Meskipun memang diketahui memiliki kekuatan dahsyat buah iblis Nika bukan jadi satu-satunya yang mampu hancurkan dunia One Piece. Buah iblis menjadi salah satu sumber kekuatan yang banyak diandalkan para karakter dalam cerita One Piece. Kekuatan dahsyat dari buah iblis sering kali digunakan untuk berbagai hal, mulai dari membantu mereka mengalahkan musuh kuat sampat mewujudkan mimpinya.

Salah satu buah iblis yang dianggap memiliki kekuatan dahsyat adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika milik Luffy. Kedahsyatan dari buah iblis Nika memang sangat luar biasa seperti yang diperlihatkan dalam pertarungan melawan Kaido di akhir arc Wano. Namun, tanpa disadari banyak orang sebenarnya ada juga buah iblis lainnya yang tidak kalah kuat bahkan bisa hancurkan dunia. Apa saja?

Fude Fude No Mi

Buah iblis Paramecia Fude Fude merupakan sumber kekuatan dari pengkhianat kelompok Nine Red Scababrds yaitu Kanjuro. Buah iblis tersebut memberikan kekuatan bagi Kanjuro untuk bisa mewujudkan apa pun yang dia gambar atau membuat semuanya menjadi nyata. Dalam penyamarannya, Kanjuro selalu diperlihatkan sebagai tukang gambar yang buruk. Tetapi, faktanya, dia adalah seorang yang ahli dalam menggambar.

Mewujudkan apa pun yang digambar jadi salah satu alasan mengapa Fude Fude no Mi bisa jadi buah iblis yang mampu hancurkan dunia. Di sisi lain, jika kemudian Kanjuro – atau pengguna selanjutnya – mampu membangkitkan kekuatan buah iblisnya bukan mustahil mereka bisa merubah sekitarnya menjadi tinta. Atau bahkan mewujudkan apa yang digambar oleh Kanjuro bahkan orang lain.

Horu Horu No Mi

Emporio Ivankov adalah salah satu petinggi di kelompok Pasukan Revolusi. Posisinya ada dibawah Monkey D. Dragon. Dari segi kekuatan, Ivankov menguasai teknik bela diri Newkama Kenpo. Teknik tersebut mirip seperti yang digunakan oleh Mr. 2 hanya saja Ivankov lebih mahir menggunakan jurus tersebut. Yang kemudian membuat Ivankov menjadi sangat luar biasa adalah karena dia merupakan pemakan buah iblis Horu Horu.

Buah iblis tersebut membuat Ivankov mampu mengubah hormon atau memanipulasi hormon seseorang. Tidak sedikit pria atau wanita yang jenis kelaminnya dirubah oleh Ivankov. Kekuatan buah iblis ini sebenarnya bisa sangat mengerikan jika kemudian Ivankov berubah jadi jahat, di mana dia bisa saja mempermainkan hormon yang ada di tubuh seluruh manusia. Meskipun kehancuran yang ditimbulkan Horu Horu tidak berefek pada sekitarnya, namun buah iblis ini bisa memusnahkan umat manusia.

Soru Soru No Mi

Berbicara mengenai umat manusia yang musnah hal ini juga ada kaitannya dengan buah iblis Soru Soru milik Big Mom. Seperti yang Geeks ketahui, Soru Soru merupakan buah iblis Paramecia di mana penggunanya bisa mengendalikan dan memanipulasi sebuah jiwa seseorang. Meskipun sebelumnya dimiliki oleh Mother Caramel, Big Mom adalah sosok yang berhasil memaksimalkan kekuatan dari buah iblisnya.

Bagaimana kemudian Big Mom mampu mengendalikan jiwa manusia tentunya memberikan penjelasan bagaimana mengerikan dan dahsyatnya buah iblis ini. Yang juga mengerikan adalah Big Mom bisa menggunakan jiwa tersebut untuk memberikan nyawa kepada benda mati atau meningkatkan kekuatannya. Dalam pertarungan melawan Law dan Kid kita melihat bagaimana Big Mom menjadi raksasa dengan memanfaatkan jatah usia satu tahun miliknya.

Jika Big Mom mau, dia bisa saja mengubah seluruh dunia menjadi Homies seperti yang terjadi di Totto Island. Dan mengingat semua orang takut terhadap Big Mom, hal tersebut bisa mempermudah Big Mom untuk merenggut jiwa dari orang-orang tersebut. Sehingga, selain lingkungan sekitar efek kehancuran yang juga bisa muncul dari buah iblis ini adalah musnahnya seluruh manusia karena jatah usia mereka yang direnggut.

Nikyu Nikyu No Mi

Buah iblis Paramecia milik Bartholomew Kuma ini sebenarnya sudah sejak lama diperkenalkan dalam cerita One Piece. Kekuatan buah iblis Kuma ini pertama kali diperlihatkan di arc Thriller Bark ketika Kuma mengeluarkan rasa sakit milik Luffy dan memindahkannya ke tubuh Zoro. Namun, di arc Egghead kita akhirnya mendapatkan penjelasan lebih detil lagi mengenai kekuatan buah iblis ini.

Dalam ceritanya diejlaskan jika buah iblis ini bisa merubah rasa sakit atau berbagai hal tidak berwujud lainnya menjadi nyata, contohnya adalah ingatan. Yang kemudian membuat buah iblis ini bisa jadi sangat luar biasa dan mematikan adalah bagaimana Kuma mungkin bisa mewujudkan apa yang ada dalam diri manusia. Dia kemudian akan merubahnya menjadi nyata atau mungkin merubahnya menjadi buah iblis. Seperti yang disebutkan Vegapunk jika buah iblis berasal dari hasrat terbesar manusia. Kuma bisa mengeluarkan hasrat tersebut dan mewujudkannya dalam bentuk buah iblis.

Nomi Nomi No Mi

Buah iblis yang mampu hancurkan dunia One Piece yang terakhir adalah Nomi Nomi no Mi. Buah iblis ini baru saja muncul di chapter 1067 kemarin. Dalam chapternya diketahui ternyata buah iblis ini dimiliki oleh sosok paling pintar di dunia yaitu Vegapunk. Nomi Nomi no Mi sebenarnya tidak memiliki efek serangan atau apa pun. Namun, buah iblis ini membuat penggunanya bisa memiliki kapasitas penyimpanan tanpa batas di dalam otak mereka.

Inilah alasan mengapa kemudian Vegapunk menjadi sangat cerdas, bahkan kecerdasannya melampaui manusia normal. Ini pula yang jadi alasan mengapa kemudian Vegapunk mampu ciptakan berbagai hal, mulai dari Pacifista, Seraphim, teknologi batu laut, dan sebagainya. Namun, dengan Vegapunk yang mampu menyimpan atau mengingat banyak sekali sejarah atau pun informasi hal itu justru jadi ancaman bagi World Government.

Dengan kecerdasan yang luar biasa seperti Vegapunk, dia bisa merubah sebuah pulau jadi sangat luar biasa. Efek ini tentunya bisa juga dirasakan oleh seluruh dunia jika Vegapunk mau. Bahkan, mimpinya sendiri adalah memberikan energi gratis bagi seluruh dunia. Dia bahkan ingin mengembangkan konsep “internet” di dunia One Piece yang mana sempat dibahas seperti apa bahayanya.

Beberapa kekuatan buah iblis memang diketahui sudah memiliki kekuatan yang dahsyat, bahkan memiliki daya hancur yang mengerikan. Misalnya, kekuatan buah iblis Kaido, buah iblis magma milik Akainu, atau bahkan Gura Gura milik Blackbeard dan buah iblis Nika milik Luffy. Namun, buah iblis di atas menunjukan jika mereka juga memiliki potensi besar untuk bisa menghancurkan dunia meskipun tidak terlalu diperhitungkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.