Selama bertahun-tahun, baik Marvel Comics maupun versi live action Marvel Cinematic Universe, telah memperkenalkan banyak sekali superhero lengkap dengan identitasnya yang sangat ikonis. Misalnya Iron Man yang pasti langsung mengingatkan penggemar pada Tony Stark, atau identitas Hulk yang hanya dimiliki oleh Bruce Banner seorang. Namun selain para karakter dengan identitas yang hanya melekat kepada dirinya saja, tahukah kalian bahwa di Marvel Universe sendiri ada lima superhero yang justru berbagi namanya dengan dengan karakter lain. Siapa saja? Simak di bawah ini.

Spider-Man

Seperti yang kita tahu bersama, di multiverse Marvel sebenarnya ada banyak sekali varian superhero yang menggunakan identitas Spider-Man, karena pada dasarnya mereka adalah Spider-People di semestanya masing-masing. Nah, khusus untuk semesta utama Marvel alias Earth-616 sendiri ternyata ada dua superhero sekaligus yang sama-sama dikenal dengan identitas Spider-Man, mereka adalah Peter Parker dan Miles Morales. Meskipun pada dasarnya Miles berasal dari Ultimate Universe, tetapi dia sekarang sudah menjadi superhero utama di Earth-616 pasca Secret Wars (2015). Menariknya Marvel sendiri sama sekali tidak pernah berniat mengganti nama superhero Miles walaupun sudah ada Peter.

Wolverine

Terhitung sejak melakukan debutnya di Marvel Universe pada tahun 1970-an, sudah bertahun-tahun James Howlett alias Logan memakai identitas superhero Wolverine untuk dirinya sendiri. Namun semuanya berubah setelah Marvel memperkenalkan salah satu anak kloning Logan yang punya banyak sekali kemiripan dengannya, yaitu Laura Kinney. Saat Logan diceritakan tewas dan jasadnya menghilang, Laura langsung mengambil alih identitas ayahnya sebagai Wolverine. Meskipun sekarang Logan telah kembali, karena memang sejak awal dia sulit mati, tetapi Marvel tetap menobatkan dirinya dan Laura sebagai Wolverine di Earth-616.

Thor

Thor Odinson adalah nama asli sang God of Thunder Asgard yang diberikan langsung oleh ayah kandungnya Odin Borson. Menariknya, meskipun para penggemar mengenalnya sebagai Thor yang mendirikan Avengers di Marvel Comics, ternyata identitas superheronya bukan hanya milik dia seorang. Siapa pun yang bisa mengangkat Mjolnir akan diakui sbagai God of Thunder sekaligus Thor oleh Odin. Aneh ‘kan? Faktanya di semesta utama sendiri sendiri ada cukup banyak karakter yang dikenal sebagai Thor, termasuk Beta Ray Bill dan Jane Foster, di mana Thor sendiri mengakui bahwa mereka layak untuk dipanggil dengan nama kesayangannya tersebut.

Hawkeye

Ketika pertama kali muncul sebagai anggota Avengers, kita mungkin mengenal Clint Barton sebagai satu-satunya Hawkeye di Marvel Universe. Bahkan bagi siapa pun yang tidak mengenal nama aslinya, biasanya akan tetap tahu siapa Hawkeye, dia adalah superhero pria yang mahir menggunakan busur dan panah. Namun fakta ini langsung dipatahkan setelah superhero wanita Kate Bishop melakukan debutnya di Marvel Universe, kemudian menjadi anggota Young Avengers dengan identitas Hawkeye. Pada titik inilah keduanya dikenal sebagai Hawkeye utama yang sama-sama mahir dalam menembakkan panah. Hal ini bahkan diadaptasi juga di MCU, dan uniknya tidak dipermasalahkan oleh penggemar.

Captain America

Satu lagi identitas superhero yang digunakan oleh banyak superhero sekaligus di Marvel Cinematic Universe bahkan MCU adalah Captain America. Pertama kali dipakai oleh Steve Rogers ketika dia baru pertama kali mendapatkan serum super soldier, saat ini ada superhero lain yang memakai nama Captain America, yaitu mantan sidekicknya Sam Wilson. Sejak beberapa tahun ke belakang, tidak lama setelah dirinya melepas identitas Falcon, kini Sam telah menjadi Captain America utama di Earth-616 bersama Steve, sekaligus sebagai pembuktian bahwa semua kalangan termasuk dirinya yang berasal dari komunitas kulit hitam bisa menjadi superhero andalan Amerika Serikat.

Itulah lima identitas superhero yang dipakai oleh banyak karakter sekaligus. Banyak di antara para karakter ini yang juga diceritakan dengan hal yang sama di MCU, di mana mereka berbagi identitas dan sama-sama dikenal sebagai superhero ikonis. Khusus Sam Wilson sendiri dia akan segera tampil dengan film solonya sendiri yang berjudul Captain America New World Order pada Mei 2024 mendatang. Mengingat kita sudah melihat versi live action Thor Jane Foster dan Hawkeye Kate Bishop, sepertinya akan menarik juga jika suatu hari nanti Wolverine Laura dan Miles Morales bisa segera menyusul.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.