Cross Guild saat ini jadi sorotan dalam cerita One Piece dan banyak yang penasaran tentang siapa yang terkuat diantara mereka. Pertama kali diperkenalkan pasca arc Wano, Cross Guild saat ini menjadi sorotan banyak pihak di dunia One Piece. Seluruh dunia terkejut dengan kemunculan kelompok baru ini mengingat mereka melakukan sesuatu yang tidak biasa.

Diketahui Cross Guild merupakan kelompok yang mengincar para angkatan laut. Mereka menghadirkan sistem bounty sendiri yang mana kini para angkatan laut yang justru menjadi incaran para masyarakat dan bajak laut. Di chapter 1082 kemarin sudah ada korban pertama dari Cross Guild yaitu T-Bone. Sejauh ini, anggota Cross Guild memang tidak terlalu banyak dan berikut dalah peringkat anggota terkuat dari kelompok ini.

Mohji

Buggy memiliki seorang wakil kapten yang cukup menarik bernama Mohji si penakluk hewan buas. Sesuai dengan julukannya, Mohji sangat ahli dalam menjinakan binatang khususnya binatang buas. Dia mempunyai seekor singa peliharaan bernama Richie. Mohji dan Cabaji sering sekali bertarung satu sama lain untuk membuktikan siapa diantara mereka yang merupakan kru terbaik.

Sosok Mohji sudah mengalami perubahan besar sebelum dan sesudah time-skip. Sebelumnya, Mohji memiliki tubuh yang kekar dan penuh otot. Namun, pasca time-skip, tubuhnya berubah menjadi besar dan gempal. Selain kemampuannya menaklukan binatang buas, Mohji juga sangat ahli mengendalikan cambuk. Seperti halnya Cabaji, Mohji juga akhirnya bergabung dengan Cross Guild setelah sang kapten, Buggy, jadi salah satu petingginya.

Cabaji

Cabaji adalah salah satu wakil kapten dari kelompok bajak laut Buggy dan merupakan musuh pertama yang Zoro hadapi dalam ceritanya. Pada awalnya, dalam pertarungan tersebut Cabaji diperlihatkan mampu mengimbangi kemampuan dari Zoro. Namun, ternyata kemampuan Zoro sedikit berkurang akibat luka yang dialaminya karena ulah Buggy sebelumnya. Cabaji sangat menghormati sosok Buggy dan begitu setia kepada sang kapten.

Dia selalu berusaha untuk melakukan apa pun untuk sang kapten. Bahkan, dia sempat berusaha untuk menyelamatkan Buggy di Impel Down. Cabaji sempat muncul di arc Zou, di mana dia sedang berdiskusi mengenai kelompok bajak laut raksasa baru yang memutuskan untuk bergabung dengan aliansi Luffy. Namun, kemudian dia kembali bergabung dengan Buggy pasca terbentuknya Cross Guild.

Galdino/Mr. 3

Galdino memutuskan untuk bergabung dengan kelompok bajak laut Buggy pasca kejadian di impel Down. Meskipun tidak sekuat anggota Baroque Works lainnya, tetapi Galdino memiliki kecerdasan dan keuletan yang tinggi. Dia juga memiliki kemampuan buah iblis berjenis Logia yaitu Doru Doru yang memungkinkannya untuk bisa berubah dan memanipulasi lilin sesuka hatinya.

Karena bukan sosok yang ahli bertarung, Galdino cenderung menggunakan kecerdasannya untuk menyusun rencana dan melakukan perhitungan. Bahkan, Galdino mampu menyiapkan jebakan untuk para anggota Topi Jerami dalam arc Little Garden. Mr. 3 juga merupakan sosok dibalik lolosnya Ace di mana dia membuat kunci borgol dari lilin yang diberikan kepada Luffy dalam perang di Marineford.

Alvida

Salah satu karakter antagonis yang Luffy hadapi di awal cerita. Pasca kekalahannya dari Luffy, Alvida kemudian menjalin aliansi dengan kelompok bajak laut Buggy. Namun, saat ini Alvida tidak lagi menjalin aliansi dengan Buggy melainkan menjadi salah satu krunya. Alvida adalah orang yang memiliki buah iblis Sube Sube no Mi bertipe Pacamecia yang memiliki kemampuan untuk membuat tubuh penggunanya menjadi licin.

Selain itu, yang menarik adalah Alvida mampu untuk berubah wujud menjadi versi gemuk dan juga versi kurus. Pasca terbentuknya Buggy’s Delivery, Alvida menjadi salah satu petinggi di kelompok kriminal tersebut. Dan sekarang, Alvida juga menjadi bagian dari Cross Guild setelah Buggy’s Delivery menjadi kelompok yang terafiliasi.

Daz Bones/Mr. 1

Salah satu nggota Baroque Works selain Mr. 3 yang juga seorang bounty hunter kuat adalah. Diketahui jika Daz Bones alias Mr. 1 adalah mantan bounty hunter di wilayah West Blue. Namun, pada suatu ketika, dia kemudian bertemu dengan Crocodile dan memutuskan untuk bergabung dengan Baroque Works. Dengan posisinya sebagai Mr. 1 memberi bukti jika dia adalah bawahan Crocodile yang terkuat.

Salah satu sumber kekuatan dari sosok Daz Bones adalah buah iblis Supa Supa no Mi yang dia miliki. Buah iblis berjenis Paramecia tersebut membuat tubuhnya mampu berubah menjadi pisau atau benda yang sangat tajam. Kekuatan Daz Bones pernah terbukti membuat Zoro kewalahan. Sempat terpisah, Daz Bones dan juga Crocodile sudah kembali bergabung dan jadi bagian dari kelompok Cross Guild.

Buggy

Buggy si badut merupakan mantan kapten dari kelompok bajak laut Buggy yang sekarang jadi pemimpin kelompok kriminal Buggy’s Delivery. Namun, di chapter 1058 kemudian terungkap jika Buggy secara tidak sengaja menjadi bagian dari kelompok Cross Guild bentukan Mihawk dan Crocodile. Bahkan, yang menariknya adalah justru Buggy yang dianggap menjadi pemimpin kelompok tersebut.

Meskipun begitu, dari level kekuatan sendiri Buggy memang bukan yang terkuat dari ketiga pemimpin Cross Guild. Bahkan, dia adalah yang paling lemah dan sering kali dihajar habis-habisan oleh Mihawk dan Crocodile seperti yang dihadirkan dalam chapter 1082. Meskipun begitu, dibandingkan anggota lainnya di atas tentu level kekuatan Buggy memang jelas di atas mereka.

Crocodile

Organisasi Cross Guild pada awalnya dibentuk oleh dua orang, yaitu Crocodile dan Dracule Mihawk. Hal ini terungkap di chapter 1058 kemarin di mana dijelaskan dalam momen kilas balik jika Crocodile mengajak Mihawk untuk bergabung dengan kelompok bentukannya. Meskipun Mihawk sendiri pada awalnya tidak tertarik dengan tawaran tersebut, namun setelah negosiasi terjadi pada akhirnya Mihawk pun setuju untuk bergabung.

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan sosok Crocodile, yang merupakan mantan Shichibukai. Level kekuatannya cukup dahsyat, di mana dia memiliki kekuatan buah iblis Suna Suna yang sempat membuat Luffy kalah dua kali dalam arc Alabasta. Masih belum diketahui apakah Crocodile mengalami peningkatan kekuatan pasca timeskip, meskipun peluangnya sendiri cukup besar.

Dracule Mihawk

Sang ahli pedang terbaik di seluruh dunia dan merupakan anggota Cross Guild paling kuat, sekaligus juga adalah salah satu pemimpinnya. Level kekuatan Mihawk rasanya tidak perlu diragukan lagi di mana dengan kekuatan berpedang dan Haki miliknya membuat Mihawk bukan hanya jadi yang terkuat di Cross Guild, namun juga jadi salah satu yang terkuat di cerita One Piece.

Seperti disebutkan di poin sebelumnya, Mihawk sendiri pada awalnya enggan untuk bergabung dengan Cross Guild. Saat angkatan laut menyerbu Kuraigana, dia bahkan sempat memutuskan untuk pergi. Namun, Mihawk akhirnya setuju untuk bergabung dengan Crocodile dan membentuk Cross Guild. Para fans sendiri masih menantikan aksi dari Mihawk bersama petinggi dan anggota Cross Guild lainnya.

Sejauh ini, memang anggota dari Cross Guild sendiri belum terlalu banyak. Mereka juga merupakan gabungan dari para mantan kru kelompok bajak laut, misalnya Galdino dan Daz Bones yang merupakan mantan kru Baroque Works milik Crocodile. Namun, dari berbagai anggota Cross Guild tersebut memang ada yang bisa dianggap terkuat dan di atas adalah peringkatnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.