang pengorbanan dan pertempuran epik membuat film Logan sangat sayang untuk dilewatkan.

Deadpool

film superhero dewasa

Film superhero yang satu ini sangat berbeda dengan yang lain, karena Deadpool (2016) yang digarap sutradara Tim Miller banyak menggabungkan aksi superhero dengan humor dewasa dan cenderung berlebihan. Pada titik inilah untuk pertama kalinya aktor Ryan Reynolds tampil sebagai sang Merc With A Mouth dengan kostum dan gaya nyeleneh layaknya di Marvel Comics. Ajaibnya walaupun filmnya mengandung banyak sekali adegan aksi berdarah-darah dan lelucon yang tidak pantas, tetapi Deadpool terbilang sangat sukses di seluruh dunia. Selain berhasil melahirkan film Deadpool 2 (2018), sekarang film ketiganya juga tengah digarap oleh Marvel Studios sebagai bagian dari MCU.

Brightburn

film superhero dewasa

Satu lagi film superhero non Marvel dan DC yang hanya boleh disaksikan oleh penonton dewasa, yaitu Brightburn (2019). Datang dari sutradara David Yarovesky, Brightburn bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Brandon Breyer, yang akhirnya sadar bahwa dia adalah seorang alien dengan kekuatan super. Mirisnya ketika dia menyadari asal-usulnya, Brandon malah memutuskan untuk menjadi Brightburn yang menggunakan semua kekuatannya untuk memusnahkan manusia. Kebrutalan dan cerita twist dari Superman di filmnya membuat Brightburn seharusnya tidak ditonton oleh anak kecil.

The Suicide Squad (2021)

film superhero dewasa

The Suicide Squad (2021) adalah film soft reboot Suicide Squad di DC Universe yang digarap dan ditulis langsung oleh sutradara James Gunn. Filmnya sendiri bercerita tentang sekelompok supervillain DC seperti Harley Quinn, Peacemaker, King Shark, dan Bloodsport yang diberi tugas untuk menyelesaikan sebuah misi heroik di sebuah pulau terpencil. Di mana ternyata misi mereka yang sebenarnya adalah menghancurkan semua data mengenai eksistensi alien bintang laut raksasa bernama Starro the Conqueror. Adegan brutal dan cerita yang lebih kompleks, membuat banyak orang menganggap The Suicide Squad sebagai salah satu film superhero yang layak ditonton orang dewasa.

Itu dia tujuh film superhero yang sangat cocok untuk ditonton oleh orang dewasa. Semua film ini bisa dibilang telah menawarkan pengalaman yang berbeda dari film superhero pada umumnya. Dengan cerita yang lebih gelap dan kompleks, serta aksi yang brutal dan vulgar, sudah seharusnya film ini dilarang untuk penonton di bawah umur. Namun di sisi lain para penggemar dewasa justru kemungkinan besar akan sangat menyukainya karena punya banyak elemen unggulan yang terasa relate dengan kehidupan dewasa.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.