Tony Stark alias Iron Man merupakan salah satu superhero veteran di Marvel Universe yang sampai hari ini kisahnya masih terus berkembang. Sebagai karakter populer yang melakukan debutnya sejak tahun 1963, sudah tidak terhitung ada berapa banyak komik Iron Man yang telah dirilis oleh Marvel. Selama itu juga kita makin mengenalnya sebagai superhero cerdas yang sangat mengandalkan armor canggihnya. Namun tahukah kalian bahwa dalam sejarahnya, ternyata Iron Man juga pernah melakukan penyamaran sebagai karakter lain. Berikut ini lima identitas yang pernah dipinjam oleh Iron Man di komiknya.

Actor

Actor adalah salah satu villain pertama Iron Man yang kemampuan utamanya adalah melakukan penyamaran sebagai orang lain, itulah mengapa sampai sekarang identitas aslinya tidak pernah terungkap. Pada kemunculan pertamanya di komik Tales of Suspense #42 (1963), Actor diceritakan berhasil menyamar sebagai Pemimpin Partai Komunis Nikita Khrushchev, sejumlah selebritas, dan bahkan Tony Stark sendiri. Untuk menghadapi lawan yang sulit ditebak ini, Tony alias Iron Man langsung melakukan serangan balik dengan menyamar sebagai Actor. Pada titik inilah Iron Man akhirnya tahu bahwa Actor adalah mata-mata Uni Soviet dan berhasil mengalahkannya dengan informasi penting tersebut.

Crimson Dynamo

Crimson Dynamo adalah tiruan Iron Man paling mirip, baik dari segi penampilan maupun kekuatan, yang diceritakan berasal dari Uni Soviet. Salah satu inkarnasinya yang bernama Valentin Shatalov bahkan pernah berhasil menciptakan sebuah armor yang jauh lebih canggih dari versi pertama Anton Vanko. Meskipun terlihat sebagai villain di mata Amerika, sejatinya Crimson Dynamo sendiri adalah superhero di negaranya. Di komik Iron Man #317 (1995), Valentin yang terluka parah pernah meminta bantuan Tony untuk melakukan penyamaran sebagai Crimson Dynamo sekaligus mengalahkan Titanium Man. Iron Man dengan senang hati mau melakukan hal ini karena tahu Titanium Man jauh lebih jahat.

Iron Knight

Berbeda dari sebelumnya yang melakukan penyamaran dengan tubuh sendiri, ketika Iron Man menjadi Iron Knight di komik Avengers Vol 3 #2 (1998), cara yang dia lakukan adalah dengan merasuki tubuh variannya yang berada di realitas penyihir jahat Morgan Le Fay. Semuanya bermula ketika Le Fay diceritakan berhasil menjebak para Avengers di realitas abad pertengahan yang diciptakannya. Karena tidak ada listrik dan teknologi canggih, Tony terpaksa menggunakan armor kesatria dan peralatan seadanya untuk menjadi Iron Knight, sebelum akhirnya bisa mengalahkan Le Fay bersama Avengers lainnya yang berhasil beradaptasi sebagai karakter pada abad pertengahan.

Cobalt Man

Di Marvel Universe, Cobalt Man sebenarnya adalah identitas dari seorang ilmuwan sekaligus supervillain yang mempunyai nama asli Ralph Roberts. Terinspirasi dari Iron Man, Cobalt Man juga dikenal sebagai karakter berarmor yang mengandalkan energi cobalt sebagai sumber kekuatannya. Menariknya di komik Avengers/Thunderbolts #4 (2004), Tony pernah melepas identitasnya sebagai Iron Man dan meninggalkan Avengers untuk sementara waktu, agar dia bisa melakukan penyamaran sebagai Cobalt Man. Dia kemudian menyusup ke tim supervillain Thunderbolts yang dipimpin oleh Baron Zemo, sebelum akhirnya kembali ke Avengers setelah mengetahui rencana busuk mereka.

Electro

Penggemar Spider-Man pasti tahu siapa Electro. Karakter yang mempunyai nama asli Maxwell Dillon ini adalah salah satu musuh Spidey yang sering membuat kegaduhan di Marvel Universe, baik saat dirinya sendiri maupun ketika bersama Sinister Six. Nah di komik Avengers/Invaders #9 (2009) yang bercerita invasi Red Skull dan pasukan Nazi pada masa modern, Tony Stark pernah melakukan penyamaran sebagai villain Electro agar bisa lebih banyak mendapatkan informasi mengenai musuh daripada ketika dirinya masih menjadi Iron Man. Selain Iron Man, di kisah ini banyak Avengers lain yang ikut menyamar, termasuk Spider-Woman sebagai Silver Scorpion dan Wolverine sebagai Captain Terror.

Itulah lima penyamaran Iron Man sebagai karakter lain di Marvel Universe. Alasan mengapa banyak penggemar yang masih belum sadar dengan penyamarannya ini mungkin karena kisahnya yang terbilang singkat dan kalah populer dari kisah Iron Man lainnya. Walupun begitu apa yang telah Iron Man lakukan secara diam-diam ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa dirinya mempunyai kemampuan menyamar yang sangat hebat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.