Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Warner Bros bersama DC akan merilis film superhero live action yang berfokus pada karakter Blue Beetle, tepatnya inkarnasi ketiganya yang bernama asli Jaime Reyes. Film yang disutradarai Angel Manuel Soto dan dibintangi Xolo Mariduena ini dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada pertengahan tahun ini. Menjelang perilisan film dan juga trailernya yang akan tayang dalam waktu dekat ini, mari kita bahas sumber kekuatan Blue Beetle sehingga dia bisa menjadi superhero yang sangat tangguh, dii komiknya dia adalah teknologi alien canggih yang disebut Khaji Da!

AI Canggih Ciptaan Alien Penakluk

Khaji Da adalah artificial intelligence (AI) yang bertanggung jawab atas kekuatan dan kemampuan Blue Beetle ketiga Jamie Reyes di DC Universe. Pertama kali diceritakan di komik Secret Origins Vol. 2 (1986), Khaji Da bersama Ai kumbang sejenisnya sebenarnya sengaja diciptakan oleh bangsa alien Reach sebagai senjata mereka untuk mempermudah penaklukan suatu planet. Pada awalnya, Khaji Da sendiri dikirim ke Bumi oleh Reach untuk menaklukkan planet manusia. Namun saat ditemukan di Mesir oleh Blue Beetle pertama yang bernama Dan Garrett, dia justru berada dalam kondisi dorman alias tidak aktif.

Setelah bertahun-tahun Dan Garett bersama Blue Beetle kedua Ted Kord berusaha mencari cara untuk membuka potensi kekuatan Khaji Da yang sesungguhnya, hal tersebut justru tidak pernah berhasil setidaknya sampai Jaime Reyes yang menemukannya. Sebagai perbandingan, pada saat itu Dan hanya mendapatkan sebagian kekuatan Khaji Da tetapi tidak berhasil bersatu dengannya, sementara Ted malah hanya beraksi menggunakan teknologi dan senjata ciptaannya sendiri. Nah saat Jaime melihatnya di El Paso, Texas, dan membawanya ke rumah, dia malah bersatu dengan Khaji Da yang kembali aktif.

Karena Khaji Da sudah lama terputus dengan database Reach, dia tidak bisa memengaruhi kepribadian Jaime dengan program Reach. Yang berarti Jaime mampu mempertahankan kehendak bebasnya sekaligus kekuatan super yang berasal dari Khaji Da. Ketika bersatu, Khaji Da yang menempel pada punggung Jaime akan langsung membentuk jaringan exoskeleton, menjadikannya superhero Blue Beetle sesungguhnya dengan armor berwarna biru dan hitam. Sejak saat itu kolaborasi antara AI canggih dan pemuda bertekad tangguh ini sering diceritakan berhasil menyelamatkan Bumi, termasuk dari invasi Reach.

Punya Kehendak dan Pikiran Sendiri

Meskipun terputus dari database Reach, pada dasarnya Khaji Da yang menjadi sumber kekuatan bagi Blue Beetle ini mempunyai pikirannya sendiri. Di mana kecerdasan komputernya masih terkoneksi dengan AI lain ciptaan Reach, hanya saja Khaji Da punya kehendak sendiri untuk memutuskan apakah dia ingin terhubung dengan Reach atau justru membelot bersama inangnya. Karena diciptakan sebagai teknologi AI canggih, sejak awal Khaji Da juga mempunyai kemampuan menchanokinesis yang memungkinkannya terhubung dengan teknologi, perangkat komputer, dan bahkan robot di sekitarnya.

Saat masih dalam keadaan dorman, Khaji Da juga terbukti mampu menyerap energi yang diarahkan kepadanya, baik itu energi fisik maupun sihir. Sehingga ketika Dan Garrett pertama kali menemukan dan menyentuhnya yang masih dalam keadaan tidak aktif, Dan bisa mencicipi sebagian kekuatan super dari Khaji Da, mulai dari kemampuan untuk terbang, kekuatan fisik super, ledakan energi, serta menciptakan kostum Blue Beetle pertama. Semua ini menjelaskan bahwa Khaji Da juga bisa dibilang sebagai makhluk yang punya tujuan hidup sendiri, yaitu mencari inang atau manusia Bumi yang dikehendakinya.

Membuat Jaime Reyes Lebih Tangguh

Seperti yang sudah disinggung di atas, Dan dan Ted sebenarnya belum pernah merasakan kekuatan Khaji Da yang sesungguhnya, walaupun sama-sama menggunakan identitas superhero Blue Beetle di DC Universe. Potensi penuh dari AI ciptaan bangsa alien Reach ini justru baru terungkap setelah menyatu dengan Jaime. Di mana selain meningkatkan kekuatan fisik dan memberikan kemampuan untuk terbang, Khaji Da juga memungkinkan Jaime untuk melihat hal-hal yang tak kasat mata dengan Scarab Sight, seperti energi sihir, kesehatan seseorang termasuk kehamilan, dan benda-benda dari dimensi lain.

Armor exoskeleton Blue Beetle juga memberikan kemampuan healing kepada Jaime, kemudian dapat membaur juga dengan teknologi di sekitarnya sehingga memungkinkan Jaime untuk melakukan peretasan dan sebagainya. Dan yang lebih hebatnya lagi, armor ini juga dapat berubah bentuk menjadi beragam alat dan senjata, termasuk meriam energi, pedang, perisai, grapling hook, cakar, sayap, booster di bagian punggung, dan lain sebagainya. Khusus untuk pedangnya sendiri mempunyai ukuran yang sangat besar serta mampu membelah apa pun.

Itulah pembahasan tentang Khaji Da sumber kekuatan Blue Beetle di DC Universe. Untuk saat ini selain memberikan kemampuan untuk terbang, masih belum diketahui apakah semua kekuatan dari Khaji Da di komik akan dimiliki juga oleh Jaime di filmnya nanti. Yang jelas baik di komik maupun di filmnya nanti, Khaji-Da merupakan bagian penting dari kehidupan Jaime yang akan memberikan nuansa superhero sci-fi menarik dalam kisah petualangannya nanti. Film Blue Beetle sendiri akan dirilis di bioskop pada tahun ini, tepatnya tanggal 18 Agustus nanti. Jadi jangan sampai ketinggalan ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.