Rilis tahun 2014, Gone Girl yang diadaptasi dari novel karya Gillian Flynn merupakan film bergenre thriller yang di dalamnya penuh dengan intrik, ketegangan, dan kejutan. Film dari sutradara David Fincher ini pada dasarnya bercerita tentang suami (Ben Affleck) yang dituduh sebagai pelaku atas hilangnya sang istri (Rosamund Pike). Jika kalian menyukai film dengan plot psikologis yang kompleks dan misterius, kabar baiknya ada beberapa rekomendasi film lain yang cukup sebanding dengan Gone Girl. Apa saja? Berikut ini lima film yang mirip Gone Girl dari segi suasana, karakter, dan twist-nya yang tak terduga!

Gone Baby Gone (2007)

Film Mirip Gone Girl

Jika Gone Girl menceritakan Ben Affleck sebagai suami yang tertuduh, di film Gone Baby Gone dia justru bertindak sebagai sutradara yang unjuk keahliannya. Mirip Gone Girl, film debut Ben Afleck sebagai sutradara ini berfokus pada kasus hilangnya seseorang secara misterius, bedanya yang hilang adalah seorang anak kecil bernama Amanda yang baru berumur 4 tahun. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Dennis Lehane, intrik di filmnya mulai terasa ketika penyelidik Kenzie (Casey Affleck) dan Gennaro (Michelle Monaghan) menangani kasusnya, di mana Kenzie tiba-tiba seperti hilang akal. Kemiripan lainnya dengan Gone Girl terletak pada nuansanya yang penuh dengan misteri psikologis.

Prisoners (2013)

Film Mirip Gone Girl

Rilis setahun sebelumnya, siapa sangka film Prisoners yang dibintangi Hugh Jackman, Jake Gyllenhaal, dan Paul Dano ini ternyata punya nuansa yang mirip seperti Gone Girl. Datang dari sutradara Sicario’ Denis Vileneuve, plot Prisoners berfokus pencarian pelaku yang diduga kuat telah menculik dua anak gadis di sebuah kota kecil Pennsylvania. Ketika polisi (Gyllenhaal) dan timnya berhasil menangkap tersangka (Dano) dan malah melepaskannya karena kurang bukti, seorang ayah (Jackman) dari salah satu korban langsung main hakim sendiri. Ending dari film Prisoners sendiri tidak kalah misterius dari Gone Girl.

The Girl on a Train (2016)

Film Mirip Gone Girl

Diadaptasi dari novel debut Paula Hawkins, film The Girl on the Train dari sutradara Tate Taylor berfokus pada seorang mantan pecandu alkohol bernama Rachel (Emily Blunt) yang baru saja kehilanganan pekerjaan dan pernikahannya. Kehidupan Rachel mulai kembali bergejolak setelah dia mendengar tetangga mantan suaminya tiba-tiba menghilang setelah mencium orang asing. Pada titik inilah Rachel memutuskan untuk menyelidikinya sendiri dan terpaksa memasukkan dirinya kembali ke dalam kehidupan mantan suaminya Tom dan istri barunya Anna. Alasan mengapa The Girl on the Train mirip seperti film Gone Girl adalah karena di dalamnya sama-sama penuh dengan intrik dan kekacauan psikologis.

I Care A Lot (2020)

Keterlibatan aktris Rosamund Pike di film I Care A Lot dari sutradara J Blakeson sebenarnya sudah cukup untuk menjadi pertanda bahwa filmnya akan mirip dengan Gone Girl. Faktanya setelah kisahnya dijelajahi lebih dalam ternyata ada lebih banyak kemiripan dari sekadar pemeran utamanya. Di mana kedua filmnya sama-sama berfokus pada karakter ambigu, dengan film I Care A Lot yang menceritakan kisah seorang wanita penipu bernama Maria (Pike) yang menyembunyikan banyak sekali intrik di balik kecantikan dan kebaikan palsunya. Twist tak terduga di ending membuat film ini sangat layak untuk ditonton oleh penggemar Rosamund Pike dan film Gone Girl.

Deep Water (2022)

Film Mirip Gone Girl

Deep Water adalah film terakhir di daftar ini yang lebih dari sekadar mirip dengan Gone Girl. Jika kalian suka film bergenre thriller psikologis dengan romansa yang menggebu-gebu, Deep Water dari sutradara Adrian Lyne adalah film yang tepat. Diadaptasi dari novel karya Patricia Highsmith, Deep Water menceritakan kisah Vic yang lagi-lagi diperankan oleh Ben Affleck dan Melinda Van Allen dari Ana de Armas. Mereka adalah pasangan suami istri yang memiliki perjanjian pra nikah unik untuk mencegah perceraian, di mana siapa pun yang merasa bosan boleh berselingkuh. Namun saat para selingkuhan Melinda ditemukan tewas, semua mata langsung tertuju kepada Vic.

Itulah lima film mirip Gone Girl yang bisa mengocok psikologis dan hati para penontonnya. Sulit untuk menentukan mana yang terbaik di antara semuanya, tetapi yang jelas jika kita suka dengan Gone Girl maka kemungkinan sebagian besar rekomendasi film ini akan memberikan pengalaman menonton yang kurang lebih sama, tetapi dengan kejutan yang baru. Dari semua film ini mana yang paling menarik perhatian kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.